carisinyal web banner retina

9 Aplikasi Terjemahan Terbaik untuk Android

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Aplikasi apa yang sering kamu gunakan saat Anda perlu menerjemahkan teks dari bahasa asing? Apakah hasilnya bagus?

Di Google Play Store, ada beberapa aplikasi terjemahan yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan tak hanya teks, tapi juga gambar dan ucapan. Aplikasi-aplikasi ini bisa diandalkan saat sedang liburan di luar negeri, atau bahkan untuk keperluan bisnis. Apa saja nama aplikasinya? Berikut adalah ulasannya.

1. Google Translate

google translate

Google Translate hadir dalam bentuk aplikasi di HP Android. Tentu saja, di versi aplikasi juga dukungan bahasanya banyak. Aplikasi Google Translate membantu tim Carisinyal untuk menerjemahkan teks, percakapan dalam bentuk suara, dan juga foto; seperti tampak pada gambar.

Kami coba menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke bahasa Spanyol, dan hasilnya terbilang akurat. Untuk percakapan dan foto juga sama. Kalau Anda mau terjemahkan foto, tinggal pilih saja menu kamera. Beri izin akses ke Google Translate, dan terjemahkan teks dalam foto yang diinginkan. Sangat mudah, bukan?

Nilai plusnya lagi, aplikasi ini gratis dan tidak menampilkan iklan sama sekali. Mau mencoba? Unduh langsung Google Translate.

Hal yang tim Carisinyal suka dari Google Translate:

  • Antarmuka simpel, memudahkan penggunaan aplikasi
  • Punya tiga fitur penerjemahan yang berbeda
  • Dukungan bahasa terbilang luas
  • Hasil terjemahan kata, kalimat dan frasa terbilang akurat
  • Gratis dan bebas iklan

Hal yang perlu diperhatikan dari Google Translate:

  • Hasil terjemahan kalimat yang cukup kompleks perlu dikaji ulang

2. U Dictionary

U DICTIONARY

U Dictionary memang membawa fitur utama berupa kamus digital. Untuk menggunakan kamusnya, Anda tinggal set bahasa target dan bahasa sumber, kemudian cari kata yang diinginkan. Daftar arti kata-kata tersebut akan langsung tampil di layar HP.

Selain kamus, U Dictionary ternyata juga membawa fitur penerjemah. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 3 fitur di aplikasi ini. Pertama, ada Quick Translation, fitur penerjemah cepat mirip Google Translate.

Lalu, ada pula Magic Translator. Ini adalah fitur yang bisa Anda pakai untuk menerjemahkan laman di Instagram atau Facebook, bahkan juga chatting-an WhatsApp. Sayangnya, fitur ini masuk dalam layanan premium.

Selanjutnya, ada fitur penerjemah foto. Fitur ini kini sudah banyak ditemukan di aplikasi penerjemah. Tinggal jepret foto berisi tulisan yang ingin diterjemahkan, dan U Dictionary akan langsung memprosesnya untuk Anda.

Tim Carisinyal juga menjajal fitur yang disebut dengan Conversation Translation. Ini juga penerjemah suara ke teks. Anda tinggal bicara dengan bahasa sumber, dan U Dictionary akan menerjemahkannya jadi teks.

Pembatasan fitur tak menghalangi tim Carisinyal untuk memberi apresiasi pada aplikasi ini. Bisa dibilang, U Dictionary adalah salah satu aplikasi terjemahan terbaik selain Google Translate.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari U Dictionary:

  • Kamus lengkap dengan banyak dukungan bahasa
  • Kaya fitur, ada penerjemah percakapan
  • Hasil terjemahan terbilang akurat
  • Ada layanan premium dengan beberapa benefit

Hal yang perlu diperhatikan dari U Dictionary:

  • Fitur unggulannya rata-rata masuk layanan premium
  • Menampilkan iklan

3. Instant Voice Translate

Instant voice translate_

Instant Voice Translate adalah aplikasi penerjemahan yang benar-benar praktis. Cara pakainya pun mudah. Tinggal set bahasa asal dan bahasa target. Lalu, tekan mikrofon dan mulai berbicara. Instant Voice Translate ini didukung oleh penerjemah Google Translate, lho.

Instant Voice Translate akan langsung menerjemahkan ucapan Anda ke bahasa target dengan cepat. Kami mencoba untuk menerjemahkan ucapan dalam bahasa Inggris ke bahasa Spanyol, dan hasilnya cukup memuaskan.

Selain menerjemahkan ucapan secara langsung, aplikasi ini dapat membantu kamu untuk menerjemahkan teks ke suara (text-to-speech). Tinggal klik ikon keyboard di bagian kanan bawah layar, lalu ketik kalimat atau kata yang diinginkan. Voila, aplikasi akan langsung menerjemahkannya dalam bentuk suara.

Ada pula fitur untuk menerjemahkan teks dalam foto. Aplikasi akan mengekstrak teks dan menerjemahkannya. Saat kami coba, penerjemahan foto ini tak hanya bisa diterjemahkan dari dan ke satu bahasa saja, tapi juga beberapa bahasa.

Instant Voice Translate dapat digunakan secara gratis dengan iklan y. Jika tertarik, silakan unduh aplikasi ini di Google Play Store.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari Instant Voice Translate:

  • Praktis, antarmuka simpel
  • Ada fitur penerjemah teks dalam foto dan teks ke suara
  • Dukungan lebih dari 10 bahasa berbeda, termasuk bahasa Indonesia

Hal yang perlu diperhatikan dari Instant Voice Translate:

  • Ada fitur yang masuk dalam layanan premium
  • Tak bisa terjemahkan teks dalam foto secara otomatis seperti U Dictionary
  • Menampilkan iklan di versi gratis

4. DeepL Translate

Deepl translate

DeepL Translate adalah aplikasi translate yang mirip dengan Google Terjemahan. DeepL membawa fitur penerjemah teks dengan pilihan bahasa sumber dan target yang banyak.  

Di fitur translate teksnya tersedia opsi pemutar audio untuk mendengarkan pengucapan kalimat yang diterjemahkan. Namun, sayangnya khusus beberapa bahasa, audionya belum tersedia. Meski begitu, tim Carisinyal cukup puas dengan hasil terjemahannya, karena masih terbilang akurat ketimbang pesaingnya. 

Selain bisa menerjemahkan teks, DeepL Translate menyajikan fitur terjemahan dari foto juga. Jadi, Anda tinggal memotret teks yang ingin diterjemahkan. Setelah itu, DeepL akan menerjemahkannya untuk Anda secara otomatis. 

DeepL menyajikan kata-kata dan kalimat alternatif di hasil terjemahannya. Oh iya, riwayat hasil terjemahan Anda akan tersimpan di tab saved dengan ikon pita. Mau mencoba aplikasinya? Unduh DeepL Translate di Google Play Store.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari DeepL:

  • Hasil terjemahan cukup akurat dibanding pesaingnya
  • Ada riwayat hasil terjemahan di tab khusus
  • Ada kalimat dan kata alternatif di hasil terjemahan
  • Gratis dan tidak menampilkan iklan

Hal yang perlu diperhatikan dari DeepL:

  • Fitur audio tidak tersedia di semua bahasa

5. Naver Papago Translate

naver papago

Hanya karena jumlah bahasa yang bisa diterjemahkan sedikit tidak selalu berarti bahwa kamu kurang ahli, tapi mungkin kamu ingin menjadi profesional dalam bahasa yang bisa diterjemahkan tersebut. Naver Papago Translate merupakan aplikasi terjemahan bahasa yang hebat dan sederhana untuk Android.

Aplikasi ini mendukung 15 bahasa, seperti Korea, Jepang, Inggris, Cina (Sederhana / Tradisional), Indonesia, Spanyol, Rusia, Jerman Prancis, Thailand, Vietnam, dan Italia. Naver Papago juga mempunyai beberapa fitur hebat, seperti terjemahan frasa real-time, terjemahan percakapan, dan terjemahan suara.

Setelah kami coba terjemahan real-time dan percakapannya sangat bagus. Hasil terjemahannya memuaskan. Oh iya, ada fitur untuk menerjemahkan dari foto dan kamera yang bisa dilakukan secara real-time juga.

Selain itu, terdapat fitur yang disebut dengan "Study Camera". Fitur ini bisa digunakan untuk mencatat atau bahkan menerjemahkan materi pelajaran. Hanya saja, fitur satu ini mendukung jumlah bahasa yang terbatas.

Ada juga fasilitas kamus yang menyediakan informasi untuk memeriksa lebih banyak arti, dan phrasebook yang memberikan infomasi mengenai ungkapan dasar untuk bahasa yang didukung tanpa perlu koneksi jaringan internet.

Kini, Naver Papago juga menghadirkan fitur untuk belajar bahasa lewat MyEdu. Di sini, Anda dapat mengasah pengetahuan bahasa dengan materi pelajaran yang disederhanakan. Tertarik untuk mencoba Naver Papago?

Hal yang disukai tim Carisinyal dari Naver Papago:

  • Cocok dibawa liburan ke luar negeri
  • Hadirkan fitur terjemahan secara real-time, salah satunya menerjemahkan percakapan
  • Ada banyak materi pelajaran bahasa asing
  • Gratis dan tak menampilkan iklan

Hal yang perlu diperhatikan dari Naver Papago:

  • Jumlah bahasa masih terbatas

6. SayHi

sayhi translate

Dengan aplikasi SayHi, Anda tak perlu mengetik kata-kata yang ingin diterjemahkan. Anda cukup berbicara ke perangkat lewat mikrofon. SayHi mempunyai 90 bahasa dan dialek, dan bahkan memungkinkan Anda untuk memilih kecepatan untuk suara terjemahannya.

Tim Carisinyal mencoba beberapa fiturnya. Ada penerjemahan khusus untuk percakapan langsung. Kami mencoba menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Spanyol, begitu pun sebaliknya. 

Pertama, tim Carisinyal bertindak sebagai pembicara dengan bahasa Inggris. Sedangkan teman kami membalas menggunakan bahasa Spanyol. Nah, apa yang kami dan teman kami ucapkan, langsung diterjemahkan oleh SayHi dengan baik.

Ucapan kami diterjemahkan ke bahasa Spanyol, sementara apa yang diucap oleh teman kami langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Semuanya terjadi secara cepat. Menurut kami, aplikasi ini cocok untuk digunakan ketika kamu ingin berlibur ke luar negeri, apalagi kalau language barrier Anda cukup besar.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari SayHi:

  • Fitur terjemahan praktis, menggunakan suara
  • Menerjemahkan secara real-time
  • Dukungan bahasa yang tersedia cukup banyak
  • Bisa menerjemahkan text-to-speech
  • Gratis dan bebas iklan

Hal yang perlu diperhatikan dari SayHi:

  • Hasil terjemahan teks perlu dikaji kembali

7. Talkao Translate

Talkao translate

Talkao Translate menghadirkan alat terjemahan dengan hasil yang terbilang akurat. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan teks dan audio secara bersamaan.

Tenang, kalau bingung soal pengucapan, ada fitur audio yang tersedia. Fitur ini dapat membantu menambah wawasan soal pengucapan kata atau frasa dalam bahasa yang dituju.

Dengan bantuan AI, Talkao menghadirkan informasi mengenai kata, frasa dan kalimat yang Anda terjemahkan. Semisal, mengapa kata "Nasi" disebut "Nasi" di dalam bahasa target. Atau, kenapa kalimat "Nama saya Jennifer" bisa terbentuk. Ada fitur yang lebih advanced, tapi masuk dalam layanan premium berbayar.

Talkao Translate pun memberi fasilitas untuk mengasah kemampuan berbahasa asing Anda. Ada Talkao Connect, tempat di mana Anda dapat berinteraksi dan belajar bahasa dengan pengguna lain.

Namun, mencari teman di sini ternyata tidak mudah. Kami harus mencari pengguna berdasarkan username atau email. Artinya, kami sudah harus mengenal si pengguna untuk bisa berkomunikasi di Talkao.

Ada pula buku pelajaran bahasa dari Talkao. Tim Carisinyal coba gunakan buku pelajaran bahasa Spanyol. Materinya terbilang lengkap. Ada kata dan banyak frasa baru yang bisa dipelajari. Semuanya sesuai tema, ya. Misalnya, tema tentang anniversary, ulang tahun, memberi salam, atau tentang istilah khusus.

Progres membaca buku di Talkao akan ditunjukkan pada pengguna. Semisal, sudah berapa kata yang Anda baca dalam buku tersebut. Coba Talkao Translate di Google Play Store.

Hal yang tim Carisinyal suka dari Talkao Translate:

  • Dukungan bahasa sangat banyak, ada bahasa dari negara-negara tertentu
  • Fitur terjemahan teks menyediakan informasi tambahan yang bermanfaat
  • Fitur terjemahan audionya praktis, tersedia dalam banyak bahasa
  • Buku digital tersedia, banyak kosakata, frasa dan kalimat yang bisa dipelajari

Hal yang perlu diperhatikan dari Talkao Translate:

  • Fitur Talkao Connect tidak begitu terpakai

8. Microsoft Translator

microsoft translator

Microsoft Translator adalah salah satu penerjemah terbaik yang ada di HP Android saat ini. Dengan aplikasinya, kami dapat mengetikkan kata, frasa atau kalimat yang ingin diterjemahkan. Microsoft Translator mendukung penggunaan lebih dari 20 bahasa berbeda.

Kalau ingin berbicara langsung, penerjemah ini juga bisa melakukan terjemahan real-time. Ada terjemahan berupa conversation dan terjemahkan teks via foto/kamera.

Untuk frasa atau kalimat sederhana, terjemahannya terbilang akurat. Namun, sayang, untuk kalimat panjang dan kompleks, hasil terjemahannya tak begitu akurat. Anda bisa lihat contohnya pada gambar.

Microsoft Translator dapat digunakan di beberapa perangkat, tak terkecuali smartwatch dan Android. Jadi, Anda dapat mengakses Microsoft Translator dengan mudah ketika sedang bepergian. Unduh aplikasi Microsoft Translator di Google Play Store.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari Microsoft Translator:

  • Antarmuka keren, simpel dan tidak ribet
  • Fitur terjemahan lengkap, ada teks, suara dan foto
  • Bisa menerjemahkan secara real-time
  • Dapat dihubungkan dengan smartwatch Android

Hal yang perlu diperhatikan dari Microsoft Translator:

  • Hasil terjemahan kalimat kompleks tidak begitu akurat

9. Yandex Translate

yandex translate

Yandex Translate membawa empat fitur utama. Salah satunya adalah terjemahan teks dari berbagai bahasa. Tim Carisinyal mencoba menerjemahkan kalimat sederhana, hasilnya cukup memuaskan.

Selain teks, ada pula penerjemahan secara langsung melalui kamera. Lagi, khusus kalimat yang agak kompleks, Yandex Translate menerjemahkannya secara kata per kata. Alhasil, terjemahannya tak begitu akurat.

Oh iya, aplikasi ini juga membawa fitur untuk menerjemahkan situs secara keseluruhan. Kami terjemahkan situs Carisinyal, dan hasilnya lumayan baik.

Yandex Translate dapat digunakan untuk menerjemahkan percakapan secara langsung. Namun, tingkat akurasinya tak begitu baik jika kalimat yang diucapkan cukup panjang. Bagaimana, Anda ingin mencoba aplikasi satu ini?

Hal yang tim Carisinyal sukai dari Yandex Translate:

  • Praktis, bisa melakukan live translation
  • Antarmuka simpel
  • Hasil terjemahan kalimat sederhana terbilang oke
  • Ada fitur untuk menerjemahkan teks dengan dukungan lebih dari 20 bahasa

Hal yang perlu diperhatikan dari Yandex Translate:

  • Tingkat akurasi terjemahan kalimat kompleks kurang baik

Sekarang Anda memiliki banyak pilihan aplikasi terjemahan untuk membantumu memecahkan masalah language barrier dengan bahasa asing. Tak hanya menerjemahkan teks, aplikasi-aplikasi ini bahkan bisa menerjemahkan gambar dan ucapan. Sangat berguna, bukan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram