Carisinyal / Aplikasi Bahasa Asing / 12 Aplikasi Translate Terbaik untuk Smartphone Android

12 Aplikasi Translate Terbaik untuk Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Aplikasi apa yang sering kamu gunakan saat kamu perlu menerjemahkan teks dari bahasa asing? Sepertinya, Google Translation merupakan opsi yang paling populer.

Tapi ternyata masih banyak aplikasi terjemahan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan tak hanya teks, tapi juga gambar dan ucapan.

Beberapa aplikasi ini bahkan ada yang sudah bisa digunakan pada jam tangan pintar, sehingga kamu tak perlu mengetik kata-kata yang ingin diterjemahkan. Apa saja nama aplikasinya? Berikut adalah ulasannya.

1. iTranslate

iTranslate

* sumber: itravel.life

iTranslate merupakan salah satu aplikasi terjemahan paling populer di dunia. Aplikasi ini mendapatkan lebih dari 51.000 rating di iTunes. Kebanyakan dari rating ini bintang empat dan lima.

Aplikasi ini bisa menerjemahkan sampai 100 bahasa yang berbeda. Tak hanya itu, ada versi khusus untuk Apple Watch sehingga kamu bisa menerjemahkan menggunakan jam tangan canggih itu.

Pada dasarnya aplikasi ini gratis, tapi untuk versi Pro, kamu harus membayar seharga $ 39,99 per tahun atau $ 4,99 per bulan. Versi pro memiliki fasilitas offline, terjemahan situs web, mode suara, serta konjugasi kata kerja.

2. Google Translate

Google Translate

* sumber: www.blog.google

Aplikasi Google Translate bisa menerjemahkan hingga 103 bahasa melalui pengetikan dan 59 bahasa untuk offline. Google Translate memungkinkanmu untuk menggunakan tulisan tangan, yaitu dengan menggambar teks atau karakter alih-alih mengetik dalam 93 bahasa.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa melakukan terjemahan menggunakan kamera ke dalam 37 bahasa. Kamu cukup mengarahkan kamera dan memotret untuk mendapatkan terjemahan instan.

Google Translate merupakan aplikasi yang mudah digunakan. Dengan ikon di bagian atas kamu dapat mengklik untuk menggambar, mengambil foto, berbicara, atau mengetik.

3. TripLingo

TripLingo

* sumber: play.google.com

Ingin terdengar cerdas ketika kamu sedang berada di luar negeri? TripLingo akan membantu kamu agar bisa terdengar seperti orang lokal dan juga membantumu beradaptasi dengan budaya. Mulailah dengan memilih negara tujuan dan mengunduh paket untuk tempat yang akan kamu kunjungi atau inginkan.

Misalnya jika kamu akan pergi ke Spanyol, kamu akan mendapatkan penerjemah suara yang akan menerjemahkan suaramu ke dalam bahasa Spanyol, penerjemah gambar, pilihan frasa kunci bahasa Spanyol dan kapan harus mengucapkannya.

Bagian frasa memiliki cakupan yang luas, dengan adanya bagian tentang humor dan kesenangan, kehidupan malam dan bahkan cara flirting atau menggoda. TripLingo tersedia secara gratis di iTunes dan Google Play. Untuk versi Pro yang seharga $ 39,99 selama tiga bulan, akan membuka lebih banyak frasa dan konten.

4. Naver Papago Translate

Naver Papago Translate

* sumber: www.dodream.io

Hanya karena jumlah bahasa yang bisa diterjemahkan sedikit tidak selalu berarti bahwa kamu kurang ahli, tapi mungkin kamu ingin menjadi profesional dalam bahasa yang bisa diterjemahkan tersebut. Naver Papago Translate merupakan aplikasi terjemahan bahasa yang hebat dan sederhana untuk Android.

Aplikasi ini mendukung 13 bahasa, seperti Korea, Jepang, Inggris, Cina (Sederhana / Tradisional), Indonesia, Spanyol, Rusia, Jerman Prancis, Thailand, Vietnam, dan Italia. Naver Papago juga mempunyai beberapa fitur hebat, seperti terjemahan frasa waktu-nyata, terjemahan percakapan, dan terjemahan suara waktu-nyata.

Selain itu, ada juga fasilitas kamus yang menyediakan informasi untuk memeriksa lebih banyak arti, dan phrasebook yang memberikan infomasi mengenai ungkapan dasar untuk bahasa yang didukung tanpa perlu koneksi jaringan internet.

5. Waygo

Waygo

* sumber: thenextweb.com

Waygo hanya menerjemahkan bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan Cina, tapi aplikasi ini bisa menjadi penyelamat saat kamu tak memiliki akses Wi-Fi karena aplikasi ini tersedia sepenuhnya secara offline.

Aplikasi ini paling baik digunakan dengan kamera instan. Kamu hanya perlu mengarahkan kursor pada tanda dan menu lalu kamu akan melihat terjemahanmu.


Waygo akan sangat berguna bagi para penyuka makanan karena mereka dapat masuk ke mode gambar makanan sesudah menerjemahkan item menu untuk lebih memahami apa yang akan kamu pesan.

Aplikasi ini juga dapat membantu dalam pelafalan seandainya kamu perlu mengatakan sesuatu dalam salah satu bahasa lainnya. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di iTunes dan Google Play.

6. iTranslate Voice

iTranslate Voice

* sumber: www.tapsmart.com

Aplikasi ini akan memungkinkanmu untuk bisa berbicara lebih dari 40 bahasa yang berbeda. iTranslate voice tak hanya memiliki frasa perjalanan yang berguna, tetapi juga memiliki terjemahan suara khusus.

Kamu hanya perlu bicara pada teleponmu dan iTranslate Voice akan segera menerjemahkan suaramu ke dalam bahasa pilihanmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengekspor, menyalin, dan berbagi transkrip semua percakapan suaramu dan menyimpan frasa favorit di phrasebook yang kamu buat.

7. SayHi

SayHi

* sumber: appsliced.co

Kalau kamu menggunakan aplikasi SayHi, kamu tak perlu mengetik kata-kata yang ingin diterjemahkan. Kamu cukup berbicara ke perangkat milikmu dan aplikasi akan menerjemahkan dan kemudian menuliskan pesan untuk dilihat dan didengar oleh rekanmu. SayHi mempunyai 90 bahasa dan dialek, dan bahkan memungkinkanmu untuk memilih kecepatan untuk suara terjemahanmu.

8. TextGrabber

TextGrabber

* sumber: appcenter.evernote.com

Mendengarkan orang berbicara dalam bahasa yang tak kita pahami bisa cukup menakutkan, tapi membaca menu, manual elektronik, dan rambu-rambu jalan dalam bahasa lain sering kali merupakan tugas yang sangat berat.

Aplikasi ini akan membantumu menerjemahkan bahasa yang tak kamu mengerti tadi. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ponselmu ke teks yang tidak dapat dipahami. TextGrabber akan langsung menerjemahkannya ke bahasa yang kamu pilih.

9. Microsoft Translator

Microsoft Translator

* sumber: thenextweb.com

Microsoft Translator menawarkan versi perusahaan dan konsumen untuk layanan penerjemahan. Aplikasi ini mungkin merupakan opsi yang paling serbaguna yang ada di pasaran saat ini.

Kamu dapat mengetik teks yang ingin kamu terjemahkan, berbicara dengan suara keras, atau memotret foto dari gambar yang mengandung teks.

Aplikasi penerjemah ini juga tersedia dalam aplikasi smartwatch, untuk iOS dan Android. Jadi, kamu akan mudah mengakses Microsoft Translator ketika sedang bepergian.

10. Yandex Translate

Yandex Translate

* sumber: apkpure.com

Bagi para pengguna Android, sekarang tersedia aplikasi penerjemah bahasa lainnya yang hebat dan bagus dengan dukungan 90 bahasa online dan 7 bahasa offline.

Yandex Translate menyediakan serangkaian fitur khusus, seperti mendengarkanmu ketika kamu berbicara dalam empat bahasa dan dapat membaca 12 bahasa melalui kamera tapi hanya tersedia saat kamu online.

Kamu juga bisa menerjemahkan seluruh situs web secara langsung di aplikasi ini, dan aplikasi ini mempunyai fungsi prediksi yang menghemat waktumu dengan kemampuan berbicara dengan jam tangan Android Wear yang kamu miliki.

Kamu akan melihat kata-katamu diterjemahkan di layarnya. Yang terpenting adalah aplikasi terjemahan bahasa ini gratis dan tidak ada iklan sama sekali.

11. Language Translator

Language Translator

* sumber: apkpure.com

Aplikasi sederhana ini memiliki antarmuka yang mudah untuk digunakan. Language Translator memungkinkanmu menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Spanyol. Aplikasi ini juga bisa menerjemahkan bahasa lain, seperti Rusia, Jerman, Prancis, Italia, Catalan, Cina, dan lainnya hingga 90 bahasa.

Language Translator mempunyai beberapa fitur bagus, seperti menerjemahkan langsung antara bahasa, terjemahan suara yang memungkinkan kamu untuk menerjemahkan kata-kata orang lain ketika kamu berada di luar negeri dan fitur reader untuk mengatakan apa yang perlu kamu katakan alih-alih kamu yang harus berbicara.

12. Easy Language Translator

Easy Language Translator

* sumber: apkgk.com

Bagi para pengguna Android, ada aplikasi lainnya yang juga cocok kamu gunakan sebagai aplikasi terjemahan. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Easy Language Translator dapat menerjemahkan lebih dari seratus bahasa, termasuk terjemahan teks dan suara. Aplikasi ini bisa mengonversi ucapan menjadi teks dan teks ke ucapan.

Aplikasi ini merupakan aplikasi terjemahan yang cepat dan akurat. Kamu bisa mendengarkan suaramu dalam proses penerjemahan. Ada opsi ‘Add to favorit’ yang bisa kamu gunakan di masa mendatang. Selain itu, kamu bisa membagikan terjemahanmu dengan orang lain. Kamu juga bisa menyimpan dan mengirim bagian yang diterjemahkan sebagai MP3.

Sekarang kamu memiliki banyak pilihan aplikasi terjemahan untuk membantumu memecahkan masalah kebingunganmu dengan bahasa asing. Tak hanya menerjemahkan teks, aplikasi-aplikasi ini bahkan bisa menerjemahkan gambar dan ucapan. Sangat berguna, bukan?

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Terimakasih
    ini sangat berguna sekali saat sedang berbicara dengan orang asing jika langsung di sediakan jawaban pilihannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *