carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Yuk, Cari Tahu tentang Emerald dan Cara Download Jurnalnya

Yuk, Cari Tahu tentang Emerald dan Cara Download Jurnalnya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Maret 2021

Bagi kamu yang sedang disibukkan dengan berbagai tugas seperti skripsi, tesis maupun disertasi, pasti kamu memerlukan referensi yang dapat menunjang penelitian, bukan? Sumber data dan informasi yang dijadikan untuk membuat karya tulis tersebut bisa kamu dapat dari buku di perpustakaan baik yang bisa diakses secara online maupun offline dalam bentuk buku fisik.

Sumber data yang bisa dijadikan rujukan salah satunya adalah Emerald. Akan tetapi, untuk mengunduh artikel dari basis data ini tidaklah bebas. Ada beberapa prosedur yang harus kamu lakukan untuk mengunduh file ini dan harus berlangganan. Melalui artikel ini kami akan membahas langkah-langkah cara untuk mengakses situs ini dan cara download filenya. Mari disimak.

Apa itu Emerald Insight

Emerald merupakan penerbit terkemuka di dunia di dalam penelitian manajemen dari berbagai bidang ilmu. Basis data ini mulai dipublikasikan tahun 1994 dan masih menjadi sumber terpercaya dalam hal informasi ilmiah, meskipun sebetulnya Emerald telah didirikan sejak tahun 1967.

Selama kurun waktu lebih dari 50 tahun sejak Emerald berdiri, penerbit ini telah memperjuangkan pemikiran baru. Tujuan Emerald adalah untuk membantu para akademisi atau orang-orang untuk membuat perubahan positif di dunia nyata.

Emerald sebagai penerbit terkenal di dunia riset dan manajemen percaya bahwa mereka punya peran penting di dalam mendorong penelitian yang membantu dunia agar bisa dikelola dengan lebih baik. Saat ini Emerald dilengkapi oleh sekitar 200 jurnal dan serial serta buku-buku dari banyak cabang ilmu.

Di masa sekarang, banyak perguruan tinggi yang berlomba-lomba untuk melengkapi kebutuhan informasi bagi para mahasiswa dan pemustakanya dengan berbagai cara. Misalnya dengan cara melengkapi sumber informasi di perpustakaannya dengan berlangganan jurnal elektronik seperti Emerald.

Ketersediaan informasi dan data yang sangat berguna bagi para akademisi ini membuat banyak perguruan tinggi berani membayar lebih agar dapat memfasilitasi mereka dengan sumber informasi yang terpercaya.

Ketika sebuah perguruan tinggi berlangganan informasi elektronik tersebut, semua civitas akademika bisa mengakses jurnal tersebut. Untuk dapat mengakses situs tersebut biasanya kamu harus terhubung dengan jaringan WiFi perguruan tinggi tersebut.

Ada dua jenis file yang dapat diunduh dari jurnal Emerald, yakni file berbentuk HTML dan PDF. File yang bisa diunduh lengkap dari Emerald adalah subjek yang sudah dilanggan. Jika kamu belum berlangganan subjek tersebut maka file yang bisa diunduh adalah file abstraknya saja.

Pengguna tidak hanya bisa mengakses dan mengunduh filenya saja. Kamu juga mengajukan agar tulisanmu dimuat di dalam jurnal tersebut. Tetapi tentu saja ada prosedur khusus dan syarat tersendiri. Subjek atau bidang ilmu yang bisa diakses oleh para civitas akademis biasanya meliputi bisnis manajemen, akunting, marketing, jurnal kesehatan dan masih banyak lagi.

Cara Masuk ke Situs Emerald

Langkah awal untuk bisa mendapatkan akses masuk pada situs ini adalah dengan cara membuat akun sendiri di mana kamu bisa mengumpulkan dan menyimpan artikel dalam satu tempat khusus. Untuk bisa mengakses situs Emerald kamu perlu melakukan registrasi dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka situs Emerald Insight dan masuk ke halaman utama.
  • Pilih menu registrasi dan klik.
  • Isi kolom registrasi yang meliputi nama, alamat email, nomor akses organisasi atau kampus. Setelah itu centang kolom syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi.
  • Klik Registrasi.
  • Cek email yang sudah teregistrasi. Isi email tersebut merupakan balasan untuk mengaktivasi profil di akun Emerald. Setelah itu klik login atau masuk.
  • Isi kata sandi dan konfirmasi kata sandinya. Klik Continue jika konfirmasi sudah benar.
  • Login dengan menggunakan kata sandi yang telah dibuat tadi.
  • Cek apakah kamu sudah terdaftar sebagai pemustaka di akun situs tersebut atau tidak dengan cara klik opsi My Product yang tersedia pada halaman Emerald. Jika tampil daftar produk maka registrasi namamu sudah berhasil dan kamu bisa masuk serta mengakses file di dalamnya.
  • Simpan email dan kata sandi yang sudah terdaftar pada situs Emerald.

Cara Mengunduh File Jurnal di Emerald

Ketika kamu terdaftar sebagai salah satu pemustaka pada situs Emerald itu artinya kamu punya akses terhadap file yang dimuat pada situs tersebut. kamu bisa mengaksesnya kapanpun kamu memerlukannya selama kampus melanggan situs tersebut. Untuk mengunduh file-filenya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka laman Emerald Insight dengan kata sandi yang telah kamu buat.
  • Ketikan judul artikel pada kolom Advance Search atau pilih menu Product pada laman utama. Untuk kata kunci yang digunakan harus menggunakan bahasa Inggris. Pada opsi tersebut tersedia berbagai pilihan artikel.
  • Klik pada salah satu judul artikel penelitian yang kamu cari. Untuk mempermudah dalam memahami judul penelitian yang sedang kamu cari, kamu bisa menerjemahkan halaman artikel tersebut dengan meng-klik kanan dan klik Translate to Indonesia.
  • Setelah kamu membuka halaman tersebut kamu bisa membaca dan memeriksa isi artikelnya apakah sudah sesuai dengan yang kamu cari sebelum kamu mengunduhnya. Kalau sudah cocok kamu bisa langsung mengunduh file tersebut dengan cara menyalin nomor DOI.
  • Pada setiap jurnal terdapat dua ikon yang menunjukan akses baca. Jika ikon berwarna hijau penuh itu pertanda artikel dapat dibaca seluruhnya da diunduh lengkap. Namun, jika ikon hijau tersebut hanya separuh itu artinya akses untuk membaca dan mengunduh artikel dibatasi.
  • Pilih opsi Reprint and Permission pada kotak dialog yang terletak di bawah judul artikel. Kamu akan langsung diarahkan pada jenis pengunduhan.
  • Pada kolom kamu dapat mengunduh tipe konten yang kamu inginkan, misalnya dalam bentuk file file elektronik dan file cetakan fisik yang berbentuk koran atau majalah.
  • Jika kamu tidak memiliki izin berlangganan tahunan, kamu bisa pilih opsi “Price & Order” dan izin membeli sekarang.
  • Pada kolom Price and Order terdaftar format pembelian yang harus kamu isi, seperti tahun terbit artikel, rentang halaman, jumlah total halaman, jumlah murid.
  • Selanjutnya, isi format judul artikel, nama penulis, tanggal terbit artikel, volume, edisi dan referensi item.
  • Klik Continue untuk melanjutkan pembelian dan file akan mulai diunduh setelah pembayaran selesai.

Ketentuan Pembayaran Berlangganan

Untuk berlangganan ke konten Emerald dilakukan setiap tahun dan dibayar di muka. Semua faktur harus dibayar dalam waktu 28 hari. Pesanan file dan permintaan akses online hanya akan ditindaklanjuti setelah pembayaran selesai diterima.

Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank melalui beberapa bank seperti Bank HSBC yang berada di Yorkshire Barat Inggris, HSBC Internasional yang berada di kota London, pembayaran kartu kredit dan cek.

Untuk pembayaran kartu kredit, pihak Emerald menerima kartu dari Visa, American Express atau Mastercard. Ketika kamu membayar melalui kartu kredit, kamu wajib menyertakan nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa, tiga digit kode keamanan yang ada di belakang kartu dan nama pemegang kartu.

Selain itu, lampirkan alamat email dan nomor kontak siapa tahu ada hal yang perlu disampaikan oleh pihak Emerald. Usahakan nomor kontakmu masih aktif dan bisa terhubung.

Terakhir, pembayaran berlangganan Emerald bisa dilakukan melalui cek. Cek harus bisa dicairkan Emerald Publishing dan ditujukan untuk berlangganan akses ke Emerald.

Nah, demikian cara download jurnal Emerald yang terkenal sebagai salah satu sumber informasi dan data terpercaya yang sering digunakan oleh para akademisi. Konten yang disajikan oleh para peneliti dan penulis ini sudah tidak perlu diragukan lagi akan kebenaran datanya. Pasalnya artikel yang dimuat sudah melalui tahap edit yang ketat dengan syarat dan ketentuan khusus. Jangan lupa cek juga bahasan tentang situs jurnal internasional.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram