carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Android Terbaik yang wajib Dimiliki Para Penulis

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Jika Anda adalah seorang penulis profesional atau memang memiliki hobi menulis, laptop biasanya jadi "teman paling setia" bagi Anda. Pasalnya, laptop adalah gawai yang pas di zaman sekarang untuk menuangkan isi pikiran Anda ke dalam tulisan. Terlebih karena laptop memiliki mobiliitas yang baik.

Pada perkembangannya, laptop bukan satu-satunya "teman" bagi para penulis. Kini banyak gawai yang lebih canggih untuk Anda yang ingin mencoba menulis dengan lebih simpel, yakni smartphone. 

Banyak aplikasi yang ada di smartphone, dalam hal ini Android, yang bisa membantu para penulis untuk menuangkan karyanya.

Apa sajakah aplikasi Android untuk para penulis tersebut? Biar Anda tidak semakin penasaran, kali ini kami akan membahas mengenai 10 aplikasi untuk penulis di Android yang harus Anda coba. Mari simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

 1. JotterPad

jotterpad_

JotterPad adalah salah satu aplikasi terbaik untuk penulis yang dapat diunduh di Google Play Store. JotterPad memiliki beragam fitur menarik seperti free-distraction editor, quick preview sampai screenwriter profesional. Aplikasi satu ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi pada tampilan.

Aplikasi JotterPad juga dapat Anda gunakan untuk menulis novel secara profesional. Anda dapat mengekspor hasil kerja Anda ke dalam format PDF maupun docx (beta). Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan keyboard Bluetooth. Ingin mencobanya?

2. Writer Plus

Writerplus

Selanjutnya ada aplikasi Writer Plus. Writer Plus juga dapat Anda gunakan untuk menulis novel maupun dokumen lainnya. Writer Plus memiliki beragam fitur seperti folder untuk menyimpan hasil kerja Anda, terdapat word and character count, undo dan juga redo serta night mode.

Writer Plus juga men-support berbagai bahasa selain bahasa Inggris seperti bahasa Jerman, Italia, Perancis dan masih banyak lagi. Aplikasi untuk penulis ini juga mendukung penggunaan keyboard Bluetooth.

3. Novelist

novelist_

Aplikasi untuk penulis lainnya adalah Novelist. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini dibuat khusus untuk para penulis novel. Anda dapat menggunakan tool yang ada dalam aplikasi ini untuk menyusun plot hingga outline dari tulisan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur tanggal deadline untuk pekerjaan menulis Anda.

Ada beragam fitur menarik yang ditawarkan di dalam Aplikasi ini. Mulai dari pemilihan template untuk buku, editor teks dengan format dan auto save hingga mode preview yang praktis.

Ya, dalam aplikasi Novelist, Anda dapat melakukan pratinjau buku Anda tanpa harus menutup aplikasi. Novelist mendukung tulisan berformat EPUB, RTF maupun HTML.

4. Writer Tools

Writertools

Writer Tools merupakan aplikasi khusus penulis yang memiliki fitur menarik seperti ‘Timer’, yakni pengatur waktu yang berjalan selama 25 menit untuk menulis. Saat waktunya habis, Anda disarankan untuk berhenti menulis dan beristirahat sejenak.

Selain fitur ‘Timer’, Writer Tools juga dilengkapi dengan fitur ‘Writing Progress’, dimana Anda dapat memantau hasil kerja Anda secara berkala melalui tab ‘Writing Log’ untuk mengetahui jumlah kata yang telah Anda tulis.

Selain itu, dalam fitur ‘Writing Progress’, Anda juga dapat mengetahui statistik dari buku yang Anda tulis melalui tab ‘Progress Stats’.

Anda juga dapat membuat profil dari setiap karakter dalam novel Anda pada fitur ‘Characters’ yang tersedia. Menarik juga, ya.

 5. Wattpad

wattpad

Aplikasi  lainnya yang bisa Anda coba adalah Wattpad. Lewat Wattpad Anda tidak hanya dapat membaca buku digital hasil karya orang lain, tetapi Anda juga dapat menulis buku Anda sendiri dan langsung mem-publish buku tersebut.

Dalam Wattpad, ada banyak kategori cerita yang dapat Anda baca, sehingga Anda juga dapat menulis buku Anda sendiri sesuai dengan kategori yang Anda inginkan. Kategori cerita dalam Wattpad terdiri dari romance, comedy, thriller hingga horror. Anda tertarik untuk mencobanya?

6. Fizzo Novel

fizzo novel 1-side_

Fizzo Novel adalah aplikasi untuk membaca novel populer, mirip dengan Wattpad. Aplikasi ini begitu digandrungi. Alasannya karena Fizzo menyediakan karya-karya tulis yang menarik dari berbagai genre. Selain itu, Fizzo memberikan reward berupa uang Rupiah pada para pembacanya.

Nah, tidak cuma bisa membaca saja, dengan Fizzo Anda dapat menerbitkan karya tulis sendiri juga. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu bergabung dengan pusat penulis Fizzo. Setelah mendaftar, cukup buka profil dan klik tab “Menjadi penulis”. Di situ, Anda bisa langsung mengisi nama pena dan data lainnya. 

Setelah proses pendaftaran tuntas, Anda bisa langsung membuat karya tulis sendiri. Pilih judul, kover novel, deskripsi isi cerita, hingga genre dan trope-nya. Anda bisa langsung menulis bab demi bab cerita novel dengan menggunakan HP. Sangat praktis, bukan?

Tim Carisinyal sendiri mencoba untuk menulis dengan tool sederhana yang disediakan oleh aplikasi. Hasilnya, kami cukup betah menulis hingga beberapa paragraf. Nah, tulisan Anda bisa langsung disimpan atau diterbitkan jika jumlah katanya mencapai lebih dari 1000. Sebelum terbit, tentu tim editor dari Fizzo akan meninjau naskah Anda terlebih dulu.

Oh iya, selama menjadi penulis di Fizzo, tentu Anda akan memperoleh royalti. Terlebih bila karya Anda asli. Bagaimana, tertarik untuk mulai menulis di Fizzo Novel?

7. My Story Today

mystorytoday

Aplikasi My Story Today adalah salah satu aplikasi di Google Play Store yang dapat membantu Anda untuk menyusun novel Anda sendiri langsung dari smartphone.

Dalam My Story Today, Anda dapat  menambahkan karakter serta setting tempat dalam cerita secara dinamis dan terintegrasi menggunakan rich text editor yang tersedia.

Nantinya, Anda tidak perlu lagi menambahkan nama karakter atau tempat tersebut karena sudah dijadikan link melalui rich text editor tadi. Jadi, Anda dapat menghemat waktu untuk menulis.

Selain itu, hasil kerja Anda di aplikasi ini dapat Anda export ke format docx sehingga memudahkan Anda jika ingin melanjutkan proses penulisan dengan aplikasi pengolah kata Microsoft Word. Jika Anda ingin mencoba aplikasi My Story Today, Anda dapat mengunduhnya di Google PlayStore.

8. Pure Writer

purewriter

Selanjutnya, ada aplikasi Pure Writer. Pure Writer adalah aplikasi untuk penulis artikel yang mengandalkan fitur auto save-nya. Yang lebih menarik dari fitur auto save, aplikasi satu ini memiliki fitur fingerprint unlock.

Aplikasi Pure Writer juga mendukung auto backup sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan hasil kerja Anda.

9. Evernote

evernote_

Selanjutnya, ada aplikasi Evernote yang dikembangkan oleh Evernote Corporation. Dalam Evernote, Anda tidak hanya dapat menulis tetapi juga dapat membuat catatan dalam bentuk kliping web, teks hinga audio.

Evernote juga memungkinkan Anda menggunakan kamera ponsel untuk menyimpan hasil scan dan memberikan komentar pada potongan kertas seperti tulisan tangan. Selain itu, Anda dapat berdiskusi mengenai pekerjaan Anda dalam aplikasi ini. Unduh Evernote untuk Android di Google PlayStore.

10. Auctor

auctor 1-side_

Auctor adalah aplikasi yang dapat diandalkan penulis untuk membangun karakter novel. Di dalamnya terdapat challenge yang harus Anda ikuti. Challenge ini berisi pertanyaan mendetail mengenai karakter yang akan Anda buat.

Tentu, sebelum mengerjakan challenge-nya, Anda harus membuat karakter dan mengisi data dirinya terlebih dulu. Mulai dari nama, tanggal lahir, tinggi badan, warna mata, sampai kata-kata yang identik dengan dirinya.

Setelahnya baru Anda bisa menjawab pertanyaan yang ditawarkan di challenge. Contohnya, soal bagaimana karakter tersebut akan bereaksi saat dalam bahaya, atau bagaimana ia bersikap ketika bertemu banyak orang. Satu persatu challenge bisa Anda rampungkan guna membangun karakter dalam cerita. 

Oh iya, aplikasi ini juga mengadakan tantangan menulis tiap minggu. Tentunya akan ada pemenang dari tantangan tersebut. Seru, ya?

Auctor bisa diunduh dan digunakan dengan gratis. Namun, fiturnya terbatas. Kalau ingin membuat profil karakter tanpa batas dan ada penyimpanan awan, Anda harus berlangganan. Biayanya sekitar $2.99 per bulan atau setara Rp46.000.

Jika Anda hobi menulis, sudah pasti Anda hobi membaca juga. Seperti yang kita ketahui bahwa dewasa ini, membaca buku juga dapat dilakukan melalui smartphone. Berikut kami rekomendasikan 10 Aplikasi Untuk Membaca Ebook khusus untuk Anda.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram