carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Berbagai Pelajaran Sekolah

10 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Berbagai Pelajaran Sekolah

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 7 November 2020

Tidak hanya aplikasi untuk belajar matematika saja untuk menunjang para pelajar agar lebih mudah belajarnya. Namun, aplikasi untuk menunjang belajar berbagai mata pelajaran pun dibutuhkan oleh semua pelajar, mulai dari anak SMA, SMP, sampai SD.

Tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya mahal berjuta-juta untuk datang ke tempat kursus. Manfaatkan smartphone Android yang dimiliki pun cukup untuk belajar keseluruhan mata pelajaran. Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan membahas 10 aplikasi untuk belajar berbagai pelajaran sekolah. Apa saja itu? Simak berikut ulasannya.

1. Ruangguru

Ruangguru

Ingin aplikasi untuk belajar sekaligus dengan tutor dan guru yang membimbing? Aplikasi satu ini mungkin cocok untuk Anda. Pasalnya aplikasi ini menyediakan les secara privat melalui online. Ruangguru menyediakan berbagai mata pelajar mulai dari SD, SMP, juga SMA.

Di dalam aplikasinya, para pengguna dapat melakukan sesi Tanya jawab dengan guru atau tutor secara langsung baik via chat dan video call. Ribuan video belajar untuk mempersiapkan ujian pun dapat ditonton oleh para siswa.

Memang untuk mendownload aplikasi Ruangguru tidak dipungut biaya apapun. Namun, untuk penggunaan seperti privat chat, video call dengan tutor, Anda dikenakan biaya sebesar 20.000 rupiah setiap 30 menit. Berminat? Anda bisa langsung mendownloadnya di sini. Anda bisa cari tahu juga cara menggunakan aplikasi ruang guru di artikel ini.

2. Zenius

Zenius adalah layanan belajar lain yang populer di Indonesia. Zenius juga menyediakan aplikasi belajar online yang dapat digunakan oleh siswa dari berbagai tingkatan. Sejauh ini aplikasi Zenius di Play Store telah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna dengan rating yang tinggi.

Zenius menghadirkan program-program belajar menurut tahun ajaran yang berlaku. Program tersebut dirancang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, mulai dari belajar materi pelajaran sekolah sampai dengan persiapan ujian.

Dalam aplikasinya, Zenius menawarkan beberapa fitur belajar, Zenius Aktiva, Zenius Optima, dan Zenius Ultima. Menariknya, konten video pembelajaran materi sekolah dan kumpulan soal serta kunci jawaban di Zenius tetap bisa diakses secara gratis. Ini adalah salah satu keunggulan Zenius dibanding layanan belajar lain di Indonesia.

3. Brainly

Brainly Homework Help & Solver

Meskipun aplikasi ini berbasis Bahasa Inggris, namun Brainly Homework Help & Solver ini adalah aplikasi yang benar-benar gratis untuk menunjang para pelajar dalam menyelesaikan berbagai macam kasus soal.

Dengan aplikasi ini, para pelajar dibebaskan untuk menanyakan soal-soal pelajaran yang kurang dipahami, seperti pelajaran Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, IPS, sampai dengan pelajaran musik pun ada di sini. Jadi, ini sangat membantu, bukan?

4. #1 Exam Preparation App

#1 Exam Preparation App

Memang aplikasi satu ini tidak berbasis Bahasa Indonesia, meskipun begitu, aplikasi #1 Exam Preparation App ini cukup membantu para siswa baik dari SD, SMP bahkan SMA/SMK untuk belajar berbagai mata pelajaran berstandar internasional.

Aplikasi ini menyediakan fitur di mana para penggunanya akan selalu mendapatkan notifikasi ketika ada soal baru. Juga, para penggunanya dapat berdiskusi dan sharing tentang berbagai macam mata pelajar dengan para expert yang disediakan oleh pihak aplikasi. Bahkan penggunanya pun dapat mempelajari semua pelajaran yang ada dan membuat catatan serta perencanaan belajar.

Selain itu, pengguna aplikasi ini dapat berlatih soal-soal yang disediakan setiap harinya. Sangat optimal, praktis, dan pastinya gratis. Tertarik belajar dengan aplikasi #1 Exam Preparation App? Klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

5. Edmodo

Edmodo

Belajar bukan berarti para siswa harus duduk di dalam kelas atau mendatangi tempat kursus yang mahal. Pasalnya, di aplikasi Edmodo ini mampu membuat siswa belajar dari rumah secara online dan real-time. 

Mereka juga boleh untuk chatting dengan pengajar untuk membahas pemecahan soal-soal, PR, atau ujian. So, kalau Anda butuh aplikasi Edmodo, bisa langsung unduh di sini secara gratis.

6. Soal Ujian SD

Soal Ujian SD

Belajar dengan berlatih mengerjakan soal terus menerus adalah salah satu cara agar anak bisa dengan mudah memahami materi pelajaran. Seperti salah satu aplikasi Soal Ujian SD, aplikasi yang memberikan soal-soal ujian khusus untuk anak sekolah dasar.

Aplikasi Soal Ujian SD ini pun terdapat berbagai macam mata pelajaran sekolah, salah satunya adalah pelajaran matematika. Selain matematika, dalam aplikasi ini tersedia juga pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Seni Budaya, ujian nasional dan Pendidikan Agama Islam.


Soal Ujian SD memang diperuntukan untuk anak SD yang sedang menyiapkan ujian, mulai dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 6 SD. Tidak membosankan dan tentunya bisa membuat anak betah, pasalnya aplikasi untuk belajar ini seperti aplikasi untuk bermain game dimana terdapat 20 level di dalamnya. Mudah bukan? Anda bisa mendownload aplikasinya di sini.

7. Snapask

Snapask

Ada lagi, nih, aplikasi yang bagus untuk belajar para siswa, namanya Snapask. Memang ini adalah aplikasi luar, jadi tidak heran kalau keseluruhan aplikasi ini menggunakan Bahasa Inggris. Namun, jangan merasa kecewa, karena Snapask ini sangat lengkap untuk belajar online lho.

Dalam aplikasinya, Snapask ini memiliki fitur berupa Get 1 to 1 coaching online yang artinya satu guru untuk satu murid. Anak juga bisa belajar berbagai mata pelajaran termasuk untuk IELST. Jadi, bisa dilihat, kan, betapa lengkapnya Snapask ini?

8. EdX

EdX

Nah, kalau aplikasi yang satu ini sepertinya lebih cocok untuk pelajar yang mulai memikirkan karir. Ya, di EdX akan diberikan latihan juga kursus secara intens mengenai pelajaran yang memang dibutuhkan untuk menunjang karir.

Di sini juga tersedia kursus untuk anak SMA dalam menghadapi ujian masuk ke perguruan tinggi lho. Mau coba? Bisa download di sini.

9. Classting

Classting

Satu lagi aplikasi yang cocok untuk belajar secara online, yakni Classting. Kalau dilihat, sih, aplikasi ini mirip dengan aplikasi Ruang Guru, bedanya Classting ini mengandalkan Bahasa Inggris dalam belajarnya.

Jadi, di Classting Anda juga bisa membuat kelas bersama pengajar, chatting, bahkan menonton konten-konten video untuk membahas soal-soal. Cukup bagus, kan?

10. Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah solusi belajar online lainnya yang telah digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna Android. Aplikasi ini dapat digunakan oleh siswa SD, SMP, dan SMA. Mereka bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik.

Kelas Pintar memiliki beberapa fitur. Dua di antaranya adalah Learn yang berisi materi pembelajaran yang menyeluruh dengan pendalaman konsep belajar, video animasi, multimedia interaktif maupun e-book dan Practice untuk penguatan konsep melalui latihan soal dalam bentuk HOTS (High Order Thinking Skills) dan VBQ (Value Based Questions).

Aplikasi ini juga menyediakan fitur Tanya di mana siswa bisa bertanya semua pelajaran secara gratis kepada guru-guru yang ahli di bidangnya, dan siap untuk menjawab pertanyaan kamu secara cepat dan komprehensif. Dan masih ada lagi fitur-fitur yang tidak disebutkan di sini.

Itulah kesepuluh aplikasi untuk belajar para siswa secara online dan hanya perlu membawa smartphone. Tidak perlu berat membawa buku juga tidak perlu repot membayar mahal. Bagaimana menurut Anda?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram