carisinyal web banner retina

Ini Nih Cara Membuat Video Duet di TikTok dengan Mudah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 April 2021

TikTok, saat tulisan ini dibuat merupakan salah satu media sosial yang sedang naik daun. Karena fiturnya yang menarik yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan video buatan mereka membuat, TikTok menjadi platform media sosial yang banyak diminati.

Tidak sedikit video TikTok kreasi pengguna menjadi viral. TikTok menghadirkan fitur dan konten seru di dalamnya. Ini yang membuatnya semakin popular. Salah satu fiturnya adalah video duet.

Apa Itu TikTok?

Ini Nih Cara Membuat Video Duet di TikTok dengan Mudah 1

Beberapa tahun ke belakang sebuah media sosial Musical.ly sempat popular. Aplikasi video pendek berdurasi 15 detik asal Tiongkok ini banyak diminati oleh para penggunanya karena fitur menarik di dalamnya. Sampai pertengahan tahun 2018 saja aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Pesona aplikasi yang terkenal dengan konten seru berupa video lip sync atau sinkronisasi bibir ini kian meroket. Namun, pada Agustus 2018 Musical.ly diambil alih oleh perusahan Tiongkok lain, yakni ByteDance.

Semua fitur dan konten dari Musical.ly otomatis dialihkan ke TikTok, termasuk penggunanya. Inilah awal dari kepopuleran TikTok di jagat maya.

Kalau ditanya apa sih TikTok? Definisi singkatnya ya tidak jauh-jauh dari definisi aplikasi Musical.ly yang mengawali jenis konten video serupa yang kamu lihat di TikTok sekarang ini, yaitu aplikasi video sharing yang memungkinkan pengguna berkreasi dengan video bertema apapun.

Tapi ada perbedaan yang cukup jelas dari kedua aplikasi ini, yakni terletak pada variasi fitur video yang dimiliki. Musical.ly berfokus pada video sinkronisasi bibir sementara TikTok cakupannya lebih luas. Dalam TikTok, kamu bisa membuat konsep video apapun seperti video challenge, video lucu dan video magic trick.

Lengkap, kan? Itulah kenapa TikTok kian banyak peminatnya. Dan bisa jadi kamu salah satunya. Nah, seperti yang telah disebutkan di atas, ada satu video yang banyak diminati oleh pengguna TikTok, yakni video duet. Simak dulu gambaran mengenai video duet di TikTok berikut ini, yuk!

Gambaran Singkat Duet Video di TikTok

Ini Nih Cara Membuat Video Duet di TikTok dengan Mudah 3
Sumber: https://www.advertisemint.com

TikTok bukan hanya sekedar aplikasi video biasa. Aplikasi satu ini kaya akan kreasi yang memungkinkan kamu untuk mengekspresikan minat terhadap apa pun yang ditampilkan dalam bentuk video. Kamu bisa berbagi karyamu dengan semua pengguna media sosial.

Pasalnya konten di TikTok bisa kamu bagikan ke platform media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain. Ini membuat konten kreasimu di TikTok bisa sampai ke pengguna lain meskipun bisa saja mereka bukan pengguna TikTok.

TikTok menyajikan fitur duet video yang menampilkan dua pengguna dalam satu frame video. Fitur video ini termasuk yang banyak diminati. Fitur duet ini sederhana. Kamu bisa menyandingkan video kreasimu dengan video idolamu.

Meskipun bukan video live, namun hasilnya adalah seolah-olah kamu dan idolamu berhadap-hadapan membuat video bersama. Ini memberikan kesan yang istimewa bagi pengguna.

Pada awal dikeluarkannya fitur ini, kamu bisa merekam video karaoke dengan penyanyi-penyanyi idolamu. Sekarang, orang telah memanfaatkan fitur ini untuk membuat video duet yang lebih menarik.

Fitur ini pun bisa kamu gunakan untuk memberikan reaksi pada video kreasi pengguna lain atau menunjukkan perspektif lain dari video yang sama. Semua bisa kamu lakukan dengan fitur duet dari TikTok ini.

Untuk menggunakan fitur duet tersebut tentu saja kamu perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasinya dan lakukan registrasi. Yang tidak kalah penting dari langkah awal tersebut adalah pastikan bahwa lawan duet mengatur profil akunnya ke mode Enable Duet.


Jika pengaturan profil aku masih belum tersedia, maka kamu tidak bisa melakukan video duet dengan pengguna tersebut. Akan muncul notifikasi bahwa kamu tidak bisa melakukan duet dengan pengguna tertentu selama ia masih belum merubah pengaturan profil akunnya.

Cara Melakukan Duet di TikTok

Ini Nih Cara Membuat Video Duet di TikTok dengan Mudah 5
Sumber: https://pentos.co

Pastikan bahwa aplikasi TikTok sudah kamu unduh dan membuat akun. Ketika pertama kali membuat akun TikTok, kamu akan diberi beberapa pilihan video yang kamu minati. Tema video tersebut meliputi komedi, drama, makanan, gaya dan kecantikan, travel dan masih banyak lagi.

Pilih tema TikTok yang kamu. Selanjutnya, kamu akan disuguhi berbagai video dari pengguna lain. Setelah itu akan muncul tampilan untuk mendaftar akun. Ada beberapa cara untuk mendaftar akun TikTok, misalnya dengan melalui akun Facebook, akun Google atau dengan nomor telpon. Pilih salah satu.

Nah, sekarang kamu bisa mulai membuat video duet di TikTok-mu sendiri. Ikuti yuk cara-cara membuatnya!

  • Setelah kamu membuka aplikasi TikTok, pilih satu video yang berseliweran di FYP, For You Page, beranda TikTok. Tap tombol Share dan tap tombol duet.
  • Unduh dua video yang ingin kamu gabungkan menjadi video duet.
  • Pilih kecepatan video yang akan kamu buat. Untuk kecepatan normal, pilih 1x. Jangan lupa untuk hidupkan mik terlebih dahulu jika kamu membutuhkannya. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengklik ikon mik yang ada di sebelah kanan layar.
  • Rekam dirimu yang tengah melakukan pose, musik atau audio apapun yang ingin kamu sandingkan nantinya dengan video pengguna lain. Di bagian panel kiri ada sejumlah tombol filter dan editing untuk mempercantik tampilan dan videomu.
  • Simpan di galeri. Kelebihan dari TikTok adalah ia punya fitur penyimpanan file yang masuk ke galeri. Kamu bisa memilih video mana yang menarik untuk dipublikasikan. Ada tombol khusus untuk menyimpan video hasil kreasimu.
  • Atur di mana kamu ingin mengakhiri videomu. Kamu bisa mengedit durasi video duet tersebut sebelum kamu publish. Kemudian, tap tombol Share dan cari tombol Save. Tunggu sampai aplikasi selesai mengunduh semua file videomu.
  • Periksa hasil video duet yang telah kamu rekam tadi. Tap tanda Check Video yang terletak di sebelah kanan tombol rekam video.
  • Terakhir, tekan tombol Next untuk mengunggah video duet yang kamu buat. Sekarang video duetmu sudah bisa dilihat oleh pengguna TikTok lain.

Untuk membuat video duet TikTok yang menarik, kamu bisa mengedit video tersebut sesuai keinginanmu. Kamu tidak perlu repot mengunduh aplikasi editing video pasalnya TikTok sendiri sudah melengkapi aplikasinya dengan beragam filter dan editing tools sederhana yang bisa kamu gunakan.

Fitur editing yang ada tidak hanya berupa filter saja. TikTok punya beragam efek suara dan voice over yang bisa kamu gunakan untuk mengatur suara agar lebih enak di dengar. Atau bisa juga kamu edit suaramu dengan jenis suara lucu. Tentukan sendiri proses edit video duetmu.

Masih kurang? Kamu bisa tambahkan animasi dan teks pada videomu dari aplikasi TikTok langsung. Belum lagi ratusan stiker yang bisa digunakan untuk menghiasi videomu tersedia di sana.

Mudah, bukan? Aplikasi TikTok merupakan aplikasi yang cukup lengkap. Dalam satu aplikasi seru ini kamu bisa merekam berbagai video sekaligus mengeditnya. Kamu bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada TikTok untuk membuat konten menarik seru lainnya.

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa TikTok punya banyak konten video yang pasti bikin kamu tertarik. Sering-seringlah mengeksplorasi isinya dan lihat video kreasi pengguna lain untuk inspirasi. Siapa tahu dapat ide luar biasa untuk konten TikTok-mu. Selamat mencoba.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram