carisinyal web banner retina

Cara Hide Aplikasi di HP itel dengan Mudah & Cepat

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Umumnya, menggunakan pola, kata sandi, face unlock, dan fingerprint scanner sudah cukup untuk menjaga privasi diri di ponsel, seperti isi chat, foto, dan sebagainya.

Akan tetapi, ada kalanya HP kita kebobolan oleh orang terdekat, apalagi jika mereka mengetahui pola atau kata sandi ke ponsel kita. Sebagai orang tua, saya pun terkadang perlu menyembunyikan aplikasi di HP agar anak saya tidak mengakses hal-hal yang tidak sesuai dengan umurnya.

Adapun menyembunyikan aplikasi di HP punya beberapa benefit lain. Misalnya, sebagai suami, saya perlu sembunyikan aplikasi chat agar istri tidak membaca isi pesan mertua yang sering kali menusuk. Atau, sebagai bujangan, menyembunyikan aplikasi di HP juga dapat menjadi lapisan perlindungan ekstra terhadap privasi kita.

itel rs4 hide app

Tanpa harus instal aplikasi pihak ketiga, pengguna HP itel untungnya sudah menyediakan fitur bawaan yang dapat menyembunyikan aplikasi. Kalau Anda tidak tahu bagaimana cara pakainya, tenang saja. Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di HP itel pakai fitur bawaan. Mudah dan praktis!

Tutorial ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan itel RS4. Jadi, setiap langkahnya sudah saya coba terlebih dahulu.

1. Lakukan Tap and Hold pada Laman Beranda

itel rs4 tap and hold

Pada laman beranda atau yang bisa juga disebut "Home Screen", tempelkan jari Anda di area kosong pada layar dan tahan beberapa detik (tap and hold). Setelah itu akan muncul beberapa opsi tambahan seperti Wallpaper, Widgets, Theme, dan Settings.

2. Pilih "Settings" Lalu Pilih "Hidden Apps"

itel hidden app

Ketuk (tap) simbol Settings di pojok kanan bawah, lalu pilih menu Hidden Apps untuk mengakses aplikasi yang tersembunyi. Anda akan diminta membuatkan kata sandi atau pola.

3. Tap pada "Sign In and Link" dan Masukkan Password (Opsional)

itel hide app

Setelah itu, Anda pun akan diminta menghubungkan akun kalau-kalau lupa kata sandi atau pola yang tadi dibuat. Ketuk pada tombol Sign In and Link untuk menuju laman berikutnya.

Pada laman selanjutnya, Anda perlu memasukkan kata sandi pada akun itel yang telah dibuat saat pertama kali menggunakan smartphone itel. Jika Anda lupa dengan password akun tersebut, bisa skip langkah ini dengan cara ketuk tulisan Skip di pojok kanan atas.

4. Pilih Menu "Apps" dan Masukkan Aplikasi ke Dalam Daftar

masukkan aplikasi ke dalam daftar itel hide

Pada laman yang disebut dengan "Hide", Anda akan disuguhkan beberapa kategori data seperti gambar, video, rekaman suara, dokumen, dan aplikasi. Nah, tinggal ketuk pada tulisan Apps untuk menuju laman aplikasi.

Kini, Anda ditampilkan dengan laman daftar aplikasi yang telah disembunyikan. Jika ini adalah pertama kali Anda mencoba langkah ini, besar kemungkinan isinya masih kosong. Ketuk pada tanda "+" (tanpa plus) untuk menambah aplikasi ke dalam daftar.

Untuk contoh kali ini, anggap saja saya ingin menyembunyikan aplikasi Facebook. Anda juga bisa memasukkan semua aplikasi yang telah instal, termasuk WhatsApp, LINE, Instagram, bahkan game. Beri tanda centang pada kotak di sebelah nama aplikasi yang ingin di-hide, lalu tekan Confirm.

5. Aplikasi Sudah Berhasil Di-Hide

itel hidden app

Selesai! Tanda bahwa Anda sudah berhasil menyembunyikan aplikasi adalah dengan melihat keberadaan ikon di laman Apps. Anda bisa ulangi langkah yang sama jika ingin menyembunyikan aplikasi lainnya.

Anda bisa coba mencari ikon aplikasi di App Drawer biasa, dan niscaya Anda tidak akan menemukannya. Tandanya, aplikasi memang sudah tidak dapat diakses dengan cara normal. Lalu, bagaimana jika ingin buka aplikasi tersembunyi tersebut?

6. Ketahui Gesture untuk Akses Aplikasi Tersembunyi

cara hide aplikasi di hp itel

Langkah selanjutnya adalah mengetahui akses ke aplikasi tersembunyi. Bagaimana pun, percuma jika sudah disembunyikan tapi pemilik HP tidak bisa buka sama sekali. Itu sih sama saja dengan uninstall.

Anda tentu tahu caranya membuka App Drawer, bukan? Caranya adalah dengan melakukan swipe up dari laman beranda alias Home Screen. Nah, jika ingin akses ke aplikasi tersembunyi, lakukan swipe up pakai dua jari.

Langkah selanjutnya tinggal memasukkan pola atau kata sandi yang sudah dipasang tadi, dan Anda pun berhasil mengakses laman Hide untuk membuka aplikasi yang tersembunyi. Gampang, 'kan?

Yak, itu tadi cara mudah dan praktis untuk hide aplikasi di HP itel. Yang saya suka dari itel RS4, kendati antarmukanya minim bloatware, namun masih memiliki fitur tambahan yang berguna. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot unduh aplikasi dari Play Store untuk hide aplikasi. Selamat mencoba!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram