carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Tips Laptop / Begini Cara Melihat Tipe Laptop dengan Mudah dan Cepat

Begini Cara Melihat Tipe Laptop dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 5 Maret 2021

Ada banyak alasan seseorang atau bahkan kamu ingin memeriksa tipe laptop yang dimiliki. Mungkin kamu ingin memastikan tipe laptopmu sesuai atau tidak dengan ketentuan dari sebuah aplikasi video gim sehingga nanti dapat berjalan lancar. Bisa juga, karena kamu ingin membandingkan laptop jadulmu dengan yang baru.

Mengetahui tipe laptop juga penting jika terjadi kerusakan, biasanya jika ingin membeli sparepart bagian laptop yang rusak akan ditanya perihal tipe dari laptop yang kamu punya. Pun, bila kamu ingin menjual laptop pasti akan perlu mengetahui tipe dari laptop.

Akan tetapi pada kenyataan banyak orang yang susah membedakan antara merk dengan tipe laptop. Sehingga jika ditanya tipe laptop, banyak yang menjawab logo atau nama yang biasanya tercantum pada layar laptop. Harus diakui untuk menemukan tulisan tipe laptop pada bodi perangkat memang rada sukar. Namun, ternyata kamu masih bisa mencari tahu tipe dari laptop saat menjalankannya, lho!

Pada kesempatan kali ini Carisinyal akan mengupas cara melihat tipe dari laptop, tentunya dengan metode yang gampang dan cepat. Juga bisa diimplementasikan di berbagai merk laptop seperti Acer, ASUS, Lenovo, HP, Dell, Toshiba, AXIOO. Akan tetapi kali ini, Carisinyal akan mencontohkan lewat laptop ASUS. Ok, Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

1. Cari Tahu Tipe Laptop di Kardus Laptop

Rupanya menyimpan kardus atau box laptop yang dimiliki berguna juga jika sewaktu-waktu diperlukan untuk kebutuhan apapun seperti melihat tipe dari laptop. Jadi, alangkah lebih baik dijaga dan tidak dibuang. Metode mencari tahu tipe laptop pada kardus dapat dikatakan yang paling mudah.

Pertama, carilah dan ambil kardus laptop yang kamu masih simpan. Perhatikan setiap label atau sticker yang menempel pada kardus laptop tersebut. Di antara sticker yang tertempel di kardus laptop biasanya ada informasi mengenai tipe laptop dan spesifikasi. Perlu diingat setiap kardus laptop mungkin tata letak informasi tipe dan spesifikasi akan berbeda.

Berikut ini adalah contoh sticker yang memuat tipe dan spesifikasi lengkap yang ditemukan pada kardus laptop ASUS.

Tipe Laptop pada Kardus 1

Bila kamu tidak menemukan sticker yang bertuliskan tipe laptop atau sticker yang bertuliskan tipe laptop telah memudar bisa melihat buku panduan atau manual. Di dalam buku tersebut biasanya akan ada informasi mengenai tipe dan spesifikasi dari laptop yang kamu gunakan.

Tipe Laptop pada Buku

2. Cek Tipe Laptop Lewat DirectX Diagnostic Tools (DXDiag)

Berdasarkan Computer Hope, DirectX Diagnostic Tools (DxDiag) adalah alat dari Microsoft yang memungkinkan kamu untuk melihat informasi mengenai sistem atau spesifikasi komputer/laptop mulai dari prosesor, RAM, model, tipe, hingga BIOS. Cara untuk mengecek tipe laptop melalui DirectX Diagnostic Tools sebagai berikut.

  • Tahap pertama yang dapat dilakukan untuk melihat tipe laptop yang kamu punya yaitu dengan menuju ke kolom pencarian atau Start.

Menu Search

  • Selanjutnya ketik Run, bila kamu tidak bisa mencarinya pada kolom pencarian atau Start maka tinggal klik tombol Windows + tombol R.

Klik Run

  • Dilanjutkan dengan mengetik DXDIAG (semua diketik dengan kapital atau Caps Lock) di kotak Run.
  • Lalu, kamu harus menekan menu OK yang ada di kotak Run.

Klik Run

  • Kemudian, kamu akan melihat kotak DirectX Diagnostic Tools. Pada kotak DirectX Diagnostic Tools, kamu akan melihat beberapa menu di antaranya yaitu menu System, Display, Sound, dan Input. Namun, karena kamu hanya ingin melihat tipe atau model dari laptop maka pilihlah menu System.
  • Di menu System, kamu akan menemukan berbagai informasi seperti nama perangkat, sistem operasi, bahasa perangkat, manufaktur sistem, model sistem, dan lain-lain. Lantas bagian mana yang menunjukkan dari tipe dan merk laptop yang kamu gunakan? Kamu bisa memperhatikan bagian System Manufacturer untuk mengetahui merk laptop dan System Model untuk melihat tipe laptop.

Sistem Manufaktur

  • Voila! Kamu sudah melihat dan mengetahui tipe dari laptop yang kamu miliki.

3. Lihat Tipe Laptop dengan Menu CMD

Dilansir dari Domainesia.com, Command Promt atau disingkat CMD merupakan sebagai suatu perintah DOS yang disampaikan dalam bentuk teks. Melalui CMD, kamu bisa mengakses komputer sebagaimana di saat dirimu mengaksesnya melalui Windows Explorer.

Terdapat banyak beragam perintah yang mungkin masih belum diketahui orang banyak di CMD, salah satu di antaranya adalah dapat digunakan untuk melihat tipe laptop. Caranya seperti ini!

  • Langkah awal yang dapat dilakukan untuk melihat tipe laptop yang kamu punya yaitu dengan menuju ke kolom pencarian atau Start.

Menu Search

  • Kemudian ketik CMD (huruf kapital semua atau Caps Lock). Namun, jika kamu tidak bisa menemukan menu CMD karena suatu hal, tenang masih ada cara lain yaitu kamu bisa menekan tombol Windows + tombol R pada keyboard laptop secara bersamaan.
  • Setelah itu akan muncul kotak Run. Di kotak tersebut kamu harus mengetik CMD.

Ketik CMD

  • Sesaat kemudian kamu akan melihat kotak hitam CMD atau Command Prompt.
  • Lalu, pada kotak Command Prompt kamu harus mengetik systeminfo (gunakan huruf kecil dan tidak perlu dipisahkan antar-huruf tersebut)

Mengetik systeminfo di CMD

  • Tunggulah proses loading dalam beberapa saat.
  • Tak lama, tampilan dari Command Prompt akan berubah dan menampilkan banyak informasi salahnya satunya mengenai merk dan tipe laptop yang berada pada bagian System Manufacturer dan System Model.

System Manufacturer di CMD

  • Yay! akhirnya kamu bisa tahu tipe, merk, bahkan informasi lain yang memuat tentang laptop yang sedang kamu gunakan.

4. Menemukan Tipe Laptop dengan System Information

Bila kamu masih belum bisa mengetahui atau melihat tipe laptop baik itu dari kardus, lewat DirectX Diagnostic Tools, hingga CMD, tenang kamu masih menggunakan alternatif lain dengan System Information atau Informasi Sistem pada laptop. Beginilah langkah-langkah melihat tipe laptop dengan System Information.

  • Pergilah ke kolom pencarian atau menu Start. 
  • Selanjutnya, ketik System Information pada kolom pencarian atau Start. Untuk metode ini tidak ada langkah menggabungkan tombol secara bersamaan seperti metode sebelumnya, sehingga kamu harus mengetik System Information.

System Information

  • Setelah mengetik, temukan ikon System Information.
  • Lalu, klik ikon System Information untuk membuka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, akan muncul kotak System Information. Pada kotak ini akan ada tiga kategori yaitu Sumber Daya Perangkat Keras atau Hardware Resources, Komponen atau Components, dan Lingkungan Perangkat Lunak atau Software Environment. Dari setiap kategori tersebut rupanya memiliki subkategori lain yang akan menampilkan banyak informasi mengenai laptop yang sedang kamu pakai. Akan tetapi karena fokus kamu mencari tipe dari laptop, maka kamu hanya mengklik Simpulan Sistem atau System Summary.

System Summary

  • Tunggulah beberapa saat sampai proses Refreshing System Information usai. Selang beberapa saat kemudian, kamu akan ditampilkan informasi mengenai spesifikasi laptopmu termasuk tipe laptop yang kamu ingin ketahui.

Information Tipe

  • Informasi merk dan tipe, ada di bagian System Manufacturer dan System Model.

Bagaimana mudahkan? Perlu dicatat kalau cara-cara di atas dapat digunakan pada semua sistem operasi Windows seri manapun. Kalau Carisinyal boleh saran, cara termudah untuk mencari tahu atau melihat tipe dari laptop adalah dengan menggunakan metode mengetik System Information.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga CPU-Z

Selain cara di atas kamu masih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui tipe laptop. Kali ini Carisinyal akan menggunakan aplikasi bernama CPU-Z. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan dan pasangkan pada laptopmu secara gratis. Berikut ini adalah tahapan yang harus kamu perhatikan saat ingin memakai aplikasi CPU-Z:

  • Instruksi pertama kamu harus lakukan ialah mengunduh aplikasi CPU-Z. Kamu bisa mendapatkannya di sini.

Aplikasi CPU-Z

  • Berikutnya, pasang atau install aplikasi tersebut di laptop milikmu.
  • Setelah kamu berhasil memasang aplikasi akan otomatis terbuka dan akan menampilkan jendela sepert ini
  • Kamu bisa mengetahui tipe laptop kamu di menu Mainboard

Aplikasi CPU-Z

  • Mudah, gampang, dan detil bukan menggunakan aplikasi CPU-Z untuk mencari tahu tipe laptop?

Kalau kamu masih merasa kesulitan untuk melihat tipe laptopmu, coba komen pada kolom komentar tahapan mana yang tidak bisa? Bagi kamu yang ingin mendapatkan tips dan trik seputar laptop atau ponsel pintar, pantau terus Carisinyal, yah!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram