Carisinyal / Tips Trik / Tips Laptop / 5 Cara Membalik Layar Komputer yang Paling Mudah

5 Cara Membalik Layar Komputer yang Paling Mudah

Tak banyak yang tahu kalau tampilan layar di komputer dapat dibolak-balik sesuka hati. Anda bisa melakukan hal ini dengan mudah. Tak ribet seperti tutorial komputer pada umumnya. Tapi sebelum Anda tahu cara membalik layar, Anda perlu tahu dulu untuk apa Anda membalik tampilan layar?

Adanya fitur membalik layar pada sistem operasi komputer, tentu punya tujuan tertentu. Umumnya tujuan tersebut meliputi 3 hal berikut ini.

1. Melihat gambar dari perspektif lain

Banyak gambar yang kadang memberikan banyak perpektif untuk melihatnya. Gambar yang dibuat biasanya ditujukan untuk memberikan makna lain bahwa sudut pandang yang berbeda akan menghasilkan interpretasi yang berbeda.

Contohnya adalah gambar orang yang jika dilihat biasa akan berbeda hasilnya jika gambar tersebut diputar. Biasanya gambar jenis ini adalah ilusi dua wajah. Untuk melihat perpektif ini, paling banter adalah dengan memutar gambar 180 derajat. Tapi tak ada salahnya juga memutar gambar gambar sekaligus dengan memutar tampilan layar.

2. Melatih pergerakan perbedaan kursor

Ketika layar diputar, maka pergerfakan kursor mouse akan melakukan hal sebaliknya. Ketika layar sudah terbali, mouse yang digerakan kanan akan menghasilkan kursor yang bergerak ke kiri. Mouse digerakan ke bawah, kursor mouse bergerak ke atas. Hal yang sama berlaku sebaliknya.

Tujuan beda arah ini untuk melatih kepekaaan pergerakan tangan kita. Siapa tahu nanti ada tes yang mengharuskan pergerakan dengan rah sebaliknya. Siapa tahu yah.

3. Iseng dan Jahil

screen rotation

* sumber: nerdia.net

Alasan ketiga adalah iseng. Iseng disini artinya Anda membalikan layar dengan tujuan iseng saja alias tanpa tujuan apapun. Sekadar di balik layarnya dan diputar balik lagi.Selain iseng, alasan Anda membalik layar adalah untuk menjahili teman.

Misal Anda sedang kesal sama teman, Anda pinjam laptop kemudian Anda putar balik tampilan layarnya. Ketika teman Anda memakainya, tentu dia akan kebingungan sendiri kenapa layarnya dibalik. Dan yah dia pasti akan kesal.

Cara ini bisa dibilang jahil yang tidak berbahaya karena hanya akan membuat teman Anda bingung dan kesal. Bisa juga teman Anda kaget mendapatkan tampilan layar yang terbalik. Jika sudah selesai membalikan layar teman Anda sebainya, kembalikan tampilan layarnya seperti semula.

Apapun tujuan Anda untuk membalikan layar, cara membalik layar komputer tergolong mudah. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara. Tanpa basa-basi lagi, berikut 5 cara membalik layar komputer termudah dan paling simpel.

5 Cara Membalik Layar Komputer

1. Mengatur Display Setting

orientation display

Cara pertama adalah cara yang paling mudah yaitu di bagian pengaturan layar bawaan sistem operasi Windows. Misalnya di Windows 10, pengaturan membalik layar ada di bagian display setting. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Klik kanan di layar utama, kemudian pilih display setting.
  • Pilih bagian orientation.
  • Ada 4 pilihan yang tersedia. Untuk membalik layar, pilih mode “landscape (flipped).”
  • Layar akan terbalik 180 derajat seperti pada gambar berikut ini.

layar terbalik

2. Menggunakan Kombinasi Keyboard

ALT CTRL TANDA ARAH

Cara yang kedua adalah menggunakan kombinasi yang ada di keyboard. Seperti terlihat pada gambar, untuk membalikan layar cukup menekan tombol Ctrl + Alt + Arrow (tanda arah panah). Untuk keterangan arahnya adalah sebagai berikut.

  • Ctrl + Alt + arah bawah, kombinasi untuk membalik tampilan layar.
  • Ctrl + Alt + arah atas kombinasi untuk mengembalikan tampilan layar ke semula.
  • Ctrl + Alt + arah kiri, kombinasi untuk membalik tampilan layar ke kiri sebesar 90°.
  • Ctrl + Alt + arah kanan kombinasi untuk membalik tampilan layar ke kanan sebesar 90°.

3. Menggunakan Intel Graphic Option

Cara yang ini hanya berfungsi untuk komputer atau laptop yang menggunakan chipset Intel. Umumnya laptop yang memakai prosesor Intel dengan grafis terintegrasi dari Intel. Caranya juga cukup mudah.

Biasanya tampilan Intel Graphic Option sudah muncul jika Anda klik kanan pada bagian layar. Mirip dengan cara pertama. Kemudian pilih ”graphic option.” Setelah itu pilih “rotate.” Pilihlah “rotate 180 degrees” untuk memutar layar terbalik.

4. Menggunakan Nvidia Control Panel

Cara lainnya bisa dilakukan bila komputer atau laptop yang Anda miliki memakai kartu grafis Nvidia. Caranya cukup mudah. Tinggal masuk ke Nvidia control panel dengan cara klik kanan di layar. Setelah itu pilih bagian “rotate display.” Nanti akan tersedia pilihan persis seperti 4 pilihan di poin nomor 1.

5. Menggunakan AMD Catalyst

amd catalyst

* sumber: support.amd.com

Untuk Anda yang menggunakan kartu grafis AMD, cara memutar atau membalik layar bisa dilakukan dengan cara masuk ke program AMD Catalyst. Jika dulu namanya AMD Catalyst Control Center sekarang berubah menjadi AMD Radeon Software Crimson Edition.

Caranya juga hampir sama dengan cara yang dilakukan pada poin 4. Yakni masuk pilihan softwar AMD Catalyst dengan klik kanan di layar. Setelah itu, pilih “Common Display Tasks” dan pilih “Rotate Desktop.”

Jika pada poin 4 dan poin 5 belum ditemukan pilihan menunya, maka dengan cara ini Anda harus melakukan update driver terlebih dulu. Update driver sangat penting karena banyak fitur bermanfaat jika melakukan update driver VGA AMD atau VGA Nvidia.

Oh yah, perlu Anda pahami meskipun Windows memiliki fitur membalik layar, fitur ini sebenarnya bisa saja dihilangkan atau ditiadakan oleh produsen hardware. Contohnya misalnya produsen tertentu memproduksi laptop dengan OS Windows. Di dalam sistem operasi ini, fitur rotasi layar sengaja dinonaktifkan oleh produsen tersebut.

Kebanyakan laptop biasanya masih memiliki fitur ini. Tapi bisa saja produsen tertentu menonaktifkannya untuk tipe laptop tertentu. Karena itu, Anda bisa cek laptop Anda yang mengusung OS Windows, apakah fitur tersebut masih ada atau tidak.

5 cara sebelumnya hanya berlaku di komputer dengan sistem operasi Windows. Untuk Anda yang tidak memakai sistem operasi Windows, Anda bisa cek cara membalik layar di MacOS dan Chrome OS berikut ini.

Membalik Layar di MacOS

macOS

* sumber: id.wikihow.com

Untuk Anda yang menggunakan MacOS cara memutar layar berbeda. Di MacOS, cara memutar layar hanya bisa dilakukan di MacOS X Yosemite ke bawah. Caranya dengan menahan tombol ⌘ Command Option, lalu klik Displays. Di MacOS fitur membalikan layar sudah tidak bisa dilakukan.

Untuk MacOS di atas Yosemite, ada cara untuk membalikan layar tapi sangat tidak disarankan. Mengapa? Karena memutar layar di MacOS akan membuat sistem error. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layar ekssternal yang terhubung dengan MacOS.

Dengan layar eksternal, Anda bisa memutar layar layar di MacOS. Hanya saja layar eksternal yang digunakan juga harus mendukung untuk memutar layar. Jika tidak, tentu tampilan layarnya tidak akan bisa diputar.

Membalik Layar di Chrome OS

Untuk Anda yang menggunakan Chrome OS (Chromebook). Caranya cukup mudah, yakni dengan menekan kombinasi^ Ctr l+ ⇧ Shift + Refresh untuk memutar layar sampai 90°. Tekan lagi untuk memutar 90° lagi agar layar terbalik. Tombol refresh di Chromebook ditujukan dengan tombol arah yang memutar).

he keys ctrl+shift+refresh (The circling arrow on the top row) two times, it’ll reset the screen back to 0 degrees

Bagaimana tips cara membalikan layar ini? Penasaran ingin mencobanya? Atau Anda punya cara lainnya? Bagikan kepada kami dan pembaca lain di kolom komentar, ya. Semoga membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment