carisinyal web banner retina

7 Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer dan Laptop

Ditulis oleh Listiorini
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Terkadang, ada beberapa orang yang lebih nyaman dengan layar yang tidak terlalu terang dan ada pula yang merasa lebih nyaman ketika layar komputernya sedikit redup. Namun, tingkat kecerahan layar pada komputer/laptop juga bisa bergantung pada kondisi ruangan, baik di luar maupun di dalam ruangan.

Lantas, bagaimana cara mengatur kecerahan layar komputer/laptop? Ada berbagai macam cara untuk mengaturnya, bisa melalui pengaturan biasa, windows, juga keyboard. Tenang saja, semua cara mengatur kecerahan layar komputer ini sangat mudah dan simpel, kok. Anda bisa baca terus di artikel Carisinyal ini sampai akhir, ya.

1. Mengatur Kecerahan dari Monitor

Cara mengatur tingkat kecerahan monitor bisa diatur dari monitornya langsung. Monitor PC Desktop umumnya memiliki tombol khusus untuk mengatur kecerahan (baik di depan atau di salah satu ujungnya). Anda hanya tinggal memencet tombol ini untuk mengatur tingkat kecerahan layarnya.

Beberapa monitor juga menyediakan software khusus untuk pengaturan layar. Dengan kehadiran software tadi, Anda bisa mengatur tingkat kecerahan layar dan fitur lain yang ada di monitor.

2. Manfaatkan Personalize (Windows 7)

Manfaatkan Personalize

Pernah mengganti wallpaper pakai menu Personalize? Jika pernah maka cara tersebut juga bisa dijadikan salah satu cara untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada PC/laptop. Caranya sangat mudah dan tidak perlu melakukan banyak tahap. Yuk, langsung ikuti langkah mudahnya di bawah ini!

  1. Langkah awal, Anda hanya perlu menuju halaman Windows utama.
  2. Kemudian, Anda bisa langsung klik kanan pada mouse Anda.
  3. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi. Untuk mengatur tingkat kecerahan, bisa langsung klik personalize.
  4. Lalu, Anda bisa langsung pilih display untuk mengatur kecerahannya. Biasanya, menu display ini terletak di bagian pojok kiri bawah dan di dekat See Also.
  5. Kini memasuki tahap terakhir untuk mengaturan tingkat kecerahan layar, Anda hanya perlu klik Adjust Brightness dan aturlah sesuai dengan kebutuhan.

Selesai sudah, kini Anda sudah bisa mengatur tingkat kecerahan dengan mudah dan tanpa ribet. Berhasil mencobanya? Atau, masih bingung? Masih ada cara lainnya, kok. Oh iya, cara ini biasanya bisa dilakukan untuk sistem operasi Windows 7 ke bawah, ya.

3. Klik Kanan pada Mouse (Windows 10 & 11)

Bagi Anda yang menggunakan PC/laptop berbasis Windows 10 dan windows 11, ada cara yang lebih gampang untuk mengatur kecerahan layar. Anda tidak perlu repot-repot untuk klik menu personalize lagi.

Sebab, cara yang satu ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk mendapatkan kecerahan layar yang sesuai dengan keinginan Anda. Mau tahu caranya? Bisa langsung ikuti tutorial ini:

  • Di awal, pastikan Anda meletakkan krusor pada halaman utama windows, baik itu berupa PC Desktop maupun laptop.
  • Kemudian, Anda bisa langsung klik kanan pada moouse.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung klik menu Display Settings.
Klik Kanan pada Mouse (Windows 10) 2
  • Lalu, Windows akan langsung menampilkan pengaturan untuk layar, baik untuk scale and layout, night light, resolution, termasuk untuk mengatur tingkat kecerahan.
  • Nah, untuk mengatur kecerahan layar, Anda hanya perlu memperhatikan pada bagian Brightness and color > Change Brightness.
Klik Kanan pada Mouse (Windows 10) 1
  • Di sana, ada sebuah bar dan garis yang bisa Anda geser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Geser dan aturlah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.
  • Selesai, Anda bisa langsung tutup menu brightness, pengaturan kecerahan layar akan tersimpan secara otomatis.

Bagaimana, apakah menurut Anda cara ini lebih mudah atau membuat Anda bingung? Kalau Anda masih belum cocok dengan cara ini, bisa mencoba cara lainnya yang dipaparkan di bawah ini, ya.

4. Kombinasi Tombol Windows + X

windows mobility center

Selain cara tadi, Anda juga bisa mengatu tingkat kecerahan layar dengan kombinasi keyboard . Cara ini lebih mudah karena tidak perlu banyak ‘klik’ menu atau opsi lainnya.

Oh iya, cara ini juga bisa dilakukan untuk sistem operasi Windows apapun, mulai dari Windows 7, 8, bahkan sampai Windows 10 dan 11. Berikut beberapa langkah mudahnya:

  • Awalnya, Anda bisa langsung klik simbol windows + huruf X pada keyboard.
  • Kemudian, Anda bisa langsung klik Mobility Center, namun terkadang, ada juga beberapa Windows yang menggunakan nama Windows Mobility Center. Klik menu tersebut dan langsung akan muncul beberapa pengaturan dasar.
Paduan Simbol Windows + X 1
  • Untuk mengatur kecerahan layar, silakan geser pada bagian Display brightness. Ada sebuah bar di bagian bawah menu tersebut, Anda bisa geser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan.
cara mengatur kecerahan layar komputer Paduan Simbol Windows + X 2
  • Jika sudah selesai, Anda bisa langsung tutup menu tersebut dan pengaturan kecerahan layar akan tersimpan secara otomatis. Sangat simpel, ya?

5. Klik Fn + Simbol Kecerahan Layar pada Keyboard

Klik fn + Simbol Kecerahan Layar pada Keyboard

Ada lagi cara termudah dan paling gampang, menurut Carisinyal, dengan klik simbol yang ada di keyboard. Ya, cara ini lebih simpel jika dibandingkan dengan tiga cara di atas. Cara ini juga berlaku untuk semua PC/laptop berbasis Windows apapun.

Pertama, Anda bisa klik tombol fn + simbol brightness pada keyboard. Biasanya, simbol brightness akan digambarkan seperti matahari yang redup atau terang. Sudah selesai, kini kecerahan layar sudah Anda atur.

Catatan juga, bahwa cara ini tergantung pada keyboard dari masing-masing PC/laptop. Sebab, tidak semua keyboard mendukung simbol brightness, jadi pastikan keyboard Anda sudah ada tombol khusus untuk mengatur kecerahan layar.

6. Manfaatkan Slider pada Windows 10 & 11

Cara mengatur kecerahan layar ini berlaku bagi semua PC yang mengusung sistem operasi Windows 10 dan 11. Caranya sangat mudah dan simpel, Anda hanya perlu klik slider icon di bagian pojok kanan bawah. Untuk lebih lengkapnya, bisa langsung cek langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, Anda bisa klik simbol battery yang biasanya terletak di bagian pojok kanan bawah.
Manfaatkan Slider 1
  • Setelah itu, Anda bisa klik pada bagian kecerahan layar yang berada di samping charging.
Manfaatkan Slider 2
  • Lalu, Anda langsung klik bagian tersebut dan kecerahan layar pada PC/laptop akan disesuaikan dengan persenan dari sistem komputernya.
  • Jika Windows Anda tidak menampilkan ikon kecerahan layar, dan hanya menampilkan ikon pengaturan baterai, tidak masalah. Anda bisa coba gunakan cara di bawah ini.
cara mengatur tingkat kecerahan windows 10

Jika ikon baterai tampilannya seperti gambar di atas, Anda hanya perlu mengatur mode baterainya. Cara ini bisa digunakan ketika laptop Anda tidak terhubung dengan charger dan memanfaatkan daya baterai.

Jika ingin cerah, geser ke bagian "Best Performance". Jika ingin layar lebih redup, geser ke bagin "Best battery life". Karena tingkat kecerahan layar berpengaruh terhadap konsumsi baterai, jelas cara ini lebih efektif. Pasalnya, selain mengatur tingkat kecerahan layar, fitur ini juga mengatur tingkat konsumsi baterai.

7. Manfaatkan Slider pada Windows 7

Sebenarnya, penggunaan slider pada Windows 7 dan 10 tidak jauh berbeda, kok. Namun, jika Anda masih merasa kurang yakin dan Anda pengguna Windows 7, maka bisa mengikuti beberapa langkah ini untuk cara mengatur kecerahan layar komputer:

  • Masih sama, Anda hanya perlu klik pada simbol charging battery yang ada di bagian pojok kanan bawah.
1 Manfaatkan Slider pada Windows 7
  • Lalu, Anda bisa langsung klik Adjust screen brightness.
2 Manfaatkan Slider pada Windows 7
  • Terakhir, Anda hanya perlu menggeser slider atau panah ke kanan dan ke kiri untuk mengatur tingkat kecerahan layar PC sesuai dengan keinginan Anda.
3 Manfaatkan Slider pada Windows 7

Demikianlah 7 cara mengatur kecerahan layar komputer yang mudah dan simpel. Anda hanya perlu memilih salah satunya untuk mengatur kecerahan layar. Anda juga bisa berbagi dengan Kami dan pembaca lainnya untuk cara lainnya di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram