Carisinyal / Tips Trik / 7 Cara Membersihkan Layar HP yang Kotor dan Kusam

7 Cara Membersihkan Layar HP yang Kotor dan Kusam

Sudah sewajarnya jika kita memiliki sebuah barang tentu akan merawatnya dengan sangat baik. Begitupun dengan ponsel. Merawat sebuah HP bukan hanya sekedar memperhatikan bagian hardware-nya saja. Pasalnya, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan layar HP Anda. Nah, ada beberapa tips dan trik untuk cara membersihkan layar HP.

Cara yang akan diulas oleh Carisinyal kali ini merupakan cara yang mudah, simpel, dan tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih. Anda bisa mencoba cara membersihkan layar HP berikut ini sesuai dengan kebutuhan. Penasaran bagaimana cara membersihkan layar HP paling mudah versi Carisinya? Tetap stay tune di artikel ini sampai akhir ya!

Cara Membersihkan Layar HP Agar Kinclong

1. Gunakan Kain Lembut

Jika Anda ingin membersihkan layar HP dengan aman dan mudah, maka cara yang satu ini bisa Anda praktikan di rumah. Menggunakan kain yang lembut adalah salah satu alat untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada layar HP Anda.

Mengapa harus kain berktekstur lembut? Jika Anda memilih kain dengan tesktur yang kasar, maka hal tersebut justru akan merusak layar Anda. Bisa jadi kain kasar tersebut akan menggores permukaan pada layar HP Anda. Jadi, Anda bisa memilih kain yang lembut atau memilih kain yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.

Nah, untuk penggunaan dan cara membersihkan layar HP dengan kain pun sangat mudah dan simpel. Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Siapkan kain dengan bahan yang lembut
  • Pastikan kain yang digunakan adalah kain bersih
  • Kemudian, Anda bisa langsung usapkan pada layar HP
  • Usapkan secara menyeluruh dan perlahan pada laya HP

Bagaimana, cara yang satu ini sangat mudha untuk dipraktikan di rumah bukan? Terlebih Anda tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk menggunakan cara yang satu ini. Anda mau coba juga?

2. Gunakan Air Bersih

* sumber: jalantikus.com

Jika Anda merasa tidak cukup bersih hanya dengan mengusapkan kain pada layar HP, maka Anda bisa mengkombinasikan kain tersebut dengan air bersih. Nah, kombinasi antara air bersih dengan kain ini dianggap ampuh untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada layar HP.

Sebelum beranjak pada cara penggunaan, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa hal yang dibutuhkan. Pertama, Anda bisa menyiapkan air bersih. Air bersih di sini tidak harus air matang, Anda juga bisa menggunakan air keran. Namun, pastikan air keran yang Anda gunakan tersebut merupakan air bersih dan bening. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan air yang telah mengalami proses penyulingan.

Kemudian, siapkan dua kain lembut yang bersih. Mengapa harus dua? Sebab, satu kain akan digunakan untuk mengusap layar HP menggunakan air, dan satu kain lainnya digunakan untuk membersihkan sisa-sisa cairan dari air. Jika semua sudah siap, maka Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tuangkan air pada kain bersih secukupnya. Anda tidak perlu membuat kainnya terlalu basah, cukup tuangkan air pada ujung kain saja.
  • Selanjutnya, Anda usapkan kain basah tersebut pada layar HP secara perlahan dan menyeluruh. Usahakan usapkan dengan hati-hati dan jangan ditekan. Jika Anda menekan layar HP terlalu kuat, maka hal tersebut akan merusak layar HP.
  • Setelah dirasa cukup mengusapkan kain basah pada layar HP, Anda bisa mengusapkan permukaan layar yang sedikit lembab dengan kain bersih lainnya. Usapkan hingga layar HP Anda benar-benar kering dan tidak lembab.

Nah, seperti itulah cara membersihkan layar ponsel menggunakan air. Sangat mudah dan simpel bukan? Perlu Anda ingat bahwa Anda tidak boleh mengusapkan layar HP terlalu basah. Juga, Anda tidak dianjurkan untuk mencipratkan atau menuangkan air secara langsung pada layar HP. Sebab, hal tersebut justru akan membuat layar HP rusak dan bisa jadi airnya akan masuk ke dalam hardware HP.

3. Gunakan Cotton Bud

Gunakan Cotton Bud

* sumber: jalantikus.com

Opsi lain untuk membersihkan layar HP dengan mudah yakni menggunakan Cotton Bud. Alat untuk membersihkan daun telinga ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan layar ponsel. Cotton Bud ini bisa menjadi pengganti kain yang ada pada cara sebelumnya.

Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa Cotton Bud yang Anda gunakan memiliki kapas yang sangat lembut sehingga tidak akan menggores layar HP Anda. Bahan-bahan yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, yakni Cotton Bud dan air bersih saja. Kemudian, coba ikuti langkah berikut ini:

  • Tuangkan 1 sampai 2 tetes air bersih pada ujung Cotton Bud
  • Lalu, usapkan pada bagian layar HP Anda
  • Jangan lupa juga untuk mengusapkan pada sela-sela layar HP

Hanya dengan 3 langkah tadi kini layar HP Anda sudah kinclong dan bersih dari debu. Sama seperti saran sebelumnya untuk tidak menggunakan air berlebihan pada Cotton Bud. Sebab, jika Anda menggunakan air berlebihan maka kemungkinan air tersebut akan masuk ke dalam perangkat hardware HP Anda. Hal tersebut justru akan merusak HP Anda. Mau mencobanya?

4. Manfaatkan Solatip / Isolasi

Anda mungkin sudah tidak asing dengan alat perekat seperti isolasi atau solatip, bukan? Nah, alat yang satu ini ternyata bukan hanya sekedar untuk merekatkan benda saja lho. Pasalnya, Anda bisa menggunakan alat ini sebagai salah satu cara membersihkan layar HP yang berdebu dan kotor.

Dilansir oleh Digital Trends bahwa menggunakan solatip cukup ampuh untuk mengangkat kotoran dan juga debu-debu yang bersarang pada layar HP Anda. Namun, Anda harus menggunakannya dengan sangat hati-hati. Berikut langkah penggunaannya:

  • Siapkan solatip atau isolasi
  • Tempelkan solatip / isolasi pada layar HP Anda
  • Diamkan solatip / isolasi yang menempel pada layar HP beberapa saat
  • Kemudian, lepaskan solatip / isolasi yang menempel pada layar HP secara perlahan

Sangat mudah dan ekonomis bukan? Namun Kami sarankan untuk tidak mencabut solatip / isolasi secara kasar. Sebab, hal tersebut justru akan merusak layar HP Anda. Jadi, pastikan untuk melepaskan solatip secara perlahan ya!

5. Gunakan Gel Alkohol

Anda sudah tidak asing dengan gel alkohol pembersih tangan? Nah, gel alkohol yang biasa untuk membersihkan tangan juga bisa untuk membersihkan layar HP Anda lho. Memang gel alkohol berbahaya untuk smartphone, namun jika Anda menggunakannya dengan cara yang benar maka gel alkohol justru akan membantu untuk membersihkan layar ponsel.

Caranya cukup mudah, pertama Anda siapkan kain yang lembut. Kemudian, Anda bisa tuangkan sedikit gel alkohol tersebut di atas sebuah kain. Perbandingan antara alkohol dengan air adalah 40% alkohol dan 60% air. Lalu, Anda usapkan perlahan di atas layar HP. Perlu Anda ingat, jangan langsung menuangkan gel alkohol di atas layar HP. Sebab, hal tersebut akan merusak layar ponsel. Anda mau mencobanya?

6. Gunakan Cairan Khusus Pembersih Layar

Gunakan Cairan Khusus Pembersih Layar

Di jaman modern saat ini, sudah banyak alat bahkan cairan khusus untuk membersihkan layar. Nah, Anda bisa menggunakan cara satu ini untuk membersihkan layar. Pasalnya, cairan khusus untuk membersihkan layar ini memiliki zat kimia tertentu yang mampu mengangkat kotoran bahkan sidik jari yang ada pada layar HP Anda lho.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menuangkan cairan ini sebagai pengganti air pada kain. Selanjutnya, Anda hanya perlu usapkan kain dengan cairan khusus ini pada layar HP. Mudah dan cukup aman untuk digunakan. Mau coba?

7. Menggunakan Sinar UV

Mungkin cara yang satu ini cukup sulit didapat namun bisa menjadi solusi yang cukup baik untuk membersihkan layar HP Anda. Di sini Anda bisa menggunakan alat yang bernama Phonesoap’s UV Charger. Alat yang satu ini merupakan salah satu produk canggih yang diklaim mampu untuk membasmi kotoran yang ada pada layar HP.

Selain itu juga, alat ini mampu menghasilkan panjang gelombang cahaya yang diklaim bisa untuk membersihkan dan menghancurkan bakteri yang ada pada layar HP. Belum dipastikan seberapa hebatnya alat ini mampu membersihkan layar HP, meskipun begitu cara yang satu ini juga bisa menjadi pilihan yang bijak untuk Anda. Tertarik mencobanya?

Nah itu tadi adalah beberapa tips dan trik untuk cara membersihkan layar pada smartphone Anda. Anda tertarik mencoba? Jika Anda memiliki saran lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar ya. Juga, Anda bisa cek beberapa cara yang salah untuk menghilangkan goresan pada layar HP di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

2 Comments

  1. dani at - Reply

    apakah tidak bahaya Jik memersihkan layar hp dengan air?

    • Listiorini
      Listiorini at - Reply

      Halo Dani, ya tidak apa-apa selama air yang digunakan benar-benar bersih. selain itu, Kamu tidak boleh langsung mencipratkan air pada layar HP. Kamu bisa menyemprotkan airnya pada kain lembut & bersih, lalu usapkan kain tsb pada layar HP-nya ya ^^

Leave A Comment