carisinyal web banner retina

Ini Cara Memperbarui WhatsApp Bagi Pengguna Android & iPhone

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi seluler yang digunakan untuk berkirim pesan, serta melakukan panggilan suara. Platform ini telah banyak digunakan oleh sebagian besar individu.

Jika pada zaman dahulu kita hanya bisa berkirim pesan melalui SMS, namun seiring berkembangnya zaman dan pesatnya teknologi, kini ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan. Salah satunya WhatsApp. 

WhatsApp sendiri mempunyai beberapa fitur yang sering digunakan. Seperti mengirim pesan, mengirim file, baik itu dokumen, foto, mau pun video. Bahkan, WhatsApp punya fitur menyimpan chat yang sudah dikirim. Kemudian, pengguna juga bisa mengirim voice note atau VN, melakukan panggilan suara dan video call, berbagi lokasi menggunakan GPS, mengirim kontak, hingga mengirim stiker dan emoji. 

Keberadaan WhatsApp saat ini memiliki peran penting bagi setiap individu. Oleh karenanya, hampir semua orang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi. Dengan banyaknya jumlah pengguna, tentu WhatsApp pun terus melakukan upgrade dan pembaruan terhadap fitur-fitur lainnya untuk menarik perhatian pengguna. 

Namun untuk menggunakan fitur-fitur terbaru, biasanya pengguna diharuskan untuk memperbarui atau meng-upgrade WhatsApp ke versi baru terlebih dahulu.

Nah, untuk kamu yang sedang bingung bagaimana cara memperbaharui WhatsApp ke versi baru, jangan khawatir! Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara memperbarui WhatsApp untuk pengguna Android

Bagi kamu pengguna Android, mungkin beberapa dari kamu sering mengalami permasalahan atau error pada saat menggunakan WhatsApp. Perlu kamu ketahui, biasanya hal tersebut terjadi karena ada beberapa kendala. Salah satunya WhatsApp yang kamu gunakan masih berupa versi lama.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tentunya kamu harus memperbarui WhatsApp ke versi baru. Jika kamu masih bingung bagaimana cara memperbaharuinya, berikut ini adalah beberapa cara dan langkah-langkah untuk memperbaharui WhatsApp dari versi lama ke versi terbaru yang wajib kamu ketahui. Yuk, kita simak!

1. Perbarui WhatsApp Menggunakan Play Store

Setiap ponsel tentunya sudah disediakan aplikasi Play Store atau App Store. Untuk memperbarui WhatsApp menggunakan Play Store, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Di antaranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Play Store atau App Store.
  • Lalu, pada bagian atas kamu akan melihat ikon tiga garis horizontal. Silakan klik menu tersebut.
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP MENGGUNAKAN PLAYSTORE1
  • Langkah selanjutnya, silakan pilih menu aplikasi dan game saya.
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP MENGGUNAKAN PLAYSTORE 2
  • Pilih aplikasi WhatsApp lalu ketuk update. Tunggu hingga proses download selesai.
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP 3

Sekadar informasi, sebelum melakukan proses pembaruan atau upgrade, kamu bisa melihat terlebih dahulu ikon check list atau tulisan “Apa yang Baru” pada aplikasi WhatsApp. Biasanya, akan muncul informasi berupa fitur terbaru apa saja yang ditawaran oleh WhatsApp. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat contoh gambar di bawah ini.

CARA MEMPERBARUI WHATSAPP 4

2. Perbarui Melalui Situs WhatsApp 

Selain cara di atas, kamu juga bisa memperbarui WhatsApp tanpa menggunakan Google Play Store. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Langkah pertama, kunjungi browser atau Google Chrome. Selanjutnya, buka halaman website WhatsApp.
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP LEWAT SITUS 5
  • Setelah itu, kamu hanya perlu men-download-nya pada menu unduh.
  • Setelah berhasil di-download, buka aplikasi WhatsApp dan WhatsApp kamu sudah berhasil diperbaharui.
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP LEWAT SITUS WEB 6

3. Update GBWhatsApp Melalui Menu Setting

Mau cara yang lebih mudah lagi? Jangan khawatir! Cara yang satu ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis. Hanya saja, WhatsApp yang harus kamu gunakan sebelumnya disini adalah GBWhatsApp, bukan menggunakan WhatsApp original. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini, ya:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu, bukalah aplikasi GBWhatsApp di ponsel milikmu.
CARA MEMPERBARUI GBWHATSAPP 7
  • Selanjutnya, tekan ikon tiga garis titik di pojok kanan atas, lalu pilih menu setting atau GBPengaturan.
CARA MEMPERBARUI GBWHATSAPP 8
  • Selanjutnya, pilih menu Periksa Pembaruan. Lalu, tampilan secara otomatis akan beralih ke browser dan muncul sebuah link berisi alamat web.
CARA MEMPERBARUI GBWHATSAPP 9
  • Tekan link yang tertera lalu download file tersebut. Tunggu beberapa menit hingga proses download selesai.
  • Langkah terakhir, kamu hanya perlu menekan tombol Install dan proses pembaharuan pun selesai.

4. Update WhatsApp dengan Cara Install Ulang 

Jika cara-cara diatas menurutmu masih kurang membantu, atau ingin cara yang lebih simpel lagi,  kamu bisa menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan meng-uninstall WhatsApp lalu men-download-nya kembali. Perlu diketahui sebelumnya, dengan menggunakan cara ini kemungkinan besar history chat kamu secara otomatis akan terhapus. 

Namun, jangan khawatir! Jika kamu ingin riwayat chat kamu tetap aman, ada baiknya kamu melakukan back up data terlebih dahulu. Kamu bisa mencadangkan data-data yang kamu miliki di Google Drive, dengan begitu data-data dan riwayat chat kamu akan tetap tersimpan.

Lalu, bagaimana cara update WhatsApp dengan melakukan install ulang?  Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti: 

  • Cari menu Setting atau Pengaturan di ponselmu, kemudian pilih Manage Aplikasi, lalu cari aplikasi WhtasApp dan tekan tomobol Hapus atau Uninstall.
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP INSTALL ULANG
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP INSTALL ULANG 2
  • Selanjutnya, buka Play Store, tulis WhatsApp Messenger pada kolom pencarian, lalu install aplikasi WhatsApp versi terbaru. Tunggu hingga proses download selesai.
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP INSTALL ULANG 3

Cara Memperbarui WhatsApp di iPhone 

Pada umumnya, cara memperbarui WhatsApp menggunakan iPhone sebenarnya hampir sama dengan pengguna Android. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan App Store. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu Setting atau Pengaturan pada smartphone kamu, lalu pilih App Store.
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP DI IPHONE 1
  • Tekan tombol Update, lalu tunggu hingga proses update selesai. 
CARA MEMPERBARUI WHATSAPP  DI IPHONE 3

Alasan Melakukan Update WhatsApp

alasan melakukan update whatsapp

Ketika menggunakan aplikasi WhatsApp, ada kalanya kita mengalami beberapa kendala atau permasalahan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan upgrade ke versi terbaru. Sebelum melakukan upgrade, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu apakah WhatsApp yang kamu unduh sudah dalam versi terbaru, atau masih versi lama. 

Dengan memperbarui WhatsApp ke versi baru, kamu juga bisa menikmati fitur-fitur terbaru dari WhatsApp yang tidak dapat kamu gunakan sebelumnya. Salah satu fitur terbaru yang ditawarkan oleh WhatsApp yaitu, dapat melakukan panggilan video call hingga 8 orang. Tidak hanya itu saja, rencananya WhatsApp juga akan menyediakan fitur-fitur lainya yang tidak kalah menarik, loh!

Tips Lainnya untuk Update WhatsApp

tips update whatsapp

Jika kamu masih menemui beberapa permasalahan atau error pada aplikasi WhatsApp, padahal sudah diperbaharui. Lakukan beberapa pemeriksaan, bisa saja WhatsApp kamu error karena masalah jaringan atau koneksi internet. 


Kamu juga bisa melakukan check and re-check terlebih dahulu sumber permasalahannya, apakah permasalah itu disebabkan oleh layanan WhatsApp yang sedang down, atau hanya kamu sendiri yang mengalami permasalahan tersebut. 

Jika memang permasalahan bersumber dari layanan WhatsApp, kamu hanya perlu menunggu hingga WhatsApp memperbaiki masalah tersebut.

Namun, jika hanya kamu sendiri yang mengalami permasalahan atau error, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan beberapa langkah yang sudah disebutkan di atas, atau melakukan pengecekan pada jaringan dan perangkat yang kamu gunakan.

Dari beberapa cara di atas, kira-kira manakah cara yang menurutmu paling mudah untuk dipraktikkan? Jika kamu punya beberapa cara lain, atau mengetahui solusi yang lebih mudah, jangan lupa untuk komen di kolom komentar, ya! Selamat mencoba. Semoga membantu!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram