carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / 5 Cara Mengecek Sensor HP Samsung yang Mudah dan Akurat

5 Cara Mengecek Sensor HP Samsung yang Mudah dan Akurat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 April 2021

Hal pertama yang pasti akan kamu lakukan ketika membeli HP terutama HP bekas adalah mengecek secara mendetail kondisi fisik HP. Pengecekan bodi biasanya yang pertama kali dilakukan, setelahnya baru mengecek sistem. Hal ini dilakukan karena tentu saja kita tidak ingin membeli HP dengan kondisi rusak yang pastinya tidak akan terpakai, bukan?

Cara mengecek kondisi HP sebenarnya sudah umum dilakukan dan banyak yang sudah mengetahui caranya. Namun, bagaimana dengan cara mengecek fungsi sensornya? Rasanya yang satu ini sering terlewat atau barangkali memang jarang yang mengetahuinya. Buat kamu yang belum mengetahui hal ini, mari kita ulas lebih lengkap. Kita awali dari mengupas fungsi sensor HP.

Apa Itu Sensor HP?

*Sumber: ww2.mathworks.cn

Di HP Android termasuk Samsung, khususnya HP keluaran terbaru, setidaknya memiliki enam jenis sensor dengan fungsi yang berbeda-beda yang tertanam di dalam perangkat. Contoh sederhananya adalah saat kamu menggunakan HP untuk menelpon atau menerima telepon.

Coba kamu dekatkan HP ke tangan, perhatikan layar akan mati secara otomatis. Namun, ketika kamu menjauhkan HP dari tangan, maka layar akan kembali menyala. Nah, itulah bukti adanya sensor pada HP.

Contoh lainnya adalah saat kamu menggunakan GPS pada HP. Ini sebetulnya adalah bagian dari fungsi sensor yang ditanamkan pada perangkat HP. Intinya, bisa dibilang bahwa sensor ini juga adalah salah satu bagian paling penting yang membuat HP semakin terlihat canggih, sesuai dengan dugaan banyak orang.

Setiap HP punya kelengkapan sensor yang berbeda. Biasanya semakin mahal harga sebuah HP, jumlah sensor yang tertanam di dalamnya semakin banyak dan lengkap.

Fungsi Sensor HP Samsung

Sensor sidik jari Samsung Galaxy A21s. Sumber: www.samsung.com

Menu sensor pada HP Samsung terdiri dari beberapa pilihan. Sebagian besar sensor tersebut mungkin belum kamu pahami fungsinya. Nah, ulasan selanjutnya akan kita bahas mengenai fungsi sensor HP Samsung dan penjelasan lengkapnya.

  • Accelerometer: Sensor ini berfungsi sebagai detektor percepatan gravitasi Bumi. Sensor ini memiliki peran sebagai salah satu fungsi dasar kompas dan dalam penggunaan GPS pada HP.
  • Gyroscope: Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi posisi HP. Misalnya untuk membedakan mana arah atas, bawah dan arah lainnya. Sensor ini biasanya aktif saat sedang bermain game online seperti PUBG Mobile.
  • Ambient Light: Sensor ini mampu secara otomatis menyesuaikan sorotan cahaya layar dengan keadaan sekitarnya. Misalnya, saat terang, layar HP akan otomatis mengatur kecerahan layar sehingga kita masih bisa melihat tampilan layar meskipun dalam keadaan terang.
  • Proximity: Sensor ini lah yang membuat HP mati dan nyala ketika digunakan untuk menelpon. Ketika HP digunakan untuk menelpon HP akan mati. Ini bertujuan untuk menghemat baterai.
  • Magnet Sensor: Sesuai dengan namanya, sensor ini mendeteksi magnet. Ia digunakan sebagai komponen dasar pada kompas.
  • Temperature: Pada HP Samsung terdapat dua jenis sensor temperatur. Akan tetapi, yang dimaksud di sini adalah untuk mengukur suhu komponen HP samsung itu sendiri. Ia akan mengukur berapa derajat suhu komponen saat ini.
  • Fingerprint: Sensor sidik jari pada HP biasanya terletak di belakang, di bagian samping, atau terintegrasi dengan layar. Fungsinya sebagai kunci untuk mengakses HP dan lain-lain. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan sensor ini, ‘kan?
  • Sound: Sensor suara ini fungsinya sebagai penyesuaian volume suara HP. Misalnya untuk mengatur tingkat volume suara ketika menerima telepon di tempat yang ramai atau kondisi gaduh lainnya.

Sensor-sensor yang disebutkan di atas adalah sensor yang paling umum disematkan pada Android, termasuk pada HP Samsung. Setiap tipe Samsung mempunyai sensor yang berbeda bergantung pada spesifikasinya.

Cara Cek Sensor di HP Samsung

Dilihat dari fisiknya, sensor HP berbentuk komponen. Maka dari itu ia sangat mungkin mengalami kerusakan. Kerusakan pada sensor pastinya akan membawa masalah tertentu yang akan mengganggu kenyamanan pengoperasian di kemudian hari.

Oleh karena itu, hindari kemungkinan terjadinya agar HP bekas tidak menjadi pembelian barang yang mubazir. Kamu tidak perlu khawatir bahwa sensor HP Samsung yang kamu beli rusak atau tidak. Nah, untuk mengecek sensor pada HP Samsung kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Menggunakan Kode Rahasia

*Sumber: www.samsung.com

Kamu bisa menggunakan beberapa kode rahasia yang bisa kamu gunakan untuk mengecek sensor HP Samsung. Berikut langkahnya:

  • Buka keyboard angka pada HP Samsung yang ingin kamu cek.
  • Kemudian, masukan kode rahasia #0#.
  • Setelah itu, akan muncul sebuah halaman pengecekan HP.
  • Pilih menu Sensor.

Pada menu ini kamu bisa melakukan pengecekan sensor HP Samsung secara lebih menyeluruh dan pastinya hasilnya akan akurat.

2. Menggunakan Aplikasi AIDA64

Cara kedua adalah menggunakan aplikasi yang dinamai AIDA64 . Aplikasi ini bisa kamu unduh gratis dari Google Play Store. Meskipun aplikasi ini gratis, namun fitur yang ditawarkannya terbilang lengkap. Ia mampu menampilkan semua sensor yang tertanam pada HP Samsung.

Selain itu, informasi yang diberikan dari aplikasi ini detail dan akurat. Dari aplikasi ini kita bisa mengecek spesifikasi dan mendapatkan informasi mengenai perangkat keras dan perangkat lunak HPmu. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengecek sensor HP Samsung dengan menggunakan aplikasi AIDA64 ini:

  • Unduh aplikasi AIDA64.
  • Buka dan jalankan.
  • Setelah menu terbuka, maka akan muncul pada layar menu yang bisa dideteksi oleh aplikasi.
  • Pilih Sensor dan dalam beberapa saat akan muncul informasi mengenai sensor HP Samsung.

3. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Aplikasi kedua yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek sensor HP adalah CPU-Z. Aplikasi ini menampilkan informasi yang sangat rinci mengenai sensor pada HP Samsung.

Selain itu pula kamu bisa sekalian mengecek spesifikasi perangkat keras, baterai dan sistem operasi pada perangkat HP Samsung. Aplikasi CPU-Z bisa kamu unduh di Google Play Store secara gratis.

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Unduh dan pasang aplikasi CPU-Z
  • Bukan aplikasi tersebut luncurkan.
  • Pilih menu Sensor.
  • Setelah ini akan muncul informasi mengenai sensor yang baik dan mana sensor yang mengalami kerusakan.

4. Menggunakan Aplikasi Sensor Box

Sama seperti aplikasi yang telah disebutkan di atas, Sensor Box dikembangkan khusus untuk mengecek sensor pada HP Android. Tampilan interface dari aplikasi ini sangat sederhana sehingga membuat penggunanya menjadi praktis.

Dari aplikasi ini kita bisa melihat ketersediaan sensori pada HP dengan mudah. Untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa ikuti langkah di bawah ini.

  • Unduh aplikasi Sensor Box.
  • Buka dan jalankan.
  • Sentuh ikon yang muncul pada masing-masing sensor.
  • Jika sensor berada dalam kondisi yang baik, tidak akan muncul tanda silang pada masing-masing ikon sensor.

5. Menggunakan Aplikasi Device Info HW

Device Info HW tidak boleh kamu lewatkan saat kamu ingin mengecek ketersediaan sensor HP Samsung. Aplikasi ini menyajikan informasi seputar spesifikasi HP Samsung plus kelengkapan sensornya.


Data yang ditampilkannya pun benar-benar asli sehingga kamu dapat mengetahui secara pasti kelengkapan sensor yang dimiliki oleh HP Samsung. Kamu bisa unduh Device Info HW secara gratis dari platform yang sama, yaitu Google Play Store.

Cara menggunakan aplikasi ini terbilang mudah. Ikuti langkah berikut ini, ya.

  • Unduh dan pasang Device Info HW pada HP Samsung yang akan kamu cek.
  • Buka dan jalankan aplikasinya.
  • Setelah aplikasi terbuka kamu akan menemukan beberapa menu tab.
  • Geser-geser dan pilih sensor mana yang akan kamu cek.

Nah, itulah cara mengecek sensor HP Samsung dengan mudah. Kamu bisa pilih cara mana yang paling cocok buat kamu untuk bisa mendapatkan informasi mengenai keadaan sensor yang terdapat pada HP Samsung.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram