10 Kode Rahasia di HP Samsung yang Mesti Diketahui

Ditulis oleh Siti Hasanah

Siapa yang tak kenal Samsung? Perusahaan asal Korea Selatan ini sudah terkenal ke seluruh dunia sebagai produsen elektronik berkualitas. Di dunia ponsel pintar, ponsel buatannya merupakan salah satu yang terkenal. Tidak hanya fitur yang canggih, Samsung melengkapi produknya dengan kode-kode rahasia yang mempunyai fungsi tertentu.

Kode-kode tersebut mudah kamu akses melalui panggilan telepon. Dengan mengakses kode-kode tersebut kamu bisa menemukan berbagai macam fitur tersembunyi yang jarang diketahui orang lain.

Bisa jadi hanya para pengembang yang mengetahui akses ke ponsel melalui kode-kode rahasia tersebut. Penasaran dengan kode-kode rahasia di HP Samsung? Simak dengan seksama ulasan di dalam artikel ini.

Apa Itu Kode Rahasia Samsung?

Mendengar kata kode rahasia ponsel, rasanya seperti membajak isi ponsel dan melihat perangkat lunak di dalamnya. Tapi sebetulnya secara teknis kode rahasia ponsel, terutama Samsung bukanlah kode untuk membajak ponsel. Deretan kode tersebut tidak dibuat untuk melakukan pembajakan atau hal-hal seperti itu.

Kode rahasia Samsung dikembangkan untuk memperbaiki masalah teknis yang dialami oleh ponsel. Kode ini sebetulnya merupakan karakter numerik alfa yang digunakan pada perangkat Android. Untuk mengoperasikan kode-kode rahasia tersebut, kamu tinggal mengeceknya menggunakan dialer telepon.

Kode-kode tersebut unik dan dibuat khusus oleh pabrik. Ini berarti kode rahasia Samsung tidak akan berfungsi pada ponsel lain. Jadi, kamu hanya bisa menggunakan kode rahasia tersebut untuk mengakses perangkat lunak ponsel keluaran Samsung saja, bukan pada perangkat ponsel lain.

Jika kamu keukeuh menggunakan kode tersebut pada merek ponsel lain, kamu perlu berhati-hati. Pasalnya kode rahasia tersebut dapat merusak perangkat. Jadi, lebih baik jangan bereksperimen dengan kode-kode rahasia tersebut pada merek ponsel lain selain Samsung.

Fungsi Kode Rahasia Samsung

Kamu perlu mengetahui bahwa ponsel Samsung yang kamu punya mempunyai kode tersembunyi yang mempunyai fungsi khusus. Kode-kode tersebut dapat kamu gunakan untuk mengecek keaslian atau melihat fitur khusus pada setiap ponsel Samsung. Berikut ini beberapa fungsi khusus yang dapat kamu manfaatkan untuk memudahkan pengoperasian akses ke ponsel Samsung.

1. Mengecek Tipe Ponsel

Samsung Galaxy M30s

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai ponsel Samsung yang kamu gunakan, kamu bisa gunakan kode rahasia *#1234#. Kode tersebut akan memunculkan informasi mengenai model ponsel, AP, SCS dan CP.

Informasi yang ditunjukkannya sudah tidak perlu diragukan lagi tingkat akurasinya. Pasalnya kode tersebut memang dikembangkan oleh pabrik khusus yang berisi informasi ponsel sehingga kamu bisa mengetahui secara pasti model dan tipe ponsel yang kamu miliki.

2. Mengecek Layar Sentuh

Sumber: Pixabay

Kode rahasia yang dibuat Samsung bisa kamu gunakan untuk perangkat lunak di dalamnya seperti layar sentuh ponsel. Gunakan kode *#0# untuk mengecek layar sentuh. Pilih menu Touch, kemudian kita akan dibawa ke menu pengetesan layar sentuh.

Pada menu tersebut, pastikan kamu mencoba setiap sisi layar agar tidak ada bagian layar yang terlewatkan. Sehingga kamu bisa menemukan bagian mana layar yang tidak berjalan dengan baik.

3. Mengecek IMEI

Sumber: Samsung

International Mobile Equipment Identity atau yang sering dikenal dengan IMEI adalah kode unik yang terdiri dari 14-16 terdapat pada setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional. Dengan adanya kode unik ini setiap ponsel mempunyai identitas tersendiri yang membedakan setiap unit ponsel.

Untuk mengecek IMEI pada ponsel Samsung kamu bisa gunakan kode *#06#. Masukan kode tersebut pada menu dialer telepon selanjutnya secara otomatis ponsel akan memunculkan dua nomor IMEI untuk masing-masing kartu SIM yang digunakan.

Ada dua informasi nomor IMEI yang dimunculkan, itu jika ponsel Samsung yang kamu gunakan memiliki dua slot kartu SIM. Namun, jika ponsel yang kamu gunakan hanya memiliki satu slot kartu SIM, nomor IMEI yang muncul hanya satu.

4. Mengecek Layar

Sumber: Pexels

Jika kamu membeli ponsel baru, kamu wajib memeriksa bagian layar. Hal ini untuk menghindari layar shadow atau piksel mati. Cara paling mudah untuk mengecek layar Samsung adalah dengan menggunakan kode #0#.

Selanjutnya kode rahasia Samsung tersebut akan menunjukan beberapa pilihan menu. Kamu cukup memilih menu Red, blue, Green dan Black. Perhatikan secara seksama apakah layar mengalami masalah atau tidak melalui menu tersebut.

5. Melihat Informasi WiFi

Sumber: Pixabay

WiFi adalah jaringan yang bisa ditangkap oleh ponsel pintar. Untuk mengecek keberadaan WiFi pada ponsel Samsung kamu bisa gunakan kode *#111#. Ketika kamu mengakses kode tersebut, ponsel selanjutnya akan menampilkan menu mode layanan.

Pada mode layanan tersebut, selanjutnya klik tombol tiga titik pada pojok kanan atas. Setelah itu pilih WiFi. Setelah menu dipilih, maka muncul informasi mengenai nama WiFi, Speed dan MAC address, serta koneksi lainnya.

6. Mengecek Sensor

Sumber: Pixabay

Kode sensor pada ponsel Samsung bisa kamu cek dengan menggunakan kode rahasia #0#. Kode rahasia ini sebenarnya bukanlah kode khusus untuk mengecek sensor yang ada pada ponsel. Masih banyak fungsi lain dari kode rahasia #0# ini.

Jika kamu ingin mengecek sensor ponsel, gunakan kode rahasia tersebut. Layar akan memunculkan informasi sensor yang sedang aktif seperti proximity, magnetic, fingerprint, accelerometer dan barometer.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram