carisinyal web banner retina

Cara Daftar dan Menggunakan Threads dari Instagram

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Kehadiran Threads dari Instagram seolah menjadi angin segar di dunia media sosial. Layaknya aplikasi-aplikasi hits yang lebih dulu muncul, Threads kini menyita perhatian warganet. Bahkan, publik figur pun seolah tak mau ketinggalan mencoba aplikasi satu ini.

Hal ini dirasa wajar, mengingat setiap harinya kita kerap menghabiskan waktu dengan scrolling di media sosial yang itu-itu saja.

Lantas, apa itu Threads? Untuk mengetahuinya, kami, tim Carisinyal bakal jabarkan mengenai cara daftar Threads, beserta langkah-langkah menggunakannya. Tim Carisinyal juga akan membagikan sekilas informasi tentang aplikasi besutan Meta ini.

Apa Itu Threads?

threads

Threads adalah sebuah aplikasi berbasis teks yang dapat digunakan untuk menjalin komunikasi. Aplikasi mikroblog ini baru diluncurkan pada Juli 2023. Threads digadang gadang memiliki kemiripan dengan Twitter. Nah, Twitter biasanya jadi wadah untuk penggunanya berbagi cerita melalui rangkaian tweets yang dikenal dengan sebutan thread.

Sekilas, Threads memiliki keunggulan tersendiri dibanding Twitter. Biasanya, pengguna Twitter hanya bisa menulis sebanyak 280 karakter dalam satu tweet. Unggahan video pun terbatas durasinya, yakni hanya 2 menitan saja.

Berbanding terbalik dengan Twitter, Threads memperbolehkan pengguna untuk menulis dengan jumlah 500 karakter sekali posting. Durasi video yang bisa diunggah pun mencapai 5 menit.

Walau begitu Threads juga punya sisi minusnya. Aplikasi ini tak memiliki beberapa fitur yang biasa ada di media sosial pada umumnya. Salah satunya adalah hashtag. Padahal, hashtag tergolong krusial dan dapat membantu banyak pengguna untuk menemukan sebuah postingan dengan mudah.

Threads pun mengharuskan Anda untuk memakai akun Instagram aktif saat mendaftar. Memang, ini terbilang praktis, ya. Namun, sayangnya Anda tak bisa menghapus akun Threads secara sembarangan, karena akun Instagram Anda bisa ikut terhapus juga.

Terlepas dari itu, aplikasi ini tetap mendulang rasa penasaran para netizen. Di hari pertama diluncurkan, Threads berhasil menggaet lebih dari 20 juta pengguna.

Cara Daftar Threads Instagram

Setelah membahas tentang Threads secara general, kami ingin mengajak Anda untuk mencari tahu bagaimana cara mendaftar akun Threads. Sebelumnya, pastikan Anda sudah punya akun Instagram aktif, ya. Boleh pakai akun Instagram utama, atau  akun Instagram cadangan sekalipun. Nah, berikut langkah-langkah mendaftar Threads Instagram:

cara-pakai-threads-2-_-10.51.09
  • Masuk ke Threads dengan menggunakan akun Instagram yang sudah terhubung. Anda tinggal tekan bagian yang diberi kotak merah. 
  • Bila perlu, Anda juga dapat melakukan switch account untuk memakai akun Instagram lain yang Anda punya.
cara-pakai-threads-3_-10.51.09
  • Selanjutnya, isi bio Instagram dan tautan yang Anda inginkan. Kalau mau lebih praktis, impor bio dan tautan langsung dari Instagram Anda.
  • Tekan tombol “Import from Instagram” untuk mengimpor informasi profil. 
  • Lanjutkan dengan menekan panah ke arah kanan di bagian kiri atas layar.
cara-pakai-threads-4_-10.51.09
  • Anda akan dibawa ke laman “Privacy”. Tentukan apakah Anda ingin membuat profil Threads private atau public. Sebagai contoh, tim Carisinyal memilih membuat akun Threads private.
  • Tekan “Continue” untuk melanjutkan.
cara-pakai-threads-5_-10.51.09
  • Lanjutkan dengan menekan tombol “Join Threads”.
cara-pakai-threads-6_-10.51.09
  • Klik “Allow” untuk mengizinkan Threads mengirim notifikasi.
cara-pakai-threads-7_-10.51.09

Nah, di sini, Anda sudah selesai mendaftar akun Threads dari Instagram. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke laman beranda. Biasanya, tautan ke profil Threads akan tampil di Instagram Anda. 

Tentu, Anda sudah mulai bisa menggunakan layanan Threads dan membuat postingan baru. Kami akan membahas langkah-langkah menggunakan Threads di poin berikut.

Cara Menggunakan Threads Instagram

Bagi sebagian dari Anda, menggunakan Threads dari Instagram mungkin saja terdengar mudah. Namun, sebagian lagi mungkin masih asing dan bingung soal cara pakainya. Untuk itu, tim Carisinyal akan membahas cara menggunakan Threads Instagram. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Membuat Postingan Baru

Hal pertama yang akan kami bahas adalah membuat postingan baru di Threads. Caranya sangat mudah, hampir sama dengan media sosial kebanyakan. SIlakan ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Threads dan masuk ke beranda.
  • Tekan ikon bergambar pena dan kertas untuk membuat thread baru.
cara-pakai-threads-8_-10.51.09
  • Tambahkan caption atau tulisan sesuai kebutuhan.
  • Jika ingin menambahkan gambar, tekan ikon klip di bawah caption. Silakan pilih gambar yang diinginkan dari perangkat Anda.
  • Jika sudah siap, tekan “Post” untuk mengunggah thread Anda.
cara-pakai-threads-9_-10.51.09
  • Kalau mau menambah thread baru di postingan ini, tekan pada tulisan “Add to thread”. Lakukan sebelum memposting thread-nya, ya.
cara-pakai-threads-11-_-10.51.22

Thread tersebut akan langsung muncul di laman profil. Nah, di laman ini pula Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti mengedit informasi profil, membagikan profil Threads Anda. Kalau profil Threads-nya di-private, tentu postingannya hanya akan dibagikan pada pengikut atau teman Anda saja.

2. Mencari Teman di Threads

Mencari teman di Threads tak jauh berbeda dengan di Instagram. Begini cara yang bisa Anda lakukan:

  • Buka menu pencarian di Threads. Menu ini ditandai dengan ikon kaca pembesar.
cara-pakai-threads-12_-10.51.09
  • Threads biasanya akan merekomendasikan akun-akun Instagram milik publik figur. Tekan “Follow” untuk mengikuti akun Threads mereka. Jika tidak, lewati saja.
  • Nah, selanjutnya, Anda bisa langsung mengetikkan username Threads/Instagram dari teman yang ingin diikuti.
  • Setelah ketemu, tinggal tekan tombol “Follow” saja.
  • Kalau akunnya private Anda harus menunggu mereka mengonfirmasi permintaan following-nya.
cara-pakai-threads-14_-10.51.22
  • Nah, untuk melihat apakah mereka mengikuti Anda, silakan masuk ke menu atau tab  “Activity” yang ditandai dengan ikon hati.
  • Biasanya, akun private akan menerima permintaan following di tab “Requests”
  • Untuk menerima permintaan following, tekan ”Confirm”.
  • Lalu, lanjutkan dengan menekan “Follow”.
cara-pakai-threads-16_-10.51.09

Dari sini, Anda an teman Anda sudah saling mengikuti akun Threads. Silakan lanjutkan dengan saling berinteraksi, seperti berbagi komentar atau likes. Kami akan membahas caranya dengan lebih detail di poin berikut.

3. Berinteraksi di Threads

cara-pakai-threads-18_-10.51.09

Berinteraksi dengan sesama pengguna di Threads pun tak jauh berbeda dengan Instagram. Untuk memberi komentar, misalnya, Anda hanya perlu menekan ikon bubble komentar pada sebuah thread. Setelahnya, cukup ketikkan dan pos komentar Anda.

Berbarengan dengan tombol komentar, ada juga tombol like, share, dan repost thread. Nah, dengan menggunakan tombol share, contohnya, Anda bisa membagikan thread di Instagram Story atau Feed.

cara-pakai-threads-120_-10.51.09

Bicara soal jumlah like, Threads menambahkan fitur untuk menyembunyikan like counts, sama seperti di Instagram. Untuk menyembunyikan like counts, silakan pilih menu “More” (titik tiga) di sebuah postingan, lalu pilih “Hide Like Counts”. Di menu yang sama, ada pengaturan izin komentar juga.

Begitulah cara daftar dan menggunakan Instagram Threads untuk berinteraksi dengan sesama pengguna. Tidak sulit, bukan?  Gunakanlah Threads dari Instagram untuk mencari dan berbagi informasi bermanfaat, ya.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, akun Threads saat ini masih belum bisa dihapus. Oleh karenanya, tim Carisinyal akan membahas cara menonaktifkan akun Threads di artikel berikutnya.

Perlu dicatat, tutorial yang kami bahas di sini dikhususkan untuk Anda yang sama sekali belum pernah memakai Threads. Yuk, bagikan pengalaman Anda dalam menggunakan Threads melalui kolom komentar di bawah.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram