carisinyal web banner retina

4 Cara untuk Menghilangkan Mode Aman di HP Samsung

Ditulis oleh Aris Wibowo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Samsung menghadirkan sejumlah teknologi terbaik dalam perangkatnya. Salah satunya dengan menghadirkan mode aman atau safe mode. Mode ini hadir sebagai sistem perlindungan dini dalam smartphone dan tablet Samsung. 

Sayangnya, mode aman ini sering mengganggu ketika tengah asyik menggunakan HP. Pengalaman menggunakan HP Samsung terasa lebih lambat saat mode ini tidak sengaja aktif. Lalu, bagaimana cara menghilangkan mode aman di HP Samsung? Silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Samsung

Meski memiliki sejumlah manfaat, mode aman di HP Samsung ternyata kurang disukai, terutama para gamer. Pasalnya, ketika mode ini menyala akan muncul tulisan safe mode di bagian bawah. Selain itu, aplikasi pihak ketiga termasuk game jadi tidak muncul dan tidak bisa dibuka. 

Munculnya mode aman membuat Anda hanya bisa menikmati aplikasi bawaan HP Samsung saja. Aktivitas yang biasa Anda lakukan pun akan sedikit terhambat. Untungnya, ada berbagai cara untuk menghilangkan mode aman atau safe mode di HP Samsung ini.

1. Restart HP

Cara Restart HP Samsung

Langkah paling mudah untuk menghilangkan mode aman adalah dengan melakukan restart HP. Anda cukup menekan tombol power selama beberapa detik hingga muncul kotak menu.

Pilih restart agar HP mati dan hidup kembali dengan sendirinya. Langkah ini dimaksudkan untuk mereset kondisi HP agar kembali ke kondisi awal. Dengan begitu, bug atau mode aman ini akan menghilang.

2. Melalui Notification Panel

notif bar samsung_

Cara menghilangkan mode aman di HP Samsung berikutnya adalah dengan mematikan mode aman di notification panel. Cara mematikannya juga cukup mudah, Anda cukup menarik ke bawah dari atas layar untuk memunculkan panel notifikasi.

Setelah itu, pilih atau tekan tombol turn off di bagian mode aman atau safe mode. Tunggu beberapa detik hingga HP Samsung Anda me-restart sendiri. 

Jika cara ini berhasil, mode aman akan menghilang saat HP hidup kembali. Semua aplikasi yang awalnya tidak muncul pun akan kembali muncul. Koneksi internet dan performa HP juga kembali ke kondisi semula.

3. Reset Smartphone

factory-reset-samsung-

Cara menghilangkan mode aman di HP Samsung selanjutnya adalah melakukan reset pabrik. Langkah ini bisa Anda coba jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil. Yang perlu diperhatikan adalah Anda wajib melakukan backup terlebih dahulu untuk semua data penting.

Untuk beberapa tipe HP Samsung, saat Anda melakukan reset pabrik, akan diminta untuk memasukkan PIN yang biasa digunakan untuk membuka kunci layar smartphone.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

ganda WA samsung 6 Cropped 1

Jika semua cara di atas tetap masih tidak berhasil juga. Anda bisa mencoba untuk mengecek semua aplikasi di HP Samsung Anda. Cek apakah ada aplikasi yang bukan bawaan HP atau tidak. Bisa jadi ada aplikasi yang mengganggu sistem operasi sehingga memaksa smartphone masuk ke mode aman secara paksa.

Menginstal aplikasi memang hal yang sepele dalam smartphone. Namun, jika Anda menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas bisa menyebabkan HP Samsung masuk ke mode aman. Ini memang salah satu sistem keamanan di HP Samsung yang bisa aktif secara otomatis saat mendeteksi ancaman.

Jika masih tetap berada di mode aman, Anda bisa membawa smartphone Samsung ke service center. Anda bisa meminta untuk dilakukan pengecekan pada smartphone lebih detail. Bisa jadi, mode aman yang muncul memang karena adanya bug atau kerusakan komponen di HP Samsung.

Sekilas Tentang Mode Aman atau Safe Mode

samsung galaxy a14 5g cover

Mode aman atau safe mode merupakan sistem perlindungan dini. Ketika mode ini aktif, HP atau tablet Samsung akan menggunakan sistem operasi khusus. Sistem operasi ini akan mematikan semua aplikasi pihak ketiga. Sistem ini juga akan menguji satu per satu aplikasi pihak ketiga yang diduga membuat bug atau menyebabkan masalah lain di smartphone Samsung. 

Tidak heran, banyak pengguna Samsung yang mengaktifkan mode ini untuk mengecek dan membantu memecahkan masalah. Mulai dari masalah konektivitas, baterai, hingga masalah lain yang tidak diketahui penyebabnya.

Maka, saat mode aman di HP Samsung aktif, performa bahkan akses data seluler akan dibatasi. Meski begitu, Anda tetap bisa melakukan panggilan dan berkirim pesan SMS seperti biasa. 

Intinya, mode aman bukan hanya diciptakan untuk mencegah kerusakan pada sistem operasi di HP Samsung saja. Melainkan untuk mencegah kerusakan di software dan hardware-nya. 

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan mode aman di HP Samsung. Anda sebaiknya mencoba langkah-langkah dengan benar agar data-data penting di HP Samsung tidak hilang atau terhapus. Nah, sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram