carisinyal web banner retina

Cara Mengubah Tampilan Persentase Baterai HP Xiaomi

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Xiaomi memang sudah menjadi salah satu brand favorit di segmen HP, terutama di pasar Indonesia. Selain karena harganya yang bisa dibilang lebih terjangkau, kemampuan yang dimilikinya juga cukup menarik. Hal ini tidak lain karena sistem operasi dan antarmukanya yang selalu diperbarui setiap waktu.

Antarmuka MIUI kini kian menawarkan berbagai fitur menarik. Tidak hanya fitur baru, MIUI juga sering memperbarui fitur-fitur yang sudah ada. Namun, agaknya tidak semua orang, terutama pengguna Xiaomi yang paham betul dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh MIUI.

Salah satu fitur yang memiliki peran penting adalah baterai. Tahukah Anda jika tampilan indikator baterai yang ada di bilah status itu memiliki tiga jenis tampilan? Benar, tampilan indikator baterai tersebut bisa diubah sesuai keinginan Anda. Jika Anda belum mengetahui dan ingin mengubah tampilannya, simak artikel ini sampai habis, ya.

Cara Mengubah Tampilan Indikator Baterai HP Xiaomi

cara menyembunyikan aplikasi hp xiaomi

Dalam melakukan cara ini, Saya menggunakan HP Xiaomi Redmi Note 10S. HP ini sudah menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13.0.9. Jika Anda menggunakan jenis HP Xiaomi lain, tidak perlu khawatir. Sebab cara yang harus dilakukan tidak akan jauh berbeda, malahan bisa saja mirip.

Agar tidak terlalu lama menunggu, berikut adalah cara mengubah tampilan indikator baterai HP Xiaomi. Simak langkah-langkahnya berikut ini, ya.

cara ubah tampilan indikator baterai
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka aplikasi “Setelan”. Anda bisa membukanya melalui aplikasi langsung atau notifikasi bar di bagian atas.
cara ubah tampilan indikator baterai
  • Kemudian, gulir ke bawah untuk mencari menu “Notifikasi & Pusat Kontrol”, pilih menu tersebut.
cara ubah tampilan indikator baterai
  • Setelah itu, pilih menu “Bilah status” yang berada di bagian paling bawah.
cara ubah tampilan indikator baterai
  • Setelah setelah Bilah status terbuka, Anda bisa menemukan berbagai setelan di situ. Untuk mengganti tampilan indikator baterai, pilih menu “Indikator baterai”.
cara ubah tampilan indikator baterai
  • Anda ditawarkan tiga jenis tampilan indikator baterai.
  • Pertama adalah “Grafis”, indikator ini hanya menampilkan indikator baterai berupa grafis atau volume baterai yang tersisa. Tidak ada keterangan lain seperti angka atau sebagainya.
  • Kedua adalah “Persentase (di ikon)”, indikator ini menampilkan jumlah persentase baterai dengan angka yang berada di dalam ikon baterai.
  • Ketiga adalah “Persentase (sebelah ikon)”, indikator ini mirip dengan yang kedua yaitu menampilkan persentase jumlah baterai yang tersisa. Hanya saja persentase tersebut disimpan di sebelah ikon dengan tambahan tanda “%”.

Ketiga tampilan indikator ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk tampilan indikator pertama jelas terlihat lebih simpel dengan hanya menampilkan grafiknya saja. Namun, Anda mungkin akan kesulitan dalam mengetahui jumlah persentase baterai yang tersisa pada HP Xiaomi Anda.

Untuk tampilan indikator kedua dan ketiga, keduanya sama-sama menampilkan persentase berupa angka. Perbedaannya hanya letak persentase tersebut yaitu di bagian dalam dan di sebelah ikon baterai. Persentase tersebut sebagai informasi baterai yang tersisa, sehingga kita bisa menerka kapan akan habis dan menentukan kapan mulai mengisi atau berhenti mengisi daya.

Saya pribadi lebih nyaman menggunakan tampilan indikator kedua. Sebab, persentase jumlah baterai tersebut berada di dalam ikon baterai. Dengan begitu, tampilan akan lebih simpel dan enak dilihat dibandingkan persentase yang disimpan di sebelah ikon baterai.

Cara Mengubah Tampilan Indikator Baterai Xiaomi Menggunakan Aplikasi

cara menyembunyikan aplikasi hp xiaomi

Selain mengubah tampilan menggunakan Setelan bawaan dari sistem, Anda juga bisa mengubah tampilan tersebut menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengubah tampilan indikator baterai HP Xiaomi Anda.

Aplikasi seperti ini sebenarnya banyak tersedia di Google Play Store. Ukuran aplikasinya tidak terlalu besar, dan yang paling penting adalah gratis. Nah, silakan simak daftar aplikasinya berikut ini.

1. AccuBattery

cara ubah tampilan indikator baterai accubattery

Salah satu aplikasi yang memiliki fitur mengubah tampilan indikator baterai adalah AccuBattery. Menariknya, aplikasi ini tidak hanya bisa menampilkan indikator baterai saja, tetapi dibekali fitur-fitur lainnya yang menarik.

cara ubah tampilan indikator baterai

Untuk tampilan indikator baterainya menampilkan persentase berupa angka di dalam lingkaran. Anda bisa memadukannya dengan tampilan indikator pertama yaitu Grafis untuk setelan bawaan. Selain menampilkan persentase sisa baterai, aplikasi ini juga menampilkan sisa waktu penggunaan baterai hingga habis.

Nah, untuk fitur lain yang ditawarkan aplikasi ini yaitu berupa informasi terkait baterai. Mulai dari informasi penggunaan baterai, kecepatan pengisian daya, discharge status, penggunaan baterai rata-rata, estimasi waktu, kesehatan baterai, dan sebagainya.

2. Battery Manager

cara ubah tampilan indikator baterai battery manager

Aplikasi lain yang tidak kalah menarik lainnya adalah Battery Manager. Aplikasi yang dikembangkan oleh Baxolino ini memiliki fungsi utama untuk memonitor, memperpanjang masa pakai baterai, hingga kinerja baterai.

cara ubah tampilan indikator baterai

Sayangnya, aplikasi ini tidak menampilkan persentase baterainya di bilah status bagian atas, tetapi hanya di bagian notifikasi. Dengan begitu, Anda perlu menggulir bar notifikasi untuk melihat informasi persentase baterai, konsumsi daya, serta durasi layar aktif dan layar mati.

Meski begitu, fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup menarik. Mulai dari pemeriksaan baterai, pengisian kontrol, hingga mode hemat energi. Aplikasi ini juga memberikan berbagai informasi lainnya seperti penggunaan perangkat, suhu baterai, dan estimasi masa pakai baterai.

3. Battery Guru: Battery Health

cara ubah tampilan indikator baterai battery guru

Battery Guru: Battery Health merupakan aplikasi rekomendasi lain yang cukup menarik. Sama seperti rekomendasi aplikasi pertama, aplikasi ini menampilkan indikator baterai di bagian bilah status. Tampilannya juga mirip yaitu persentase berupa angka dan lingkaran sebagai grafik dari baterai tersebut.

cara ubah tampilan indikator baterai

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur menarik di dalamnya. Mulai dari riwayat pemakaian baterai, estimasi waktu sisa baterai, kecepatan pemakaian, suhu baterai, penggunaan baterai rata-rata, dan sebagainya.

Aplikasi ini juga mampu mengoptimalkan kesehatan baterai HP Xiaomi Anda. Sebab, aplikasi ini mampu memonitor penggunaan baterai, hingga memberikan perlindungan terhadap baterai. Dengan begitu, Anda akan diperingatkan jika mengenai suhu baterai, batas pengisian daya, hingga penggunaan baterai yang tidak normal.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan indikator baterai di HP Xiaomi. Tampilan indikator baterai ini tidak memengaruhi masa pemakaian baterai, hanya sebagai informasi dan estetika tampilan semata. Jika Anda ingin memiliki tampilan indikator baterai berbeda serta fitur pendukung lainnya, Anda bisa gunakan aplikasi yang telah direkomendasikan.

Sekian dulu pembahasan pada artikel ini. Kami juga memiliki tips lain untuk HP Xiaomi seperti cara menyembunyikan foto/video, cara mengunci aplikasi, cara mengecas dengan cepat dan aman, san sebagainya. Selamat mencoba.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram