carisinyal web banner retina

2 Cara Restart HP itel Dengan dan Tanpa Tombol

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Di antara semua pengguna HP itel, mungkin ada beberapa yang penasaran bagaimana caranya melakukan restart di HP itel. Sebenarnya caranya sangat mudah, dan pastinya ada ragam cara yang bisa dilakukan.

Keuntungan melakukan restart HP adalah dapat mengembalikan kinerja ponsel seperti sedia kala, terutama jika ponsel sudah dipakai aktivitas berat seharian penuh.

Selain itu, melakukan restart pada HP juga dapat memperbaiki eror yang terjadi seperti tidak bisa menyalakan Wi-Fi, sinyal hilang, baterai yang cepat sekali terkuras habis, dan masih banyak lagi.

itel restart

Umumnya sih me-restart HP semudah menekan tombol fisik di samping bodi, tapi bagaimana jika cara itu tidak berhasil? Nah, artikel ini akan kupas tuntas cara restart HP itel untuk semua varian. Dalam tutorial ini, saya akan menggunakan itel RS4 sebagai acuannya. Simak berikut ini, ya.

Baik itu me-restart HP menggunakan tombol fisik maupun dengan cara lainnya, nyatanya aktivitas ini tidak membutuhkan tingkat keahlian yang super tinggi. Berikut ini adalah cara dan langkah-langkahnya.

Menggunakan Tombol Fisik

Apabila tombol power di ponsel Anda masih berfungsi dengan baik, tombol tersebut bisa digunakan untuk mematikan serta melakukan restart pada HP Anda. Ini dia langkah-langkahnya.

1. Ketahui Fungsi-Fungsi Tombol Daya di HP Anda

itel rs4 voice assistant
Salah satu fungsi tombol daya adalah memanggil fitur voice assistant

Tahukah Anda? Tombol fisik di samping ponsel Anda tidak hanya bisa dipakai untuk me-restart ponsel melainkan juga punya sejumlah fungsi lain. Misalnya untuk itel RS4 yang saya gunakan, secara default memiliki empat fungsi.

Fungsi pertama tombol daya adalah untuk mengunci layar dengan sekali tekan (single tap). Yang kedua, tombol ini juga menjelma sebagai sensor sidik jari sehingga dapat membuka kunci dengan hanya menempelkan jari saja.

Fungsi ketiga, tombol daya ini dapat memunculkan voice assistant apabila ditekan selama beberapa detik. Nah, apabila tombol ini ditekan lebih lama lagi, akan muncul fungsi keempat: untuk memunculkan opsi mematikan dan me-restart ponsel.

2. Tekan dan Tahan Tombol Daya

itel rs4 tombol power

Ketahui letak tombol daya di ponsel Anda. Pada itel RS4, tombol ini terletak di samping kanan bodi. Semua ponsel keluaran terbaru sih rata-rata meletakkan tombol power di samping kanan bodi.

Taruh jempol kanan Anda pada tombol daya, dan tekan tombol tersebut untuk beberapa detik. Apabila muncul tampilan voice assistant, jangan lepas jari Anda dari tombol. Teruslah menahan tombol tersebut hingga muncul opsi untuk me-restart ponsel.

3. Pilih Opsi "Restart"

restart di hp itel

Setelah menekan dan menahan tombol daya, akan muncul sebuah laman berisikan tiga opsi, yakni "Power Off" (mematikan), "Restart" (mematikan dan menyalakan kembali), serta SOS (untuk menelepon layanan darurat seperti polisi, pemadam kebakaran, dan ambulans).

Lakukan tap pada tulisan Restart untuk mematikan ponsel dan menyalakannya kembali secara otomatis. Untuk memastikan tidak terjadi salah pencet, tampilan ini juga akan meminta Anda mengonfirmasikan pilihan Anda. Lakukan tap sekali lagi pada tulisan Tap to Restart.

Setelah ponsel berhasil di-restart, pengguna akan diminta untuk memasukkan pola atau kata sandi. Anda tidak dapat melewatinya dengan sensor sidik jari atau face unlock. Soalnya, memasukkan kata sandi memang wajib dilakukan setiap kali melakukan restart atau menyalakan HP dari kondisi mati.

Tanpa Tombol Fisik, Pakai Fitur "Accessibility"

Tanpa pakai tombol fisik, Anda bisa melakukan restart dengan mudah dan praktis. Cara ini juga berguna untuk Anda yang tombol power-nya rusak, atau untuk lansia yang tangannya sudah tidak kuat lagi untuk menahan tombol dalam waktu lama.

Cara restart tanpa tombol fisik bisa dilakukan via fitur Accessibility. Kendati mudah, setup awalnya membutuhkan langkah-langkah yang agak ribet yakni sebagai berikut.

1. Buka Menu "Settings" Lalu Pilih "Special Function"

itel rs4

Anda perlu membuka menu Settings. Ikon ini biasanya terletak di laman beranda seperti yang saya contohkan di atas. Tapi jika tidak ada, Anda bisa buka App Drawer (swipe up) lalu ketikkan "Settings" di kolom pencarian.

Di dalam menu Settings, scroll ke bawah hingga menemukan menu Special Function. Tap pada menu tersebut.

2. Pilih Menu "Accessibility", Lalu Pilih "Accessibility Menu"

itel rs4

Di dalam menu Special Function, scroll ke paling bawah hingga menemukan pilihan Accessibility. Lakukan tap pada menu tersebut, lalu pilih menu Accessibility Menu.

itel rs4

Selanjutnya, Anda perlu mengaktifkan shortcut menuju menu-menu aksesibilitas. Cukup menggeser bulatan putih di menu Accessibility Menu Shortcut lalu menekan Allow, ponsel akan memunculkan jalan pintas berwarna hijau untuk mengakses menu aksesibilitas.

3. Tap pada Shortcut "Accessibility"

itel restart accessibility

Anda hanya perlu mengetuk ikon Accessibility yang berwarna hijau. Ikon ini akan terus muncul di layar Anda apa pun yang Anda lakukan di smartphone.

Setelah menu Accessibility terbuka, akan muncul serangkaian menu pengaturan yang bisa dipilih, seperti mengatur volume suara, mengatur pencahayaan layar, mengunci layar, dan pastinya pengaturan power.

Pilih menu Power dan Anda pun akan menuju laman berisikan opsi Power off, Restart, dan SOS. Sekarang, pilih tulisan Restart dan tekan tulisan Tap to restart. Selesai! Ponsel pun akan ter-restart tanpa mengharuskan pengguna menekan tombol daya sama sekali.

restart di hp itel

Itu tadi cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa melakukan restart di HP itel Anda. Perlu diketahui, walau cara ini universal untuk semua HP itel, namun navigasi dan lokasi menu bisa saja berbeda pada masing-masing smartphone. Namun secara garis besar, langkah-langkahnya sih tetap sama. Semoga berhasil, ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram