Inilah Cara Screenshot di HP Asus dengan Mudah & Cepat

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Anda adalah pemakai HP Asus Zenfone dan sedang kebingungan mencari tahu cara screenshot di HP Asus? Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini, Carisinyal bakal menjelaskan tentang cara screenshot di HP Asus dengan mudah. Lantas, bagaimana caranya? Tanpa berlama-lama lagi, mari simak penjelasan cara screenshot di HP Asus berikut ini.

Cara Screenshot di HP Asus

screenshot di HP Asus

Untuk melakukan screenshot di HP Asus, caranya sangat mudah, Anda bias melakukang langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka tampilan HP yang ingin Anda screenshot, misalnya artikel di Carisinyal.
  2. Selanjutnya tinggal tekan tombol volume down bersamaan dengan tombol power.
  3. Anda pun bisa melakukan screenshot dengan mudah.

Selain cara tersebut, ada juga cara screenshot lain di HP Asus. Carisinyal menguji screenshot di HP Asus Zenfone Max Pro M2. Caranya cukup menekan tombol power, Nanti akan muncul pilihan “matikan perangkat”, “nyalakan ulang”, dan “screenshot”. Pilih pilihan “screenshot” untuk melakukan tembak layar di HP Asus ini.

Cara Screenshot Panjang di HP Asus

Selain cara tersebut, Anda juga bisa melakukan screenshot panjang. Fitur screenshot ini jarang dimiliki oleh sebuah ponsel, terutama HP Asus. Fitur screenshot panjang ini memungkinkan Anda untuk menangkap layar tidak hanya yang terlihat tetapi menangkap layar keseluruhan. Lantas, bagaimana caranya agar bisa screenshot panjang di HP Asus? Anda bisa melakukannya dengan memakai 2 aplikasi berikut ini.

1. LongShot

LongShot

LongShot adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot panjang. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menangkap keseluruhan konten, jadi bukan hanya yang sekadar terlihat. Penggunaan aplikasi ini juga tergolong mudah. Berikut cara agar Anda bisa screenshot panjang menggunakan LongShot.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi LongShot di Google PlayStore. Anda bisa unduh aplikasinya di sini. Aplikasi ini dapat unduh secara gratis jadi Anda tidak perlu membayarnya.
  • Setelah Anda unduh, selanjutnya silakan buka aplikasi LongShot.
  • Kemudian Anda tinggal memilih klik “Tangkap Halaman Web”. Aplikasi ini nantinya akan bekerja seperti browser. Anda kemudian tinggal memasukan link yang akan ditangkap.LongShot
  • Contohnya, Anda memasukan “Carisinyal.com”. Selanjutnya, Anda tinggal memilih artikel yang akan ditangkap. Atau Anda bisa langsung menangkap halaman utama “Carisinyal.com”.
  • Scroll ke bawah. Tujuan scroll ini adalah agar Anda bisa screenshot sampai pada bagian yang Anda inginkan. Cukup pilih “Akhiri disini dan tangkap layar” untuk menangkap screenshot secara panjang.
  • Silakan simpan hasil screenshot panjang Anda.

Hal menarik dari LongShot adalah fitur yang dimilikinya. Aplikasi ini memiliki fitur untuk menggabungkan dua atau lebih screenshot menjadi satu kesatuan yang memanjang. Aplikasi ini juga memiliki fitur seperti auto capture screenshot, yakni fitur untuk melakukan scrolling atau menggeser layar dan melakukan tembakan layar laman web yang panjang hanya 2 kali klik saja.

2. Scroll Capture for Web

Scroll Capture for Web

Selain LongShot, Anda juga bisa melakukan screenshot memakai aplikasi Scroll Capture. Aplikasi ini bisa Anda unduh di sini. Aplikasi ini lebih mudah digunakan. Anda tinggal buka aplikasi Scroll Capture kemudian masukan link website yang ingin Anda screenshot. Kemudian tinggal tap tombol screenshot yang ada di tengah bawah.

3. Web Scroll Capture

Web Scroll Capture

Aplikasi lainnya untuk screenshot panjang adalah Web Scroll Capture. Aplikasi ini bisa Anda unduh di sini. Setelah unduh, silakan buka aplikasi ini. Aplikasi ini kemudian akan berbentuk seperti web browser. Silakan masukan alamat website yang ingin Anda screenshot.

Setelah itu, Anda pilih tombol screenshot yang ada di kanan bawah. Anda akan diberikan opsi sebagai berikut.

  • Download this page completely, yakni fitur untuk mengunduh halaman secara lengkap
  • Capture as PDF, yakni fitur screenshot dengan hasil format PDF
  • Capture as Image, yakni fitur screenshot dengan hasil format gambar

Web Scroll Capture ini bisa dibilang memiliki fitur menarik, terutama fitur Capture as PDF. Fitur tersebut jelas tidak bisa ditemukan di 2 aplikasi screenshot panjang lainnya.

Cara Screenshot di HP Asus dengan Aplikasi

Selain cara screenshot tersebut, screenshot di HP Asus juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda untuk screenshot di HP Android.

1. Screenshot Capture Recorder

Screenshot Capture Recorder

Aplikasi ini menawarkan screenshot dengan mudah dan pengaturan sesuka Anda. Artinya, Anda bisa bebas menentukan cara untuk screenshot. Contohnya adalah dengan menggoyangkan ponsel saja, nanti HP akan menangkap layar dengan baik. Atau Anda bisa screenshot dengan hanya menggunakan suara saja.

Aplikasi ini tergolong memiliki fitur yang standar. Tetapi menariknya, opsi untuk menentukan screenshot sesuai kebutuhan menjadi fitur paling menarik? Tertarik? Silakan unduh aplikasi ini di sini.

2. Screenshot touch

Screenshot touch

Aplikasi screenshot lainnya yang patut Anda coba adalah Screenshot Touch. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan hanya menyentuh layar saja. Anda juga bisa mengatur aplikasi ini untuk melakukan tangkapan layar dengan cara lain seperti dengan menggoyangkan bodi ponsel misalnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram