Carisinyal / Aplikasi Screenshot / 7 Cara Screenshot di PC yang Sangat Mudah dan Simpel

7 Cara Screenshot di PC yang Sangat Mudah dan Simpel

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Oktober 2019

Jika sebelumnya Carisinyal pernah membahas cara screenshot di HP, maka kali ini Kami akan memberikan tips dan trik termudah untuk cara screenshot di PC. Tak jarang, sebagai pengguna PC yang aktif, seringkali membutuhkan fitur screenshot untuk mengambil gambar-gambar penting.

Namun, untuk mengambil dan menyimpan gambar yang ada pada layar komputer bukan hanya sekedar menggunakan tools save images. Untuk melakukan screenshot di PC ada beberapa langkah dan cara yang bisa Kamu gunakan.

Bahkan setiap Windows pun memiliki cara screenshot yang berbeda lho. Ada yang bisa menggunakan keyboard, ada juga beberapa aplikasi penyedia fitur screenshot. Nah, kira-kira apa saja ya? Langsung baca artikel ini sampai akhir ya!

Cara Mengambil Screenshot di PC

Apa saja cara mengambil screenshot di PC atau komputer? Berikut cara-cara yang bisa diikuti.

1. Menggunakan Keyboard (Ctrl + Print)

Menggunakan Keyboard

* sumber: www2.owens.edu

Untuk cara screenshot menggunakan keyboard merupakan cara mengambil gambar termudah. Ya, Kamu hanya perlu klik dua tombol keyboard secara bersamaan, mudah bukan? Pertama-tama, Kamu bisa menentukan gambar layar yang ingin di screenshot.

Kemudian, Kamu bisa langsung siap untuk mengambil gambar dengan menekan tombol ctrl + Print Screen SysRq. Nah, secara otomatis gambar yang ingin Kamu ambil akan tersimpan di PC. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk pengguna Windows XP dan Windows 7. Sangat mudah bukan?

2. Menggunakan Keyboard (alt + prt sc syrq)

Menggunakan Keyboard (alt + prt sc syrq)

* sumber: techhelpkb.com

Masih dengan cara screenchot di PC yang menggunakan keyboard. Nah, kali ini Kami akan memberikan tutorial screenshot bagi yang menggunakan Windows 8 dan Windows 10. Cara yang satu ini juga tak kalah mudahnya dengan cara sebelumnya.

Di sini Kamu hanya perlu membuka gambar atau layar yang ingin di screenshot. Kemudian, Kamu bisa langsung klik alt + prt sc syrq pada keyboard. Nah, secara otomatis gambar akan terambil dan akan disimpan ke dalam OneDrive.

Jika Kamu ingin melihat hasil screenshot, silahkan buka aplikasi OneDrive yang ada di PC. Kemudian, Kamu bisa pilih pictures. Setelah itu Kamu bisa langsung pilih folder Screenshot. Mudah bukan?

3. Menggunakan Keyboard (windows + prt sc syrq)

Masih menggunakan keyboard, bagi Kamu pengguna Windows 8 dan Windows 10 ada cara screenshot termudah lainnya. Untuk cara yang satu ini hanya perlu menekan dua tombol yang berbeda. Seperti biasa, Kamu bisa langsung buka layar atau gambar yang ingin diambil.

Kemudian, Kamu bisa langsung tekan tombol bersimbol ‘windows’ di keyaboard, lalu tekan tombol prt sc syrq. Dengan begitu, secara otomatis OneDrive akan menyimpan hasil screenshot yang sudah diambil. Bagaimana, lebih mudah menggunakan cara ini atau cara sebelumnya?

4. Menggunakan Keyboard (prt sc syrq)

cara screenshot di pc Menggunakan Keyboard (prt sc syrq)

Ingin melakukan screenshot di PC dengan satu kali klik? Kalau begitu Kamu bisa melakukannya dengan cara yang satu ini. Masih menggunakan keyboard, bagi Kami cara screenshot yang satu ini lebih mudah dan paling simpel.

Namun, untuk melakukan screenshot dengan cara ini, Kamu harus memastikan bahwa PC yang digunakan sudah terpasang Windows 8 atau Windows 10, ya. Caranya sangat mudah, Kamu hanya perlu klik prt sq syrq di keyboard dan gambar secara otomatis akan terambil.

Tidak hanya itu saja, bahkan gambar yang sudah di screenshot akan langsung disimpan secara otomatis di OneDrive. Lebih mudah bukan? Hanya satu kali klik saja.

5. Menggunakan Snipping Tool

Menggunakan Snipping Tool 3

Selain menggunakan keyboard, Kamu juga bisa mengambil gambar dengan menggunakan aplikasi snipping tool. Aplikasi ini sudah terpasang secara otomatis pada pengguna PC Windows 8 dan juga Windows 10.

Dengan menggunakan snipping tool, Kamu bisa menentukan area gambar yang ingin Kamu screenshot. Kamu bisa menentukan bagian gambar yang akan Kamu ambil. Jadi, Kamu tidak perlu melakukan screenshot secara keseluruhan Menggunakan Snipping Tool. Caranya sangat mudah, Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Snipping Tool.
  • Setelahnya, klik new untuk melakukan screenshot.
  • Jika sudah selesai, maka Kamu bisa langsung menyimpan hasilnya dengan klik simbol Save.
  • Nah, Kamu bisa langsung beri nama pada hasil screenshot-nya dan jangan lupa klik SAVE untuk menyimpannya. Mudah?

6. Menggunakan Aplikasi Prtsrc

menggunakan aplikasi prtscr

* sumber: www.fiastarta.com

Jika Kamu kurang cocok melakukan screenshot dengan menggunakan cara-cara sebelumnya, Kami memiliki solusi lainnya untuk melakukan screenshot dengan mudah dan paling simpel. Kamu bisa mendownload dan install sebuah aplikasi screenshot untuk PC.

Aplikasi screenshot di PC kali ini bernama Prtscr. Di aplikasi ini, penggunanya bisa melakukan screenshot dengan menggunakan keyboard dan juga menggunakan mouse. Tak hanya itu saja, bahkan Kamu juga bisa mengimpor hasil screenshot ke dalam format gambar JPG, PNG, JPEG, ataupun BMP lho. 

Kamu tertarik ingin menggunakan aplikasi Prtscr ini? Kamu bisa langsung dapatkan aplikasinya dengan mendownloadnya di sini.

7. Menggunakan Aplikasi Winsnap

* sumber: www.ntwind.com

Masih ada lagi cara screenshot untuk PC dengan menggunakan aplikasi, Winsnap. Aplikasi yang satu ini juga memiliki layanan dimana Kamu bisa melakukan screenshot di PC dengan mudah tanpa ribet dan pastinya sangat simpel.

Uniknya, aplikasi Winsnap bisa langsung mengedit hasil screenshot lho. Kamu bisa memotongnya atau sekedar memberi warna dan tanda pada hasil screenshot. Juga, aplikasi ini sudah support untuk gambar PNG, transparan, dan Alpha-Channel. Mau? Silahkan download aplikasinya di sini.

Cara Membuka dan Menyimpan Screenshot di Paint

Nah, selain melakukan screenshot di PC, Kamu juga bisa mengecek atau melihat hasil dari screenshot. Jika Kamu melakukan screenshot dengan menggunakan keyboard, maka Kamu bisa melihat hasilnya di dalam folder OneDrive.

Namun ada cara lainnya untuk melihat hasil screenshot yakni dengan menggunakan aplikasi Paint. Dengan menggunakan aplikasi Paint, Kamu dapat langsung mengedit atau melihat hasil screenshot. Nah, untuk cara membuka juga menyimpan hasil screenshot dengan menggunakan aplikasi paint, maka Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Paint dengan cara mengetik paint pada windows.
  • Nah, bagi Kamu pengguna Windows XP dan Windows 7 silahkan Klik tombol start yang ada di bagian pojok kiri bawah.
menggunakan paint 1

* sumber: www2.owens.edu

  • Kemudian, pilihlah All Programs.
menggunakan paint 2

* sumber: www2.owens.edu

  • Lalu, Kamu bisa pilih Accessories.
menggunakan paint 3

* sumber: www2.owens.edu

  • Setelah itu ada aplikasi bernama paint, Kamu bisa klik apliksi tersebut.
menggunakan paint 4

* sumber: www2.owens.edu

  • Nah, jika aplikasinya sudah terbuka kini Kamu bisa menyimpan dan mengedit hasil screenshot dengan klik ctrl + v.
  • Secara otomatis hasil screenshot akan ditampilkan pada paint.
menggunakan paint 5

* sumber: www2.owens.edu

  • Untuk menyimpannya, Kamu hanya perlu klik file lalu pilih Save as. 

Cara ini berlaku untuk semua pengguna PC baik yang menggunakan Windows XP, Windows 7, Windows 8, atau pun Windows 10. Sangat mudah bukan?

Nah itulah tadi cara screenshot di PC termudah dan paling simpel versi Carisinyal. Selain cara melakukan screenshot, Kamu juga bisa langsung menyimpan hasil screenshot bahkan mengeditnya. Jika ingin melakukan screenshot panjang, silakan baca tutorial screenshot panjang di PC ini. Apabila Kamu memiliki cara lainnya, silahkan berbagi di kolom komentar ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar