carisinyal web banner retina

4 Cara Screenshot di Laptop HP dengan Praktis dan Cepat

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Di era digital saat ini istilah screenshot atau tangkapan layar sudah tidak asing lagi didengar. Tangkapan layar adalah sebuah proses untuk membidik tampilan konten pada perangkat komputer maupun ponsel pintar. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menyimpan tangkapan layar tersebut pada folder atau galeri perangkatnya.

Akan tetapi, bagi mereka yang pertama kali mendengar atau mengenal istilah tersebut terkadang merasa kebingungan bagaimana cara memulai dan mengambil gambar pada laptop. Terdapat beberapa metode yang dapat pengguna lakukan untuk menangkap layar. Biasanya setiap merek laptop punya metode tangkapan layar yang berbeda.

Oleh karena itu, Carisinyal akan mengajak kamu untuk mempraktekkan beberapa metode untuk melakukan tangkapan layar di laptop merek HP. Tidak berlama-lama lagi, mari kita ungkap metode apa saja yang dapat kamu coba untuk menangkap layar di laptop HP.

1. Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Sebelum kamu mengunduh aplikasi tangkapan layar yang lain, ternyata kamu bisa mencicipi kecanggihan dari aplikasi Snipping Tool, lho! Aplikasi ini tinggal kamu pakai saja di laptop HP tanpa perlu melakukan pemasangan terlebih dahulu.

Bisa dibilang Snipping Tool adalah aplikasi bawaan dari Microsoft Windows yang mempunyai kemampuan untuk menangkap layar dalam berbagai ukuran atau bentuk. Penasaran bagaimana kinerja dari aplikasi tangkapan layar ini? Mari simak langkah-langkah menggunakannya berikut ini:

  • Langkah pertama yang dapat kamu lakukan ialah membuka aplikasi Snipping Tool. Kamu dapat menemukan aplikasi tersebut dengan mengetik "Snipping Tool" terlebih dahulu di kolom pencarian.
1. Snipping Tool a
  • Kliklah ikon Snipping Tool yang berbentuk gunting. Aplikasi pun secara otomatis akan terbuka.
  • Pada halaman perangkat lunak tersebut, kamu akan dipersembahkan beberapa menu mulai dari Mode, Delay, Cancel, dan Options.
3. Screenshot Snipping Tool 2
  • Setiap menu memiliki submenunya seperti menu Mode yang terdiri dari Free-form snip (tangkapan dengan bentuk sesuai yang diharapkan), Rectangular Snip (tangkapan empat sisi sesuai yang diinginkan), Window Snip, dan Full Screen Snip (untuk menangkap satu layar penuh).
  • Setelah berkenalan dengan menu-menu yang ada di Snipping Tool, kemudian dilanjutkan dengan menentukan konten atau halaman yang hendak ditangkap.
  • Berikutnya, pilihlah menu Mode dan carilah bentuk tangkapan layar yang diinginkan.
1. Snipping Tool b
  • Diteruskan dengan menggerakan kursor pada kawasan yang hendak ditangkap layar atau kontennya. Maka hasil tangkapan layar pun akan muncul dengan sendirinya di halaman aplikasi Snipping Tool.
  • Lalu, untuk menyimpan hasil tangkapan layar tersebut kamu bisa pergi ke menu File dan memilih Save As atau untuk lebih mudahnya tinggal menekan tombol CTRL + S.
1. Snipping Tool c
  • Tidak ketinggalan, untuk memilih jenis file tangkapan layar yang akan disimpan pilihannya antara lain GIF file, JPEG file, Single file HTML (MHT).
  • Yepee! Kamu dapat menemukan hasil tangkapan layar di folder laptop HP milikmu. Bagaimana, tidak sesulit yang dibayangkan, bukan?

2. Ambil Screenshot dengan Aplikasi Lightshot

Metode kedua yang dapat kamu implementasikan untuk menangkap layar di laptop HP adalah dengan menggunakan aplikasi Lightshot. Aplikasi yang telah diunduh oleh ratusan ribu pengguna di seluruh dunia ini mampu mengambil, menyimpan, hingga membagikan hasil tangkapan layar ke internet.

Aplikasi yang dapat didapatkan secara gratis ini bisa dipasang pada perangkat komputer atau laptop bersistem operasi Windows. Dalam penggunaanya aplikasi ini terbilang mudah. Tidak percaya? Coba ikuti langkah-langkahnya dari Carisiyal berikut ini:

  • Terkhusus kamu yang belum mempunyai aplikasi Lightshot, dapat kamu dapatkan dengan mudah di sini. Dilanjutkan dengan memasang aplikasi tersebut pada laptop HP.
2. Screenshot Lightshot a
  • Berikutnya tentukan layar atau konten yang hendak ditangkap dengan aplikasi Lightshot.
  • Bukalah aplikasi Lightshot dengan menggeserkan kursor ke bawah layar pojok kanan. Carilah tanda panah ke atas, dilanjutkan dengan mengkliknya.
  • Kemudian, kamu akan melihat ikon aplikasi Lightshot yang berbentuk bulu dengan balutan warna ungu.
  • Sesaat menekan ikon aplikasi Lightshot, layar pada laptop HP akan berubah keabuan. Tidak perlu khawatir, hal tersebut menandakan kalau aktivitas tangkapan layar sudah dapat dijalankan.
2. Lightshot Carisinyal
  • Dalam pengambilan layar, kamu dibebaskan untuk membidik segala bentuk atau ukuran layar sesuai yang dikehendaki. Misalnya, tangkapan layar secara penuh atau mungkin di daerah layar tertentu.
  • Lalu, ketika proses penangkapan layar berhasil dilakukan lewat aplikasi ini juga kamu diberikan penawaran untuk melakukan proses pengeditan seperti penambahan doodle, teks, dan lain-lain.
2. Lightshot Carisinyal b
  • Bila merasa tidak ada tambahan pengeditan, kamu bisa langsung menyimpan file tangkapan layar tersebut di folder laptop HP. Caranya cukup mudah cukup memilih ikon Save di aplikasi Lightshot atau menekan tombol CTRL + S pada keyboard laptop HP.
  • Diteruskan dengan menentukan jenis format file tangkapan layar mulai dari PNG, BNP, hingga JPEG.

Seperti yang dipaparkan di atas, kamu pula dapat membagikan hasil tangkapan layar ke media sosial (Facebook, Blog, Twitter, dan Pinterest) dengan menekan menu berbagi. Mudah bukan cara penggunaan aplikasi Lightshot untuk melakukan tangkapan layar di laptop HP.

3. Menekan Tombol Rahasia di Keyboard

Bila kamu merasa kalau dua metode di atas terlalu sulit untuk dilakukan, maka kamu masih dapat melakukan tangkapan layar laptop HP dengan menekan tombol rahasia di keyboard. Penasaran tombol manakah yang berfungsi untuk menangkap layar? Tanpa perlu berlama-lama kamu dapat menyimaknya lewat pembahasan di bawah ini:

  • Pertama-tama kamu harus memastikan kalau keyboard dari laptop HP milikmu masih berfungsi alias dapat berjalan sebagaimana seharusnya.
  • Selanjutnya, bukalah tampilan layar atau konten yang hendak kamu tangkap.
3. Keyboard HP Carisinyal
  • Diteruskan dengan menekan tombol "Prt Sc" yang terletak di sisi kanan atas keyboard laptop HP.
  • Sesaat kamu memijat tombol "Prt Sc", maka secara otomatis sistem akan menangkap tampilan layar.
  • Lalu, apa langkah berikutnya? Kamu dapat menaruh hasil tangkapan layar tersebut di aplikasi Paint, Microsoft PowerPoint atau bahkan Microsoft Word.
3. Screenshot Laptop HP b
  • Misalnya kamu ingin menaruhnya di Microsoft PowerPoint, maka kamu cukup membuka Slide baru dan kemudian tekan tombol CTRL + V.
  • Kamu juga dapat mengedit juga hasil tangkapan layar di Microsoft PowerPoint mulai memotong, pencahayaan, penambahan kata, dan lain-lain.
3. Screenshot laptop HP carisinyal c

Untuk menyimpan file tangkapan layar tersebut, kamu tinggal menekan tombol CTRL + S.

Tidak lupa kamu bisa memilih format dari file tangkapan layar seperti PNG, JPEG, PDF, PowerPoint Presentation, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Terakhir, tentukan letak penyimpanan file tangkapan layar di folder yang mudah ditemukan pada laptop HP milikmu.

4. Screenshot Lebih Praktis dengan Gabungan Tombol Keyboard

Adapun metode praktis untuk menangkap layar tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau perangkat lunak lainnya. Metode ini memungkinkan kamu tidak perlu mengedit hasil tangkapan layar.

Tidak hanya itu, hasilnya pun akan tersimpan secara otomatis pada folder tangkapan layar di laptop HP. Beginilah kiranya langkah-langkahnya:

  • Bukalah terlebih dahulu tampilan atau konten yang akan kamu tangkap.
  • Kemudian, pastikan keyboard dalam keadaan aktif dan masih berfungsi.
4. Keyboard HP Carisiyal
  • Jika keyboard dalam status hidup maka dilanjutkan dengan menekan tombol Windows (yang berada di kiri bawah keyboard) bersamaan tombol Prt Sc (berlokasi di kanan atas keyboard).
  • Saat kedua tombol tersebut ditekan maka layar dari laptop HP milikmu akan berkedip yang menandakan proses tangkapan layar telah selesai dilakukan.
4. Screenshot Laptop HP
  • Untuk memastikan file dari hasil tangkapan layar tersebut tersimpan, kamu bisa mengunjungi folder tangkapan layar di menu Pictures pada perangkat komputer jinjingmu.
  • Voila! Kamu akan berjumpa dengan file-file tangkapan layar dalam format PNG. Praktis bukan?

Demikianlah pemaparan mengenai 4 cara untuk melakukan tangkapan layar di laptop HP. Menurutmu cara mana yang paling mudah untuk menangkap layar? Jangan ragu untuk komen di kolom komentar, yah! Jika laptopmu bermerek Lenovo, kamu dapat membaca artikel 4 Cara Mudah Screenshot di Laptop Lenovo.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram