Carisinyal / Game PC / 10 Game Horror Terbaik untuk PC & Laptop yang Super Seram

10 Game Horror Terbaik untuk PC & Laptop yang Super Seram

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 September 2019

Selain Dead Space, Amnesia atau Silent Hill series, atau bahkan The Walking Dead dan World War Z, ada banyak sekali game horror pc yang bisa bikin jantung Anda copot saat memainkannya. Pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai 10 game horror PC terbaru yang super seram dan pas untuk dimainkan oleh Anda yang memang merupakan pencinta game horor sejati.

Penasaran, game-game apa saja yang bisa bikin bulu kuduk Anda berdiri atau takut untuk pergi ke toilet sendirian? Simak langsung saja pembahasan berikut ini untuk mengetahuinya.

1. Chernobylite

chernobylite

  • OS: Windows 7 SP1 (64 bit), Windows 8 (64 bit), Windows 10 (64 bit)
  • Processor: Intel Core i7 4790k CPU
  • Memory: 16 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA Geforce GTX 970 / GTX 1060 or AMD Radeon RX 480 / RX 570
  • DirectX: Version 12
  • Storage: 45 GB available space

Chernobylite adalah game horror pc terbaru yang sangat seru untuk dimainkan. Game ini menceritakan tentang sang karakter utama yang merupakan seorang ahli fisika. Dulunya, sang ahli fisika bekerja di Chernobyl Nuclear Plant di mana terdapat reaktor nuklir yang meledak dan menyebabkan salah satu bencana nuklir paling mematikan di dunia, bencana Chernobyl.

Sang karakter utama harus rela kehilangan sang kekasih yang sangat ia cintai akibat bencana yang terjadi di tahun 80-an tersebut. Nah, ia kembali ke tempat bencana Chernobyl yang berlokasi di kota mati Pripyat yang sudah ditutup, untuk mencari sang kekasih yang menghilang secara misterius.

Dalam game ini Anda akan disuguhi kengerian yang sangat nyata. Teror dari penghuni kota mati akan menghantui Anda. Namun tenang, di dalam game ini Anda dapat melawan mereka dengan senjata yang Anda rakit sendiri. Tertarik untuk memainkan game ini? Tunggu game-nya dirilis di Steam bulan Oktober mendatang, ya!

2. Daymare: 1998

DAYMARE 1998

  • OS: Windows 7, 8, 8.1, 10 (64-bit)
  • Processor: Intel®Core i7-3770 or AMD FX-9590 or better
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1060 or AMD Radeon RX 480 with 3GB VRAM
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 23 GB available space

Kalau Anda adalah pencinta game survival horor ’90 an seperti Resident Evil 2, Anda akan sangat dimanjakan dengan game yang satu ini. Ya, ada Daymare: 1998, game survival horror buatan developer indie asal Italia, Invader Studio. Daymare: 1998 menjadi salah satu game horror pc yang sedang nge-hits di kalangan gamer saat ini.

Yup, game yang satu ini memang mirip dengan Resident Evil. Daymare: 1998 berlatar di sebuah tempat penelitian rahasia di mana ada senjata biologis yang berhasil mengubah penduduk sekitar menjadi monster menakutkan yang haus darah.

Dalam game ini, ada karakter utama yakni tentara, pilot sampai penjaga hutan yang sama-sama harus bertahan hidup sembari mencari tahu alasan mengapa bencana mengerikan ini bisa menimpa wilayah tersebut.

Game yang satu ini benar-benar berdarah-darah. Anda akan disuguhi dengan karakter musuh yang seram sampai potongan tubuh manusia yang berserakan dimana-mana. Meski begitu, Daymare: 1998 sukses membuat para gamer yang rindu akan atmosfir seru seram ala game survival horror tahun 90’an ini terbayar lunas.

3. The Dark Pictures: Man of Medan

man of medan

  • OS: Windows 10 (64bit)
  • Processor: Intel l®Core i5- 8400 or AMD Ryzen 5 1600
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1060 or AMD Radeon RX 580
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 80 GB available space

Man of Medan sukses membuat saya bergidik ngeri saat menonton cuplikannya. Ya, selain Daymare: 1998, game yang satu ini juga menjadi buruan pencinta game horor sejak sebelum dirilis bulan Agustus 2019 lalu.

Game ini masuk dalam antologi The Dark Pictures yang dikembangkan oleh developer Supermassive Games di bawah naungan Bandai Namco. Supermassive game juga pernah memproduksi game horor nge-hits di tahun 2015 yakni Until Dawn.

Antologi The Dark Pictures ini berisikan game-game seru dengan cerita yang berbeda-beda. Nah, seri Man of Medan sendiri menceritakan tentang empat anak muda yakni Alex, Julia, Brad dan Conrad yang memutuskan menyewa kapal untuk mengakomodasi aktivitas pencarian bangkai atau rongsokan kapal di dasar laut.

Dalam game ini, SS Ourang Medan diceritakan sebagai kapal milik Amerika, bukan Belanda seperti yang beredar dalam cerita urban legend yang tersebar di masyarakat. Jika SS Ourang Medan yang ‘asli’ memuat mayat-mayat yang mati misterius dan seolah membeku di dalam kapal, SS Ourang Medan dalam game ini memuat mayat-mayat yang ditutupi bendera Amerika Serikat.

Dan perjalanan dari SS Ourang Medan tersebut terganggu akibat peristiwa penembakan misterius yang membuat awak dan penumpangnya tewas mengenaskan.Nah, di tengah perjalanan, mereka ditawan oleh perompak yang akhirnya tertarik untuk mencari harta karun yang kabarnya tersimpan dalam kapal berhantu tersebut.

Tak ayal, keempat pemuda dan pemudi tersebut harus berhadapan dengan teror dari para ‘penghuni’ kapal SS Ourang Medan. Lalu? Apakah yang akan terjadi pada mereka? Daripada penasaran, langsung saja mainkan gamenya, ya!

4. Apsulov: End of Gods

apsulov

  • OS: Windows 7, 8, 8.1, 10 64-bit
  • Processor:  Intel®Core i3 or equivalent AMD
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce  GTX 760
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 8 GB available space
  • Sound Card: DirectX compatible

Apsulov adalah game horor yang menggabungkan antara mitologi Nordik dan sains modern. Dalam game ini, Anda akan berperan sebagai Sara, seorang wanita yang terbangun di dalam tempat suci Nordik yang seluruhnya terbuat dari besi.

Di dalam sana, Sara ditugaskan untuk melawan musuhnya yang berbentuk transparan dan seluruh badannya terbuat dari api. Sara ‘dianugerahi’ tangan besi yang dinamakan Jarngreipr, mirip dengan sarung tangan besi punya Thor. Satu tangan asli milik Sara sendiri sudah dipotong dan digantikan dengan Jarngreipr tadi.

Dalam game ini, Anda akan dibantu oleh suara ilmuwan yang memotong dan mengganti tangan sara dengan Jarngreipr untuk melawan semua musuh yang ada di sana. Meski merupakan perpaduan antara sci-fi dan mitologi, unsur horor dari game ini tetap ada. Suasana menakutkan akan Anda rasakan sejak pertama kali memainkan game besutan developer Angry Demon Studio ini.

Oh ya, game Apsulov: End of Gods ini memenangkan dua penghargaan satu di antaranya adalah Dreamhack Summer 2019 untuk kategori best horror dari developer indie. Hebat banget, kan? Anda mau coba mainkan game-nya?

5. Devotion

devotion game horror pc

Selanjutnya, ada Devotion. Game yang dirilis di bulan Februari 2019 oleh developer asal Taiwan, Red Candles ini sempat booming di awal perilisannya. Bukan hanya karena gameplay dan ceritanya yang bagus, tapi juga karena munculnya easter egg yang membuat game ini akhirnya ditarik dari peredaran. Yup, di dalam game Devotion ada meme yang dianggap menghina presiden  Republik Rakyat Tiongkok, Xi Jinping.

Game yang satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan satu anak perempuan. Anaknya sendiri merupakan penyanyi yang cukup berprestasi. Sayang, Mei Shin, sang anak, harus menderita akibat penyakit misterius yang secara tiba-tiba menyerangnya.

Alih-alih membawa Mei Shin ke dokter, ayahnya justru melakukan ritual aneh yang dianggap bisa menyembuhkan sang anak. Ia menenggelamkan Mei Shin selama tujuh hari di dalam bathtub di apartemen sederhana miliknya atas dasar saran dari mentor spiritual mereka. Bukannya sembuh, Hal itu menyebabkan Mei Shin kehilangan nyawanya. Dan sejak itulah, teror di dalam apartemen mulai berdatangan.

Sangat disayangkan game psychological horror dengan cerita yang apik dan menegangkan ini harus menghilang dari pasaran. Ada banyak sekali jumpscare yang bakal bikin Anda susah tidur setelah memainkan game yang satu ini. Jika masih ada, Devotion yang terinspirasi dari game seperti P.T dan Layers of Fears ini akan sangat seru untuk dimainkan.

6. Resident Evil 2 Remake

resident evil 2 remake game horror pc

  • OS: Windows 7, 8, 8.1, 10 64-bit
  • Processor: Intel® Core™ i7-3770 or AMD FX™-9590 or better
  • Memory:  8 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA® GeForce® GTX 1060 or AMD Radeon™ RX 480 with 3GB VRAM
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 26 GB available space

Sukses membuat para fans terkejut dan terheran-heran dengan kerennya Resident Evil 7: Biohazard, Capcom melakukan comeback dengan membangkitkan game survival horror paling legend di masanya, Resident Evil 2.

Ya, game ini benar-benar menjadi angin segar di awal tahun. Banyak orang memberikan komentar positif meski tak sedikit pula yang membanjirinya dengan kritik. Resident Evil 2 sempat saya mainkan sendiri dan membuat saya seakan kembali ke masa kecil, di mana saat saya ketakutan memainkan game versi lamanya di PlayStation.

Resident Evil 2 masih mengusung cerita yang tak jauh berbeda dengan game terdahulu, namun kini hadir dengan grafis, voice acting dan fitur dalam game dan sudut kamera yang jauh lebih baik. Selain itu, tak seperti di game sebelumnya, zombie di dalam Resident Evil 2 versi remake ini sangat sulit untuk dikalahkan sehingga permainannya semakin seru.

7. The 9th Gate

the 9th gate game horror pc

  • OS: Windows 7 or above
  • Processor: Intel® Core™ i5 with 2.8ghz or 4 Core CPU
  • Memory:  4 GB RAM
  • Graphics:  NVIDIA GTX1060 or Above
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 6 GB available space

Game horror PC lain yang seru untuk dimainkan adalah The 9th Gate. Game ber-genre survival horror ini mengisahkan tentang seorang paranormal investigator yang ditugaskan untuk menghancurkan sembilan boneka terkutuk dan menyelamatkan seorang anak gadis yang hilang di dalam sebuah apartemen berhantu.

Dalam game ini Anda harus menghadapi para penunggu apartemen dengan menggunakan ponsel dan senter. Ada sembilan arwah yang berbeda di dalam apartemen tersebut. Setiap kali Anda berhasil menghancurkan bonekanya, tantangan yang akan dihadapi menjadi lebih berat. Penasaran? Mainkan game The 9th Gate sekarang juga!

8. Pamali: Indonesian Folklore Horror

pamali game horror pc

  • OS: Windows 10 Pro (64-bit)
  • Processor: Intel® Core™ i7-6700 CPU @ 3.40Ghz
  • Memory: 16 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 970
  • DirectX: Version 12
  • Storage: 3 GB available space

Next, ada Pamali: Indonesian Folklore Horror. Dari namanya, sudah bisa ditebak kalau game horror yang satu ini buatan developer Indonesia. Ya, Pamali: Indonesian Folklore Horror yang punya empat cerita berbeda ini dikembangkan dan dirilis oleh StoryTale Studios yang sebelumnya sukses dengan game horror ala Fatal Frame, Dread Out.

Salah satu cerita dari Pamali sendiri adalah tentang Jaka, seorang pemuda yang pulang ke rumah orangtua dan sang kakak yang telah tiada. Jaka yang memutuskan untuk menjual rumah tersebut, membereskan dan menata ulang rumah sendirian.

Tapi ternyata, Jaka tak benar-benar sendirian, lho! Ada arwah sang kakak yang berwujud kuntilanak selalu menemani dirinya di sana. Pada akhirnya, Jaka harus memecahkan misteri yang ada di dalam rumah orangtuanya.

Selain cerita tentang jaka dan hantu kuntilanak atau white lady, di cerita lainnya akan ada tiga hantu yang berbeda yakni pocong, leak dan tuyul. Game dengan sudut pandang orang pertama ini memuat cerita yang menarik dan grafisnya pun cukup oke.

Atmosfer horornya sangat terasa, sehingga bisa saja membuat siapapun yang memainkannya sulit tidur nyenyak saat malam tiba. Pamali dan DLC-nya bisa Anda beli di portal game Steam. Game ini dan masing-masing DLC-nya dibanderol dengan harga Rp. 50.000,- saja.

9. Outlast II

outlast 2

  • OS: Windows Vista, 7, 8,10 (64 bit)
  • Processor: Intel® Core™ i5
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics:  NVIDIA Geforce GTX 660 / ATI Radeon HD 7850 1.5GB VRAM
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 30 GB available space

Red Barrels  berhasil membuat para gamer tersentak dan ketakutan dengan salah satu game horror terseram yang pernah ada, yakni Outlast. Nah, akhirnya setelah menuai sukses dengan Outlast, Red Barrels menghadirkan sekuel dari game fenomenal tersebut, Outlast II.

Sama seperti dalam game sebelumnya, di Outlast II, Anda akan berperan sebagai seorang jurnalis yang melakukan investigasi atas kasus tewasnya seorang wanita hamil secara misterius. Blake Langermann, sang jurnalis, ditemani oleh sang istri, Lynn, saat melakukan proses investigasi. Sayangnya, helikopter yang mereka tumpangi terjatuh dan terbakar. Lynn pun menghilang. Blake akhirnya harus mencari sang istri sembari terus menguak misteri yang ada di sana.

Secara keseluruhan, game ini masih sama dengan yang pertama. Anda masih harus menghindari musuh tanpa menggunakan senjata apapun, dan tak dibantu oleh siapapun. Hanya saja, tampilan grafisnya jauh lebih bagus. Detailnya lebih oke dan atmosfer menyeramkan pun sangat amat terasa. Mau mencoba memainkan game yang satu ini?

10. Resident Evil 7: Biohazard

resident evil 7

  • OS: Windows 7, 8, 8.1, 10 (64 bit)
  • Processor: Intel® Core™ i7 3770 3.4GHz or AMD equivalent or better
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics:  NVIDIA® GeForce® GTX 1060 with 3GB VRAM
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 24 GB available space

Yang terakhir ada Resident Evil 7: Biohazard. Menurut saya, game ini menjadi angin segar dari deretan game Resident Evil yang dirilis Capcom sebelumnya. Resident Evil 7 kembali menggunakan sudut pandang pertama di dalam permainan yang membuatnya semakin menarik dan mencekam.

Apalagi dalam game ini, Anda bukan memerankan jagoan-jagoan yang terkenal hebat, melainkan seorang pria biasa yang bernama Ethan Winters. Ethan kembali mencari sang istri, Mia yang telah menghilang selama tiga tahun.

Mia ternyata berada di dalam sebuah rumah penuh misteri di salah satu wilayah di Louisiana. Rumah tersebut ternyata milik keluarga Baker yang nantinya menjadi musuh utama Ethan dalam game ini. Banyak hal aneh terjadi di dalam rumah itu. Mia yang akhirnya berhasil ia temukan pun berubah menjadi jahat seperti orang yang sedang kerasukan.

Ya, dalam game Resident Evil 7: Biohazard, tak ada zombie dengan tampilan mengerikan, melainkan anggota keluarga Baker yang terlihat seperti kerasukan. Mereka berusaha untuk menyerang Ethan sampai mati. Akankah Ethan berhasil menyelamatkan Mia dan dirinya sendiri dari teror yang diberikan keluarga misterius tersebut?

For your info, gore di dalam game ini sangat-sangat eksplisit dan setiap jumpscare-nya bisa bikin jantung Anda copot. Salah satu scene yang paling saya ingat adalah, ketika Mia mencoba untuk memotong tangan Ethan menggunakan gergaji mesin. Atau, adegan di mana Lucas Baker mencoba membunuh Ethan yang mencoba kabur dengan mobil di dalam garasi.

Nah, itulah kesepuluh game horror PC terbaru yang menyeramkan dan tentunya sangat tidak cocok untuk dimainkan saat Anda sedang sendiri, kecuali jika Anda benar-benar seorang pemberani. Kalau Anda memiliki rekomendasi game horor PC lainnya yang tak kalah seru, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

Oh iya, jika Anda penasaran dengan game-game yang mahal di steam, mungkin Anda bisa cari informasinya di artikel 7 Game Termahal yang Dijual di Portal Steam ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar