Carisinyal / Game PC / 10 Game Simulator Pesawat Terbaik yang Seru Dimainkan di PC

10 Game Simulator Pesawat Terbaik yang Seru Dimainkan di PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berada di sebuah kokpit dengan memegang kendali pesawat terbang sembari menjelajahi luasnya langit biru adalah hal yang sangat seru dan menantang untuk dilakukan. Jika kalian ingin mencoba hal tersebut namun sulit untuk dilaksanakan, kalian bisa merasakan sensasinya dengan memainkan game simulator pesawat terbang.

Meski hanya game simulasi, kalian akan diajak untuk berperan sebagai pilot virtual dalam menerbangkan pesawat terbang. Semuanya terasa realistis karena fitur fungsional dalam pesawat pun terlihat sama dengan versi yang asli. Bahkan, jika kalian menginginkan pengalaman yang lebih ekstrim lagi, kalian bisa mencoba untuk mengendalikan pesawat tempur dan berperang di udara.

Untuk kalian yang bermimpi melakukan hal tersebut, Carisinyal akan memberikan daftar pilihan game simulator pesawat terbaik yang dapat dimainkan di platform PC. Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Rise of Flight: The First Great Air War (2009)

Rise of Flight The First Great Air War

* sumber: www.wsgf.org

Rise of Flight: The First Great Air War adalah game simulasi penerbangan yang mengajak para pemain untuk berada dalam situasi peperangan di Perang Dunia I. Game ini juga menawarkan fitur pesawat serupa yang digunakan pada waktu tersebut.

Saking serunya, permainan simulasi ini pun memberikan efek kerusakan yang dahsyat ketika pesawat yang digunakan terkena hantaman peluru musuh. Pemain dapat menerbangkan pesawat ini secara fleksibel dan mengudara di langit-langit sembari menerjang pesawat lawan.

Game ini memiliki peta yang luas untuk dijelajahi serta terdapat tiga mode yang bisa dimainkan, yakni pilot career, campaign mode dan quick mission mode. Semuanya dapat dimainkan sesuai dengan jenis tantangan yang kalian inginkan.

2. Microsoft Flight Simulator X: Gold Edition (2006)

Microsoft Flight Simulator X

* sumber: www.pinterest.cl

Seri Gold Edition ini menampilkan dua paket permainan yang terdiri dari edisi standar dan deluxe. Dalam edisi standar, game ini menampilkan mulai dari navigasi, GPS hingga rute perjalanan udara. Terdapat 18 pesawat terbang, 28 kota dan berbagai macam bandara.

Pemain dapat menerbangkan apa saja mulai dari pesawat luncur, pesawat jet hingga pesawat yang berukuran lebih besar lagi. Game ini memiliki sistem kontrol lalu lintas udara yang dinamis dengan kondisi cuaca seperti layaknya di dunia nyata.

Sementara itu untuk edisi deluxe, Microsoft Flight Simulator X menambahkan beberapa jenis tipe pesawat mulai dari Grumman G-21A Goose, Maule Orion M-7-260-C Super Rocket, G1000, Beechcraft Baron 58, Cessna C172SP Skyhawk, dan Mooney M-20-M Bravo.

Dalam versi deluxe juga pemain dapat bertindak sebagai Air Traffic Control (ATC) dengan menggunakan radar pengendali lalu lintas udara. Mode tersebut dapat digunakan secara online jika pemain terkoneksi dengan jaringan internet.

3. X-Plane 11 (2017)

X-Plane 11

* sumber: www.x-plane.com

X-Plane menawarkan bermacam-macam pesawat komersial, militer dan jenis lainnya yang dapat kamu kendalikan. Game ini juga memberikan pemandangan luas yang mencakup sebagian besar wilayah di Bumi.

Simulasi ini dilengkapi sebuah fitur atau semacam arsitektur plugin di mana para pemain dapat membuat replika dunianya sendiri, sehingga bisa menerbangkan pesawatnya di tempat tersebut.

Pemain juga bisa merancang pesawatnya sendiri lewat sebuah perangkat lunak yang sudah tersedia di game, yaitu Plane Maker dan Airfoil Maker. Pendekatan ini mampu membantu pemain untuk membuat pesawat dengan mudah, karena fitur simulator secara cepat memberikan desain pesawat yang dapat diterbangkan seperti halnya yang ada di dunia nyata.

4. Ace Combat 7: Skies Unknown (2019)

Ace Combat 7

* sumber: pureplaystation.com

Dalam game ini, pemain akan mempunyai beberapa misi untuk menghancurkan berbagai target yang ada di udara dan di permukaan. Sebelum melakukan itu, pemain diajak terlebih dulu melakukan sebuah briefing misi lewat tampilan peta 3D untuk merinci rute serangan kepada musuh.

Pemain dapat memilih memainkan game ini dengan mode kontrol novice (pemula) atau expert (berpengalaman). Jika kalian cukup tertantang memilih opsi yang kedua, kalian nantinya dapat melakukan manuver pesawat seperti gerakan high-g turns dan roll lambat.

Selama terbang di udara, pemain akan ditemani oleh seorang wingman yang akan membantu dan mengarahkan untuk menjalankan misi dengan baik. Game ini sendiri memiliki 28 jenis pesawat yang berbeda dengan tambahan pesawat F-4E Phantom II, Gripen E dan A-10C Thunderbolt II.

5. Lock On: Modern Air Combat (2003)

Lock On Modern Air Combat

* sumber: www.digitalcombatsimulator.com

Lock On: Modern Air Combat atau dikenal dengan nama LOMAC adalah simulasi penerbangan pesawat tempur modern yang dikembangkan oleh Eagle Dynamics dan diterbitkan oleh Ubi Soft. Game ini berisikan 8 pesawat yang dapat digunakan, dan lebih dari 40 pesawat yang diterbangkan oleh pemain non karakter (NPC).


Secara garis besar, pemain akan berfokus pada simulasi pertempuran di udara serta serangan ke daratan. Pemain akan diajak untuk melakukan tindakan seperti serangan tepat sasaran, anti radiasi, serangan terhadap kapal, dan ketangkasan aerobatic.

Selain itu, dalam game ini pemain akan diajarkan untuk mempraktekan semua aspek lepas landas dan pendaratan di kapal-kapal induk. Pemain akan dituntun untuk melakukan pengisian bahan bakar udara serta, dan memahami sistem peringatan dini dan kontrol udara (AEW & C).

6. Aerofly FS 2 Flight Simulator (2014)

Aerofly FS 2 Flight Simulator

* sumber: gametrex.com

Aerofly FS 2 menawarkan pengalaman kepada pemain untuk dapat terbang menjelajahi dunia dengan kualitas grafis yang mumpuni. Pemain mempunyai banyak pilihan untuk menerbangkan pesawat atau helikopter. Nantinya, pemain akan berada di sebuah kokpit 3D dengan animasi yang detail dan interaktif.

Dalam game ini, pemain akan belajar dasar-dasar menerbangkan pesawat layaknya seperti berada di sekolah penerbangan. Jika pemain cukup mahir, kalian dapat langsung berperan menjadi seorang pilot dan menerbangkan serta mendaratkan pesawat Jet Boeing 747 di salah satu bandara tersibuk di dunia.

Selain pesawat mewah tersebut, pemain juga dapat menerbangkan tipe pesawat Cessna 172, Airbus A320, jet tempur F-18 dan F-15E. Tentunya masih banyak lagi pesawat bahkan helikopter yang bisa kalian terbangkan dalam game ini. Maka langsung saja mainkan game Aerofly FS 2 ini jika kalian ingin mencoba sensasinya.

7. Il-2 Sturmovik: Battle of Bodenplatte (2013)

Il-2 Sturmovik

* sumber: install-game.com

Di game simulasi ini pemain akan terlibat dalam sebuah pertempuran antara pasukan sekutu melawan pasukan tempur udara milik Jerman Nazi bernama Luftwaffe. Pemain akan bertempur di atas langit di wilayah Jerman Barat, Belanda dan Belgia selama situasi Perang Dunia II.

Pemain akan mengendalikan jet tempur klasik dan berperang untuk mengalahkan superioritas Jerman yang menguasai wilayah udara semasa perang tersebut. Pemain akan mempunyai beberapa misi penting seperti ikut bertempur di Operation Market Garden, Battle of the Bulge dan Operation Bodenplatte.

Pasukan Luftwaffe telah menjadi penguasa udara selama periode tahun 1944-45. Game ini mempunyai latar waktu di musim dingin, dan siapkan diri kalian untuk bertahan hidup dalam peliknya pertarungan sekutu melawan Nazi Jerman di langit-langit Eropa.

8. War Thunder (2012)

War Thunder

* sumber: www.geforce.com

War Thunder adalah sebuah game simulasi yang dapat memberikan pengalaman bertempur di udara, darat, dan laut. Kendaraan yang digunakan disesuaikan dari latar waktu permainan, seperti Perang Saudara Spanyol, Perang Irak hingga pada Perang Dunia II.

Dalam mode penerbangan, pesawat tempur yang dapat digunakan terdiri dari beragam jenis, namun pemain tidak dapat menggunakan helikopter. Pertempuran simulasi pesawat didasarkan pada kondisi realistis dengan sudut pandang orang pertama yang berada di kokpit. Pemandangan akan terasa indah terlihat, namun bisa menjadi menantang di sisi lainnya karena harus menghindari serangan misil.

Game ini memenangkan permainan simulasi terbaik di Gamescom 2013 Awards, dan meraih Best Game, Best Developer, Best Technology and Best Sound di ajang KRI 2013 Awards. War Thunder selanjutnya mendapatkan Guinness World Records karena memiliki pesawat terbanyak dalam permainan simulasi penerbangan.

9. Kerbal Space Program (2011)

Kerbal Space Program

* sumber: www.kerbalspaceprogram.com

Berbeda dengan game yang telah dibahas sebelumnya, dalam permainan ini pemain akan mengontrol sebuah pesawat ruang angkasa. Pemain akan mengelola program antariksa yang dioperasikan oleh Kerbals, mereka adalah spesies hijau kecil yang telah membangun pelabuhan ruang angkasa yang disebut dengan Kerbal Space Center (KSC).

Di sini, pemain dapat membuat roket, pesawat terbang, dan pesawat ruang angkasa dari serangkaian komponen yang sudah disediakan. Setelah berhasil dibangun, pemain akan bersiap untuk berada di landasan peluncuran KSC untuk menjelajahi galaksi.

Pemain mengendalikan pesawatnya dalam grafis 3D yang nantinya akan dibantu oleh sistem stabilitas bernama SAS untuk menjaga konsistensi pesawat di ruang angkasa. Jika dapat diarahkan dengan baik, maka pemain akan terbang memasuki sebuah orbit dan melakukan perjalanan ke benda langit lainnya.

10. B-17 Flying Fortress: The Mighty 8th (2000)

B-17 Flying Fortress

* sumber: gamefabrique.com

B-17 Flying Fortress: The Mighty 8th adalah simulator penerbangan pesawat tempur yang dikembangkan oleh Wayward Design dan diterbitkan oleh Hasbro Interactive pada tahun 2000. Pemain akan merasakan menerbangkan pesawat pengebom dan pengintai yang legendaris B-17.

Grafik, animasi dan suara yang dihadirkan dalam game ini cukup luar biasa pada zamannya dengan tambahan aspek realistis ketika masa perang udara saat Perang Dunia II. Pemain dapat berperan menjadi seorang pilot Lutfwaffe dari pasukan Jerman dan membombardir Eropa dari langit.

Selain B-17, pemain dapat menggunakan pesawat tempur lainnya yang tidak kalah sangar di udara. Pemain dapat menerbangkan bomber B-17G Amerika, P-38 Lightning, P-51 Mustang, P-47 Thunderbolt, German Bf 109, Fw 190 dan ME 262 fighter. Semua model pesawat didesain dengan indah sehingga kalian dapat memainkan game ini dengan seru sembari bertempur di udara melawan para musuh.

Itulah 10 rekomendasi game simulator pesawat terbaik PC yang dapat membuatmu seperti pilot pesawat terbang sungguhan. Jika kalian tertarik dengan daftar rekomendasinya, silahkan langsung install dan mainkan gamenya ya. Cek juga artikel Carisinyal lainnya mengenai game simulator terbaik PC atau game simulasi terbaik Android.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *