Carisinyal / Mouse / Ketahui Dulu Jenis-Jenis Mouse Ini Sebelum Membelinya

Ketahui Dulu Jenis-Jenis Mouse Ini Sebelum Membelinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Juni 2019

Ternyata jenis-jenis mouse yang ada di pasaran berbeda-beda loh. Kita dapat membeli suatu jenis mouse untuk berbagai penggunaan. Akan tetapi, ada kemungkinan mouse yang kita beli tidak cocok dengan PC yang kita gunakan. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui dulu jenis-jenis mouse ini.

Carisinyal sudah membahas beberapa hal yang berkaitan dengan mouse, seperti merk mouse terbaik di dunia, mouse gaming terbaik, dan lain-lain. Nah, agar kita tepat memilih produk mouse yang kita inginkan, kita perlu memahami dulu setiap varian mouse yang dijual di pasaran. Berikut ini adalah jenis mouse yang berbeda-beda.

1. Mouse Mekanik atau Mouse Bola

* sumber: pxhere.com

Mouse mekanik adalah mouse komputer yang berisi bola logam atau karet di sisi bawahnya. Ketika bola ini digulirkan ke segala arah, sensor di dalam mouse akan mendeteksi gerakan ini dan menggerakkan penunjuk mouse di layar ke arah yang sama. Keberadaan mouse jenis ini sudah digantikan dengan mouse yang lebih modern berbasis optik.

Para pengguna komputer lama pasti pernah menggunakan mouse mekanik. Untuk dapat beroperasi dengan baik, sebuah mouse mekanik harus digerakan di atas mouse pad. Jika tidak, kita akan kesulitan menempatkan pointer di layar komputer ke area yang dituju. Kemungkinan mouse mekanik sudah hilang dari pasaran dan tinggal kenangan.

2. Mouse Optik

* sumber: en.wikipedia.org

Mouse optik adalah jenis mouse yang lebih canggih dari mouse mekanik. Jenis mouse tidak lagi bekerja dengan bola mouse dan transduser elektromekanis, tetapi dengan menggunakan LED (Light-Emitting Diode), sensor optik, dan DSP (Digital Signal Processing / Pemrosesan Sinyal Digital).

Semua teknologi ini bekerja sama untuk mendeteksi gerakan mouse di atas meja atau alas lainnya yang kemudian mengirimkan informasi tersebut ke komputer yang terhubung dengannya. Hasilnya, pointer pada layar komputer dapat ditempatkan di area mana saja dengan mudah dan presisi.

Mouse optik juga tidak memerlukan mouse pad untuk beroperasi, kecuali jika permukaan meja terlalu kasar atau terbuat dari kaca. Akan tetapi, penggunaan mouse pad dapat membuat mouse ini bekerja lebih akurat. Mouse optik sudah banyak tersedia di pasaran dengan berbagai merk dan model. Dapatkan mouse optik di Bukalapak di sini.

3. Mouse Nirkabel

* sumber: pixabay.com

Kini sudah mulai banyak orang yang beralih menggunakan mouse nirkabel karena tingkat portabilitasnnya yang tinggi. Mouse nirkabel adalah jenis mouse yang dapat terhubung ke komputer tanpa lilitan kabel.

Sebagian besar mouse nirkabel yang ada saat ini menggunakan teknologi frekuensi radio (RF) untuk mengirimkan informasi ke komputer kita. Sebagai pengganti kabel, mouse nirkabel bekerja dengan dua komponen utama, yaitu transmitter (pemancar) dan receiver (penerima).

Pemancar mouse nirkabel diletakkan di dalam tubuh mouse. Alat itu akan mengirimkan sinyal elektromagnetik yang menyandikan informasi gerakan mouse dan tombol yang kita klik.

Selanjutnya penerima yang berbentuk persegi kecil yang kita tempelkan ke port USB komputer akan menerima sinyal tersebut, lalu menerjemahkan dan meneruskannya ke perangkat lunak driver mouse yang telah terpasang di dalam komputer.

Catatan:

  • Fisik receiver berbeda-beda, ada yang berbentuk persegi (dicolok ke port USB), kartu (ditempatkan di slot kartu), atau berupa komponen bawaan yang sudah langsung terinstal di dalam body komputer kita.
  • Sumber daya mouse nirkabel berasal dari baterai yang dipasang secara manual. Setiap mouse nirkabel memiliki masa pakai baterai yang berbeda-beda.
  • Karena teknologinya lebih maju, mouse nirkabel memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada mouse kabel.
  • Beli mouse nirkabel hanya di Bukalapak di sini.

4. Mouse Bluetooth

* sumber: commons.wikimedia.org

Mouse Bluetooth adalah jenis mouse komputer yang menggunakan koneksi Bluetooth untuk berkomunikasi secara nirkabel dengan komputer. Mouse jenis ini memiliki jangkauan yang sangat baik serta dapat digunakan dengan banyak perangkat berbeda. Selama komputer atau laptop kita memiliki Bluetooth, kita dapat menghubungkan mouse ini ke perangkat tersebut dan bekerja dengannya.

Jangkauan mouse Bluetooth sendiri ada di kisaran 10 meter. Meskipun jangkauannya cukup luas, mouse Bluetooth rentan akan gangguan dari perangkat Bluetooth lainnya. Untuk menghindari hal, mouse Bluetooth kita harus berjarak cukup jauh dari perangkat Bluetooth lainnya. Hal lain yang perlu dicatat dari mouse ini adalah harganya yang kurang bersahabat.

Konfigurasi awal mouse Bluetooth mungkin cukup rumit untuk beberapa pengguna. Kebanyakan mouse Bluetooth dapat diatur dengan hanya memasang baterai ke dalam perangkat dan mengaktifkan saklar nirkabel sehingga dapat mengenali komputer yang dimaksud.

Jika komputer belum mengaktifkan Bluetooth, adaptor Bluetooth dapat digunakan untuk terhubung dengan mouse. Mouse Bluetooth semestinya dapat mendeteksi adaptor atau perangkat yang mendukung Bluetooth secara otomatis, tetapi konfigurasi secara manual mungkin dibutuhkan. Beli mouse Bluetooth di Bukalapak via link ini.

5. Mouse Trackball

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/yangsheng/

Mouse trackball adalah jenis mouse lainnya yang terdiri dari bola yang disimpan dalam sebuah soket yang berisi sensor untuk mendeteksi rotasi bola. Trackball mouse ini dapat digerakkan dengan ibu jari, jari, atau telapak tangan, tergantung di mana bola tersebut ditempatkan (bisa di samping atau di depan).

Saat menggerakkan pointer di atas layar dengan terus menggulirkan trackball, badan mouse juga kadang perlu diangkat atau diposisikan ulang. Mouse jenis ini tersedia di pasaran dalam model dan merk yang berbeda-beda. Dapatkan salah satunya hanya di Bukalapak melalui link ini.

6. Mouse gStick

* sumber: www.kickstarter.com

Berbeda dari mouse-mouse yang sudah dibahas di atas, mouse gStick adalah mouse komputer lainnya yang berbentuk mirip pulpen. Mouse ini dirancang untuk mendesain, editing, atau melukis pada layar komputer kita. Selain itu, aktivitas browsing dan aktivitas lainnya yang biasa dibantu dengan reguler juga dapat dilakukan dengan mouse ini dengan nyaman.

Mouse gStick juga bekerja secara nirkabel dengan daya berasal dari baterai AAA. Karena bentuknya yang sangat kecil, mouse ini mudah dibawa ke mana-mana dan menyimpannya di dalam saku pakaian kita. Jenis mouse ini juga memiliki roda gulir yang dapat digerakkan dengan jari atau menekan tombol dengan ibu jari di kedua sisi roda.

Nah, itulah beberapa jenis-jenis mouse yang umum digunakan orang-orang di dunia. Semua jenis mouse di atas kecuali yang pertama dapat kita beli dengan mudah, baik secara online maupun datang langsung ke toko peralatan komputer.

Setiap mouse menawarkan fitur yang berbeda-beda, ada yang khusus untuk kegiatan gaming dan ada pula yang khusus untuk bekerja. Mouse gaming biasanya dijual lebih mahal daripada mouse kerja karena fitur-fitur yang dibawanya banyak. Bahkan mouse jenis ini ada yang menyentuh angka jutaan rupiah. Beberapa mouse kerja dari merk-merk tertentu juga ada yang dijual di atas satu jutaan, tapi tidak sebanyak mouse gaming.

Mouse dan berbagai aksesoris komputer lainnya sudah tersedia cukup lengkap di Bukalapak. Jika kamu sedang membutuhkan satu di antaranya, langsung saja belanja di Bukalapak melalui link ini.

Untuk berbagai informasi menarik mengenai mouse-mouse lainnya dapat kamu baca di sini. Dari daftar di atas, jenis mouse mana yang sedang kamu gunakan saat ini?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar