carisinyal web banner retina

Review Prolink GM-2001, Mouse Wireless Rp100 Ribuan dengan Fitur Menarik

Bagi saya pribadi, mouse lebih menyenangkan untuk dipake dibanding sat set sat set memakai touchpad. Bisa dibilang, karena saya tumbuh dengan perangkat PC, navigasi memakai mouse sudah mendarah daging. 

Kalaupun saya memakai laptop yang diklaim punya touchpad yang enak, tetap saja saya sering memakai mouse untuk navigasi. 

Karena alasan tersebut, saya memakai mouse yang bisa dikatakan cukup nyaman. Banderolnya biasanya sih mendekati Rp200 ribu atau di bawah Rp200 ribuan. 

Namun, ada mouse yang ternyata ada di kisaran Rp150 ribuan. Mouse tersebut adalah Prolink GM-2001. Nama lengkapnya Prolink GM-2001 MACA Wireless Mouse.  Mouse tersebut datang dikirimkan langsung dari Prolink ke tim Carisinyal.

rolink GM-2001 MACA Wireless Mouse

Oh yah, meskipun ini adalah produk yang dikirim dari Prolink, saya mewakili tim Carisinyal menegaskan kalau pada ulasan ini berusaha tetap ojektif mengulas produk ini sesuai pengalaman pribadi.

Dari namanya jelas, kalau produk ini dari jenama Prolink. Jenama ini terkenal sebagai produsen yang menghasilkan aksesoris pendukung IT dan komputer. Anda bisa menemukan produk Prolink di berbagai perangkat seperti router, WiFi extender, keyboard, mouse, kabel USB, hingga UPS. Informasi beragam produk Prolink bisa Anda cari tahu lebih di situs resminya, Prolink2u.com.

Bahkan, Prolink punya produk lampu LED pintar dengan harga terjangkau seperti Smart Bulb DS-3601 yang sudah pernah diulas oleh tim kami Carisinyal

Sekarang, ada produk mouse dari Prolink yang menurut saya pribadi cukup menarik. Terlebih saya sudah memakai produk ini selama lebih dari seminggu. Untuk itulah, kali ini saya bakal bahas ulasan atau reviu Prolink GM-2001 MACA Wireless Mouse. 

Kalaupun tidak dianggap sebagai reviu, anggap aja ini berbagai pengalaman soal pengalaman memakai Prolink GM-2001.

Spesifikasi Prolink GM2001 MACA Wireless Mouse

Prolink GM-2001 MACA Wireless Mouse
  • Dimensi: 110,5 x 58,15 x 29,46 mm
  • Berat: 5 gram (produk saja)
  • Interface: USB Receiver
  • Button: 4
  • Sensor: Optical Technology
  • DPI: 800/1200/1600 DPI
  • Jangkauan: Sampai 10 meter (ruang terbuka tanpa penghalang)

Kotak Kemasan

rolink GM-2001 MACA Wireless Mouse

Kalaupun tidak dianggap sebagai reviu, anggap aja ini berbagai pengalaman soal pengalaman memakai Prolink GM-2001 ini hadir dengan bentuk kemasan yang tergolong standar. Paketnya dibungkus plastik dengan beberapa kertas di dalamnya. Kertas tersebut terdiri dari informasi produk dan kartu garansi. Tidak ada yang terlalu istimewa di sektor ini.

DesainProlink GM-2001

Mouse PROLINK GM2001

Secara desain, Prolink GM-2001 ini menawarkan desain yang sangat minimalis tetapi dengan aksen pilihan warna yang cantik. Pilihan warna yang tersedia juga tergolong warna kekinian yang bisa disesuaikan dengan selera. Misalnya, orang yang butuh mouse ke fungsi tanpa peduli warna,, bisa memilih warna Simply White atau putih dan Ebony Black atau hitam. 

Untuk Anda yang fashionable atau memang suka dengan yang lebih berwarna, ada pilihan warna Baby Blue, Puff Pink, dan Sage Green. Menariknya, ketiganya hadir dengan sentuhan warna biru, pink, dan hijau yang tidak terlalu mencolok alias terlihat seperti warna pastel. Pilihan warna-warna ini Prolink sebut sebagai Versatile Colours. 

Prolink GM-2001 MACA Wireless Mouse

Warna-warni pilihan di mouse ini dipadukan dengan desain Mouse yang tergolong tipis. Ketinggiannya hanya 29 mm. Ini membuat Prolink GM-2001 terasa sangat ringan ketika digunakan di tangan. 

Saya pribadi tidak terbiasa dengan mouse yang agak pendek atau kurus. Mengingat tangan saya agak besar, saya perlu membiasakan diri dengan bentuk mouse yang tipis semacam Prolink GM-2001 ini. Proses adaptasinya gak begitu lama. Di hari kedua pemakaian saya sudah terbiasa dengan desain tipisnya ini. 

Oh yah, desain tipis mouse ini berbalut bahan plastik yang tidak terlihat murahan. Tekstur bagian kliknya cukup enak ketika melakukan proses klik kanan dan klik kiri.

Sementara bagian scroll-nya juga cukup enak. Berbahan karet dan berwarna putih, scroll di mouse ini tergolong dan tidak terkesan kaku atau agak macet. Setidaknya untuk semingguan pemakaian ini. 

Mouse PROLINK GM2001

Bagian atas klik kanan dan klik kiri ini atau bagian atas mouse ini ternyata bisa diangkat. Untuk mengangkatnya bisa dengan satu tangan dari bagian belakang, dekat dengan logo Prolink. Kalau dari samping justru akan sulit dibuka. Saat dibuka pertama kali, ada satu baterai tipe AA di dalamnya lengkap dengan USB Reciever. 

Mouse PROLINK GM2001

Ada dua hal menarik dari sini. Pertama, pemakaian satu baterai tipe AA ini patut diacungi jempol. Pasalnya, masih ada beberapa mouse wireless yang masih mengandalkan dua tipe baterai AA. 


Kedua, posisi penempatan baterai dan penyimpanan USB biasanya ada di bagian bawah mouse. Penempatan di atas ini menjadi menarik karena membuat Prolink GM-2001 terkesan beda. Penempatan posisi ini juga yang membuat bentuk mouse punya desain yang lebih tipis. 

Sementara di bagian belakang mouse Prolink GM-2001, terdapat sensor mouse. Di sebelahnya terdapat tombol on-off dan di bawahnya ada tombol DPI. Penjelasan soal ini akan dijelaskan pada bagian fitur.

Fitur dan Pengalaman Pakai Prolink GM-2001

Prolink GM-2001 MACA Wireless Mouse

Prolink GM-2001 punya beberapa fitur yang cukup menarik dan terbilang diterima untuk kelas harganya. Salah satu fitur yang ditawarkan jelas soal daya tahan baterai yang lebih awet. Fitur yang umum dan banyak diklaim produsen mouse tentang produk mereka. Hal yang wajar tentunya. 

Saya tidak akan bahas soal daya tahan baterainya karena penggunanya beberapa minggu tidak akan relevan. Umumnya sih, baterai mouse itu bisa bertahan sampai 6 bulan atau setahun. Tergantung berbagai faktor. 

Penjelasan fitur dari mouse ini saya jelaskan berikut. Tentu penjelasan soal fitur ini disertai opini saya setelah memakai Prolink GM-2001. 

1. Fitur Hemat Bateria Alias Long Battery Life 

Klaim Prolink GM-2001 menawarkan baterai awet sebenarnya karena hadirnya fitur mode tidur alias sleep mode. Lewat fitur ini, Prolink GM-2001 akan mati secara otomatis ketika tidak digunakan. 

Fitur ini bakalan tidak biasa. Termasuk bagi saya dan rekan saya yang memakai dan mencoba mouse ini. Kami agak kaget ketika akan memakai kembali Prolink GM-2001 tidak berjalan. Baru ketika menekan tombol DPI di bagian bawah, mouse kembali berjalan. Malah teman saya memilih untuk menekan tombol off kemudian dilanjut dengan on. 

Mouse PROLINK GM2001

Akan lebih baik tentu jika mode tidur ini dilengkapi dengan fitur bisa menyala kembali saat tangan di atas mouse atau ketika melakukan klik kanan. Hal ini bisa membantu untuk tidak merepotkan saya membalik mouse dan menekan tombol DPI. 

Lagipula, kehadiran tombol DPI di mouse ini cukup aneh. Saya menekan tombol DPI beberapa kali tidak ada indikasi perubahan apapun. 

Sebagai informasi, DPI adalah Dots Per Inch. Tombol ini biasanya hadir pada mouse gaming. Fungsinya untuk mengatur kecepatan dari gerak kursor mouse di layar monitor. Soalnya ada beberapa pengguna yang lebih senang dengan pergerakan yang lambat atau yang lebih cepat. 

Saya pikir tadinya, tombol DPI tersebut akan bekerja dalam mengatur angka DPI. Soalnya, mouse ini punya DPI dari 800, 1200, dan 1600 DPI. Namun, ternyata tidak, menekan beberapa kali tombol DPI tidak membuat perubahan signifikan pada kursor. 

2. Anti Bacterial 

Prolink GM-2001 MACA Wireless Mouse

Fitur lainnya adalah soal kemampuan tahan bakteri. Mouse ini diklaim punya permukaaan antimikroba (mekanisme Ion pure) yang membantu melindungi permukaan terhadap pertumbuhan bakteri berbahaya dan penumpukan kuman.

Soal ini, saya tidak bisa banyak komentar. Namun, saya apresiasi fitur ini karena itu berarti Prolink sebagai produsen memerhatikan kehigienisan produknya saat digunakan. 

3. Wireless Freedom 

Fitur ini lebih seperti jargon yang membuat Prolink GM-2001 ini terkesan bebas dan mudah digunakan tanpa kabel. Padahal semua mouse wireless yah tanpa kabel. 

Namun, saya mengerti bahwa fitur ini menekankan tentang penggunaan mouse dari jarak yang agak jauh. Prolink sendiri mengklaim jika Prolink GM-2001 ini tetap responsif dan andal meskipun dipakai pada jarak 10 meter. 

Apakah klaim tersebut benar? Berdasarkan pengalaman dan pengujian saya, Prolink GM-2001 ini memang bisa digunakan pada jarak jauh. Saya tidak tahu berapa meternya tapi kemungkinan memang 10 meter. 

Prolink GM-2001 MACA Wireless Mouse

Perhatikan gambar di atas, pada gambar tersebut, saya memakai Prolink GM-2001 pada laptop yang ada di atas meja. Scroll, klik kanan, dan klik kiri tetap berjalan. Jika saya mundur sedikit, ternyata kursor sudah mulai tidak merespon. Untuk fitur yang satu ini saya cukup acungi jempol. 

4. Silent Click 

Prolink GM-2001 MACA Wireless Mouse

Prolink GM-2001 menawarkan pengalaman klik kanan dan kiri yang tidak berisik. Fitur ini sangat penting untuk mereka yang bekerja dengan nyaman dan butuh ketenangan. 

Saya pribadi mengakui kalau suara klik mouse ini memang tergolong kecil alias silent. Namun, saya tidak terlalu mempermasalahkan soal ini mengingat saya punya dua tipe mouse. Yang satu agak berisik yang satu silent seperti mouse dari Prolink ini. 

Simpulan 

Prolink GM-2001 MACA Wireless Mouse

Berdasarkan pengalaman saya memakai Prolink GM-2001, bisa dibilang mouse ini cukup menarik. Terlebih harganya hanya kisaran Rp100 ribuan. Untuk harga tersebut, Prolink GM-2001 bisa jadi pilihan untuk Anda yang butuh mouse tanpa kabel yang murah dan berkualita.

Setelah beberapa pemakaian, saya bisa menyimpulkan kelebihan dan kekurangan Prolink GM-2001 berikut ini. 

Kelebihan Prolink GM-2001

  • Desain bodi tipis dan ringan 
  • Pilihan warna yang menarik 
  • Penggunaan sampai jarak 10 meter 
  • Suara klik yang tidak mengganggu alias silent click
  • Sleep mode yang bisa membuat baterai lebih awet 

Kekurangan Prolink GM-2001

  • Tombol DPI yang tidak terlalu berpengaruh 
  • Sebaiknya ada indikator angka perubahan DPI
  • Bodi yang tipis yang kurang cocok untuk tangan besar 

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan tersebut, Prolink GM-2001 bisa jadi alternatif bagi Anda yang mencari mouse berkualitas. Tertarik membeli Prolink GM-2001? Atau jika Anda butuh merke mouse lain, Anda bisa mencari alternatifnya di artikel rekomendasi mouse terbaik dari Carisinyal.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram