Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2018

Seringnya mati lampu secara mendadak kadang membuat beberapa orang sangat kesal. Kenapa? Misalnya mereka sedang bekerja di komputer namun tiba-tiba mati karena aliran listrik terputus. Selain mengganggu pekerjaan, bukan tidak mungkin hasil kerjanya belum sempat tersimpan sehingga harus mengulang dari awal. Sangat menyebalkan, bukan?

Problem di atas tentu saja dapat dibereskan dengan banyak solusi, salah satunya adalah dengan menggunakan UPS atau Uninterruptible Power Supply. UPS adalah yang mampu menyimpan daya dan bisa jadi daya cadangan saat listrik di rumah atau kantor tiba-tiba mati. Dengan alat ini, kamu masih bisa menjalankan beberapa produk elektronik seperti komputer dalam beberapa waktu saja (tergantung kapasitas UPS itu sendiri).

Di pasaran, sudah banyak merk-merk UPS yang beredar. Kali ini Carisinyal akan membahas beberapa merk UPS terkemuka dari seluruh dunia, baik untuk penggunaan skala kecil maupun skala besar. Berikut adalah daftarnya.

10 Rekomendasi Merk UPS yang Bagus

1. APC

APC

APC adalah salah satu merk UPS terbaik di dunia. Produk-produk UPS dari APC telah banyak digunakan oleh orang-orang di berbagai benua. Hal itu tidak lain karena APC menawarkan produk yang berkualitas, multiguna, serta mampu diandalkan dengan baik. APC bahkan telah dianugerahi sebagai merk UPS terbaik.

APC menawarkan banyak model UPS dengan berbagai desain, ukuran, dan warna, sehingga memberikanmu pilihan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Produk-produk APC juga memiliki banyak fitur seperti power clean, baterai yang dapat diisi ulang, serta dapat digunakan di berbagai perangkat. Bisa beli produknya di Bukalapak lewat link ini.

2. Deutsche Power

Deutsche Power

Merk UPS yang bagus lainnya datang dari Deutsche Power. Perusahaan ini memastikan bahwa produk UPS mereka memberikan proteksi penuh dengan menggabungkan solusi perangkat lunak, redundansi pararel, perangkat keselamatan dan pemutus sambungan, sistem swicth bypass, serta solusi komunikasi. Tujuan dari hal ini tentu saja untuk menghadirkan daya AC berkualitas dan handal.

Deutsche Power bukan hanya menjadi produsen UPS, namun mereka juga adalah retailer/ engecer serta penjual grosiran. Mereka juga membuat banyak produk berkualitas lainnya seperti inverter DC ke AC, sistem daya telekomunikasi, dan power supply UPS. Deutsche Power adalah perusahaan yang berasal dari negeri berteknologi tinggi, yaitu Jerman.

3. CyberPower Systems

CyberPower Systems

CyberPower adalah produsen UPS yang terkenal dari Amerika Serikat. Produk UPS dari CyberPower mampu melindungi peralatan elektronik yang sensitif saat terjadi lonjakan arus dan pemadaman listrik. Di tahun 2018, CyberPower memenangkan penghargaan sebagai vendor UPS dan Power Conditioning terbaik (silver winner) ChannelPro Readers’ Choice Award. Pemenang The ChannelPro Readers’ Choice Awards dipilih oleh oleh para pembaca majalah ChannelPro dan pengunjung situs web-nya.

Jajaran-jajaran UPS-nya datang dengan berbagai model seperti model standby, model line interactive dan model double-conversion UPS. Untuk kapasitas daya cadangannya sendiri adalah 350 VA hingga 10000 VA. Fitur-fitur unggulan yang ada di UPS CyberPower adalah output gelombang sinus (model-model tertentu), energy-saving GreenPower UPS™ design, data line protection, serta power management software.

4. Tripp Lite

Tripp Lite

Produk UPS berkualitas lainnya datang dari perusahaan Tripp Lite yang sudah melanglang buana sejak tahun 1922. Selain membuat produk UPS, Tripp Lite juga terkenal sebagai produsen peralatan-peralatan jaringan serta berbagai produk elektronik lainnya yang sudah mencapai ribuan. Perusahaan ini telah menyandang sertifikasi ISO 9000.

Perusahaan ini bermarkas di kota Chicago, Amerika Serikat, dan produk-produknya telah sampai ke berbagai belahan dunia. Produk UPS dari Tripp Lite datang dengan inovasi yang hebat seperti sistem UPS modular 3 fase yang didesain untuk menyuguhkan skalabilitas dalam sebuah faktor bentuk yang compact. Ada juga UPS-nya yang dibekali dengan Layar LCD dan modular hot-swap. Mau beli? Cek di Bukalapak lewat link ini.

5. Opti-UPS

Opti-UPS

Perusahaan Opti-UPS telah berdiri sejak tahun 1991. Hingga saat ini produk UPS dari brand ini cukup populer di pasaran dan salah satu yang berkualitas. Semua produk yang dibuat oleh Opti-UPS didesain dengan fitur instalasi yang user-friendly serta mampu bertahan lebih lama untuk penggunaan yang lebih luas.

Untuk memberikan pengalaman yang baik bagi para pelanggan, Opti-UPS telah membuka cabang di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Republik Ceko, Australia, Taiwan, dan Dubai di Uni Emirat Arab. Mereka juga memiliki fasilitas logistik di Belanda, Republik Ceko, Dubai, dan Amerika Serikat.

UPS dari perusahaan ini telah diberikan Smart Power Management System yang mampu meningkatkan efisiensi pemakaian serta keseluruhan kinerja UPS tersebut. Mereka memiliki UPS Green Mode yang memiliki fungsi hemat energi. Produk tersebut datang dengan lima baterai cadangan, berat 17 kilogram, serta daya 1200W. Ingin membelinya? Bisa kunjungi Bukalapak di link ini.

6. Liebert

Liebert

Liebert adalah sebuah perusahaan global yang bergerak di bidang daya, precision cooling, serta manajemen infrastruktur untuk komputer mainframe, rak server, dan critical process systems. Liebert berkantor pusat di Ohio, Amerika Serikat dengan 12 pabrik manufaktur di seluruh dunia.

Produk UPS dari Liebert yang berkapasitas mulai dari kapasitas unit mulai dari < 1 kW hingga > 1 MW menawarkan rangkaian lengkap sistem UPS yang efisien dan handal. Selain itu, UPS-nya juga dapat dikonfigurasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik penggunanya. Saat ini produk UPS dari Liebert sudah menjadi bagian dari perusahaan Vertiv yang berkantor di kota yang sama. Untuk membelinya, bisa cek Bukalapak di link ini.

7. Chafon

CF-UPS018

Produk UPS dari Chafon dikenal karena memiliki desain yang bagus, seperti model CF-UPS018. UPS ini dibuat tipis dan ringan namun memiliki kapasitas yang tinggi serta mampu beroperasi di luar maupun di dalam ruangan. Dengan 11 output, termasuk tiga outlet AC di 120V, empat port DC 12V dan empat port USB, perangkat ini akan berfungsi dengan baik sebagai pusat tenaga listrik darurat di rumah.

Desainnya yang unik juga membuat UPS ini cocok digunakan di luar ruangan. Untuk memudahkanmu dalam membawanya, ada pegangan di bagian atas yang nyaman di tangan. Ada juga fitur menarik lainnya seperti port pengisian solar, kipas angin, LED indikator pengisian solar, serta dibalut dengan material tahan api.

8. Eaton

Eaton-9130-UPS

Sistem UPS dari Eaton memanfaatkan inovasi teknis untuk mengembangkan generasi UPS mereka selanjutnya. Mereka juga mendesain UPS-nya untuk memenuhi permintaan pelanggan tertentu, baik ditujukan untuk melengkapi UPS yang baru atau yang sudah ada sebelumnya.

Eaton adalah salah satu penyedia UPS global terkemuka yang sudah diakui ketangguhannya oleh banyak orang dan para praktisi di dunia industri. Mereka disebut-sebut sebagai penyedia UPS nomor satu di dunia untuk pasar 5 kVA ke atas serta nomor dua di dunia untuk pasar 5000 VA ke bawah. Produk dan layanan Eaton juga sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat di berbagai belahan dunia. Tertari membelinya? Kunjungi Bukalapak di link ini.

9. Falcon

Falcon UPS

Falcon Electric, Inc telah menjadi inovator teknologi UPS on-line dan sistem konversi daya selama lebih dari 25 tahun. Selama bertahun-tahun, Falcon telah memproduksi model UPS berdasarkan label pribadi untuk beberapa perusahaan UPS paling terkenal di dunia dan menjadi produsen peralatan konversi daya kelas militer selama lebih dari 15 tahun!

UPS dari Falcon menawarkan tingkat keunggulan produk yang bagus bagi para pelanggannya. Produk mereka dirancang agar mampu beroperasi lebih dari 12 tahun yang menjadikannya sebagai UPS berkualitas tinggi. Banyak pelanggan Falcon yang bilang bahwa mereka mengeluarkan biaya yang relatif rendah setelah menggunakan produk UPS dari perusahaan ini. Intinya adalah UPS dari Falcon ini awet dan pelanggan tidak harus selalu mengganti UPS mereka.

10. GE Critical Power

GE

GE Critical Power UPS Systems menyediakan produk pasokan listrik cadangan untuk berbagai kegunaan seperti pusat data, rumah sakit, jaringan telekomunikasi, lembaga keuangan, energi angin, transportasi, dan lain-lain. Produk UPS dari GE memberikan kehandalan dan efisiensi terbaik di kelasnya. Sistem GE Critical Power UPS menawarkan teknologi eBoost yang revolusioner untuk memberikan efisiensi kerja hingga 99%.

11. Schneider Electric UPS

Schneider Electric UPS

Schneider Electric UPS Systems bisa disebut sebagai pemimpin industri di bidang UPS yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pusat data yang kecil, medium, atau besar. UPS dari SE terkenal karena memiliki efisiensi yang tinggi namun dengan biaya kepemilikan yang rendah.

Jika kamu sedang membutuhkan UPS untuk server entry-level hingga berkinerja tinggi, sistem jaringan bisnis atau ruang penyimpanan, pusat data, dan lainnya, maka Schneider Electric UPS adalah salah satu pilihan yang tepat.

Nah, itulah beberapa merk UPS yang bagus dari seluruh dunia. Masih banyak brand UPS berkualitas lainnya yang tidak disebutkan di sini, namun daftar di atas sudah cukup untuk menjadi referensi UPS bagi kamu baik untuk penggunaan skala kecil maupun skala besar.

Jika sedang mencari informasi lain seperti halnya merk RAM terbaik untuk komputer, kamu bisa membacanya di artikel ini: 10 Rekomendasi Merk RAM Terbaik untuk Laptop dan PC Desktop.