carisinyal web banner retina

3 Jenis Power Supply yang Sering Digunakan untuk Komputer

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 2 April 2021

Power supply atau pencatu daya adalah salah satu perangkat elektronik yang digunakan untuk menunjang kinerja komputer yang ada di rumah. Power supply sendiri menjadi salah satu komponen yang cukup dibutuhkan dan sangat penting keberadaannya.

Nah, cara kerja dari power supply sendiri terbilang cukup sederhana, di mana perangkat ini akan menerima listrik dari sumber listrik yang utama, kemudian daya yang diterima oleh Power supply akan diubah sesuai dengan daya yang dibutuhkan oleh komponen tersebut.

Power supply sendiri terdiri dari beberapa jenis yang bisa dibedakan berdasarkan karakteristiknya. Jika kamu salah satu orang yang sedang membutuhkan alat ini untuk menunjang komputer kamu di rumah, beberapa jenis power supply yang akan Carisinyal bahas diharapkan bisa membantumu. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya.

1. Power Supply BTX

3 Jenis Power Supply yang Sering Digunakan untuk Komputer 1

Power supply BTX adalah power supply yang biasa digunakan oleh orang-orang untuk membantu menunjang perangkat komputer di rumah atau perkantoran. Power supply jenis ini memiliki karakteristik yang terdiri dari dua jenis kabel, yaitu kabel power yang mengarah ke motherboard dengan jumlah pin sebanyak 24 dan kabel SATA dengan jumlah pin sebanyak 15.

Power supply jenis ini diketahui memiliki daya yang relatif tinggi sehingga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan bermain game atau bagi mereka yang bergelut di dunia desain grafis atau desain tingkat tinggi seperti 3D. Salah satu hal yang membuat jenis power supply ini menjadi pilihan bagi masyarakat dunia adalah karena kelebihan yang dimilikinya.

Power supply ini diketahui memiliki efisiensi daya listrik yang jauh lebih baik dibanding jenis power supply lain. Oleh itu tidak heran bila jenis power supply yang satu menjadi salah satu jenis power supply yang paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer yang ada di seluruh dunia saat ini.

Nah, power supply BTX diketahui bisa bekerja secara maksimal untuk perangkat komputer dengan spesifikasi sebagai berikut; processor atau CPU Dual Core, Core 2 Duo, Intel i3, i5, dan juga i7, dan CPU AMD terbaru.

Jika kamu adalah salah satu orang yang menggunakan komputer dengan spesifikasi prosesor yang telah disebutkan di atas, maka power supply BTX merupakan rekomendasi yang cukup baik untuk menunjang kinerja perangkat komputer secara maksimal.

Hal lain yang membuat jenis power supply ini unggul karena memiliki kapasitas yang cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Power supply yang satu ini juga diketahui memiliki sistem otomatis, di mana power supply akan mati ketika pengguna melakukan shutdown. Hal itu tentu cukup memudahkan bagi para pengguna.

2. Power Supply ATX

3 Jenis Power Supply yang Sering Digunakan untuk Komputer 3

Jenis power supply lain yang juga biasa digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia adalah Power supply ATX atau Advance Technology Extended. Power supply yang satu ini merupakan pengembangan dari jenis power supply yang telah ada sebelumnya, yaitu power supply AT.

Power supply ATX diketahui mempunyai sistem on/off tersendiri. Hal ini tentu dapat mempermudah pengguna dalam hal pengoperasian. Sistem inilah yang memungkinkan power supply bisa dimatikan secara otomatis ketika komputer melakukan proses shutdown.

Nah, kelebihan ini tentu salah satu yang membuat power supply ATX lebih unggul dibandingkan dengan seri AT yang memerlukan cara manual untuk mematikannya. Power supply ATX sendiri adalah pilihan lain yang cukup banyak digunakan oleh pengguna komputer.

Power supply ATX diketahui memiliki daya listrik yang jauh lebih besar dibanding jenis AT. Masyarakat sendiri kerap menggunakan jenis power supply yang satu ini untuk perangkat komputer yang memiliki processor AMD, processor Intel Pentium III dan juga Intel Pentium IV.

Karakteristik yang terdapat pada jenis power supply yang satu ini, yaitu menggunakan konektor pembangkit daya dengan jumlah konektor sebanyak 20 pin. Berbeda dengan power supply BTX yang dapat menunjang untuk berbagai spesifikasi komputer tingkat tinggi, jenis power supply ATX sendiri lebih terbatas untuk jenis komputer tertentu.

Sampai saat ini beberapa pengguna sendiri masih menggunakan jenis power supply ini untuk komputer yang menggunakan prosesor AMD, yang yang menurut sebagian orang memiliki kinerja yang cukup baik dan dapat memberikan kenyamanan saat digunakan untuk bermain game.

3. Power Supply AT

3 Jenis Power Supply yang Sering Digunakan untuk Komputer 5

Power supply terakhir yang sempat menjadi primadona pada masanya ini mulai cukup sulit dan jarang digunakan di lapangan. Power supply AT atau Advance Technology adalah power supply generasi awal sebelum muncul jenis power supply ATX. Power supply ini biasa digunakan oleh para pengguna komputer lawas.

Jenis power supply yang satu ini merupakan jenis yang paling lama digunakan oleh para pengguna komputer. Power supply AT sendiri khusus digunakan untuk jenis motherboard AT. Seperti yang kita ketahui motherboard AT adalah motherboard yang biasa digunakan untuk komputer dengan spesifikasi komputer tidak terlalu tinggi seperti untuk komputer Pentium 3 dan Pentium 4.

Power supply yang satu ini diketahui memiliki spesifikasi kabel daya listrik dengan konektor sebanyak 12 pin. Power supply AT dikenal memiliki daya listrik yang cukup rendah, yaitu kurang dari 250 watt atau mencapai daya maksimal hingga 250 watt.

Berhubung jenis power supply ini tidak memiliki sistem on/off secara otomatis. Maka para pengguna pun harus mematikan power supply jenis ini secara manual, yaitu saat sudah melakukan proses shutdown pada komputer.

Penggunaan jenis power supply yang satu ini memang tidak semarak seperti saat pertama kali kemunculannya. Mengingat teknologi yang digunakan oleh jenis power supply ini terbilang usang serta adanya upgrade dari seri AT membuat jenis power supply ini semakin ditinggalkan oleh masyarakat.

Meski demikian, kamu juga masih bisa menemukan jenis power supply lawas ini di toko-toko reparasi komputer yang secara khusus menjual spare part komputer. Orang-orang sendiri biasanya menggunakan power supply ini sebagai bahan untuk kebutuhan tugas penelitian, percobaan atau komponen untuk merakit komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Demikianlah, tiga jenis power supply yang sering digunakan untuk perangkat PC yang berhasil Carisinyal rangkum untuk kamu. Kira-kira apakah kamu pernah memiliki pengalaman dengan jenis-jenis power supply yang telah disebutkan di atas?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram