Carisinyal / Aksesoris / Aksesoris Laptop / 10 Rekomendasi Merk RAM Terbaik untuk Laptop dan PC Desktop

10 Rekomendasi Merk RAM Terbaik untuk Laptop dan PC Desktop

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 November 2018

Apa itu RAM? Yang jelas, RAM yang akan dibahas bukanlah nama populer dari tanah Hindustan. RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory. Bahasa sederhananya, merupakan sebuah “alat” yang berfungsi untuk menyimpan data secara sementara dalam sebuah perangkat komputer atau perangkat pintar lainnya.

RAM bekerja dengan cara membaca instruksi program untuk kemudian dieksekusi oleh prosesor yang ada dalam satu perangkat. Dalam sebuah perangkat komputer misalnya, ketika Anda menyalakan berbagai program kemudian selesai dan mematikan komputer, maka RAM akan bekerja saat menjalankan program tersebut tapi tidak menyimpan data yang dijalankan program tersebut.

Yang bertugas dalam menyimpan data yang bisa dibuka kembali sesudah komputer mati adalah penyimpanan atau drive. Dalam komputer, umumnya ada 2 yakni HDD dan SSD. Sementara di smartphone, ada yang disebut dengan memori internal atau bisa disebut ROM. Kalau tipe penyimpanannya, sih, beda lagi sebutannya.

RAM pada PC / Laptop merupakan tipe RAM DDR (Double Data Rate) yang sesuai namanya punya jalur ganda dalam memproses instruksi dari atau ke prosesor. RAM DDR ini terus berkembang dan punya beberapa tipe berdasarkan generasinya yang akhirnya muncul istilah DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4. Perbedaan keempat tipe ini bisa dilihat pada gambar berikut.

Tipe RAM DDR

* sumber: www.quora.com

Tipe DDR RAM yang beredar di pasaran saat ini ada dua tipe yakni DDR3 dan DDR4. Tipe DDR generasi pertama dan DDR2 yang ada di pasaran umumnya adalah RAM bekas karena tipe RAM tersebut digunakan untuk perangkat komputer atau laptop jadul.

Jika PC / laptop Anda menggunakan tipe RAM DDR3, maka Anda perlu membeli tipe RAM DDR3 dan bukan DDR4. Hal yang sama berlaku untuk semua tipe karena semua tipe tidak punya kompabilitas satu sama lain.

Perbedaan RAM Laptop dan PC Desktop

RAM DIMM dan SO-DIMM

* sumber: www.quora.com

RAM punya peran penting dalam hal kinerja komputer. Semakin besar angka RAM, semakin baik komputer dalam menjalankan program. Bahkan, ada beberapa program atau game komputer yang membutuhkan spesifikasi RAM dengan angka tertentu.

Contohnya, program Adobe After Effects CC yang membutuhkan spesifikasi minimal RAM 8 GB. Atau misalnya, game PC populer seperti DOTA 2 yang bisa berjalan dengan baik jika komputer menggunakan RAM minimal 4 GB.

Hal yang sama berlaku untuk perangkat laptop. RAM pada laptop dan komputer desktop sebenarnya satu tipe tapi berbeda bentuk. RAM pada PC dikenal sebagai DIMM atau dual in-line modul memory. Sementara pada laptop, bentuknya lebih kecil dan sering disebut sebagai SO-DIMM yakni Small outline Dual Inline Memory Module. Perbedaan ukuran DIMM dan SO-DIMM bisa dilihat di gambar di atas.

RAM pada laptop, umumnya sudah ditetapkan kapasitasnya. Misalnya, laptop 5 jutaan yang umumnya saat ini hadir dengan minimal RAM 4 GB. Hanya saja, terkadang ada slot tambahan agar penggunanya bisa menambah kapasitas RAM yang lebih besar. Di komputer PC sebenarnya lebih fleksibel karena jumlah slot RAM tergantung pada motherboard yang digunakan.

Sebagian dari Anda mungkin sudah cukup dengan RAM yang ada di komputer ataupun laptop. Tidak sedikit juga yang merasa kapasitas RAM yang dimiliki kurang mumpuni. Karena itu, menambah RAM merupakan opsi yang bisa dipilih.

Ada banyak merek RAM laptop dan PC yang dijual di pasaran, hanya saja tidak semuanya berkualitas. Bahkan, ada merek RAM terkenal yang imitasi alias KW. Karena itu, bagi Anda yang akan membeli RAM, sebaiknya memilih merek RAM berkualitas. Bagi Anda yang butuh RAM berkualitas baik untuk menunjang kinerja komputer atau laptop, Anda bisa memilih RAM terbaik dari 10 merek berikut.

10 Merk RAM Terbaik Tahun 2018

1. Corsair

Corsair Vengeance

Corsair adalah produsen perangkat hardware komputer yang sudah berdiri sejak 1994. Salah satu produk terbaik Corsair adalah RAM baik tipe DIMM maupun SODIMM. Merek RAM Corsair juga terkenal awet dan mudah ditemukan. Salah satu seri terbaik Corsair adalah Vengeance yang merupakan tipe RAM Corsair untuk gaming.

Karena kualitasnya yang baik dan sudah terkenal, harga RAM Corsair cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan merek lain dengan kapasitas yang sama. Anda bisa membeli RAM ini secara online melalui Bukalapak di link ini.

2. G.Skill

G.Skill

G.Skill adalah merek asal Taiwan yang memproduksi RAM berkualitas. Merek G.Skill umumnya ditemukan pada perangkat komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi.

Sama seperti Corsair, G.Skill juga terkenal dengan harganya yang lebih tinggi. Harga memang tidak bisa bohong karena menunjukan kualitas dari produknya, seperti halnya RAM G.Skill. Produk ini bisa Anda dapatkan di Bukalapak melalui link ini.

3. Transcend

Transcend

Transcend merupakan merek RAM asal Taiwan yang sudah lama melintang dalam memproduksi komponen komputer. Merek ini tergolong populer di Indonesia dan produk RAM dari Tanscend cukup banyak dibeli. Transcend menghadirkan berbagai varian RAM dengan harga yang tidak terlalu mahal tapi produknya tetap berkualitas. RAM ini bisa dibeli melalui Bukalapak di link ini.

4. Kingston

Kingstone Hyper X FURY

Kingston adalah merek paling populer di Indonesia untuk urusan komponen memori. Merek ini banyak mengeluarkan produk seperti flashdisk, SSD, dan tentu saja RAM. Bahkan jika Author ditanya, “Apa merek flashdisk sejuta umat?” Kingston lah jawabannya.

Kingston terkenal karena mengeluarkan banyak tipe RAM dengan harga yang terjangkau tapi kualitas tergolong baik. Salah satu tipe RAM Kingston yang baik adalah Kingston HyperX FURY. Berbagai RAM dari Kingston ini bisa dibeli melalui Bukalapak di link ini.

5. Hynix

Hynix

Hynix adalah merek RAM yang juga bagus. Hynix didirikan pada tahun 1983 dI Korea Selatan. Pengalaman yang lama dalam industri semikonduktor dan banyak memasok RAM ke seluruh dunia membuat Hynix banyak dikenal orang.

Banyak produsen laptop yang mendapatkan pasokan RAM dari Hynix. Karena itu, merek Hynix tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Anda bisa membelinya secara online lewat Bukalapak di link ini.

6. Mushkin

Mushkin

Mushkin adalah produsen RAM asal Texas Amerika yang terkenal dengan produknya yang berkualitas. Salah satu yang membuat Mushkin mendapat kepercayaan dari publik adalah karena Mushkin pemasok untuk perusahaan Apple dan Nasa. Selain memproduksi RAM, Mushkin juga memproduksi PSU, notebook, flashdisk, dan juga SSD. Anda bisa membeli RAM Mushkin melalui Bukalapak di link ini.

7. Samsung

Samsung RAM

Samsung punya nama besar di industri ponsel dan barang elektronik. Samsung terkenal dengan produk yang berkualitas. RAM adalah salah satu produk berkualitas dari Samsung dan merupakan salah satu yang terbaik. Sayangnya, merek RAM Samsung kurang begitu populer. Padahal kualitas RAM produksi Samsung tergolong baik.

8. Venom RX

Venom RX

Venom RX adalah perusahaan teknologi yang memproduksi komponen komputer seperti kasing, motherboard, dan tentu saja RAM. RAM dari Venom RX merupakan salah satu yang terbaik. Contohnya adalah Venom RX Sodim DDR3 4GB PC10600 yang punya kompabilitas yang baik dengan tipe DDR3 yang lama.

Anda yang berencana menambah kapasitas RAM laptop, bisa memilih RAM dari Venom RX. Anda bisa membelinya secara online melalui Bukalapak di link ini.

9. Team Elite

Team Elite

RAM merek Team Elite banyak dipilih oleh mereka yang ingin meningkatkan performa RAM, terutama para gamers. RAM dari Team Elite memiliki kualitas yang tergolong baik. Selain memproduksi RAM, Team Elite juga banyak memproduksi SSD, SD Card, flashdisk, bahkan power bank.

Team Elite punya kualitas yang sama baiknya dengan Corsair tapi harganya lebih terjangkau. Anda yang butuh RAM dengan kualitas seperti Corsair bisa lirik RAM dari Team Elite. Produk ini bisa dibeli melalui Bukalapak di link ini.

10. Crucial

Crucial Ballistix

Crucial adalah merek RAM besutan Micron Technology, perusahaan asal Amerika yang bergerak di industri semi konduktor. Produk RAM terkenal dari perusahaan ini adalah Crucial Ballistix yang kualitasnya tergolong baik.

Crucial Ballistix merupakan RAM yang bisa Anda pilih, terutama untuk pada PC gamer yang butuh RAM dengan kualitas dan kemampuan yang baik. Anda bisa membeli produk ini melalui Bukalapak di link ini.

Selain merek RAM yang sudah disebutkan tersebut, ada banyak varian merek RAM lainnya seperti V-Gen, Adata, Lenovo dan lain sebagainya. Anda bisa mencari tipe RAM yang Anda minati dan sesuai dana, tapi 10 merek yang sudah disebutkan sangat direkomendasikan untuk dipilih.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

One Comment

  1. karel Desember 15, 2018 at 9:31 am - Reply

    mending vgen kemana mana lah, claim garansi gampang gk perlu ke toko dulu lah, nota lah, apa lah, langsung ke SC 1 menit beres, makanya gw selalu pakai vgen dari 2003, real life gk bebeda sama yg di atas, ram di atas cuma buat benchmark doang.

Leave A Comment