Carisinyal / RAM / 10 Merk RAM Terbaik untuk Laptop dan PC Desktop 2020

10 Merk RAM Terbaik untuk Laptop dan PC Desktop 2021

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa itu RAM? Yang jelas, RAM yang akan dibahas bukanlah nama populer dari tanah Hindustan. RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory. Bahasa sederhananya, merupakan sebuah “alat” yang berfungsi untuk menyimpan data secara sementara dalam sebuah perangkat komputer atau perangkat pintar lainnya.

RAM bekerja dengan cara membaca instruksi program untuk kemudian dieksekusi oleh prosesor yang ada dalam satu perangkat. Dalam sebuah perangkat komputer misalnya, ketika Anda menyalakan berbagai program kemudian selesai dan mematikan komputer, maka RAM akan bekerja saat menjalankan program tersebut tapi tidak menyimpan data yang dijalankan program tersebut.

Yang bertugas dalam menyimpan data yang bisa dibuka kembali sesudah komputer mati adalah penyimpanan atau drive. Dalam komputer, umumnya ada 2 yakni HDD dan SSD. Sementara di smartphone, ada yang disebut dengan memori internal atau bisa disebut ROM. Kalau tipe penyimpanannya, sih, beda lagi sebutannya.

RAM pada PC / Laptop merupakan tipe RAM DDR (Double Data Rate) yang sesuai namanya punya jalur ganda dalam memproses instruksi dari atau ke prosesor. RAM DDR ini terus berkembang dan punya beberapa tipe berdasarkan generasinya yang akhirnya muncul istilah DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4. Perbedaan keempat tipe ini bisa dilihat pada gambar berikut.

Tipe RAM DDR

* sumber: www.quora.com

Tipe DDR RAM yang beredar di pasaran saat ini ada dua tipe yakni DDR3 dan DDR4. Tipe DDR generasi pertama dan DDR2 yang ada di pasaran umumnya adalah RAM bekas karena tipe RAM tersebut digunakan untuk perangkat komputer atau laptop jadul.

Jika PC / laptop Anda menggunakan tipe RAM DDR3, maka Anda perlu membeli tipe RAM DDR3 dan bukan DDR4. Hal yang sama berlaku untuk semua tipe karena semua tipe tidak punya kompabilitas satu sama lain.

Perbedaan RAM Laptop dan PC Desktop

RAM DIMM dan SO-DIMM

* sumber: www.quora.com

RAM punya peran penting dalam hal kinerja komputer. Semakin besar angka RAM, semakin baik komputer dalam menjalankan program. Bahkan, ada beberapa program atau game komputer yang membutuhkan spesifikasi RAM dengan angka tertentu.

Contohnya, program Adobe After Effects CC yang membutuhkan spesifikasi minimal RAM 8 GB. Atau misalnya, game PC populer seperti DOTA 2 yang bisa berjalan dengan baik jika komputer menggunakan RAM minimal 4 GB.

Hal yang sama berlaku untuk perangkat laptop. RAM pada laptop dan komputer desktop sebenarnya satu tipe tapi berbeda bentuk. RAM pada PC dikenal sebagai DIMM atau dual in-line modul memory. Sementara pada laptop, bentuknya lebih kecil dan sering disebut sebagai SO-DIMM yakni Small outline Dual Inline Memory Module. Perbedaan ukuran DIMM dan SO-DIMM bisa dilihat di gambar di atas.

RAM pada laptop, umumnya sudah ditetapkan kapasitasnya. Misalnya, laptop 5 jutaan yang umumnya saat ini hadir dengan minimal RAM 4 GB. Hanya saja, terkadang ada slot tambahan agar penggunanya bisa menambah kapasitas RAM yang lebih besar. Di komputer PC sebenarnya lebih fleksibel karena jumlah slot RAM tergantung pada motherboard yang digunakan.

Sebagian dari Anda mungkin sudah cukup dengan RAM yang ada di komputer ataupun laptop. Tidak sedikit juga yang merasa kapasitas RAM yang dimiliki kurang mumpuni. Karena itu, menambah RAM merupakan opsi yang bisa dipilih.

Ada banyak merek RAM laptop dan PC yang dijual di pasaran, hanya saja tidak semuanya berkualitas. Bahkan, ada merek RAM terkenal yang imitasi alias KW. Karena itu, bagi Anda yang akan membeli RAM, sebaiknya memilih merek RAM berkualitas. Bagi Anda yang butuh RAM berkualitas baik untuk menunjang kinerja komputer atau laptop, Anda bisa memilih RAM terbaik dari 10 merek berikut.

Merk RAM Terbaik Saat Ini

Nah, setelah Anda mengetahui apa itu RAM dan perbedaannya, sekarang saatnya Anda memilih salah satu dari semua merk RAM terbaik yang kami rekomendasikan berikut ini.

1. Corsair

Corsair Vengeance

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Corsair adalah produsen perangkat hardware komputer yang sudah berdiri sejak 1994. Salah satu produk terbaik Corsair adalah RAM baik tipe DIMM maupun SODIMM. Merek RAM Corsair juga terkenal awet dan mudah ditemukan. Salah satu seri terbaik Corsair adalah Vengeance yang merupakan tipe RAM Corsair untuk gaming.

Karena kualitasnya yang baik dan sudah terkenal, harga RAM Corsair cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan merek lain dengan kapasitas yang sama.

2. G.Skill

G.Skill

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

G.Skill adalah merek asal Taiwan yang memproduksi RAM berkualitas. Merek G.Skill umumnya ditemukan pada perangkat komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi.


Sama seperti Corsair, G.Skill juga terkenal dengan harganya yang lebih tinggi. Harga memang tidak bisa bohong karena menunjukan kualitas dari produknya, seperti halnya RAM G.Skill.

3. Transcend

Transcend

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Transcend merupakan merek RAM asal Taiwan yang sudah lama melintang dalam memproduksi komponen komputer. Merek ini tergolong populer di Indonesia dan produk RAM dari Tanscend cukup banyak dibeli. Transcend menghadirkan berbagai varian RAM dengan harga yang tidak terlalu mahal tapi produknya tetap berkualitas.

4. Kingston

Kingstone Hyper X FURY

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Kingston adalah merek paling populer di Indonesia untuk urusan komponen memori. Merek ini banyak mengeluarkan produk seperti flashdisk, SSD, dan tentu saja RAM. Bahkan jika Author ditanya, “Apa merek flashdisk sejuta umat?” Kingston lah jawabannya.

Kingston terkenal karena mengeluarkan banyak tipe RAM dengan harga yang terjangkau tapi kualitas tergolong baik. Salah satu tipe RAM Kingston yang baik adalah Kingston HyperX FURY.

5. Hynix

Hynix

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Hynix adalah merek RAM yang juga bagus. Hynix didirikan pada tahun 1983 dI Korea Selatan. Pengalaman yang lama dalam industri semikonduktor dan banyak memasok RAM ke seluruh dunia membuat Hynix banyak dikenal orang. Banyak produsen laptop yang mendapatkan pasokan RAM dari Hynix. Karena itu, merek Hynix tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

6. Patriot

ram-patriot

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Patriot merupakan perusahaan yang bergerak di bidang aksesoris gaming dan performance memory (RAM) sejak 1985. Beberapa kategori produk yang mereka keluarkan adalah keyboard, headset, mouse gaming, SSD, USB flash disk, dan tentu saja RAM.

Meskipun tidak seterkenal brand lain, Patriot merupakan pemasok RAM berkualitas tinggi dengan harga yang lebih terjangkau. Patriot memiliki lini produk RAM bertajuk Viper Gaming yang menyediakan berbagai RAM gaming dengan performa dan kapasitas bervariatif.

7. Adata

ram-adata

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Adata Technology merupakan perusahaan penghasil RAM asal Taiwan yang berdiri sejak tahun 2001. Salah satu merk RAM ini juga menghasilkan beberapa produk media penyimpanan lainnya seperti USB flash disk. SSD, hard disk, dan aksesoris HP. Merk Adata ini memiliki reputasi yang cukup baik. Bahkan, pada tahun 2017, Adata dinobatkan sebagai penghasil produk RAM terbesar kedua setelah Kingston.

8. Venom RX

Venom RX

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Venom RX adalah perusahaan teknologi yang memproduksi komponen komputer seperti kasing, motherboard, dan tentu saja RAM. RAM dari Venom RX merupakan salah satu yang terbaik. Contohnya adalah Venom RX Sodim DDR3 4GB PC10600 yang punya kompabilitas yang baik dengan tipe DDR3 yang lama. Anda yang berencana menambah kapasitas RAM laptop, bisa memilih RAM dari Venom RX.

9. Team Elite

Team Elite

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

RAM merek Team Elite banyak dipilih oleh mereka yang ingin meningkatkan performa RAM, terutama para gamers. RAM dari Team Elite memiliki kualitas yang tergolong baik. Selain memproduksi RAM, Team Elite juga banyak memproduksi SSD, SD Card, flashdisk, bahkan power bank.

Team Elite punya kualitas yang sama baiknya dengan Corsair tapi harganya lebih terjangkau. Anda yang butuh RAM dengan kualitas seperti Corsair bisa lirik RAM dari Team Elite.

10. Crucial

Crucial Ballistix

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Crucial adalah merek RAM besutan Micron Technology, perusahaan asal Amerika yang bergerak di industri semi konduktor. Produk RAM terkenal dari perusahaan ini adalah Crucial Ballistix yang kualitasnya tergolong baik.

Crucial Ballistix merupakan RAM yang bisa Anda pilih, terutama untuk pada PC gamer yang butuh RAM dengan kualitas dan kemampuan yang baik.

Selain merek RAM yang sudah disebutkan tersebut, ada banyak varian merek RAM lainnya seperti V-Gen, Adata, Lenovo dan lain sebagainya. Anda bisa mencari tipe RAM yang Anda minati dan sesuai dana, tapi 10 merek yang sudah disebutkan sangat direkomendasikan untuk dipilih.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

40 Responses

  1. mending vgen kemana mana lah, claim garansi gampang gk perlu ke toko dulu lah, nota lah, apa lah, langsung ke SC 1 menit beres, makanya gw selalu pakai vgen dari 2003, real life gk bebeda sama yg di atas, ram di atas cuma buat benchmark doang.

  2. Sorry gan, laptop Asus saya sering macet. RAM yg tertanam 4GB, sepertinya macet karena dipake AutoCAD dan sebagainya. Kira-kira kalau ganti RAM, cocoknya yg mana ya?

    1. tipe laptopnya apa gan? Saran nih yah, RAM emang tambah ke 8GB, kalau ada slot tambahan sekalian aja tambah, terus kalau masih ganti HDD segera ganti ke SSD

    2. Laptop Asus direkomendasi oleh SC menggunakan merek Corsair dan tidak cocok dengan V-GEN. Namun harga RAM DDR4 di SC Asus mehong minta ampun. Laptop buat sekolah anak Asus P1440UA dgn default DDR4 RAM kapasitas 4GB. Saat mau upgrade di SC yg ada di Harco Glodok Jakarta, stok lagi kosong dan inden 2 minggu. Saya tanya berapa jika inden dan type nya apa. Oleh teknisi disebut pakai Corsair, ya sudah saya cari online dan dapat harga lebih miring. Pasang RAM laptop ini sangat mudah. Setelah jadi 12GB RAM, loading sangat cepat, browsing dan pindah aplikasi satu ke yang lainnya sangat cepat.

    3. coba ram yg 16gb gan

  3. Gan kalo laptop Acer Aspire 4752 cocoknya pake ram merk apa? apa vgen bisa digunakan di laptop saya? mohon balasannya.

    1. merek apapun sebenarnya cocok cocok saja, cuman carinya RAM DDR3 yah karena laptop tersebut support RAAM DDR3 bukan DDR4

  4. susah bacanya om gara gara plugin sharenya 😀

    1. kalau dibaca di smartphone sih gak kan ngalangin plugin share nya,

      tapi Terimakasih sarannya, akan kami pertimbangkan.

  5. Berapa kapasitas ram yg bisa di pakai oleh Acer aspire 4752,mohon balasannya

  6. Kalau laptop Lenovo yoga 500 i5 cocok upgrade ram ripe APA ya? Skr ramnya 4GB mw upgrade ke 8GB

  7. Gan merk ram yang cocok atau recomended untuk laptop dell latitude e6220 i7 merk apa ya ? soalnya ada yang bilang meski spesifikasinya sama seperti ram bawaan belum tentu bisa gan , sama satu lagi mending pake yg DDR3 atau DDR3L gan ?

  8. Terimakasih..
    Saya sangat terbantu..

  9. Artikelnya sangat membantu. Kalau mau rakit komputer untuk arsitek, bisa rekomendasikan komponennya gan?

  10. gan mau nanya, laptop saya kan HP 1000
    RAM 2GB ROM 500GB, mau saya upgrade RAM nya ke 8GB, cuma bagusan pke RAM yg merk apa ya ?
    DDR3 atau DDR4 itu bedanya di mna ya gan ?

    1. DDR4 itu teknologi dari RAM, laptop yang ngedukung DDR3 gak bisa dipasang RAM DDR4, begitu juga sebaliknya. Saran sih cari tau dulu tipe DDR laptop yang dipakai tipe berapa, baru beli RAM

  11. Setau saya ya min Samsung emang raja elektronik, pada pemasarannya Samsung no 1, contoh ponsel sama monitornya, tapi kenapa pada komponen RAM Samsung kurang populer, mungkin RAM yang bermerk Samsung kurang cocok untuk gaming, karena pengguna PC mayoritas nyari komponen yang bisa sekalian buat gaming, nah setau saya Samsung bukan khusus buat gaming min:)

    1. kalau saya ram bawaan laptopnya samsung gimana ya? apakah kalu mau upgrade jangan samsung lagi atau gimana

  12. Gan saya pake acer z1401 ddr3l pas upgrade ram dari 2gb ke 4gb malah ga nyala ,,padahal up to 8gb

  13. terimakasih artikelnya sangat membantu.

    saya mau tanya gan, saya pakai mobo Gigabyte H110m-gaming 3
    prosesor intel core i3 7100, 3.90ghz
    ddr4, pake vga nvidia geforce gtx 1050 pake ram 4gb patriot. psu indigo 550watt
    ups apc back1100.

    rencana mau upgrde ram 2x8gb
    G.SKILL – F4-2666C19D-16GVR RipjawsV 16GB (2x8GB) DDR4 2666
    atau
    CORSAIR – CMK16GX4M2A2666C16 Vengeance LPX 16GB 2x8GB DDR4 2666

    mohon pencerahannya gan ?

  14. Gan rekomenin ram yg cocok buat asus a450l donk. Enaknya pake yg apa buat ningkatin performa pas lagi gaming n grafis? Makasih

  15. Halo kak mau nanya. Ini laptop saya asus A409FJ yang sebelumnya RAM 4GB. Saya rencana mau upgrade RAM dengan tambahan lagi 8GB . Cocoknya pakek RAM apa ya?
    terima kasih sebelumnya kak

  16. Saya pakai asus a409fj ek 552t..cocoknya make ram apa pak?

  17. Gan tlong rekom laptop saya asus A46C mau upgrade ram 4 gb, merk dan tipe sperti apa yg cocok untuk laptop saya? Terimakasih atas saran nya gan..

    1. cari aja RAM DDR3 1600 MHz atau MHz tinggi juga boleh cuman tetep bakal 1600 MHz soalnya bakal menyesuaikan dengan kecepatan terendah. Merek apapun boleh. Kalau saran saya ADATA, Transcend, V Gen juga boleh.

  18. Those who can seize the opportunihttps://bit.ly/3fAsYlQty to walk in front of them will succeed in all likelihood

  19. Tambahan Gan… Pilih Sesuai Spek yg kalian inginkan. CONTOH : 2x4GB = 8GB atau 2x8GB = 16Gb Karena kinerja RAM bisa Stabil, JANGAN pakai Ram 4+8 = 12Gb bisa ERROR Tidak akan Awet. SAYA pakai Crosair Vegeance 2x8GB Salam ceria… IGG-GAMES

  20. Apakah pernah ada review merk samsung Gan?
    Yang membedakan memory bagus dan tidak apa ya gan?

  21. kalau beli ram lain jenama bang…misalnya, slot1 jenama kingston dan slot2 jenama samsung…………boleh ngak? atau ada effect dia……………… RAM sama iaitu DDR4 4Gb RAM 2400 mhz

  22. Mau tanya gan, saya mau nambah RAM di laptop Asus seri A450L(dengan RAM bawaan 4GB), tapi baru di cek di dxdiag jadinya seri X450LC.
    Sebelumnya saya udah nyoba RAM DDR3 tapi hasilnya RAM tidak terdetect, sempet googling katanya RAM yg cocok itu RAM DDR3L.
    Nah.. sekarang saya ingin membeli RAM DDR3L, kira” merk yg recommended RAM merk apa ya?
    Mohon dibantu agan” terima kasih 🙏

  23. Gan, mau tanya.. Kalo laptop ASUS X441S

    CPU = Intel Dual Core N3060, up to 2.48GHz
    ODD = DVD Sup.MTI
    Memory = 2GB
    OS = WIN10
    HDD = 500GB
    Ram = 2gb

    Bisa tambah ram berapa gb?
    Trus pake ram merk apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *