carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / 7 Cara Mengetahui Jenis RAM yang Digunakan oleh Laptop

7 Cara Mengetahui Jenis RAM yang Digunakan oleh Laptop

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 April 2021

Laptop terdiri dari beberapa komponen yang punya fungsi dan peran penting sehingga laptop dapat bekerja dengan baik. Sebut saja seperti CPU atau prosesor dan HDD atau hard drive. Yang tak kalah penting di antara komponen-komponen tersebut adalah RAM atau Random Access Memory yang juga sering disebut dengan memori utama atau system memory.

Fungsi dari RAM adalah sebagai penyimpanan sementara bagian dari sistem operasi, program aplikasi dan data yang saat ini sedang digunakan untuk dapat diakses dengan cepat dan diproses oleh prosesor. Berdasarkan kecepatan transfernya RAM terdiri dari beberapa jenis. Lalu bagaimana cara kita mengetahui jenis RAM yang terdapat di dalam laptop kita? Ini dia cara yang bisa kamu gunakan untuk mengeceknya.

1. Menggunakan Task Manager

Task Manager adalah sebuah alat yang punya peranan penting di dalam sistem operasi Microsoft Windows. Alat ini menyediakan informasi yang mendetail mengenai aplikasi, proses dan layanan yang sedang berjalan di Windows.
Task Manager digunakan untuk memonitor dan mengelola Microsoft Windows. Untuk mengecek jenis RAM pada laptopmu kamu bisa gunakan alat ini. Caranya sebagai berikut.

  • Buka Task Manager. Atau bisa juga kamu gunakan jalan pintas dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL. Selanjutnya di layar monitor akan muncul Windows Security, pilih Task Manager.
  • Klik tab Performance.
  • Pilih Memory. Kamu akan melihat tipe RAM yang digunakan laptopmu.

2. Gunakan Command Prompt

Command Prompt merupakan alat yang digunakan untuk mengeksekusi perintah yang digunakan untuk mengotomasi tugas melalui script atau batch file, menjalankan fungsi administrasi dan pemecahan masalah pada Windows. Sebenarnya dalam laptop terdapat alat lain yang punya kemampuan dan fleksibilitas yang lebih baik, yaitu Windows Powershell. Kedua jenis alat ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui jenis RAM. Caranya sebagai berikut:

  • Buka Command Prompt pada laptopmu.
  • Bisa juga kamu gunakan jendela kotak dialog RUN. Gunakan pintasan keyboard Win+R, pada kotak dialog Run yang muncul, ketik CMD dan kemudian akan muncul klik tombol OK.
  • Ketik Systeminfo.
  • Tekan tombol Enter. Hasil eksekusi perintah adalah nilai angka yang menunjukkan tipe RAM pada laptopmu.

3. Cek RAM dari Stiker

*Sumber: www.blog.elevania.co.id

Cara lain yang bisa kamu gunakan ketika ingin mengecek jenis RAM adalah dengan cara melihat keterangan pada label stiker yang tertempel pada laptop. Cara ini digunakan pada laptop bekas dan sudah tidak ada kardus atau box kemasannya.

Stiker laptop tersebut biasanya tertera pada bagian bodi laptop. Pada tiap merek dan jenis laptopnya, pemasangan label stiker tersebut posisinya berbeda-beda. Di dalam stiker tersebut dicantumkan pula informasi mengenai jenis CPU yang digunakan, jenis OS serta hardisk laptop tersebut.

Akan tetapi, informasi ini berisi keterangan spesifikasi bawaan dari laptop. Jika laptop telah diganti RAM dengan cara menambahkan atau mengurangi kapasitasnya, tentu saja cara ini tidak bisa digunakan. Kamu bisa tanyakan kepada penjualnya mengenai informasi spesifikasi laptop terbaru.

4. Cara Mengecek RAM pada Laptop yang Rusak

*Sumber: www.blog.dimensidata.com

Bagaimana jika kamu membeli laptop dalam kondisi rusak dan label stiker yang biasa ditempel sudah tidak bisa dibaca lagi? Mustahil kan jika kamu harus menghidupkan laptop untuk mengecek RAM sebab laptop sudah dalam kondisi yang tidak bisa dihidupkan lagi.

Nah, untuk ini kamu perlu cara yang lebih akurat tanpa harus menghidupkan laptop terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka casing laptop dan melihat spesifikasi RAM dari ciri fisiknya.

Pada bagian fisik RAM, ada informasi jenis kapasitas RAM dan informasi merek laptop tersebut. Meskipun RAM yang terpasang bukanlah RAM asli bawaan laptop, informasi tentang RAM masih akan akurat karena ada informasi yang tertera pada fisik RAM.

Sebagai catatan, cara ini hanya boleh digunakan oleh orang yang mengerti tentang laptop dan tahu caranya membongkar dan memasang kembali casing laptopnya. Jangan sampai kamu bisa membongkarnya dan kebingungan saat harus memasangkannya.

5. Cara Cek RAM dari Control Panel

Cara cek jenis RAM dari Control Panel bisa kamu lakukan pada laptop dengan kondisi yang bagus. Cara ini juga termasuk cara yang sangat akurat sebab informasi yang dihasilkan berasal dari sistem laptop langsung.

Informasi yang diperoleh dari Control Panel juga relatif sederhana, meliputi kapasitas RAM dan Usable Memory atau RAM yang bisa digunakan. Cara cek RAM melalui Control Panel adalah sebagai berikut.

  • Buka Control Panel. Kamu bisa buka dari kotak pencarian aplikasi, menu Start, CMD dan dari pintasan keyboard.
    Masuk ke System and Security.
  • Pilih System. Pada bagian ini terdapat informasi tentang pembuatan laptop tersebut, tipe RAM, tipe sistem, prosesor, dan lain-lain. Perlu kamu ketahui bahwa cara menuju ke Control Panel pada setiap Windows berbeda. Oleh sebab itu kamu perlu melakukan sedikit langkah penyesuaian.

Gunakan pintasan keyboard Win+Pause Break jika kamu ingin langsung masuk ke Control Panel. Setelah itu ikuti langkah-langkah di atas tadi.

6. Cek Jenis RAM dari Kardus Kemasan

Pada dasarnya cara ini sama dengan cara pengecekan jenis RAM yang dijelaskan pada nomor 3. Namun, tentunya cara dilakukan jika laptop yang dibeli masih berada dalam kemasan terutama yang masih disegel.

Seperti informasi yang tercantum pada label stiker, informasi pada kardus laptop ditulis sederhana dan tidak terlalu lengkap. Namun, informasi tersebut masih bisa berguna bagi kamu yang ingin memeriksa secara cepat kapasitas RAM pada laptop.

Informasi pada kardus kemasan ini pun bisa saja tidak akurat jika laptop sudah mengalami pergantian kapasitas RAM. Jika kamu membeli laptop bekas pakai, jalan terbaik untuk memeriksa laptop adalah dengan cara membongkar casingnya atau tanyakan langsung kepada penjualnya.

7. Cara Cek RAM Menggunakan Aplikasi

Cara mengecek jenis RAM yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop seperti kapasitas dan jenis RAM.


Dulu aplikasi ini hanya tersedia bagi laptop saja, akan tetapi sekarang tersedia untuk Android juga. Selain itu pengembang juga menyediakan versi portable sehingga tak perlu diinstal pada laptop. Download aplikasinya di sini.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi CPU-Z ini adalah sebagai berikut;

  • Unduh dan pasang CPU-Z.
  • Buka aplikasi tersebut jika sudah terpasang.
  • Klik tab Memory untuk mengetahui informasi RAM.
  • Klik tab SPD-Memory Selection. Di situ kamu bisa melihat jenis dan jumlah kapasitas RAM yang tersedia.

Nah, ternyata banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek jenis RAM pada laptopmu ya? Selain itu, dalam proses pengecekan RAM ini ada keuntungan lain yang bisa kamu peroleh. Keuntungan lain dari pengecekan RAM pada laptopmu adalah kamu bisa mengetahui grafik dan fluktuasi RAM yang telah digunakan dan RAM yang tersisa.

Dengan begini kamu bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan ruang RAM pada laptop. Adanya grafik yang bisa dilihat membantu kamu memutuskan aplikasi mana yang sekiranya masih berguna untuk menunjang kerjamu. Jika ada aplikasi yang tidak penting lagi kamu bisa langsung melepas aplikasi tersebut.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram