Review ASUS ZenBook Flip UX362, Laptop Konvertibel yang Keren

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Setelah kemarin me-review mengenai satu laptop gaming kece dari ASUS, yakni ASUS ROG Zephyrus G-GA502, ada satu laptop lainnya dari brand raksasa asal Taiwan yang ingin kami ulas. Namun, kali ini bukan laptop seri ROG, melainkan seri ZenBook. Ya, kita akan review ASUS ZenBook UX362FA, laptop konvertibel dari ASUS yang keren abis.

Hayo, Anda penasaran, kan, sama review laptop ASUS ZenBook Flip UX362FA ini? Yuk, simak langsung saja pembahasan dari Carisinyal berikut untuk mengetahuinya!

Spesifikasi ASUS ZenBook Flip UX362FA

  • Layar: 13.3” LED-backlit FHD (1920 x 1080) glare touchscreen 3.5mm-thin bezel with 90% screen-to-body ratio
  • Processor: Intel® Core™ i7-8565U processor 1.8GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.0GHz) and 8MB cache
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics 620
  • RAM: 16GB 2133MHz LPDDR3 onboard
  • Storage: 1TB PCIe® SSD
  • Konektivitas:Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth® 5.0
  • Port: 2 x Type-C™ USB 3.1 Gen 1 (support display connectivity), 1 x USB 2.0 Type-A™, 1 x Standard HDMI, 1 x Audio combo jack, 1 x DC-in
  • Baterai: 50Wh 3-cell lithium-polymer battery, 65W power adapter

Desain

Review ASUS ZenBook UX362FA

ASUS ZenBook Flip UX362 hadir dengan desain yang elegan. Hampir seluruh bodinya berlapiskan metal. Selain itu, laptop ini punya ukuran yang terbilang kecil. Ketebalannya hanya 16.9 milimeter Beratnya juga tergolong ringan, hanya 1.3 kg saja, sehingga laptop ASUS ZenBook Flip UX362 ini mudah dibawa kemana-mana.

Sesuai dengan namanya, laptop ini bisa dilipat atau di-flip hingga 360 derajat. Mengapa? Karena laptop ASUS ZenBook seri ini dibekali hinge alias engsel unik, yakni 360° ErgoLift Hinge. Sehingga, laptop ini pun bisa berfungsi sebagai tablet atau hanya display semata.

Review ASUS ZenBook UX362FA

Saya pun tidak takut engselnya patah karena engsel laptop ini tergolong kuat. ASUS sendiri telah menguji kekuatan hinge-nya hingga dua puluh ribu kali. Hebat, kan? Kehadiran ErgoLift Hinge ini membuat saya dapat 'melipat' laptop dan mengatur posisi layar dengan mudah saat akan mengetik.

Tidak hanya dibekali dengan hinge yang kuat, unik dan inovatif, laptop ASUS ZenBook Flip UX362 pun punya keyboard yang solid dan cukup empuk. Jarak antara satu huruf ke huruf lainnya terbilang dekat, namun karena ukuran jari tangan saya kecil, saya tetap bisa menggunakan keyboard laptop ini dengan nyaman.

Oh ya, keyboard laptop ASUS ZenBook Flip UX362 sudah dibekali lampu latar atau backlit berwarna putih yang akan memudahkan kita untuk mengetik saat berada di tempat yang gelap atau minim cahaya.

Review ASUS ZenBook UX362FA

Selain itu, laptop ini punya touch pad yang dibekali dengan NumberPad. Kehadiran NumberPad-nya tentu sangat membantu memudahkan saya untuk login ke laptop dengan menggunakan PIN. Apalagi ketika IR Camera tak dapat mendeteksi wajah saat login dengan Windows Hello di tempat yang agak gelap.

Review ASUS ZenBook UX362FA

Nah, sekarang kita bahas bagian sisi kiri dan kanan bodinya. Di bagian sisi kiri bodi laptop ada dua port USB 3.1 type-C, port untuk kabel HDMI serta DC jack untuk kabel charger.

ASUS ZENBOOK UX362FA

Sementara di bagian sisi kanannya terdapat audio jack, port USB 2.0 dan juga tombol power. Perpindahan tombol power yang biasa menyatu dengan keyboard laptop menjadi kelebihan tersendiri bagi ASUS ZenBook Flip UX362. Terlebih bila kita sering salah pencet tombol power saat akan menggunakan laptop.

For your information, ASUS ZenBook Flip UX362 ini sudah mengantong sertifikasi militer MIL-STD 810G. Sehingga bodinya tahan di segala kondisi. Laptop keren ini tersedia dalam dua pilihan varian warna, ada Royal Blue dengan tepian dan logo dengan hint warna rose gold, serta Gun Gray dengan tepian berwarna perak yang memukau.

Kualitas Layar

ASUS ZENBOOK UX362FA

Laptop ASUS ZenBook Flip UX362FA dibekali layar NanoEdge berukuran 13.3 inci dengan bezel tipis, yakni  3.5 milimeter. Teknologi NanoEdge display ini membuat layarnya menjadi tampak lebih lega. Rasio screen to body layar laptop dengan panel IPS LCD ini pun mencapai 90% dan sudah punya color gamut sRGB sebesar 100%.

So, kualitas tampilan layar dari laptop ASUS ZenBook Flip UX362FA ini sudah tak perlu ditanyakan lagi. Bagus banget! Tampilan warna yang dihasilkan terbilang punchy. Saya bisa menonton serial Netflix favorit dengan nyaman menggunakan layar laptop ini.

Kehadiran hinge yang membuat laptop ini convertible menjadi tablet pun sangat amat membantu ketika saya ingin menonton dengan posisi layar seperti apapun. Sayangnya, layar laptop ASUS ini masih mentok di resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dan belum mendukung resolusi 4K seperti ASUS ZenBook S UX391UA yang sebelumnya juga sudah pernah kami bahas.

Tetapi, hal tersebut bukanlah masalah besar. Bagi saya pribadi, layar beresolusi Full HD pun tampilannya sudah sangat amat memuaskan. Oh ya, layar dari laptop ini adalah layar sentuh alias touch screen. Saya menggunakan mode tablet di laptop ini dengan nyaman berkat tingkat sensitivitas layar sentuh yang baik.

Performa

REVIEW ASUS ZENBOOK UX362FA

Setelah membahas tentang desain dan bodinya yang kokoh, saatnya berbicara mengenai performa dari ASUS ZenBook Flip UX362. Laptop yang punya RAM berkapasitas 16 GB ini dibekali dengan prosesor Intel® Core™ i7-8565U 1.8 GHz dengan code name Whiskey Lake dan punya fabrikasi 14 nm.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram