carisinyal web banner retina

Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T10

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 9 Juli 2021

Kabar gembira bagi kamu pecinta produk Huawei! Tepatnya pada Maret 2021, Huawei merilis perangkat tablet yang dinamakan MatePad T10. Masuk ke jajaran seri T, perangkat ini digarap dengan dimensi lebar 240,2 mm, panjang 159 mm, dan ketebalan 7,85 mm. Beserta dengan baterai, bobot yang digendong oleh tablet Huawei ini mencapai 450 gram.

Mengusung tema "Kesenangan untuk Semua Orang", tablet ini tidak pandang bulu untuk dipakai semua kalangan masyarakat. Huawei MatePad T10 menjajakan dirinya dalam balutan warna Deepsea Blue yang dipatok sekitar Rp 2,29 jutaan per unitnya untuk tipe kapasitas ruang penyimpanan 2/32 GB. Untuk pendekatan lebih lanjut kamu bisa membaca spesifikasi singkatnya berikut ini:

Spesifikasi Huawei MatePad T10

Huawei-MatePad-T10 Spesifikasi
  • Rilis: Maret 2021
  • Layar: IPS LCD, 9.7 inci
  • Chipset: Kirin 710A
  • GPU: Mali G51
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 512 GB
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 2 MP
  • Baterai: Li-Po 5.100 mAh

Kelebihan Huawei MatePad T10

Dari spesifikasi di atas mungkin tanpa kamu sadari telah berjumpa dengan kelebihan Huawei MatePad T10. Namun, bagi kamu yang belum mengetahui kelebihan dari tablet Huawei ini maka sebaiknya baca dengan seksama pemaparan dari Carisinyal berikut ini:

1. Fantastisnya Teknologi Layar

MatePad T10 Layar Carisinyal

Alasan kenapa perangkat ini mempunyai kode T10 karena layarnya yang hampir menyentuh angka 10 yakni 9,7 inci, terbilang luas dengan pemanfaatan panel berteknologi IPS. Panel ini diklaim dapat memberikan sudut pandang yang baik dan mengkonsumsi daya rendah. Selain itu, layar perangkat ini dapat memproduksi 16,7 juta warna dengan resolusi WXGA 1280x800.

Untuk menyuguhkan kualitas gambar yang tajam, perangkat ini membawa kerapatan piksel sebanyak 156 ppi. Kemudian, dalam menyajikan kenyamanan untuk mata para penggunanya, tablet Huawei ini telah meraih sertifikat TÜV Rheinland yang berguna mengurangi cahaya biru yang berbahaya.

2. SoC Mumpuni untuk Tugas Mendasar

MatePad T10 UI Carisinyal

Perangkat yang bersistem Android 10 dan dapat diperbarui ini mempunyai antarmuka EMUI 10.1. Hal menarik dari EMUI 10.1 adalah kemampuanya yang mendukung pembagian layar asimetrik, mengubah antarmuka ke mode Kids, dan fitur keseimbangan Digital yang berguna untuk membatasi waktu yang dihabiskan saat menjalankan aplikasi tertentu.

Kinerja dari Huawei MatePad T10 mampu beroperasi dengan mulus untuk berbagai kegiatan pengguna mulai dari membaca e-book, berbelanja online, dan menonton video. Hal tersebut tidak terlepas dari sokongan chipset HUAWEI Kirin 710A.

Sementara, untuk CPU Octa-core dianugerahi oleh algoritma canggih antara lain empat inti yang melaju hingga 2.0 GHz untuk Cortex-A73 dan empat inti hemat daya 1.7 GHz pada Cortex-A53. Guna mempersembahkan grafik yang optimal dan menikmati pengalaman aplikasi dengan stabil, perangkat ini juga diilhami oleh prosesor pengolahan grafis Mali G51.

Huawei MatePad T10 menjajakan ruang penyimpanan hanya dalam satu kombinasi saja yaitu 2/32 GB. Kendati demikian, pengguna masih bisa meningkatkan kapasitas dari memori eksternal hingga 512 GB. Dengan begitu, sudah tidak ada lagi keterbatasan dalam menyimpan data dan memasang aplikasi pada perangkat.

3. Modul Kamera Masih Dapat Dimaklumi

MatePad T10 Camera Carisinyal
sumber: gizguide.com

Kendati bukan menjadi sorotan utama karena kepemilikan konfigurasinya yang dasar, tetapi kamera pada Huawei MatePad T10 masih mampu memenuhi aktivitas sehari-hari seperti panggilan video atau konferensi video. Pada bagian kamera belakang telah dipatri sensor 5MP dengan bukaan f/2.2 yang disertai fokus otomatis.

Selain itu, pada kamera utama Huawei MatePad T10 juga dimeriahkan oleh sejumlah aplikasi kamera dukungan antara lain fitur Beauty, Pro, HDR, dan Panorama. Pada fitur Pro memungkinkan dapat mengatur ISO mulai dari 100 - 1600, menemukan titik fokus, mengontrol kecepatan rana (0,5-1/4000), EV (+04), dan White Balance.

Beralih ke kamera depan yang sudah siap siaga akan membantu kamu untuk berswafoto dengan resolusi 2 MP berdiafragma f/2.4. Dari ulasan gizguide, baik saat tengah hari maupun di dalam ruangan, bidikan yang dihasilkan oleh kamera depan tablet ini terbilang halus. Sedangkan, untuk kemampuan merekamnya memakai resolusi video 1280 x 720 piksel dan 1920 x 1080 piksel

4. Fitur Konektivitas Beragam

2. Bluetooth 5

Ketika kamu memutuskan untuk meminang Huawei MatePad T10 maka secara langsung kamu akan memboyong sejumlah fitur konektivitas. Dimulai dari fitur Wi-Fi, mampu terkoneksi hingga Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac dan dapat memanfaatkan bandwidth 2.4Ghz dan 5Ghz.

Kemudian, Huawei MatePad T10 telah menggunakan teknologi Bluetooth edisi 5.0. Pemakaian Bluetooth ini mampu menjangkau area yang lebih luas, transmisi data lebih cepat, dan sudah terintegrasi dengan IoT (Internet of Things). Adapun BLE (Bluetooth Low Energy), teknologi Bluetooth yang mengkonsumsi energi lebih hemat.

Dalam konektivitas USB, perangkat Huawei ini mendukung USB OTG (On-the-Go) dan USB 2.0. Angin segar bagi Huawei MatePad T10 adalah kehadiran USB Type-C, punya wewenang untuk proses pengisian daya yang mampu menyalurkan daya lebih besar. Tetapi jangan berharap kalau perangkat ini dapat mengisi daya secara cepat karena masih mengandalkan teknologi 5V/1A.

5. Audio yang Lantang dan Keras

MatePad T10 Audio Carisinyal

Terkhusus pengguna yang sering melakukan konferensi video, bermain game, mendengarkan musik atau menonton film, perangkat garapan Huawei ini sangat mendukung kegiatan tersebut karena punya audio speaker simetris dari kedua sisi yang mampu berteriak dengan lantang dan keras.

Pada sistem speakernya tersebut telah ditumpangi oleh teknologi Huawei Histen 6.1, menyuguhkan audio yang konsisten dengan detail suara-suara tampak nyata mulai dari nada medium yang mulus, nada tinggi yang jelas, hingga bunyi bass yang menggema dan kuat.

Kekurangan Huawei MatePad T10

Sebuah perangkat elektronik biasanya tidak lepas dari yang namanya keterbatasan begitupun pada Huawei MatePad T10. Bagi kamu yang penasaran untuk mengetahui kekurangan Huawei MatePad T10, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini:

1. Minus Layanan Google

Huawei Harmony OS Carisinyal

Bagi kamu yang sudah ketergantungan dengan layanan dari Google mungkin akan mengalami gegar pengalaman saat berhadapan dengan Huawei MatePad T10.

Pasalnya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa semua produk termasuk tablet dari Huawei kini sudah tidak lagi bergandengan dengan Google sehingga pihak Huawei pun mendirikan sistem sendiri sebagai pengganti Google.

Selain itu, bila kamu sering mengunduh aplikasi di Google Play Store maka ketika memakai Huawei MatePad T10 pengguna akan bersua dengan Huawei App Gallery.

Berdasarkan GontaGantiHape, ekosistem dari Huawei App Gallery masih perlu dikembangkan lebih lanjut. Sebab masih ada beberapa aplikasi yang biasanya nangkring di Google Play Store tetapi tidak ada di Huawei App Gallery.

2. Baterai Tidak Tergolong Besar

huawei-matepad-t10 battery carisinyal
sumber: yugatech.com

Mungkin bagi sebuah ponsel pintar baterai berkapasitas 5.100 mAh sudah terbilang jumbo, namun tidak demikian untuk sebuah perangkat tablet. Dengan baterai Li-Po tanam 5.100 mAh, Huawei MatePad T10 hanya cukup bertahan hidup kurang dari satu hari saja. Terlebih saat penggunaan kecerahan layar yang tinggi akan membuat penurunan daya lebih drastis.

Bagaimana pun dalam penggunaan moderat seperti menonton video atau Netflix bisa menemani pengguna hingga 3-4 jam atau menjalankan aplikasi permainan ringan perangkat ini dapat beroperasi sampai 2-3 jam.

Kemudian, hal yang disayangkan dari sistem baterai tablet ini adalah pengisian dayanya yang lama, kiranya membutuhkan waktu 4-5 jam untuk mendapatkan baterai penuh.

3. Tidak ada Face Unlock

Face Unlock Carisinyal

Menurut ulasan dari GontaGantiHape, Huawei MatePad T10 ternyata belum mendapatkan sokongan dari fitur Face Unlock. Bagi kamu yang belum tahu, Face Unlock merupakan salah satu fitur yang mengimplementasikan teknologi pengenalan wajah atau face recognition yang berguna dalam segi keamanan.

Fitur ini memungkinkan pengguna dapat membuka tablet hanya dengan setor muka pada sensor yang ada di atas layarnya. Ini sangat membantu terkhusus pengguna yang malas memakai sandi, pola atau sistem keamanan lainnya. Dikarenakan tidak ada Face Unlock maka pengguna dari Huawei MatePad T10 mau tidak mau hanya dapat memilih sistem keamanan pola atau sandi.

Simpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil benang merah kalau Huawei MatePad T10 membawa sejumlah keunggulan mulai dari penggunaan teknologi panel IPS, System-on-chips yang dapat diandalkan dengan kehadiran EMUI 10.1, suguhan modul kamera dengan berbagai mode, fitur konektivitas yang beragam, hingga sistem audio yang membahana.

Namun, seperti yang kita ketahui kalau produk dari Huawei itu sudah tidak lagi bekerjasama dengan Google, mungkin hal ini akan terasa berat bagi pengguna yang selama ini menggunakan layanan Google. Selain itu, untuk sebuah tablet kapasitas baterai yang ditanamkan terbilang kecil dengan pengisian dayanya yang lama. Juga tablet ini tidak mempunyai fitur Face Unlock.

Begitulah pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Huawei MatePad T10. Apakah menurutmu perangkat ini punya kelebihan atau kekurangan lain? Bagi yang mengetahuinya coba komen di kolom komentar! Terakhir, jangan lupa untuk pantau selalu Carisinyal supaya kamu tidak ketinggalan informasi seputar perkembangan teknologi, yah!

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram