carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 28 Juli 2021

Huawei selaku salah satu brand teknologi terkemuka di dunia kini telah meluncurkan produk tablet yang aman untuk digunakan anak-anak, yakni Huawei Matepad T 10 Kids Edition. Bukan hanya aman, tetapi juga mengandung banyak sekali fitur-fitur yang bisa membantu anak Anda untuk belajar, berkembang, dan juga berinteraksi dengan teknologi sedari dini.

Hilang sudah kekhawatiran orang tua akan anak yang kecanduan gadget. Pasalnya, game-game yang terdapat pada tablet ini didorong untuk mendidik anak agar tumbuh secara kreatif, alih-alih membuat mereka kecanduan terhadap game yang seringkali bikin mereka lupa waktu.

Dengan fitur khusus yang dapat membuat orang tua memantau kegiatan dengan mudah, Huawei Matepad T 10 Kids Edition sungguh mengerti akan kekhawatiran orang tua. Sehingga, orang tua bisa selalu memastikan bahwa kegiatan yang anak-anak lakukan pada tablet ini bukanlah hal yang membahayakan.

Bagaimana cara-cara yang bisa dilakukan Huawei Matepad T 10 Kids Edition untuk membantu si kecil berkembang dan mengeksplor dunia yang luas? Dan berapa harga dari tablet yang raman untuk anak-anak ini? Yuk, ketahui selengkapnya pada kelebihan dan kekurangan Huawei Matepad T10 Kids Edition berikut ini!

Spesifikasi Huawei Matepad T 10 Kids Edition

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 1
  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: IPS 9,7 inci
  • Chipset: Kirin 710A
  • GPU: Mali G51
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD non-standar hingga 512 GB
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 2 MP
  • Baterai: 5100 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Huawei Matepad T 10 Kids Edition

Yuk, kenali kelebihan dan kekurangan Huawei Matepad T 10 Kids Edition ini! Siapa tahu, tablet ini bisa jadi pilihan yang tepat sebagai kado ulang tahun si buah hati.

1. Hadirkan Stylus dan Casing yang Aman untuk Anak-Anak

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 3

Tablet ini menawarkan stylus yang bisa digunakan untuk menulis, menggambar, ataupun sekadar melakukan navigasi sederhana. Huawei menyadari kebiasaan anak kecil yang suka menggigit-gigit benda. Oleh karena itu, stylus beserta casing pada tablet dibuat dengan bahan silikon food-grade yang aman untuk anak-anak.

Selain itu, casing-nya inipun mengusung ketahanan anti-shock yang akan menjaga perangkat agar tidak rusak apabila terjatuh. Tablet ini juga dihadirkan dengan handle atau pegangan agar memudahkan anak saat menjinjingnya, dan handle tersebut punya fungsi tambahan sebagai stand supaya anak bisa menaruhnya di meja.

2. Memiliki Fitur yang Mengutamakan Kesehatan Anak

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 5

Tidak hanya sekadar menggunakan bahan yang aman bagi anak pada casing dan stylusnya, Huawei Matepad T 10 Kids Edition juga menghadirkan beragam fitur-fitur software penunjang untuk menjaga anak dari hal-hal yang membahayakan.

Salah satunya adalah Blue Light Filter yang berfungsi untu menyaring sinar biru pada layar sehingga tidak akan begitu membuat mata anak kelelahan. Selain itu, terdapat juga fitur Posture Alert yang akan mengingatkan anak untuk mengubah posisi tidur menjadi posisi duduk saat menggunakan tablet.

Karena sebagaimana yang kita tahu, kebiasaan menggunakan gadget sambil tidur itu tidak baik untuk dipiara. Selain itu Posture Alert juga akan mengingatkan pengguna jika mereka menatap layar dengan jarak terlalu dekat ataupun menggunakan tablet sambil berjalan.

Kemudian, Huawei juga menyematkan fitur bernama Bumpy Road Alerts dengan fungsi yang tidak berbeda jauh dengan Posture Alert. Ketika anak menggunakan tablet saat sedang menumpangi mobil, kereta, ataupun pesawat, Bumpy Road Alerts akan mengingatkan anak untuk beristirahat sejenak untuk menghindari motion sickness.

Apabila si kecil ingin membaca konten tulisan di tablet, mereka bisa menggunakan fitur eBook Mode untuk membuat keseluruhan layar menjadi hitam-putih yang lebih nyaman untuk menunjang kegiatan membaca.

Pada saat dicas, ada baiknya perangkat tidak digunakan untuk menghindari resiko yang berkaitan dengan tegangan listrik. Untuk menghindarkan anak dari resiko tersengat listrik, Huawei turut membekali gadget ini dengan fitur Safe Charging Lock sehingga tablet akan terkunci ketika sedang dicas.

Intinya, dengan keberagaman fitur ini, Huawei Matepad T 10 Kids Edition berusahan menciptakan environment yang aman agar orang tua tidak perlu khawatir penggunaan tablet akan membahayakan bagi si buah hati.

3. Performa Chipset yang Cukup Gahar di Kelasnya

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 7

Kendati tablet ini ditujukan untuk anak-anak, bukan berarti Huawei melantarkan sisi performa dalam penggunaan sehari-hari. Huawei Matepad T 10 Kids Edition mengandalkan chipset HiSilicon Kirin 710A yang hadir dengan proses manufaktur 14 nm.

Chipset tersebut merupakan besutan Huawei dan telah diluncurkan sejak Juni 2020, menggunakan konfigurasi octa-core yang mencakup empat buah ARM Cortex A73 pada kecepatan 2 GHz, serta empat buah ARM Cortex A53 pada clock speed 1,7 GHz.

Sebagai kartu pengolah grafisnya, chipset ini membawakan Mali-G51 yang beroperasi pada clock speed 1000 MHz. Tablet ini juga dibekali dengan RAM 2 GB yang terbilang cukup untuk penggunaan tablet sehari-hari. Untuk menampung aplikasi ataupun file-file yang ingin Anda simpan, tersedia memori internal sebesar 32 GB.

Penyimpanan ini bisa di-expand menggunakan kartu memori eksternal dengan dukungan kapasitas hingga 512 GB. Berdasarkan informasi yang didapat dari NanoReview, chipset ini mendapatkan skor benchmark AnTuTu v8 rata-rata sekitar 150 ribuan hingga 170 ribuan. Ini adalah angka performa yang cukup wajar untuk tablet seharga Rp2 jutaan.

4. Fitur Monitoring untuk Melacak Aktivitas Anak

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 9

Tablet merupakan sebuah gadget yang bisa terhubung dengan internet, sehingga orang tua tetap harus hati-hati terhadap apa yang dilakukan anak sekalipun pada tablet kid-friendly seperti Huawei Matepad T 10 Kids Edition.

Untuk memberikan peace of mind kepada orang tua, Huawei pun membekali tablet khusus anak-anak ini dengan fitur-fitur monitoring yang mudah digunakan.

Di tablet ini, Anda akan menemukan fitur Time Management alias manajemen waktu. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan oleh anak, serta menentukan durasi dan frekuensi penggunaan yang Anda izinkan untuk si kecil.

Adapun fitur lainnya merupakan Application Management dan Content Management. Sesuai namanya, fitur-fitur ini berguna untuk mengontrol aplikasi dan foto/video apa saja yang Anda izinkan untuk konsumsi sang buah hati.

Sebagai orang tua, Anda pun berkesempatan untuk melihat data keseluruhan tentang pemakaian tablet pada keseharian anak. Dengan begini, Anda pun tidak perlu mengawasi pemakaian tablet secara berlebih dan bisa lebih tenang saat anak anteng dengan tablet kesukaannya.

5. Kids Corner yang Mengasah Kreativitas Anak

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 11

Dengan menghadirkan stylus atau pena digital yang cocok digunakan anak-anak, Huawei juga turut memberikan fitur secara software yang bisa mendukung kreativitas dan minat bakat anak. Yakni, dengan menyuguhkan Kids Corner yang berisikan kegiatan-kegiatan belajar sambil bermain.

Sekadar catatan, Kids Corner merupakan sebuah platform yang mengizinkan anak untuk mengunduh konten-konten interaktif dalam bentuk video, aplikasi, dan gambar-gambar interaktif yang berfokus untuk mengembangkan kemampuan anak.

Dalam fitur ini juga disediakan ekosistem ramah pengguna dengan desain antarmuka yang menggemaskan, dirancang untuk menarik minat anak agar tidak mudah bosan.

Anak bisa memanfaatkan Recorder Multimedia untuk melatih kemampuan bicara atau bernyanyi mereka, memanfaatkan Kids Painting untuk menulis atau menggambar apapun yang mereka bayangkan, serta mengandalkan fitur kamera untuk mengekspresikan diri.

Sebagai informasi, tablet ini dilengkapi dengan kamera 5 MP dengan bukaan f/2.2 di belakang, serta lensa selfie berkekuatan 2 MP pada bukaan f/2.4.

Kids Corner juga menyediakan fitur agar orang tua dapat menerapkan kata sandi pada aplikasi tertentu. Juga, platform tersebut akan terus berusaha menyesuaikan aplikasi yang cocok digunakan anak seiring mereka tumbuh usia.

6. Orang Tua Bisa Menggunakannya

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 13

Walaupun Huawei Matepad T 10 Kids Edition ini dirancang untuk kebutuhan anak-anak, tidak ada yang melarang orang tua untuk menggunakan tablet ini untuk penggunaan normal.

Ya, Anda tinggal perlu melepaskan case silikonnya dan menggunakan tablet ini untuk aktivitas apapun yang diinginkan, seperti mengedit dokumen dengan aplikasi-aplikasi Microsoft Office, menonton siaran bola di Mola TV, dan masih banyak lagi.

Perangkat ini memang tidak menyuguhkan Google Play Store, akan tetapi Anda tetap bisa menemukan beragam aplikasi untuk meningkatkan fungsionalitas tablet pada kondisi pemakaian normal sebagaimana tablet lain pada umumnya.

7. Ukuran Tablet yang Compact dan Ergonomis

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 15

Huawei Matepad T 10 Kids Edition hadir membawakan layar IPS LCD berukuran 9,7 inci. Layar ini mengusung resolusi 1280 x 800 piksel pada kerapatan 156 ppi. Tablet ini juga menampilkan dukungan warna pada layar sebanyak 16,7 juta warna. Artinya, anak-anak akan menyukai kualitas layar yang menampilkan warna vibrant dan melimpah.

Di ukurannya yang 9,7 inci. anak-anak dan orang tua akan menikmati visibilitas yang cukup terbaca tanpa harus menenteng gadget yang ukurannya terlalu besar. Tablet Huawei yang satu ini memiliki bobot sekitar 421 gram (tablet saja).

Dengan tambahan case yang terbuat dari silikon, anak-anak juga mudah dan nyaman untuk memegangnya. Apalagi mengingat ada tambahan handle yang berfungsi sebagai stand juga, sehingga jika anak-anak mulai pegal karena memegangnya terlalu lama, tablet bisa di-"berdirikan" di atas meja.

Desain ergonomis seperti ini tentunya sangat bisa diapresiasi, memperhitungkan bobot dan kebiasaan pengguna dengan target audiens yang spesifik, membuat Huawei Matepad T 10 Kids Edition menjadi pilihan ideal bagi anak-anak dari berbagai sisi.

Kekurangan Huawei Matepad T 10 Kids Edition

Tentunya sebagai tablet di harga entry level, tablet ini juga punya beberapa kekurangan. Jadi, tentukan sendiri ya apakah kekurangan di bawah jadi kendala untuk Anda atau tidak.

1. Tidak Hadirkan Google Mobile Services

google mobile services huawei nova 7 tanpa

Salah satu yang selalu jadi kekurangan dari perangkat Huawei dan Honor semenjak isu perang dagang di Amerika Serikat, adalah absennya Google Mobile Services.

Hal ini berimbas pada Huawei Matepad T 10 Kids Edition, karena tidak menyuguhkan Google Play Store ataupun aplikasi-aplikasi yang membutuhkan ekosistem GMS seperti YouTube, Google Maps, Gmail, dan sebagainya.

Sebagai gantinya, Huawei memiliki AppGallery yang fungsinya sama seperti Google Play Store, yakni untuk mencari dan mengunduh aplikasi dari berbagai macam jenis dan kebutuhan.

2. Hanya Hadirkan Varian WiFi

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 18

Sudah semestinya sebuah gadget bisa digunakan kendati tanpa koneksi internet WiFi. Tidak seperti sebagian besar tablet yang turut hadirkan versi seluler, rupanya Huawei memilih untuk merilis varian WiFi-only untuk tablet ini. Lebih tepatnya, jaringan yang didukung tablet ini adalah WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz (802.11a/b/g/n/ac).

Anda tidak bisa memasangkan kartu SIM apapun di dalamnya, tidak untuk jaringan LTE maupun 5G. Jadi, pastikan Anda memang berlangganan internet WiFi di rumah. Atau jika tidak berlangganan ISP manapun, Anda pun bisa melakukan tethering dari ponsel.

Sebagai catatan, tablet juga mendukung konektivitas Bluetooth 5.1 yang didukung dengan teknologi Bluetooth Low Energy. Untuk dikoneksikan ke earphone nirkabel maupun untuk bertukar data bisa dilakukan dengan nyaman dan relatif tanpa lag.

3. Hanya Satu Pilihan Warna

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition 20

Ada satu hal yang bisa diketahui dari anak kecil, yakni mereka memiliki preferensi warna yang bermacam-macam. Huawei Matepad T 10 Kids Edition hanya menyuguhkan satu varian warna saja untuk case-nya, yakni DeepSea Blue.

Yakni, perpaduan antara warna biru muda laut sebagai case-nya dan warna hijau pada handle-nya. Warna ini sungguh mencerminkan sisi jenaka yang cocok untuk anak-anak. Akan tetapi, anak perempuan mungkin akan bertanya kepada ibunya, "Kenapa enggak beli yang pink aja?".

Ya, entah mengapa Huawei tidak menawarkan warna yang lebih spesifik terhadap jenis kelamin anak itu sendiri. Ditambah lagi, masih banyak pilihan-pilihan warna jenaka yang bisa dikeluarkan Huawei seperti ungu, coklat, merah, dan sebagainya.

Padahal, dengan hadirkan pilihan warna beragam, kita bisa mengajarkan anak untuk memiliki kesukaan terhadap warna sedari dini sehingga mereka bisa lebih ekspresif dalam memunculkan identitas mereka di hadapan teman-temannya.

Simpulan

Di era yang serba digital ini, mengenalkan teknologi kepada anak mungkin sudah menjadi sebuah keharusan. Selama kita tahu produk yang tepat dan cara untuk mengawasi penggunaannya, kita bisa jadikan gadget sebagai sarana pembelajaran yang efektif.

Huawei Matepad T 10 Kids Edition adalah sebuah bentuk dedikasi Huawei dalam mencerdaskan generasi masa depan. Dengan fitur-fitur interaktif yang tidak membuat khawatir orang tua, baik anak maupun dewasa akan merasakan manfaat yang besar melalui tablet ini.

Ekosistem Kids Corner yang melimpah membuat kita tak perlu lagi mencari metode pembelajaran yang menyenangkan. Semua jenis hiburan seperti puzzle, konten dokumenter yang menarik, pembelajaran abjad dan angka, dan lain sebagainya bisa didapatkan pada tablet Huawei ini.

Untuk harganya, Huawei Matepad T 10 Kids Edition dibanderol dengan harga ritel Rp2.899.000,- saja. Bila Anda memiliki anak berumur 3 tahun ke atas, dijamin tablet ini bisa jadi teman setia yang tidak hanya dapat menghibur, tapi juga mencerdaskan si kecil dan membuatnya semakin kreatif.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram