7 Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Huawei tampaknya sedang on fire, ya akhir-akhir ini. Tidak terbayang seberapa sulit perusahaan raksasa asal Tiongkok ini dalam menjadi nomor satu, terlepas dari "borgol" yang selama ini senantiasa membatasi ruang geraknya.

Tidak diizinkan menggunakan Google Mobil Services seharusnya jadi penghambat laju portofolio Huawei. Namun rupanya tidak, justru kini mereka sampai membuat sistem operasi sendiri bernama HarmonyOS, dan tetap melanglangbuana sebagai salah satu perusahaan gadget paling maju di dunia.

Salah satu perangkat pertama Huawei yang mulai menggerakkan sistem operasi baru mereka adalah Huawei P50 Series dan Huawei MatePad 11, sebuah tablet yang hadirkan antarmuka terpadu untuk produktivitas multitugas yang lebih seamless.

Huawei MatePad 11 juga merupakan salah satu pertanda bahwa Huawei sedang mengambil keputusan bisnis yang berbeda dengan yang selama ini biasa mereka ambil. Ini terlihat pada keputusan untuk gunakan chipset dari Qualcomm alih-alih hanya gunakan SoC besutan Huawei.

Di sisi lain, Huawei juga telah mengeluarkan produk tablet serupa dengan tajuk Huawei MatePad 10.4, dan kami pun tidak dapat menahan diri untuk langsung membandingkannya dengan Huawei MatePad 11 yang sedang naik daun di tahun 2021 ini. Mau ikut menyaksikan perkembangan Huawei pada perbandingan MatePad 10.4 dan 11? Langsung simak saja yang berikut ini, ya.

Spesifikasi Huawei MatePad 10.4

Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Kirin 810
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Huawei MatePad 11

Layar IPS LCD 10.95 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11

Kalau sedang membutuhkan tablet dengan spesifikasi yang unggul di kelas harganya, Huawei MatePad 10.4 dan MatePad 11 adalah dua kontestan yang layak mendapatkan pertimbangan Anda. Berikut adalah poin-poin perbedaan antara dua tablet hebat tersebut.

1. Ukuran dan Resolusi Layar

Huawei MatePad Series hadir pada dua varian layar yang berbeda, yakni 10,4 inci dan 11 inci, atau lebih tepatnya 10,95 inci. Kalau ini sih sudah jelas terlihat dari namanya, ya. Namun yang perlu juga Anda ketahui, kedua tablet MatePad 10.4 dan MatePad 11 ini hadir dengan resolusi yang berbeda.

Pada ukuran 10,4 inci, resolusi yang dihadirkan memang lebih kecil, yaitu 1200 x 2000 piksel. Nah, barulah pada varian MatePad 11, resolusi ini ditingkatkan lagi menjadi WQXGA 2560 x 1600 piksel. Tentunya, guna menghadirkan tampilan layar lebih tajam sekalipun pada layar yang lebih luas.

Pun pada tingkat kerapatan pikselnya, Huawei MatePad 11 lebih tinggi di kisaran 275 ppi ketimbang MatePad 10,4 yang sebesar 224 ppi saja.

Kedua layar ini sama-sama menghadirkan gamut warna DCI-P3 yang menjadi standar kelayakan layar di bioskop. Jadi, pastinya Anda akan merasakan tampilan warna yang natural dan akurat, menampilkan sebanyak 16,7 juta warna.

Sayangnya, kedua tablet memang hanya dibekali IPS LCD alih-alih OLED. Namun, kami sih masih menganggap kedua layar tetap layak, mengingat resolusinya yang tajam dengan tampilan warna yang memukau.

Masing-masing tablet juga telah tersertifikasi TÜV Rheinland Eye Comfort Certification agar menampilkan intensitas cahaya sinar biru yang lebih rendah, demi kenyamanan dan kesehatan mata pengguna. Anda hanya perlu mengaktifkan mode kenyamanan mata pada tablet.

2. Dukungan Jaringan Seluler 4G

Penggunaan tablet memang tidak seintens smartphone. Untuk itu, vendor pun seringkali mengeluarkan varian WiFi-only pada tablet besutannya. Dalam hal ini, Huawei MatePad 10,4 tersedia pada opsi LTE dan juga WiFi. Hanya saja, jika menilik dari laman spesifikasi resminya, varian yang datang ke Indonesia adalah BAH3-W09 (WiFi-only).

Artinya, Anda memang tidak dapat memasukkan kartu SIM ke dalam tablet ini. Namun jika Anda berniat membeli varian BAH3-AL00 yang mendukung LTE, tampaknya perlu beli dari marketplace luar negeri. Kemudian saat barangnya tiba, Anda pun bisa mendaftarkan IMEI ke bea cukai agar tidak diblokir.

Bagaimana dengan Huawei MatePad 11? Well, memang tidak ada opsi lain selain mendapatkan varian yang WiFi-only. Pasalnya, varian 11 inci tersebut memang tidak menyediakan dukungan terhadap LTE sama sekali pada setiap model yang dipasarkan.

3. EMUI 10 vs. HarmonyOS 2.0

Huawei MatePad 10,4 hadir di pasaran pada tahun 2020, sehingga sistem operasi yang dihadirkan pada tablet tersebut adalah EMUI 10 berbasiskan Android 10.

Karena isu perdagangan dengan Amerika Serikat, EMUI 10 ini tidak disertai dengan Google Mobile Services dan pengguna pun tidak akan dapat menggunakan aplikasi Google seperti Maps, YouTube, Gmail, dan sebagainya.

Sejak isu ini pula, Huawei pun mulai mendedikasikan dirinya untuk membuat sistem operasi sendiri agar pengguna produk Huawei bisa merasakan ekosistem yang lebih terpadu. Nah, sistem operasi tersebut kini telah hadir dengan nama HarmonyOS yang diklaim bekerja lebih cepat dibanding Android.

Huawei MatePad 11 adalah salah satu tablet pertama yang kebagian HarmonyOS ini, menawarkan ekosistem yang bersinergi dengan aksesoris-aksesoris Huawei lainnya seperti TV (Huawei Vision S), speaker, earphone, dan sebagainya.

Sisi antarmuka HarmonyOS juga tidak berbeda jauh dengan EMUI, sehingga pengguna pun tidak perlu khawatir harus membiasakan diri pada sistem operasi baru. Namun, tetap ada beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui. Contohnya, HarmonyOS tidak menyediakan akses root seperti Android demi menjaga stabilitas sistem.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram