Carisinyal / Huawei 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 10.4

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 10.4

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Huawei MatePad 10.4 adalah tablet mid-range Huawei yang dijual cukup terjangkau. Tablet ini hadir dalam dua model, yaitu LTE dan WiFi. Namun yang tersedia di pasar Indonesia hanya model WiFi saja.

Jika Anda berencana untuk membeli tablet ini, Anda mungkin tertarik untuk membaca ulasan singkat kami mengenai kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad 10.4. Sebelumnya cek dulu spesifikasi tabletnya di bawah ini.

Spesifikasi Huawei MatePad 10.4

  • Rilis: Juli 2020 (Indonesia)
  • Layar: IPS LCD 10,4 inci
  • Chipset: Kirin 810
  • GPU: Mali-G52 MP6
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 512 GB
  • Kamera Belakang:  8 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 7250 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Huawei MatePad 10.4

Berikut adalah beberapa kelebihan Huawei MatePad 10.4 menurut pratinjau kami.

1. Performa yang Bertenaga

Jika dibandingkan dengan beberapa produk kompetitor, Huawei MatePad 10.4 terbilang unggul dari segi dapur pacu. Tablet ini mengandalkan chipset Kirin 810 berpabrikasi 7 nm yang dikombinasikan dengan RAM 4 GB. Dengan harga jual di angka empat jutaan, kami rasa rasio performa-ke-harga tablet ini lumayan bagus.

Hanya saja memori penyimpanan tablet ini masih eMMC 5.1 yang memang masih umum di perangkat kelas menengah ke bawah. Untuk multitugas dan produktivitas ringan sehari-hari, Huawei MatePad 10.4 dapat diandalkan dengan baik. Bahkan Anda bisa menjalankan sejumlah game populer tanpa banyak kendala.

2. Daya Tahan Baterai yang Bisa Diandalkan

Keunggulan lain dari Huawei MatePad 10.4 adalah baterai berkapasitas besar. Huawei mengklaim kalau daya tahan baterainya dapat mendukung hingga 12 jam menonton video atau 7 jam bermain game 3D dalam satu pengisian daya tunggal. Ini tentunya nilai yang sangat bagus, terutama ketika tablet ini digunakan sebagai media belajar oleh pelajar atau mahasiswa.

Sebenarnya baterai Huawei MatePad 10.4 mendukung pengisian cepat 18W yang cukup bisa diandalkan. Namun Anda hanya akan mendapatkan pengisi daya 10W dalam paket penjualan. Ini artinya Anda membutuhkan waktu setidaknya 3,8 jam untuk mengisi ulang daya perangkat dari kosong hingga penuh.

3. Speaker yang Menggelegar

Anda patut mempertimbangan kualitas speaker sebelum membeli sebuah tablet. Ini karena speaker yang bagus memberi Anda keuntungan saat menggunakan tablet untuk produktivitas maupun hiburan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan sistem mikrofonnya, apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Di sini, Huawei MatePad 10.4 hadir dengan setelan speaker dari Harman Kardon yang dikenal berkualitas tinggi. Tablet ini dilengkapi dengan quad-speaker dan sistem suara quad-channel yang mampu mengeluarkan suara yang keras dan jernih. Sementara itu, sistem 4-mikrofonnya yang canggih mendeteksi suara Anda dengan fitur pengurangan kebisingan yang memastikan pertukaran yang lancar.

4. Tampilan yang Bagus

Untuk ukuran sebuah tablet di kelasnya, kualitas tampilan Huawei MatePad 10.4 terbilang bagus. Tablet ini menampilkan layar IPS 2K 10 inci yang menawarkan reproduksi warna yang lebih baik dari layar OLED. Dengan kecerahan maksimum 470 nit, tampilan Huawei MatePad 10.4 menawarkan visibilitas yang bagus di dalam ruangan.

Untuk menjaga kesehatan mata Anda serta memberikan kenyamanan saat sesi membaca yang panjang, layar Huawei MatePad 10.4 juga sudah Bersertifikat TÜV Rheinland Low Blue Light. Tampilan ini mengurangi cahaya biru yang berbahaya, serta memiliki fungsi sebagai pengingat mengenai posisi duduk Anda dan jarak pandang untuk mencegah ketidaknyamanan Anda.

5. Desain Menawan

Untuk sebuah tablet 10 inci yang terjangkau, kami rasa desain Huawei MatePad 10.4 ini menawan dan ergonomis. Bobotnya yang tidak terlalu berat membuat tablet ini nyaman digenggam. Anda hanya bisa memilih satu varian warna saja di Indonesia, yaitu Midnight Grey yang menawarkan tekstur matte yang membuat sidik jari tidak terlihat serta membantu telapak tangan memegang perangkat dengan erat.

6. Fitur Pendukung yang Berguna

Huawei menyematkan beberapa fitur perangkat lunak yang berguna ke dalam Huawei MatePad 10.4, salah satunya adalah Multi-Window yang inovatif. Multi-Window memungkinkan Anda untuk melakukan multitugas yang efisien untuk kegiatan kerja, bermain, maupun belajar. Ini jelas lebih berguna dan membantu dibandingkan dengan beralih antar aplikasi untuk melakukan sesuatu.

Kekurangan Huawei MatePad 10.4

Kami juga menemukan beberapa kekurangan Huawei MatePad 10.4 yang mungkin cukup diperhitungkan oleh sebagian orang sebelum membeli produk ini.

1. Tidak Mendukung Layanan Google

Sebenarnya Huawei bisa saja menggunakan chipset Kirin 710 untuk tabletnya ini agar dapat menggunakan layanan Google. Mungkin karena faktor usia, Huawei lebih memilih Kirin 810 yang lebih powerful namun minus Google. Jadi, yang Anda dapatkan dengan membeli tablet ini adalah performa yang bagus tapi dengan keseruan dan produktivitas yang berkurang karena Anda tidak dapat menikmati berbagai layanan Google dan ekosistem aplikasi yang besar di dalamnya.

Kurangnya dukungan DRM (Digital Right Management) yang layak juga mungkin bisa Anda rasakan saat menggunakan tablet ini. Sebagai contoh, kualitas video Netflix yang Anda jalankan bisa stuck di SD yang mana kurang enak dilihat di tampilan tablet yang luas. Selain itu, jika Anda hendak memainkan game-game yang mengandalkan Google Play, Anda mungkin mengalami masalah saat menjalankannya.

2. Tidak Memiliki Jack Audio

Bagi sebuah tablet, absennya jack audio mungkin bukan masalah besar karena pengguna mungkin lebih membutuhkannya di ponsel. Namun, hilangnya elemen ini tetap saja menjadi sebuah kekurangan Huawei MatePad 10.4 yang notabene bukan sebuah tablet flagship. Pengguna yang belum terbiasa dengan audio nirkabel mungkin cukup kecewa dengan hal ini.

3. Pengisian Daya Lama

Seperti yang sudah dibahas di atas, Huawei MatePad 10.4 hanya datang dengan pengisi daya 10W. Ini artinya Anda harus mengeluarkan biaya lagi jika menginginkan pengisi daya mendukung yang lebih cepat. Jika Anda baik-baik saja dengan hal ini, Anda harus mencari waktu yang tepat untuk mengisi daya perangkat dari kosong hingga penuh yang membutuhkan waktu hampir 4 jam.

4. Aksesoris Pendukung Resmi Cukup Mahal

Ini memang tidak termasuk kekurangan internal perangkat. Namun, sebagian pengguna mungkin mengeluhkan biaya yang tinggi untuk mendapatkan sebuah M Pencil yang dijual di angka Rp 1 jutaan. Bahkan jika ingin melengkapinya dengan MatePad Keyboard, dana sekitar Rp 2 jutaan harus disiapkan untuk mendapatkan keduanya. Selain itu, aksesoris pihak ketiga yang mendukung juga masih terbatas, sehingga Anda tidak memiliki banyak pilihan.

Simpulan


Secara keseluruhan, Huawei MatePad 10.4 adalah salah satu tablet Android terbaik di kelasnya. Tablet ini unggul secara performa dan harga jual, bahkan sulit untuk ditandingi produk kompetitor. Akan tetapi, absennya layanan Google membuat jalan tablet ini untuk berkompetisi cukup terjal.

Jika Anda sangat mengandalkan layanan Google untuk bekerja, maka Huawei MatePad 10.4 bukan pilihan yang tepat untuk menjadi partner kerja Anda. Namun, tablet ini dapat diandalkan dengan baik sebagai media hiburan atau belajar.

Kami akan sangat merekomendasikan Huawei MatePad 10.4 sebagai tablet Android terbaik jika ia mendukung layanan Google. Jika ini bukan masalah bagi Anda, tablet ini sangat worth it untuk Anda dapatkan. Namun jika Anda menginginkan pengalaman pengguna yang lebih baik, Anda dapat membeli produk lain di kelas yang sama, namun Anda mungkin tidak mendapatkan performa yang hebat seperti MatePad 10.4 ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *