carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei nova 9!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Tidak butuh waktu lama bagi Huawei untuk mengeluarkan generasi penerus dari Huawei nova 8 series. Jika dilihat dari GSM Arena, Huawei nova 8 diluncurkan pada Agustus 2021 dan Huawei nova 9 memiliki waktu rilis sebulan setelahnya yakni September 2021. Di Indonesia sendiri, Huawei nova 9 meluncur pada akhir 2021.

Ponsel besutan Huawei pastinya mendapatkan berbagai fitur-fitur dan spesifikasi unggulan untuk menjawab permintaan konsumen akan layar yang memukau serta dapur pacu yang siap dipakai bermain game seharian.

Peningkatan pun kian diberikan dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga tidak sedikit penggiat gawai yang penasaran dengan seluk beluk Huawei nova 9 yang berada di kelas harga upper mid-range ini. Apa sajakah yang membuat HP ini layak diminati? Simak pada kelebihan dan kekurangan Huawei nova 9 berikut ini!

Spesifikasi Huawei nova 9

huawei nova 9
Layar OLED 6.57 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (depth) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Huawei nova 9

Dilihat sekilas dari spesifikasinya di atas, tidak ada yang bisa mengelak kalau Huawei nova 9 merupakan salah satu gadget dengan value yang begitu tinggi. Berikut ini kami sajikan beberapa poin kelebihan Huawei nova 9.

1. Salah Satu HP Teringan di Kelasnya

Huawei nova 9

Banyak produsen smartphone yang terfokus pada performa dan baterai, sehingga terkadang lupa kalau kenyamanan pengguna juga tetap saja perlu diperhatikan. Inilah yang membuat Huawei nova 9 terasa istimewa karena menyuguhkan bobot yang ringan dan bodi yang ringkas yang membuatnya enak digenggam pakai satu tangan.

Diketahui, smartphone ini hadirkan bobot 175 gram saja dengan dimensi bodi 160 x 73.7 x 7.8 mm. Huawei nova 9 dijamin akan begitu terasa hampang saat Anda menggunakannya dalam waktu lama sekalipun. Tampaknya HP ini begitu terdengar menggiurkan dibandingkan realme GT 5G yang punya bobot 203 gram.

2. Tampilan Layar yang Sangat Memukau

Layar Huawei nova 9

Saat melihat bentukan desain HP ini, kami rasa semua langsung dapat menilai kalau Huawei nova 9 menawarkan layar yang begitu memanjakan mata. Ia sudah hadirkan panel layar terkini yaitu OLED, sehingga jumlah warna yang ditampilkan pun begitu vibrant dan melimpah ruah.

Adapun dimensi layar yang diusungnya adalah 6,57 inci yang berjalan pada resolusi Full HD+ alias 1080 x 2340 piksel. Layar Huawei nova 9 ini juga menyuguhkan aspek rasio 19,5:9 dengan kerapatan piksel 392 ppi.

Fitur istimewa yang dibekali pada layarnya mencakup sertifikasi HDR10 untuk meningkatkan kontras warna pada konten-konten YouTube atau Netflix. Ponsel besutan perusahaan Tiongkok ini juga memiliki layar yang mendukung gamut warna DCI-P3 100% dengan delta E di bawah 1, mampu menampilkan hingga 1,07 miliar warna.

Sebagai tambahannya, layar dilengkapi dengan refresh rate adaptif yang dapat menyesuaikan diri secara otomatis berdasarkan kegiatan yang dilakukan, dengan rentang antara 60 Hz hingga 120 Hz. Hal ini guna menghindari pemborosan baterai yang tidak perlu.

Jika Anda penasaran dengan tingkat kecerahannya, layar Huawei nova 9 ini terbilang cukup standar. Dilansir dari GSM Arena, layar perangkat ini bisa mencapai max brightness hingga 608 nit saat mode Auto diaktifkan. Namun saat kecerahannya dimaksimalkan secara manual, layar mencapai 433 nit.

Tingkat kecerahan ini sayangnya bukanlah yang terbaik, karena masih ada realme GT yang hadirkan brightness 650 nit (Auto) dan Xiaomi 11T dengan kecerahan 798 nit (Auto). Akan tetapi, GSM Arena menambahkan kalau layar Huawei nova 9 masih terlihat layak meski di bawah terik matahari.

Semua hal tentang layar Huawei nova 9 ini sungguh mencirikan smartphone flagship sejati, meskipun harganya mengkategorikan dirinya sebagai ponsel mid-range. Pengguna bahkan diberikan responsivitas tingkat tinggi dengan touch sampling rate 300 Hz untuk aktivitas gaming yang lebih menyenangkan.

Jika Anda butuh ponsel di harga menengah yang mampu berikan pengalaman layar sejati, entah untuk sekadar content consumption ataupun aktivitas kreasi konten profesional, Huawei nova 9 adalah pilihan yang tepat.

3. Performa Chipset yang Kuat

snapdragon 778g

Jumlah mobile gamer di seluruh dunia kian bertambah, semakin meningkatkan permintaan atas smartphone dengan kinerja yang memadai. Bahkan walau bukan untuk bermain game, performa chipset akan berpengaruh pada kualitas hasil foto, kemampuan dalam membuka banyak aplikasi, serta menjalankan hal-hal kreatif seperti pengeditan gambar dan video.

Huawei nova 9 termasuk pada jajaran smartphone kelas menengah yang bisa mewujudkan hal-hal tadi. Dengan mengandalkan Qualcomm Snapdragon 778G sebagai dapur pacu pilihannya, game seberat apapun dijamin bisa berjalan dengan lancar jaya walau pada pengaturan tertinggi sekalipun.

Sebagai informasi, Snapdragon 778G ini memiliki konfigurasi octa-core yang mencakup satu unit prima Kryo 670 Prime (berbasiskan Cortex A78) yang berlari pada frekuensi 2.4 GHz, tiga unit berperforma Kryo 670 Gold (berbasiskan A78) berkekuatan 2.4 GHz, serta empat unit hemat daya Kryo 670 Prime (berbasiskan Cortex A55) pada kekuatan 1.8 GHz.

Untuk dapat menjalankan game bergrafis 3D dengan baik, chipset juga dikemas dengan GPU berupa Adreno 642L. Adapun RAM LPDDR4X yang mendampinginya adalah 8 GB dengan memori internal berkapasitas 256 GB.

Penasaran dengan performanya saat bermain game? Sebuah video YouTube PokdeDotNet telah mengujikan ponsel ini pada game-game berat seperti Genshin Impact, PUBG M, Mobile Legends, serta COD Mobile.

Hasilnya, seluruh game ini berhasil dijalankan walau dengan pengaturan grafis mentok kanan. Khusus untuk PUBG M, pengaturan paling tinggi yang tersedia adalah HDR (grafis) dan Ultra (frame rate).

4. Kemampuan Fast Charging yang Unggul

fast charging Huawei nova 9

Huawei nova 9 boleh jadi hanya dibekali dengan kapasitas baterai 4300 mAh, masih di bawah kedua pesaingnya di harga yang sama yakni realme GT 5G (4500 mAh) dan Xiaomi 11T (5000 mAh). Meskipun bukan yang terbaik di kelasnya, Huawei nova 9 tetap menawarkan ketahanan baterai yang tidak jauh berbeda.

Menurut pengujian GSM Arena, Huawei nova 9 mendapatkan endurance rating sebesar 96 jam, hanya sedikit di bawah Xiaomi 11T dan realme GT 5G yang mendapatkan endurance rating sbesar 98 jam. Dengan kata lain, Huawei nova 9 dinilai punya ketahanan baterai yang layak di kelas menengah.

Yang membuat Huawei nova 9 terlihat mengesankan sebenarnya bukan pada ketahanan baterai, melainkan pada kemampuan pengisian dayanya. Ia ditopang dengan fast charging 66W yang diklaim mampu mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 38 menit.

Kendati begitu, klaim ini tidak terlalu sesuai dengan aslinya jika kita menilik oleh pengujian yang dilakukan GSM Arena. Saat dicas selama 30 menit, perangkat ini mencapai kondisi daya 61%. Masih di bawah Xiaomi 11T (67W) dan realme GT 5G (65W) yang meraih baterai 86% dan 87%.

Kemudian saat dilanjutkan sampai terisi penuh, Huawei nova 9 tercatat membutuhkan waktu sekitar 54 menit alias nyaris sejam. Padahal, Xiaomi 11T hanya butuh waktu 41 menit dan realme GT 5G yang hadir dengan daya pengisian yang lebih rendah justru malah lebih unggul pada durasi 39 menit saja.

Meski Huawei nova 9 bukan yang terbaik di antara pesaingnya dalam hal pengisian baterai, tetap saja layak diapresiasi HP ini hanya butuh kurang dari 1 jam untuk terisi hingga penuh.

5. Desain Bodi yang Unik dan Catchy

huawei nova 9 starry blue

Siapa pun tidak dapat menyangkal kalau Huawei nova 9 hadir dengan bodi berpenampilan menarik. Smartphone ini menggunakan desain layar melengkung yang membuatnya tampak seperti ponsel flagship.

Di luar itu, bagian belakangnya juga benar-benar terlihat mirip seperti Huawei P50 Pro dengan modul kamera rounded edge yang membuatnya terlihat memiliki dua lensa besar. Ini sungguh membuatnya terlihat berbeda dari kebanyakan ponsel pesaing.

Lensa utama berkekuatan 50 MP miliknya diselimuti pada sebuah lingkaran dengan border bertekstur logam, dan ketiga lensa lainnya berada di dalam lingkaran kedua. Sementara itu, ponsel yang bagian depan dan belakangnya terbuat dari bahan kaca ini juga menampilkan logo Huawei nova di bagian bawah pada bodi belakang.

Sementara untuk bagian warnanya, setidaknya tersedia empat varian yang bisa Anda pilih yakni Starry Blue, Black, Green, dan Violet.

6. Kamera Depan Beresolusi Tinggi

kamera depan huawei nova 9

Huawei nova 9 dibekali dengan kamera depan dengan resolusi yang cukup tinggi yakni 32 MP. Bukan itu saja, kamera yang tawarkan apertur lensa sebesar f/2.0 ini juga mampu mereka hingga resolusi 4K. Dengan kata lain, Huawei nova 7 termasuk pada salah satu HP kelas menengah terbaik yang cocok untuk kebutuhan vlogging.

Dengan hasilkan video beresolusi lebih tinggi, Anda bisa lebih leluasa melakukan pengeditan ataupun menampilkannya pada TV berukuran lebar. Jika Anda sedang berada di situasi spontan yang membutuhkan banyak bergerak, fitur gyro EIS pada kamera depan akan membantu video agar tetap stabil alias tidak banyak goyang.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena, Huawei nova 9 puya kemampuan selfie yang cukup baik pada pemotretan foto. Hasil gambarnya terlihat cukup tajam denga kondisi rentang dinamis yang lebar, pencahayaan yang cukup pada bagian wajah serta warna-warna yang terbilang cukup natural. Malahan, rentang dinamisnya tetap terlihat bagus walau tanpa mengaktifkan mode HDR.

Kekurangan Huawei nova 9

Huawei adalah salah satu produsen smartphone terbesar di dunia. Akan tetapi, ada faktor eksternal yang membuat Huawei nova 9 tidak dapat meraih kondisi maksimal seperti yang ditawarkan para pesaingnya. Inilah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli Huawei nova 9.

1. Tanpa Google Mobile Services

google mobile services huawei nova 7 tanpa

Pada dasarnya, Huawei nova 9 memiliki dua varian berdasarkan wilayah pemasarannya, yakni versi Tiongkok yang menggunakan sistem operasi HarmonyOS 2.0, dan versi Eropa yang menggunakan versi EMUI 12. Kebetulan, varian yang dirilis di Indonesia sama dengan varian Eropa yang menggunakan EMUI 12 berbasiskan Android 11.

Walau menggunakan Android 11 yang merupakan besutan Google, nyatanya Huawei nova 9 tidak dihadirkan dengan Google Mobile Services yang menjadi persyaratan beberapa aplikasi Google agar dapat digunakan pada perangkat.

Alhasil pengguna pun tidak dapat menginstal aplikasi-aplikasi yang umumnya ditemukan pada HP Android, seperti Google Maps, Gmail, YouTube, dan lain sebagainya. Sebagai gantinya, Huawei menawarkan AppGallery sebagai sarana penyedia aplikasi lain.

Masalahnya, beberapa fitur pada aplikasi tertentu tetap tidak dapat berfungsi tanpa kehadiran GMS. Contohnya saja seperti Telegram. Mayoritas fitur pada aplikasi messenger tersebut bekerja dengan baik. Namun, Anda tidak dapat mencari dan membagikan lokasi GPS. Pasalnya, mengakses fitur layanan Location membutuhkan keberadaan Google Mobile Services.

2. Kualitas Hasil Foto Tergolong Biasa Saja

kamera belakang huawei nova 9

Kendati ia hadir dengan desain modul kamera yang begitu unik dan menarik perhatian, hasil foto Huawei nova 9 tidak begitu menonjol. Dilansir dari GSM Arena, sensor utama berkekuatan 50 MP yang dimiliki smartphone ini adalah Sony IMX766, dengan ukuran sensor 1/1.56 inci dengan bukaan f/1.9.

Adapun ketiga lensa pendampingnya mencakup sensor ultrawide 8 MP dengan bukaan lensa f/2.2, serta dua kamera 2 MP dengan fungsi depth dan makro yang memiliki bukaan diafragma f/2.4.

Cukup sayang, tidak tersedia lensa telefoto pada HP ini. Padahal, lensa makro dan depth sebenarnya tidak begitu diperlukan dan seharusnya bisa diganti dengan lensa telefoto untuk menangkap subjek yang jauh tanpa kehilangan kualitas. Jika memang butuh HP 6 jutaan dengan lensa telefoto, kami rekomendasikan Samsung Galaxy A72.

Kemampuan kamera tersebut tentu dikemas dengan dukungan perekaman video pada resolusi 4K, 1080p, dan 720p. Tersedia juga penstabilan gyro EIS agar hasil video yang ditangkap tetap stabil sekalipun pengguna sambil berjalan ataupun memiliki tangan yang suka gemeteran.

Situs GSM Arena menyebutkan kalau hasil foto Huawei nova 9 tidak begitu kompetitif di kelas harganya. Terlebih jika kita menilik kedua pesaingnya, yakni Xiaomi 11T yang pakai lensa utama 108 MP dan realme GT 5G dengan kamera 64 MP.

Walau kalah saing, ia juga menuturkan kalau hasil foto perangkat ini masih terbilang layak. Sementara untuk bagian software-nya, HP ini memiliki kurang lebih semua mode pemotretan yang sudah sering umum pada ponsel kebanyakan seperti Pro Mode, mode potret, mode makro, slow motion, panorama, dan masih banyak lagi.

Jika penasaran dengan sampel hasil fotonya, berikut kami sajikan contoh-contoh hasil foto Huawei nova 9 dari beragam sumber.

Hasil foto Huawei nova 9 di siang hariSumber: GSM Arena
Main Camera
Hasil kamera ultrawide Huawei nova 9Sumber: YouTube/EMKWAN REVIEWS
Ultrawide
Perbandingan kamera makro Huawei nova 9 dengan Samsung Galaxy A72Sumber: YouTube/Unbox PH
Perbandingan foto close-up (makro)

3. Hanya Memiliki Mono Speaker

huawei nova 9 featured image_

Entah apa yang membuat Huawei memutuskan untuk tidak menghadirkan stereo speaker pada perangkat ini. Pasalnya, keberadaan speaker ganda akan meningkatkan kualitas audio saat pengguna sedang tidak membawa earphone, meningkatkan pengalaman menonton film agar lebih imersif dan menghanyutkan.

Namun apa daya, nyatanya hanya tersedia mono speaker saja pada Huawei nova 9 ini. Padahal, begitu banyak ponsel di rentang harga di bawahnya yang sudah membawakan stereo speaker, sebut saja Redmi 9T, Redmi Note 10, dan POCO X3 Pro. Sebagai catatan, Xiaomi 11T dan realme GT 5G juga turut menghadirkan stereo speaker.

GSM Arena sendiri menyebutkan bahwa suara yang dihasilkan speaker ini terbilang cukup keras. Meski begitu, kapabilitasnya tentu lebih terbatas dan membuatnya condong ke terdengar datar dibandingkan ponsel-ponsel lain yang sudah menawarkan stereo speaker. Adapun Loudness Score yang dimiliki Huawei nova 9 adalah -28.3 LUFS.

4. Tidak Mendukung Jaringan 5G

huawei nova 9 tanpa 5g

Tahukah Anda? Meskipun begitu banyak ponsel di rentang harga entry level dan menengah yang sudah mengantongi jaringan 5G, rupanya Huawei nova 9 hanya dibekali dengan kemampuan 4G saja. Ini dikarenakan Amerika Serikat yang menuding Huawei bekerja sama dengan pemerintah China untuk memata-matai negara lain.

Beberapa negara pun telah melakukan pemblokiran jaringan 5G terhadap perangkat Huawei, sebut saja Inggris, Swedia, Jepang, dan Australia. Huawei nova 9 hanya mendukung Dual SIM VoLTE yang memungkinkan pengguna menggunakan 4G pada kedua kartu SIM secara bersamaan.

Adapun beberapa fitur konektivitasnya yang turut hadir seperti Bluetooth 5.2 WiFi 6, NFC, dan USB Type-C 2.0 yang turut mendukung antarmua USB on-the-go.

5. Tanpa Perlindungan Gorilla Glass dan IP Rating

tanpa-gorilla-glass

Bagian bodi depan dan belakang perangkat dibuat dengan bahan material kaca, namun bingkainya terbuat dari plastik. Pihak Huawei tidak menyebutkan apakah ada semacam lapisan pelindung atau tidak. sehingga tampaknya Huawei nova 9 memang tidak dibekali dengan kaca pelindung apapun.

Ini pun mengharuskan pengguna untuk meluangkan sedikit lebih banyak uang dan waktu untuk membeli dan memasangkan tempered glass. Padahal, tanpa adanya Gorilla Glass, Huawei nova 9 sungguh terlihat kalah saing dibandingkan Xiaomi 11T dengan Gorilla Glass Victus.

Bukan itu saja, perangkat ini juga tidak memiliki IP Rating sama sekali untuk menjaganya dari kerusakan akibat debu dan air. Memang, IP68 (mampu bertahan di kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit) umumnya hanya dimiliki oleh ponsel flagship. Namun, ponsel kelas menengah setidaknya perlu memiliki minimal IP53 agar tahan terhadap percikan air, contohnya seperti pada Xiaomi 11T.

Simpulan

Huawei nova 9 yang hadir di pasar Tanah Air adalah varian yang sama dengan versi Eropa. Itu mengapa, Anda tidak akan merasakan sistem operasi HarmonyOS 2.0 di HP ini. Walau ia terkesan kalah asing dengan beberapa pesaingnya, namun smartphone besutan perusahaan Tiongkok ini hadir dengan kemampuan yang baik dari segi dapur pacu, layar, serta kemampuan fast charging-nya.

Dilansir dari Nextren, Huawei nova 9 memiliki banderol harga 499 euro di benua Eropa, atau sekitar Rp8 jutaan. Harga ini mungkin akan sedikit membaut Anda melongo. Namun tenang saja, kemungkinan harga versi Eropa tidak akan sama dengan harga rilis di Indonesia secara resmi.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram