carisinyal web banner retina

Menyambut HUAWEI nova 9, Ketika "Sang Raksasa" Belum Menyerah

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 25 November 2021

Menyebut HUAWEI sebagai raksasa memang berlebihan. Namun, harus diakui, HUAWEI adalah perusahaan besar. Bisnisnya fokus pada teknologi, baik produksi gadget maupun infrastruktur dan jaringan. Perusahaan ini begitu diperhitungkan, sampai-sampai pihak pemerintah Amerika melakukan tindakan dengan memasukan HUAWEI ke daftar hitam karena dicurigai punya teknologi mata-mata.

Kebijakan itu meruntuhkan bisnis HUAWEI, setidaknya untuk pasar global. Pasalnya, mereka tidak bisa lagi hadirkan layanan Google di ponsel Android mereka. HUAWEI juga dilarang menggunakan jaringan 5G untuk produk mereka, setidaknya saat artikel ini dibuat.

Di Tiongkok, HUAWEI tidak terganggu, karena di tempat tersebut, layanan Google hampir jarang digunakan. Namun, pasar global yang tak lagi bertaji jelas jadi pukulan besar. Efeknya, HUAWEI, termasuk di Indonesia, lebih fokus hadirkan laptop HUAWEI dengan sistem operasi Windows.

Tercatat, sampai akhir 2021, HUAWEI sudah hadirkan 8 laptop ke pasar Indonesia. Namun, untuk ponsel, mereka seakan tidak fokus. Terbukti, pihak HUAWEI Indoensia tidak membawa resmi HUAWEI P50 yang sering jadi "jagoan" mereka untuk merebut ponsel kelas atas.

Namun, HUAWEI belum menyerah. Sang raksasa ternyata masih hadirkan ponsel untuk pasar Indonesia. Setidaknya dengan kehadiran HUAWEI Nova 9. Memang bukan ponsel kelas atas. Namun, ponsel ini hadirkan keunggulan yang menarik untuk sebuah ponsel di kelas menengah.

“HUAWEI nova 9 merupakan smartphone kelas menengah unggulan Huawei yang hadir dengan kamera kelas flagship beserta sensor kamera yang serupa dengan smartphone P series milik Huawei. Kami memahami bahwa generasi muda adalah generasi yang selalu berusaha untuk mengekspresikan dirinya melalui foto maupun video, dan untuk membantu mereka menangkap momen terbaiknya, kami menghadirkan HUAWEI nova 9 yang menawarkan kamera unggulan dengan harga menengah yang dilengkapi dengan performa premium,”


Begitu kira-kira yang diucapkan Patrick Ru, Country Head Huawei CBG Indonesia saat acara Round Table HUAWEI nova 9 pada 24 November 2021. Hal ini berarti, HUAWEI mencoba menghadirkan smartphone harga kelas menengah tetapi dengan fitur yang sedikir menyerupai ponsl kelas atas mereka, contohnya seri P.

HUAWEI nova 9 Hadirkan Kemampuan Kamera Kelas Flagship

HUAWEI nova 9

Seperti yang sudah disebutkan, HUAWEI nova 9 hadirkan kemampuan kamera kelas atas. Mereka hadirkan hal tersebut lewat sistem empat kamera belakang dengan bentuk bumper kamera yang unik. Huawei menyebutnya sebagai Ultra Vision AI Quad Camera.

Sistem kamera di ponsel tersebut hadirkan kamera utama 50MP Ultra Vision RYYB color filter array, kamera 8MP Ultra Wide-Angle, kamera Depth 2MP dan kamera Macro 4cm. Berkat susunan kamera tersebut pengguna lebih mudah dalam menghasilkan kualitas foto dan video kelas profesional.

HUAWEI nova 9 juga memiliki kamera selfie 32 MP dengan resolusi 4K dengan berbagai fitur menarik untuk perekaman video sehingga sangat cocok bagi generasi muda yang ingin merekam vlog dengan kualitas tinggi.

Dengan konfigurasi kamera dan optimasi hardware, kamera HUAWEI nova 9 ini dapat menangkap foto berkualitas tinggi. Bahkan, foto dengan kondisi pencahayaan yang rendah pun dapat diproses menjadi kualitas foto yang baik.

HUAWEI juga mengklaim jika HUAWEI nova 9 adalah perangkat yang cocok bagi para pemula yang ingin menangkap foto dan video dengan mudah. Mereka tidak perlu punya keahlian khusus dalam fotografi untuk menghasilkan hasil foto dan video yang baik.

Desain dan Performa Tetap Jadi Nilai Jual

huawei nova 9 starry blue

Bukan hanya kamera, HUAWEI nova 9 juga hadir dengan desain dan performa yang tetap jadi nilai jual. Desain dalam hal ini adalah tampilan ponsel ini yang sangat premium. Boleh dibilang, bagian belakang ponsel ini benar-benar terlihat mirip seperti Huawei P50 Pro (yang sayangnya tidak masuk Indonesia).

Bagian mirip tersebut terletak pada modul kamera rounded edge yang membuatnya terlihat memiliki dua lensa besar. Ini sungguh membuatnya terlihat berbeda dari kebanyakan ponsel pesaing. Desainnya diberi corak sedikit lengkungan di sisi depan maupun belakang bodi. Tujuannya jelas agar ponsel terasa lebih nyaman di tangan.

HUAWEI nova 9 juga menggunakan 6.57-inch 120Hz Original-Colour Curved Display dan baterai sebesar 4.300mAh dengan HUAWEI SuperCharge 66W. Dengan Ultra-Thin Design 7.77mm dan berat sekitar 175g, Smartphone ini juga didukung oleh Snapdragon 778G yang menawarkan performa unggulan yang mampu mendukung semua aktivitas, termasuk memberikan pengalaman gaming yang berkualitas

Tetap Mendukung Banyak Aplikasi Berkat AppGallery

HUAWEI nova 9 appgallery

Memang akan sangat sulit membiasakan diri tanpa layanan Google Mobile Services. Namun, selama banyak aplikasi hadir, pembiasaan tersebut bakal jadi lebih mudah. Berkat dukungan 141.000 aplikasi yang terintegrasi dengan HMS (HUAWEI Mobile Services), AppGallery adalah jawaban bagi pengguna yang merasa ragu akan adanya aplikasi di ponsel HUAWEI, termasuk di HUAWEI nova 9.

Karena pada dasarnya, HUAWEI nova 9 pun menjalankan sistem operasi yang punya core dari Android, berbagai aplikasi Android tetap berjalan baik di nova 9. HUAWEI sendiri mengkelaim kalau saat ini mereka telah bekerjasama dengan 4,5 juta pengembang. Mereka juga mengklaim bahwa AppGallery telah menjadi salah satu dari 3 App Marketplace terbaik secara global dan telah tersedia di lebih dari 170 negara dengan 550 juta pengguna setiap bulannya.

Berbagai aplikasi telah berjalan baik di ponsel HUAWEI nova 9. Contohnya aplikasi seperti Grab, My Bluebird, lalu aplikasi hiburan yaitu Vidio, TikTok, VIU, dan Mola. Kemudian ada pula aplikasi BCA mobile, BNI Mobile Banking, OCTO Mobile by CIMB, dan Dana . Aplikasi marketplace terkemuka dan berbagai aplikasi lain juga hadir di HUAWEI nova 9.

Bagi sebagian besar pengguna, tentu kehadiran AppGallery jadi sesuatu yang baru. Namun, sekali lagi, hal ini jadi jawaban sekaligus tantangan bagi HUAWEI agar layanan mereka bisa lebih diterima. Setidaknya mereka memulai kembali memanaskan pasar dengan kehadiran HUAWEI nova 9, satu-satunya ponsel resmi mereka untuk pasar Indonesia di 2021.

HUAWEI nova 9 secara resmi akan diperkenalkan pada 8 Desember di Indonesia dan tersedia untuk pre-order mulai 8 Desember sampai 17 Desember 2021. HUAWEI nova 9 dapat dipesan di Tokopedia, Shopee, JD.ID, Blibli, Lazada, Huawei High-End Experience Store (HES), erafone dan gerai mitra lainya. untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik link situs resmi HUAWEI terkait nova 9.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram