Carisinyal / Huawei 2019 / Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 5T!

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 5T!

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Oktober 2019

Huawei Nova 5T adalah HP Huawei yang tergolong menarik. Karena HP ini memiliki spesifikasi kelas atas tetapi dijual di harga yang cukup menarik. HP ini pertama kali dijual dengan harga Rp6.899.000. Namun, tidak berlangsung lama, harga resmi HP ini mengalami penurunan menjadi Rp5.499.000.

Dengan harga tersebut, jelas membuat Huawei Nova 5T jadi salah satu HP yang menarik untuk dibeli di kelas harga Rp6 jutaan. Lantas, seperti apa HP ini? Untuk mengetahuinya, simak kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 5T berikut ini.

Spesifikasi Huawei Nova 5T

Huawei nova 5T

Umum

  • Diumumkan
    Agustus, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    154.3 x 74 x 7.8 mm
  • Berat
    174 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
    6,26 inci
  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan ~412 ppi)

Hardware

  • Chipset
    HiSilicon Kirin 980 (7 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x2.6 GHz Cortex-A76 & 2x1.92 GHz Cortex-A76 & 4x1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU
    Mali-G76 MP10

Memori

  • RAM
    8 GB
  • Memori Internal
    128 GB
  • Memori Eksternal
    -

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4
  • Resolusi
    48 MP + 16 MP + 2 MP + 2 MP
  • Fitur
    48 MP, f/1.8, 28mm (lebar), 1/2", 0.8µm, PDAF
    16 MP, f/2.2, 13mm (ultra lebar), 1/3.1"
    2 MP, f/2.4, 27mm (lebar), kamera makro khusus
    2 MP, f/2.4, sensor mendalam
    Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    32 MP, f/2.0, 0.8µm
  • Fitur
    HDR
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, aptX HD, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    3750 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 22.5W (50% dalam 24 menit)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di samping), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Black, Crush Blue, Midsummer Purple

Kelebihan Huawei Nova 5T

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Huawei Nova 5T? Untuk mengetahuinya, simak poin-poin kelebihan dari Huawei Nova 5T berikut ini.

1. Desain Premium

Huawei Nova 5T

Salah satu keunggulan dari Huawei Nova 5T adalah desainnya yang terlihat premium. Desain HP ini memberi kesan kalau Huawei Nova 5T adalah ponsel yang berkelas.  Desainnya hadir dengan pola gradasi dan efek reflektif yang menarik seperti yang disampaikan oleh Tek.id.

Kalau menurut Yugatech, desain HP ini cenderung mirip dengan Honor 20. Kesan tersebut memang kuat sekali karena dari desain kedua HP ini memang tergolong identik. Tetapi hal ini tidak mengindikasikan desain Huawei Nova 5T tidak menarik.

Justru HP dengan 154.3 x 74 x 7.8 mm ini tergolong menarik. Desainnya menurut mereka tergolong kompak dan premium. Hal ini membuat HP ini tergolong nyaman ketika digenggam.

2. Layar yang Oke

Huawei Nova 5T

* sumber: www.tek.id

Huawei Nova 5T hadir dengan layar berpanel IPS. Layarnya memang bukan AMOLED tetapi hal ini tidak membuat layar HP ini jadi jelek. Dengan layar 6,26 inci beresolusi 1080 x 2340 piksel, layar HP ini tergolong memiliki tampilan layar yang bagus.

Seperti yang diungkapkan oleh Unbox.Ph, yang bilang kalau layar HP ini memiliki reproduksi warna yang akurat dan tingkat kontras yang baik. Dengan tingkat kecerahan layar sebesar 412ppi, layar HP ini tergolong bagus meski dengan lubang punchole untuk kamera di sisi kiri atas.

Kalau menurut Yugatech, layar IPS pada HP ini memiliki tampilan warna yang natural dengan sudut pandang yang jelas. Pilihan dua mode layar, yakni normal dan vivid, juga jadi hal menarik yang ditawarkan oleh layar di HP ini.

3. Kamera Tergolong Oke

Kamera Huawei Nova 5T

Huawei Nova 5T hadir dengan empat kamera belakang. Kehadiran empat kamera belakang ini jadi sesuatu yang biasa, apalagi untuk kelas harganya. Empat kamera belakang HP ini sendiri terdiri dari kamera depan Sony IMX586 48 MP F/1.8 dengan fitur PDAF, kamera ultrawide 16 MP F/2.2, kamera makro 2MP f/2.4, dan kamera untuk depth sensor 2MP.

Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera HP ini? Silakan simak contoh hasil tangkapan kamera Huawei Nova 5T berikut ini.

hasil tangkapan kamera huawei nova 5t

* sumber: www.yugatech.com

hasil tangkapan kamera huawei nova 5t

* sumber: dailysocial.id

hasil tangkapan kamera huawei nova 5t

* sumber: www.tek.id

Hasil tangkapan kamera Huawei Nova 5T secara umum tergolong bagus. Seperti yang diungkapkan oleh situs TabloidPulsa. Menurut TabloidPulsa, kamera HP ini mengandalkan fitur AI yang ada di chipset untuk menghasilkan foto yang menarik. Hasil fotonya sendiri memiliki kontras yang baik. Foto mode malam juga bisa bersaing dengan HP lain.

Pujian juga diutarakan oleh Tek.id. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera Huawei Nova 5T mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang baik dan rapi. Beberapa hasil foto juga menampilkan warna yang menawar dengan tetap mempertahankan detail yang baik dan tajam.

Yugatech juga memuji kualitas tangkapan kamera dari HP ini. Menurut mereka, hasil foto kamera belakang HP ini tergolong sangat bagus, terutama ketika kondisi cahaya yang terang. Hasil fotonya menunjukan gambar yang tajam dan warna yang hidup. Hanya saja AI pada kamera kadang bisa terlalu agresif ketika menggunakan mode HDR.

Performa kamera HP ini untuk kondisi rendah cahaya juga tergolong mengesankan, meskipun ada beberapa noise. Untuk kualitas foto yang lebih baik, pilihan mode malam menjadi pilihan yang tepat agar bisa menangkap foto kondisi gelap dengan baik.

4. Performa Kelas Flagship

Performa huawei nova 5t

* sumber: www.yugatech.com

Huawei Nova 5T dibekali dengan chipset HiSilicon Kirin 980. Chipset ini digunakan di HP Huawei kelas atas seperti Huawei P30 Pro. Chipset ini juga digunakan di HP Honor 20 Pro, yang juga merupakan HP kelas atas.

Di dalam chipset HiSilicon Kirin 980 ini sendiri terdapat prosesor octa core dan GPU Mali-G76 MP10. Adapun prosesor yang ada di chipset dengan proses fabrikasi 7 nm adalah dua core Cortex-A76 2,6GHz, dua core Cortex-A76 1,92GHz, dan empat core Cortex-A55 1,8GHz. Seperti apa performanya? Simak terlebih nilai Antutu -nya berikut ini.

antutu huawei nova 5t

* sumber: www.unbox.ph

Menilik nilai Antutu HP ini, tampak kalau HP ini memiliki performa kelas atas. Nilai 300 ribuan jelas bukan nilai rendah. Angka ini menunjukan kalau performa HP ini ada di kelas flagship. Bermain gim seperti PUBG Mobile dengan pengaturan grafis tinggi pun bukan masalah. Setidaknya hal tersebut menurut Yugatech.

Menurut Tabloidpulsa sendiri, performa dari HP ini tergolong lancar dalam menjalankan berbagai gim HD dengan kualitas grafis tinggi. Hal ini juga diperkuat dengan dukungan GPU Turbo 3.0 yang sudah mendukung 25 gim.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dailysocial. Situs tersebut mengatakan bahwa kombinasi chipset kencang, RAM 8 GB, penyimpanan 128 GB, serta EMUI 9.1 mampu membuat Nova 5T menjalankan berbagai aplikasi yang ringan. Pergerakan pada antarmuka juga berjalan mulus.

Pernyataan-pernyataan di atas jelas menegaskan kalau performa HP ini berada di kelas atas. Terlebih untuk harganya yang bisa setengah dari harga HP lain dengan chipset yang sama, membuat HP ini bisa dibilang sebagai HP dengan price to performance terbaik.

5. NFC

Huawei nova 5T

Kehadiran NFC di HP ini tentu jadi kelebihan sendiri. Saat ini, banyak merek ponsel di Indonesia yang sudah jarang menghadirkan NFC di kelas harga menengah, termasuk di kategori kelas 5 jutaan, kelas tempat Huawei Noa 5T berada. Dan jelas dukungan terhadap NFC membuat HP ini semakin menarik untuk dilirik.

6. Super Charging

baterai huawei nova 5g

* sumber: www.yugatech.com

Huawei Nova 5T dibekali dengan teknologi pengisian yang super cepat. Teknologi pengisian cepat HP ini adalah Super Charging  22,5 W. Untuk di kelas harganya, teknologi pengisian ini tergolong cepat. Apalagi HP ini sudah mendukung USB Type-C.

Seperti kata Dailysocial, untuk mengisi daya 50%, pengisian HP ini dapat memakan waktu sampai 30 menit saja. Sementara untuk pengisian penuh, berdasarkan pengalaman Yugatech, baterai dapat terisi kurang dari 2 jam. Bukan yang tercepat memang tetapi juga bukan yang terjelek. Bisa dibilang termasuk golongan cukup cepat di kelasnya.

7. Daya Tahan Baterai Cukup Mengejutkan

layar Huawei nova 5t

* sumber: www.yugatech.com

Huawei Nova 5T hanya dibekali dengan baterai 3.750 mAh saja. Di saat banyak HP lain yang sudah memasang standar baterai 4.000 mAh, jelas kapasitas baterai HP ini terasa kurang. Namun, faktanya, dengan daya tahan baterai 3.750 mAh saja, daya tahan baterai HP ini tergolong impresif.

Seperti yang diungkapkan oleh Unbox.Ph, yang menurut mereka, daya tahan baterai HP ini bisa mencapai satu harian lebih. Skor benchmark PC Mark pun menunjukan hasil yang bagus, yakni 13 jam, 39 menit. Hasil yang tidak kecil tentunya.

Kekurangan Huawei Nova 5T

Tentu menarik membaca berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Huawei Nova 5T. Tetapi tentu saja, selalu ada kekurangan dari sebuah HP. Nah, lantas, apa kekurangan dari Huawei Nova 5T? Simak langsung poin-poinnya berikut ini.

1. Kamera Makro yang Sekadar Gimmick

empat kamera huawei nova 5t

Huawei Nova 5T dibekali dengan empat kamera, salah satunya adalah kamera makro 2 MP. Sayangnya, kamera makro ini terasa seperti gimmick saja. Hal tersebut diungkapkan oleh Unbox.ph yang mengatakan kalau hasil kamera makro HP ini tidak mengesankan.

Masih menurut Unbox.ph, penggunaan kamera makro tergolong sulit karena penggunanya harus berada dalam jarak yang benar. Untungnya, yang benar-benar sebagai gimmick hanya kamera makro saja. Selebihnya, kamera HP ini tergolong bagus.

2. Tidak Ada Slot MicroSD dan Audio Jack

slot sim tray huawei nova 5t

* sumber: www.yugatech.com

Huawei Nova 5T tidak memiliki lubang audio jack 3,5 mm. Tentu ini bisa jadi nilai minus untuk pengguna HP yang sering memakai kabel audio jack 3,5 mm. Selain itu, HP ini juga tidak mendukung penggunaan microSD sehingga penggunanya harus puas dengan memori internal 128 GB saja.

3. Tidak Ada Sensor Sidik Jari di Layar

sensor sidik jari di samping

Penggunaan layar IPS membuat HP ini tidak memungkinkan untuk memakai sensor sidik jari di layar. Karena itu, posisi sensor sidik jari ditempatkan di bagian pinggir. Untuk yang belum terbiasa, tentu hal ini bisa jadi salah satu masalah.

Lantas, mengapa soal sensor sidik jari ini jadi kekurangan? Karena banyak HP lain di kelas harga yang sama atau di bawah harga HP ini, sudah mendukung teknologi sensor sidik jari di layar.

Simpulan

Huawei Nova 5T adalah HP yang tergolong menarik. Performa HP ini setingkat di atas HP lain di kelas harga yang sama. Selain itu, sektor kamera, NFC, baterai juga jadi keunggulan menarik yang ditawarkan HP. Jangan lupa juga soal desain HP ini yang menarik.

Hal yang disayangkan dari HP ini adalah tidak mendukung penyimpanan eksternal. Selain itu, kamera makro HP ini juga jadi hanya sekadar gimmick semata. Terlepas dari dua kekurangan itu, HP ini bisa dibilang menarik dan layak beli. Tertarik? Silakan beli Huawei Nova 5T di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar