carisinyal web banner retina

Tablet Rasa PC, 8 Kelebihan & Kekurangan Huawei MatePad 11 2023

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Untuk Anda para penggemar tablet, siap-siap kedatangan tablet terbaru dari Huawei. Tablet ini bukan tablet biasa, Huawei sendiri menyebutkan bahwa tablet ini memiliki performa layaknya PC. Tablet tersebut yaitu Huawei MatePad 11 2023 yang akan secara resmi diluncurkan pada 12 Mei 2023.

Untuk Anda yang memiliki pekerjaan atau aktivitas mobile tinggi, tablet ini akan cocok untuk Anda. Pasalnya, meski tablet ini disebut-sebut terasa seperti PC, bukan berarti tidak bisa dibawa ke mana-mana. Justru tablet ini menjadi salah satu solusi on-the-go untuk kebutuhan produktivitas dan hiburan.

Laptop ini juga memiliki rancangan yang cukup portabel, memiliki bobot ringan, serta daya tahan baterai oke. Nah, agar lebih jelas, tim Carisinyal sudah membuat daftar kelebihan dan kekurangan dari Huawei MatePad 11 2023. Anda bisa melihat daftar tersebut secara singkat di dalam tabel berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain minimalis cantik
Tidak ada upgrade kamera
Layar imersif 120 Hz
Tidak mendukung jaringan seluler
Performa kencang di kelasnya
Persoalan Layanan Google Mobile Service
Baterai awet seharian
RAM 6 GB Mungkin Masi Terasa Kurang
Fitur produktivitas layaknya PC
Tidak mendukung USB Display-out
Aksesori Keyboard dan M-Pencil
Suara lantang tanpa bising
Mendukung Dual-Earbud

Sekilas, tablet ini memang mampu menawarkan performa layaknya PC. Dengan dukungan mobilitas tinggi yang cocok untuk dibawa ke mana pun. Jika masih penasaran dengan kemampuan tablet ini, Anda bisa menyimak penjelasan lebih lengkap setelah informasi spesifikasinya di bawah ini.

Spesifikasi Huawei MatePad 11 2023

Huawei MatePad 11 2023
Layar IPS LCD 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Huawei MatePad 11 2023

Sebagai sebuah “tablet rasa PC”, Huawei MatePad 11 2023 menjadi salah satu tablet yang sangat menarik. Tidak hanya menawarkan performa saja, tablet ini juga didukung berbagai fitur untuk menunjang produktivitas lain. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa kelebihan dari Huawei MatePad 11 2023.

1. Desain Minimalis Cantik

huawei matepad 11 2023

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Huawei MatePad 11 2023 ini yaitu dari segi tampilan. Di bagian belakangnya, tablet ini memiliki desain yang cukup minimalis. Hanya terdapat sebuah modul berbentuk pil berdiri. Modul tersebut juga hanya diisi oleh satu buah kamera dan LED Flash yang disusun rapi.

Tidak hanya itu, desain bodi bagian belakangnya juga terlihat premium. Huawei sendiri menamai desain bodi yang digunakannya dengan “Starlight Sand”. Nama tersebut tentu tidak berlebihan. Sebab jika dilihat dengan saksama, desainnya menyerupai taburan cahaya bintang atau pasir yang berkilauan, terutama untuk varian warna Hitam.

Selain hadir dengan desain dan warna yang cantik, Huawei MatePad 11 2023 juga memiliki ukuran bodi kompak. Bisa dibilang, tablet ini memiliki ketebalan yang masih bisa dianggap tipis. Dimensi yang dimilikinya yaitu 253,7 x 165,3 x 7,2 mm. Meski tidak setipis Xiaomi Pad 6 dengan 6,5 mm atau Apple iPad Air (2022) dengan 6,1 mm.

Huawei MatePad 11 2023 masih cukup nyaman untuk digunakan sebagai sebuah tablet. Berat bodi yang dimilikinya juga masih terbilang wajar yaitu sekitar 480 gram. Angka ini bahkan lebih ringan jika dibandingkan Xiaomi Pad 6 yang memiliki bobot 490 gram.

Tentu tablet ini cocok untuk Anda yang mengharuskan membawa atau menenteng sebuah tablet. Misalnya ketika sedang melakukan presentasi di kantor, bekerja di tempat umum, atau dibawa berlibur. Warna yang ditawarkan juga cukup bervariasi, mulai dari Black, Blue, White, dan Purple.

2. Layar Imersif 120 Hz

huawei matepad 11 2023

Beralih ke bagian layar yang menjadi sektor unggulan lain dari Huawei MatePad 11 2023. Layarnya ini memiliki FullView Display yang sudah didukung oleh P3 color gamut. Dengan adanya dukungan tersebut, tablet ini mampu menghasilkan warna yang lebih banyak dengan akurasi tinggi.

Selain itu, terdapat dukungan refresh rate hingga 120 Hz yang membuat layarnya mampu menampilkan animasi super mulus. Tidak ada lagi yang namanya lag atau patah-patah ketika menggunakan tablet ini. Hal ini tentu akan sangat berguna baik untuk bermain game, atau melakukan presentasi ketika bekerja.

Untuk spesifikasi layarnya, Huawei MatePad 11 2023 dibekali panel IPS LCD berukuran 11 inci. Resolusi yang berhasil diraihnya yaitu 2,5K atau 2560 x 1600 piksel dengan kerapatan mencapai 275 ppi. Spesifikasi yang cukup imersif untuk sebuah tablet.

Huawei tidak hanya memberikan kenyamanan dengan memberikan spesifikasi tinggi pada layar. Ia juga menyediakan fitur yang berguna untuk keamanan dan kesehatan para penggunanya. Hal ini terlihat dari adanya sertifikasi Flicker Free dan Low Blue Light dari TUV Rheinhald.

Selain untuk aktivitas produktivitas, Huawei MatePad 11 2023 ini juga cocok untuk kegiatan hiburan Anda. Salah satunya adalah kegiatan menonton. Sebab, tablet ini memiliki ukuran layar yang cukup luas dengan desain bezel cukup tipis di sekelilingnya. Huawei menyebutkan bahwa rasio layar ke bodi dari tablet ini mencapai 86 persen.

3. Performa Kencang di Kelasnya

huawei matepad 11 2023

Huawei MatePad 11 2023 merupakan salah satu tablet yang menjanjikan performa layaknya PC. Salah satu penentu yang akan membuktikan hal tersebut terlihat dari chipset yang digunakan. Tablet ini hadir dengan mengandalkan chipset dari Qualcomm yang dirilis tahun 2020 yaitu Snapdragon 865.

Meski chipset yang digunakan sudah cukup lama dirilis, kemampuan yang dihasilkannya tetap menarik. Apalagi untuk sebuah tablet yang memiliki harga cukup terjangkau. Chipset ini masih mampu menangani berbagai tugas harian Anda dengan cukup mudah.

Snapdragon 865 ini dibanguna atas proses manufaktur 7 nm. Untuk sumber tenaganya, chipset ini dibekali prosesor yang memiliki delapan inti atau octa-core yang dibagi atas tiga klaster. Klaster pertamanya yaitu satu core Kryo 585 Prim berbasis Cortex A77 (2,84 GHz) untuk performa tertingginya.

Selain itu, ada klaster dengan tiga core Kryo 585 Gold berbasis Cortex A77 (2,42 GHz) untuk performa. Kemudian klaster terakhir berisi empat core Kryo 585 Silver berbasis Cortex A55 (1,8 GHz) untuk efisiensi performanya. Untuk mengoptimalkan performa yang dihasilkan, chipset ini didukung oleh GPU Adreno 650 dengan frekuensi 587 MHz.

Merujuk pada data dari Nanoreview, chipset Snapdragon 865 ini mampu mendapatkan skor 657.451 ketika diuji dengan AnTuTu v9. Sedangkan untuk GeekBench 5, skor yang didapat adalah 929 untuk single-core dan 3.418 untuk multi-core. Selain itu, chipset ini juga diuji menggunakan 3DMark Wild Life Performance dan mendapatkan skor 3.873.

4. Baterai Awet Seharian

huawei matepad 11 2023

Agar tablet ini mampu memberikan pengalaman layaknya sebuah PC,Ia juga harus memiliki ketahanan baterai yang baik. Maka dari itu, baterai yang disematkan pada Huawei MatePad 11 2023 ini terlihat cukup besar. Kapasitasnya mencapai angka 7.250 mAh.

Kapasitas tersebut tentu sudah cukup besar, bahkan untuk tablet di kelas yang sama. Jadi, tidak heran jika Huawei MatePad 11 2023 ini memiliki ketahanan yang cukup baik. Apalagi untuk menunjang setiap aktivitas harian Anda, mulai dari produktivitas hingga hiburan.

Huawei sendiri berani mengeklaim ketahanan dayanya hingga 12 jam untuk pemutaran video. Namun jika untuk aktivitas biasa, mungkin bisa bertahan lebih dari apa yang jadi klaimnya.

Anda juga tidak usah khawatir akan menunggu lama ketika datang waktu untuk mengisi daya. Sebab, Huawei MatePad 11 2023 sudah dibekali fitur fast charging hingga 22,5 W. Menariknya, tablet ini juga sudah mendukung reverse wired charging 5 W yang memungkinkannya mengisi perangkat lain.

5. Fitur Produktivitas Layaknya PC

huawei matepad 11 2023

Salah satu peningkatan yang dimiliki oleh Huawei MatePad 11 2023 dibanding seri sebelumnya adalah kemampuannya yang sudah mirip seperti sebuah PC. Salah satunya adalah adanya dukungan detachable keyboard yang sebelumnya hanya ada di tablet flagship saja.

Kali ini, Anda bisa mendapatkan fitur tersebut di tablet dengan harga terjangkau. Menariknya lagi, keybaord ini tidak hanya bisa dipasangkan secara langsung ke badan tablet. Anda juga bisa menghubungkan keyboard ini dengan tablet melalui Bluetooth. Dengan begitu, Anda bisa lebih fleksibel dalam menggunakan keyboard dan menyimpan tablet sebagai layar.

Selain itu, Huawei MatePad 11 2023 juga sudah menggunakan sistem operasi HarmonyOS 3.1. Performa dan kinerja yang dihasilkan tentu menjadi lebih seamless. Banyak fitur-fitru unggulan yang turut dihadirkan di dalamnya. Misalnya widget yang lebih fleksibel, hingga fitur menarik untuk multitasking.

Anda bisa membuka jendela untuk setiap tugas dan menggabungkannya menggunakan fitur Multi-Window. Dengan begitu, Anda bisa mendengarkan meeting, mengobrol, sambil mencatat di waktu yang bersamaan. Anda bisa mencatat hal-hal penting ke dalam Huawei Notes yang memiliki berbagai fitur menarik di dalamnya.

Nah, keunggulan utama yang ditawarkan Huawei MatePad 11 2023 ini adalah produktivitas level PC yang diberikan. Tablet ini bahkan menjadi tablet pertama dengan OS yang sudah dilengkapi PC-Level WPS Office. Benar, tablet ini sudah mendukung fitur-fitur khusus dari WPS Office yang hanya ada di PC atau laptop.

Fitur-fitur tersebut seperti Custom margin di aplikasi Word, Pivot table and chart di aplikasi Excel, hingga Animation effect di aplikasi PowerPoint. Tidak hanya itu, kursor yang ada di PC-Level WPS Office juga akan otomatis berubah menjadi tanda panah ketika tersambung dengan mouse. Dengan begitu, Anda bisa menavigasi dengan lebih mudah dan akurat.

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah adanya dukungan dari SuperHub. Dengan fitur ini, Anda bisa mentransfer data dengan mudah. Misalnya, Anda bisa melakukan drag-and-drop teks, gambar, dan file lainnya ke SuperHub. Nantinya, Anda tinggal menempel atau mentransfer file-file tersebut ke perangkat yang terhubung seperti PC atau HP.

Dengan berbagai fitur unggulan yang ditawarkan Huawei MatePad 11 2023, Anda bisa mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah. Sederhananya, tablet ini menawarkan kinerja dan performa layaknya PC dengan bentuk tablet yang mudah dibawa ke mana-mana.

6. Aksesori Keyboard dan M-Pencil

huawei matepad 11 2023

Huawei MatePad 11 2023 menjadi semakin menarik berkat adanya aksesori tambahan seperti Huawei keyboard dan M-Pencil. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keyboard ini memiliki sifat detachable. Artinya, Anda bisa dengan mudah melepas dan memasangnya ke tablet.

Bahkan, untuk menggunakan keyboard ini, Anda juga tidak harus memasangnya secara langsung. Anda bisa menghubungkan keyboard dengan tablet menggunakan koneksi Bluetooth. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menyimpan keyboard dan tablet sebagai layar monitornya.

Selain keyboard, Huawei MatePad 11 2023 juga menyediakan aksesori lainnya yaitu Smart M-Pencil. M-Pencil yang digunakan juga sudah versi terbaru yaitu generasi keduanya. M-Pencil ini juga sudah dilengkapi fitur-fitur menarik di dalamnya. Salah satunya adalah fitur untuk mengonversi tulisan tangan menjadi sebuah teks.

Anda bisa memaksimalkan fungsi dari M-Pencil ini menggunakan aplikasi Huawei Notes. Aplikasi ini juga akan cocok untuk menulis catatan-catatan penting dengan lebih cepat. Di dalamnya juga terdapat berbagai template untuk cover agar terlihat lebih menarik.

7. Suara Lantang Tanpa Bising

huawei matepad 11 2023

Jika Anda berfikir bahwa tablet Huawei MatePad 11 2023 ini hanya akan cocok untuk aktivitas produktivitas saja. Anda salah besar. Tablet terbaru dari Huawei ini juga bisa menjadi teman yang tepat aktivitas hiburan Anda. Misalnya untuk scrolling di media sosial atau menonton.

Pasalnya, suara yang dihasilkan oleh tablet ini cukup lantang dan besar. Tidak heran, sebab Huawei MatePad 11 2023 dibekali empat speaker yang memiliki amplitudo cukup besar . Selain itu, dengan dukungan Huawei Husten 8.0 juga memungkinkan tablet ini menghasilkan tekstur dan timbre yang kaya.

Huawei MatePad 11 2023 juga mampu meningkatkan pengalaman panggilan video dengan lebih baik. Hal itu karena adanya teknologi peredam bising berbasis AI yang dikembangkan oleh Huawei sendiri. Teknologi tersebut mampu menyaring secara otomatis suara yang tidak diinginkan seperti suara ketikan keyboard, langkah kaki, dan sebagainya.

8. Mendukung Dual-Earbud

huawei matepad 11 2023

Salah satu fitur yang akan mendukung aktivitas hiburan menjadi lebih asyik adalah dukungan Dual-Earbud-nya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan dua earbud sekaligus ke tablet.

Hal ini tentu cukup menarik, terutama untuk Anda yang senang menonton bersama teman. Tidak ada lagi cerita berbagi earbuds dengan masing-masing satu ketika menonton film atau mendengarkan musik. Dengan Huawei MatePad 11 2023, pengalaman menonton atau mendengarkan musik menjadi makin seru dan asyik.

Kekurangan Huawei MatePad 11 2023

Sebagai sebuah tablet, performa dan kemampuan yang ditawarkan memang sangat menarik. Namun, tablet ini tidak serta-merta menjadi sebuah tablet yang sempurna. Terdapat beberapa hal yang bisa dianggap kekurangan untuk sebagian orang. Berikut beberapa kekurangan dari Huawei MatePad 11 2023 yang mesti dipertimbangkan.

1. Tidak Ada Upgrade Kamera

Huawei MatePad 11 2023

Salah satu sektor yang bisa dianggap sebagai kekurangannya adalah sektor kamera. Namun perlu diingat bahwa hal ini cukup relatif sesuai pandangan masing-masing. Bukan karena jelek atau beresolusi rendah, melainkan tidak adanya upgrade atau peningkatan jika dibandingkan versi sebelumnya yaitu Huawei Mate 11 (2021).

Huawei MatePad 11 2023 masih dibekali satu kamera di bagian belakang beresolusi 13 MP (f/1.8) dengan PDAF. Sedangkan untuk perekaman videonya sudah mampu mencapai kualitas 4K dengan 30 fps. Kualitas ini sebenarnya sudah cukup baik, apalgi untuk sebuah tablet di harga terjangkau.

Beralih ke bagian deoan, terdapat satu kamera swafoto dengan resolusi 8 MP (f/2.0). Kamera ini hanya mampu merekam di kualitas 1080p dengan 30 fps saja.

Untuk sebagian orang, keberadaan kamera pada sebuah tablet sebenarnya dianggap tidak terlalu penting. Alasannya mungkin karena sangat jarang digunakan. Jika ingin memotret atau merekam video pun pasti akan lebih memilih menggunakan HP. Selain karena kualitas kameranya akan lebih baik, proses pengambilan gambar juga akan lebih mudah karena lebih ringan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kemampuan kamera dari tablet ini sebenarnya sudah cukup baik. Namun, tidak ada peningkatan sama sekali dari jika dibandingkan versi sebelumnya. Anda juga bisa memutuskan sendiri apakah sektor ini menjadi kekurangan dari Huawei MatePad 11 2023 atau bisa tidak.

2. Tidak Mendukung Jaringan Seluler

huawei matepad 11 2023

Salah satu hal yang wajib diperhatikan dari Huawei MatePad 11 2023 adalah tidak adanya varian yang mendukung jaringan seluler. Dengan kata lain, tablet ini hanya bisa terhubung ke jaringan internet melalui sambungan koneksi Wi-Fi saja. Hal ini juga sebenarnya terjadi pada versi sebelumnya yaitu Huawei MatePad 11 (2021).

Dengan tanpa adanya jaringan seluler, hal ini jelas menjadi salah satu perhatian untuk sebagian orang. Apalagi untuk yang memerlukan jaringan di mana saja dan kapan saja. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua tempat memiliki koneksi Wi-Fi. Jika ada pun, belum tentu koneksinya akan bagus.

Nah, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membawa perangkat yang bisa memberikan hotspot. Anda juga bisa membawa Mi-Fi (Modem Wi-Fi) sebagai sumber koneksinya. Dengan begitu, Anda bisa terhubung dengan internet di mana pun.

3. Persoalan Layanan Google Mobile Service

appgallery_

Hal lain yang perlu diperhatikan dari Huawei MatePad 11 2023 adalah soal layanan yang ditawarkan. Karena menawarkan HarmonyOS dan ekosistem aplikasi di Huawei AppGallery, Huawei MatePad 11 2023 tidak disertakan dengan layanan Google.

Artinya, Huawei MatePad 11 2023 tidak memiliki layanan Google Mobile Service seperti aplikasi Gmail, YouTube, PlaStore, Chrome, Maps, dan layanan aplikasi Google lainnya.

Hal ini jelas membuat Huawei MatePad 11 2023 kurang cocok bagi yang ketergantungan dengan aplikasi Google tersebut.

Apakah itu bearti Huawei MatePad 11 2023 tidak bisa mengakses layanan Google? Huawei MatePad 11 2023 masih bisa mengakses berbagai layanan Google dengan cara tertentu. Contohnya mengakses YouTube atau Gmail via browser atau jika ingin memakai aplikasinya, bisa mengakali dengan menginstal Gspace.

Jadi, kalau mau sedikit ribet, Huawei MatePad 11 2023 ini masih bisa kok menjalankan aplikasi Google Mobile Service. Tapi, tentu tidak semua orang mau direbitkan dengan hal tersebut.

4. RAM 6 GB Mungkin Masi Terasa Kurang

Huawei MatePad 11 2023

Huawei MatePad 11 2023 bisa dikatakan punya performa kencang berkat penggunaan cip Snapdragon 865. Sayangnya, tablet ini hadir dengan RAM 6 GB saja. Untuk tablet dengan harga Rp6.999.000, rasanya, RAM yang ditawarkan terasa kurang mumpuni. Tentu akan lebih baik jika RAM yang ditawarkan adalah 8 GB agar bisa penggunaan tablet punya performa yang baik untuk jangka panjang.

Huawei MatePad 11 2023 juga punya memori internal yang hanya 128 GB. Tentu akan menarik jika memori internalnya 256 GB. Untungnya, jika merasa kurang dengan kapasitas tersebut, Anda bisa memperluasnya menggunakan slot microSD yang disediakan.

5. Tidak Mendukung USB Display-out

Huawei Matepad  11 2023 Tidak Mendukung USB Display-out

Huawei MatePad 11 (2023) punya daya tarik sebagai pengganti laptop berkat aplikasi produktivitasnya. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan kemampuan yang sudah dimiliki laptop zaman sekarang pada umumnya. Kemampuan tersebut adalah terhubungnya laptop ke perangkat monitor eksternal.

Kemampuan ini dibutuhkan di era sekarang, terlebih untuk para profesional yang sering presentasi. Buat mereka yang bekerja dengan dua layar juga sangat butuh fitur ini.

Ketidakhadiran kemampuan ini karena Huawei MatePad 11 (2023) port USB Type-C 2.0. Port ini punya ekcepatan yang lebih rendah dibanding USB Type-C 3,1 sehingga tidak memungkinkan untuk transfer data video dan audio.

Hal yang disayangkan memang mengingat Huawei MatePad 11 seri 2021 punya kemampuan untuk melakukan USB display out berkat penggunaan port USB Type-C.

Simpulan

Huawei MatePad 11 2023 menjadi salah satu tablet terbaru dari Huawei yang cukup menarik. Daya tarik utama yang dimilikinya adalah performa dan kinerja layaknya sebuah PC atau tablet. Siapa yang tidak ingin merasakan pengalaman dari PC dalam bentuk sebuah perangkat yaitu tablet yang lebih ringkas.

Terdapat beberapa fitur eksklusif yang pertama kali hadir untuk sebuah tablet. Misalnya PC-Level WPS Office dengan fitur khusus PC atau laptop yang sudah bisa digunakan. Hingga aksesori detachable keyboard yang bisa terhubung menggunakan Bluetooth, jadi tidak harus menempel secara langsung.

Aksesori Smart M-Pencil juga sudah merupakan generasi terbaru yaitu generasi kedua. Anda bisa menandai hal-hal penting dengan lebih presisi, atau mengonversi tulisan tangan menjadi teks di dalam Notes.

Huawei MatePad 11 2023 tidak hanya cocok untuk menjalani aktivitas produktivitas saja. Tablet ini juga cocok untuk kegiatan hiburan seperti bermain game atau menonton. Terdapat chipset Snapdragon 865 sebagai sumber tenaga performanya. Pergerakan yang dihasilkan juga sudah lebih mulus berkat refresh rate 120 Hz pada bagian layar.

Untuk kegiatan hiburan seperti menonton, Anda akan dimanjakan dengan empat speaker. Jika ingin menonton bersama dengan suara yang lebih jelas, Anda bisa menghubungkan earbuds ke tablet ini. Tidak hanya satu pasang, Anda bisa menghubungkan dua pasang sekaligus agar menonton bersama lebih asyik.

Meski memiliki beberapa kelebihan yang cukup menarik, tablet ini juga tetap memiliki kekurangannya sendiri. Mulai dari tidak adanya peningkatan pada sektor kamera. Hingga tidak tersedianya varian jaringan seluler. Sehingga, Anda harus memanfaatkan Wi-Fi untuk bisa terkoneksi dengan internet.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh tablet terbaru Huawei yaitu Huawei MatePad 11 2023. Bagaimana, apakah Anda tertarik memiliki tablet rasa PC satu ini?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram