carisinyal web banner retina

9 Kelebihan dan Kekurangan iQOO 12, HP Gaming Keren

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Pada 7 Desember 2023, iQOO 12 resmi hadir di Indonesia. HP gaming tersebut merupakan flagship kedua iQOO yang datang ke bumi pertiwi. Ia hadir untuk menggantikan iQOO 11.

Beberapa keistimewaan yang dimiliki iQOO 12 adalah performa tinggi dari SoC premium Snapdragon 8 Gen 3, cip iQOO Q1 untuk optimalkan performa, dan peningkatan kemampuan fotografi dari generasi sebelumnya.

iQOO 12 pun bisa jadi incaran Anda yang ingin merasakan HP berperforma tinggi dengan harga relatif terjangkau. Penasaran mengenai apa saja yang bisa disuguhkan ponsel yang satu ini? Simak cuplikannya pada tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Bodi relatif nyaman dipegang
Kaca Proteksi, bypass charging, dan USB display Out absen
Layar AMOLED dengan kecerahan sampai 3000 nit
Frame datar bikin bodi kelihatan gemuk
Punya speaker stereo dan infrared blaster
Video kamera depan goyang & tak bisa 60 FPS
Performa Snapdragon 8 Gen 3 yang kencang
Upgrade besar konfigurasi kamera
Memori 16/512 GB yang besar
Daya tahan baterai bagus
HP pertama di Indonesia dengan Android 14
Paket penjualan masih lengkap

Jika Anda masih belum puas dengan uraian singkat di atas, silakan lanjuatkan baca artikel ini hingga kelar. Sebab Anda akan menemukan poin-poin penting lain yang coba saya jabarkan secara mendalam.

Spesifikasi iQOO 12

iQOO 12
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 64 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan iQOO 12

Lumrah jika orang menuntut banyak hal terhadap sebuah HP flagship. Pasalnya, HP flagship memang dirancang untuk mampu membawa beragam kelebihan dibanding HP mainstream. Nah, apa saja kelebihan yang dipunyai iQOO 12? Silakan cek di bawah ini!

1. Bodi Relatif Nyaman Dipegang

iqoo 12

Perubahan besar dari desain iQOO 11 ke iQOO 12 adalah modul kamera belakangnya. Bentuk modul kamera belakang iQOO 12 kini tak lagi persegi panjang seperti iQOO 11. Menurut saya, bentuknya cenderung oval. Seperti persegi, tetapi sudut-sudutnya membulat.

Selain itu, frame atau rangkanya rata, dari yang semula melengkung. Meski frame-nya rata, bodi iQOO 12 masih relatif nyaman dipegang. Hal itu karena bodi HP ini masih punya sisi lengkung, tepatnya di tepi penutup belakangnya.

Jurnalis teknologi, Ben Sin, dalam kanal YouTube bensgadgetreviews mengaku punya impresi positif terkait kenyamanan genggam iQOO 12.

Selain itu, dimensi iQOO 12 relatif ramping buat ukuran HP gaming, bahkan HP flagship secara umum. Dimensi iQOO 12 adalah 163,22 x 75,88 x 8,1 mm dengan bobot 203, 7 gram. Materal penutup belakangnya adalah kaca, sedangkan frame-nya menggunakan aluminium.

Sayangnya, varian penutup belakang dengan bahan kulit sintetis (warna merah) tak masuk ke Indonesia. Yang masuk ke Indonesia adalah varian warna Alpha (hitam) dan Legend (putih BMW). Keduanya menggunakan back cover kaca.

Hanya saja, finishing-nya berbeda. Varian Alpha punya finishing matte yang kesat, sedangkan varian Legend memakai finishing glossy yang agak licin. Menurut pengamatan saya, varian Legend iQOO 12 termasuk tidak mudah dekil walaupun pakai finishing glossy.

Adapun iQOO 12 memiliki sertifikasi IP64. Hal ini merupakan sebuah peningkatan mengingat iQOO 11 tak punya IP rating. Sertifikasi IP64 membuat iQOO 12 dijamin tahan terhadap debu serta tahan terhadap percikan air.

2. Layar AMOLED dengan Kecerahan Sampai 3000 Nit

iqoo 12

Jenis panel dan ukuran layar iQOO 12 tetap sama seperti iQOO 11. Ia masih menggunakan AMOLED dengan bentang 6,78 inci dan refresh rate 144 Hz. Namun, layar yang sudah dibekali teknologi LTPO ini mengalami penurunan resolusi.

Kini resolusi layar iQOO 12 "hanya" 1.5K (1260 x 2800) dari yang semula 2K (1440 x 3200) pada layar iQOO 12. Buat saya, 1.5K atau 2K tak ada bedanya di mata manusia. Gambarnya tetap sama-sama tajam.

Penurunan resolusi malah punya imbas positif. Konsumsi daya HP jadi lebih rendah karena tak terlalu membebani kinerja SoC. Spesifikasi lain yang perlu Anda ketahui dari layar iQOO 12 adalah tingkat kecerahan hingga 1400 nit di luar ruangan, dan hingga 3000 nit saat memutar konten HDR.

Layar HP ini telah lolos sertifikasi rendah emisi cahaya biru dari SGS, sehingga aman buat mata untuk penggunaan dalam durasi panjang. Selain itu, terdapat teknologi Wet Touch yang meningkatkan presisi dan akurasi sentuhan ketika tangan sedang basah.

YouTuber Malaysia, Fazli Halim, berkata bahwa tampilan layar iQOO 12 cocok untuk kebutuhan sehari-hari maupun buat main gim. Yang menarik lagi dari layar HP ini adalah bezel-nya tipis dan simetris, serta tepiannya tak melengkung.

Benar, layar iQOO 12 adalah layar flat. Ini merupakan kabar baik bagi banyak orang, karena akan lebih mudah menemukan tempered glass buat layar sang ponsel.

Ngomong-ngomong, layar iQOO 12 juga sudah disisipi sensor pemindai sidik jari dengan tipe optikal. Kinerja sensor pemindai sidik jari HP ini disebut bagus oleh Chris Barraclough dalam kanal YouTube Tech Spurt.

Selain itu, iQOO 12 juga sudah punya sertifikasi Widevine L1. Dengan begitu, layarnya bisa menampilkan film dari platfrom bioskop online seperti Disney+, Netflix, HBO, dan Amazon Prime, dalam resolusi 720p ke atas.

3. Punya Speaker Stereo dan Infrared Blaster

iqoo 12

iQOO 12 memiliki senjata yang tak kalah penting untuk hadirkan kenyamanan dalam bermain gim. Senjata itu adalah speaker dengan konfigurasi stereo alias ganda. Lubang speaker primer HP ini ada di sisi bawah dekat port USB C, sedangkan speaker sekundernya ada di sisi atas.

Speaker sekunder juga berfungsi sebagai earpiece. Kanal YouTube C4ETech menyebut speaker iQOO 12 mantap. Keluaran suaranya bagus. Hal sama juga dituturkan GSM Arena.

Kelantangan suara speaker iQOO 12 bahkan meningkat dibandingkan dengan pendahulunya. Skor kelantangan suaranya mencapai -25,9 LUFS (Loudness Unit Full Scale) dan mendapat predikat sangat bagus. Speaker iQOO 11 baru bisa meraih -26,3 LUFS dengan predikat bagus.

Lain dengan speaker stereo yang hampir semua HP flagship punya, infrared blaster di HP ini termasuk fitur yang spesial. Pasalnya, fitur ini identik dengan HP Xiaomi.

Sejak vivo X70 Pro meluncur, ada sejumlah HP keluaran grup BBK yang mengantongi infrared blaster. Fitur ini sederhana, yakni membuat HP bisa mengendalikan beragam alat elektronik melalui sinar inframerah. Meski begitu, dalam keadaan tertentu, infrared blaster sangat berguna.

4. Performa Snapdragon 8 Gen 3 yang Kencang

iqoo 12

iQOO 12 datang dengan dapur pacu yang ditenagai SoC Snapdragon 8 Gen 3. HP ini pun menjadi smartphone pertama di Indonesia yang memakai Snapdragon 8 Gen 3. Qualcomm menjanjikan banyak peningkatan buat SoC yang tetap dibikin dengan fabrikasi 4 nm TSMC ini.

Sebagai contoh, peningkatan performa AI hingga 98 persen. Peningkatan kemampuan AI dari NPU Hexagon tersebut juga diimbangi dengan efisiensi penggunaan daya yang naik 40 persen.

Nah, walaupun Snapdragon 8 Gen 3 dibuat dengan fabrikasi sama, komponen yang ada didalamnya beda. Qualcomm merancang CPU pada SoC ini dengan formasi 1 inti prima, 5 inti performa, dan 2 inti efisiensi. Inti performanya lebih banyak ketimbang Snapdragon 8 Gen 2 yang cuma 4.

Susunan CPU di Snapdragon 8 Gen 3 meliputi 1 Cortex-X4 (x3.3 GHz), 5 Cortex-A720 (3.2 GHz), dan 2 Cortex-A520 (2.3 GHz). Selain CPU dan NPU, komponen utama dari SoC ini adalah GPU Adreno 750 (770 MHz), ISP Spectra, modem 5G X75.

Snapdragon 8 Gen 3 wajib disokong memori RAM LPDDR5x dan penyimpanan internal UFS 4.0. Dalam dapur pacu iQOO 12, Snapdragon 8 Gen 3 tidak bekerja sendirian. Ia ditemani oleh cip bikinan iQOO sendiri yaitu iQOO Q1 untuk optimalkan frame rate dan tampilan saat main game, serta komponen pendinginan 6K Vapor Chamber (VC).

Luas area VC di HP ini adalah 6010 mm persegi, atau 40 persen lebih besar ketimbang iQOO 11. Maka kemungkinan besar persebaran panasnya lebih baik dan berdampak pada peningkatan kestabilan performa.

Dalam pengujian singkat yang dilakukan YouTuber Malaysia, Fazli Halim, iQOO 12 terlihat mampu menjalankan berbagai macam gim tanpa kepayahan. PUBG Mobile bisa dimainkan dengan setelan grafis "Smooth" dan frame rate "90 FPS".

Di pengujian lain, situs Vopmart menyatakan iQOO 12 dapat jalankan Genshin Impact dengan setelan grafik "mentok kanan" (Very High - 60 FPS). Selama setengah jam memainkan gim berat tersebut, rerata frame rate yang diperoleh adalah 59,8 FPS.

Performa HP ini memuaskan. Ada beberapa lag kecil, tetapi HP flagship lain juga akan mengalami hal serupa. Temperatur ponsel selama memainkan Genshin Impact tetap terjaga. Paling tinggi 44,7°C di sisi depan dan 41°C di sisi belakang. Hal ini menjadi bukti bahwa sistem pendinginan iQOO 12 bekerja dengan baik.

Jika gim berat saja dapat dijalankan dengan lancar, penggunaan harian tak perlu lagi dipertanyakan. Anda sudah pasti bisa merasakan responsivitas iQOO 12 untuk berbagai macam hal, mulai dari edit video hingga sekadar browsing.

Nah, kalau penasaran dengan skor benchmark sintetis, iQOO 12 mampu meraih skor 2.042.579 pada AnTuTu 10. Uji tersebut dilakukan oleh kanal YouTube C4ETech. Sumber yang sama juga menyebut konsistensi performa GPU HP ini ada di angka 72,% pada uji 3DMark Wild Life Extreme Stress Test.

Adapun skor GeekBench 6 HP ini mencapai 2.277 pada skenario single-core, dan 6.953 pada skenario multi-core. Hasil ini merujuk pada pengujian GSM Arena. Untuk kemampuan GPU di 3DMark Wild Life Vulkan 1.1 menghasilkan skor 18.352.

5. Upgrade Besar Konfigurasi Kamera

iqoo 12

iQOO 12 mengalami upgrade kamera besar-besaran dibanding pendahulunya. Saya mencatat ada tiga upgrade yang diterima sang ponsel. Pertama, kamera utama 50 MP (f/1.68) iQOO 12 pakai sensor yang ukurannya lebih besar.

Ukurannya 1/1,3 inci dari yang semula 1/1,57 inci pada kamera utama iQOO 11. Kamera utama iQOO 12 tetap pakai OIS. Kedua, kamera ultrawide iQOO 12 punya resolusi 50 MP (f/2.0), berbanding 8 MP yang dimiliki iQOO 11. Tak cuma naik resolusinya, fitur autofokus pun kini hadir.

Ketiga adalah peningkatan di kamera tele. Sekarang iQOO 12 menggunakan kamera telefoto dengan mekanisme periskop. Resolusinya naik jadi 64 MP (dulu 13 MP) dan perbesaran optiknya bisa sampai 3 kali dari yang dulunya 2 kali saja.

Kamera periskop dengan bukaan f/2.57 itu pun dibekali OIS, fitur yang sebelumnya absen di kamera tele iQOO 11. Adapun kamera depan iQOO 12 tak mendapatkan upgrade secara hardware. Resolusinya tetap 16 MP dengan bukaan f/2.45. Kamera ini belum punya autofokus.

Terkait kemampuan perekaman video, hanya kamera utama yang bisa sampai 8K 30 FPS. Kamera ultrawide dan kamera periskop bisa sampai 4K 60 FPS. Kamera utama juga bisa hasilkan video 4K 60 FPS. Sayangnya, kemampuan perekaman 60 FPS belum ada di kamera depan.

Kamera depan HP ini baru bisa hasilkan video sampai resolusi 1080p 60 FPS. Fitur penstabilan video melalui EIS hadir di seluruh kamera hingga resolusi 4K 60 FPS. Untuk perekaman audio, iQOO 12 didukung dua mikrofon. Mikrofon utama ada di frame bawah, sedangkan mikrofon kedua di frame atas.

Dari sampel foto yang diperlihatkan situs Vopmart, kanal YouTube Sami Luo Tech, dan kanal YouTube C4ETech, saya menilai hasil tangkapan kamera iQOO 12 secara umum bagus. Detailnya tinggi, warnanya cerah dan mendekati kondisi alami, kontrasnya pas, plus rentang dinamisnya luas.

Sementara itu, foto low light yang diperlihatkan Chris G. dari TechTablets menunjukkan bahwa kamera iQOO 12 mampu hasilkan foto berkualitas. Warna dan detailnya oke. Noise tentu saja ada, tetapi jumlahnya sedikit.

Konsistensi warna antarkameranya iQOO 12 mantap. Kalau untuk perekaman video, seluruh kamera belakang HP ini dapat hasilkan video yang bagus. Hanya, rekaman video kamera depannya cukup saja. Sami Luo membandingkannya dengan kamera depan Xiaomi 14 Pro yang punya resolusi 32 MP.

Hasilnya, kamera depan iQOO 12 kalah. Faktor yang membuatnya kalah adalah kestabilan dan pengendalian eksposur. Dalam skenario tertentu, warna kulit Sami Luo terlihat lebih pucat daripada aslinya. Apa yang dirasakan Sami Luo senada dengan yang dituturkan Chris G.

Berikut contoh foto jepretan kamera iQOO 12 yang bisa Anda nilai sendiri.

iqoo 12Sumber: Vopmart
Kamera utama
iqoo 12Sumber: GSM Arena
Kamera ultrawide
iqoo 12Sumber: Vopmart
Kamera tele - 3x zoom
iqoo 12Sumber: GSM Arena
Kamera depan
iqoo 12Sumber: GSM Arena
Kamera utama - low light
iqoo 12Sumber: GSM Arena
Kamera ultrawide - low light
iqoo 12Sumber: GSM Arena
Kamera tele - low light, 3x zoom

6. Memori 16/512 GB yang Besar

iqoo 12

iQOO 12 hadir di Indonesia dengan satu varian memori saja yakni 16 GB RAM plus 512 GB penyimpanan internal. Tidak ada varian lain. Dari segi teknologi memori tidak ada perbedaan dari iQOO 11. RAM-nya masih pakai LPDDR5x, sedangkan penyimpanan internalnya menggunakan UFS 4.0.

Namun, kapasitas penyimpanan naik dua kali lipat. Semula 256 GB di iQOO 11 kini jadi 512 GB. Peningkatan kapasitas penyimpanan iQOO 12 tentu bakal jadi kabar gembira buat semua calon konsumen. Dengan kapasitas yang lebih besar, orang bisa memasang gim dan menyimpan file lebih banyak.

7. Daya Tahan Baterai Bagus

iqoo 12

Kalau ditinjau dari kapasitas baterainya, iQOO 12 tak memiliki perbedaan dari iQOO 11. Baterai yang dibawanya tetap berkapasitas 5000 mAh. Namun, HP yang satu ini disokong oleh SoC yang berbeda. Karena itu, konsumsi dayanya juga lain.

Dalam uji PCMark Work 3.0 battery life yang dilakukan Chris G., iQOO 12 memperoleh skor ketahanan 10 jam 15 menit. Menurut Chris G, hasil tersebut termasuk bagus.

Di pengujian lain, GSM Arena mendapatkan hasil iQOO 12 dapat bertahan selama 17 jam 47 menit saat digunakan untuk streaming video di YouTube. Baik Chris G. maupun GSM Arena tidak menggunakan metode yang sama ketika menguji iQOO 11.

Karena itu, tidak ada data yang bisa saya tampilkan untuk membandingkan daya tahan baterai antara iQOO 11 dan iQOO 12. Namun, saya pikir Snapdragon 8 Gen 3 - yang dipakai iQOO 12 - lebih irit dibanding Snapdragon 8 Gen 2.

Saya mengambil contoh Samsung Galaxy S23 Ultra sebagai komparasi. Data di GSM Arena menyebut, Galaxy S23 Ultra baru bisa bertahan sampai 15 jam 47 menit ketika dipakai buat streaming video YouTube.

Adapun iQOO 12 didukung pengisian cepat 120 Watt. Charger 120 Watt tersedia dalam paket penjualan. Kecepatan pengisian baterai HP ini pun instan. Baterai kosong bisa terisi penuh hanya dalam waktu 26 menit.

8. HP Pertama di Indonesia dengan Android 14

iqoo 12

iQOO 12 merupakan HP pertama di Indonesia yang hadir dengan sistem operasi Android 14. Sistem operasi tersebut dibungkus dengan antarmuka Funtouch OS 14. GSM Arena mengapresiasi antarmuka sang ponsel yang punya lebih sedikit bloatware.

Aplikasi semacam Agoda, Shopee, Lazada, trip.com, Hott Apps, Hot Games mungkin ada. Namun, sebagian besar bisa di-uninstall jika tak diperlukan.

iQOO menjanjikan software HP ini dengan 3 kali upgrade sistem operasi dan 4 tahun pembaruan security patch. Jadi iQOO 12 bakal bisa mencicipi Android 17 dan sistem keamanannya didukung sampai tahun 2027 (atau 2028).

Funtouch OS di HP ini menyimpan beberapa fitur yang bisa jadi bakal sering Anda gunakan. Misalnya adalah Quick action. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengakses secara cepat fungsi atau aplikasi tertentu dengan menekan lama tombol volume down.

Ada juga Smart Sidebar yang memuat beragam pintasan aplikasi di tepi layar. Fitur ini mirip seperti Edge Panel yang ada di OneUI milik Samsung.

9. Paket Penjualan Masih Lengkap

Kebanyakan merek HP yang dinaungi grup BBK masih menyertakan paket penjualan HP secara lengkap. iQOO pun demikian. Makanya di dalam kotak iQOO 12 tak cuma ada unit ponsel, SIM ejector, dan kabel data USB C ke C.

Ada aksesori lain seperti softcase bening dan charger 120 Watt yang disertakan. Paket penjualan yang lengkap tentunya menyenangkan konsumen. Minimal mereka tak perlu keluar duit lagi untuk cari-cari case dan charger.

Kekurangan iQOO 12

iQOO 12 membuktikan bahwa HP gaming tak cuma asyik dipakai main gim. Kendati demikian, tidak semua aspek bisa dipenuhi HP ini dengan baik. Beberapa poin berikut adalah hal yang kiranya perlu untuk dijadikan catatan.

1. Kaca Proteksi, Bypass Charging, dan USB Display Out Absen

iqoo 12

Bagian depan iQOO 12 menggunakan bahan kaca. Akan tetapi, iQOO tidak menjelaskan material kaca apa yang melapis layar HP ini. Maka kemungkinan besarnya iQOO 12 memang tidak memiliki kaca proteksi.

Hal yang sama tidak terjadi pada iQOO 11 karena layarnya dilapisi Corning Gorilla Glass. Sangat disarankan bagi Anda untuk melapisi layar iQOO 12 dengan tempered glass agar insiden tak diinginkan bisa dihindari.

Jika masalah soal kaca proteksi masih bisa diatasi, lain halnya dengan fitur bypass charging dan USB display out yang absen. Dua fitur tersebut semestinya ada buat HP gaming. Sayangnya iQOO 12 belum memilikinya.

Absennya bypass charging bikin iQOO 12 tak bisa menghindari risiko suhu panas saat dipakai main gim sambil ngecas. USB display out absen karena teknologi colokan yang dipakai HP ini masih USB 2.0.

Anda tak bisa memproyeksikan tampilan layar HP ini ke monitor eksternal, kecuali melalui koneksi WiFi.

2. Frame Datar Bikin Bodi Kelihatan Gemuk

iqoo 12

Dimensi bodi iQOO 12 mengalami penyusutan dibanding iQOO 11. Ia sedikit lebih pendek, lebih ramping, dan lebih tipis dibanding pendahulunya. Bobotnya pun turun dari 208 gram jadi 203,7 gram (untuk varian dengan back cover kaca).

Namun, frame datar yang dipakai membuat bodi iQOO 12 malah terlihat lebih gemuk dibanding iQOO 11. Fenomena ini adalah hal umum buat semua HP yang pakai frame datar.

Catatan lain mengenai frame aluminium iQOO 12 adalah finishing-nya glossy ala-ala chrome. Dengan permukaan yang seperti itu, frame HP ini lebih mudah ketempelan minyak dan noda sidik jari. Anda mesti sering-sering mengelap frame HP ini supaya tak kelihatan dekil.

3. Video Kamera Depan Goyang & Tak Bisa 60 FPS

iqoo 12

Sami Luo dan Chris G merasakan bahwa kualitas rekaman video kamera depan iQOO 12 kurang oke. Penyebabnya adalah kamera depan HP tampak tak memiliki fitur penstabilan video elektronik (EIS). Video yang dihasilkan pun goyang, lebih-lebih ketika rekaman dilakukan pada saat berjalan.

Karena itulah, kamera depan iQOO 12 tidak ideal digunakan untuk keperluan vlogging. Selain itu, opsi perekaman dengan frame rate 60 FPS absen. Hal ini membuat pengguna tak bisa hasilkan video berkualitas untuk platform seperti Instagram Reels.

Resolusi rekaman video juga mentok di Full HD (1080p) saja. Jika iQOO mau membereskan masalah ini via update software - minimal soal fitur penstabilannya - kamera depan HP ini masih cukup layak dipakai untuk keperluan serius.

Simpulan

iQOO 12 bukan HP gaming biasa. Smartphone ini tak cuma tawarkan performa tinggi dan stabil saat jalankan gim. Kemampuan foto dan videografinya patut diperhitungkan. Kreator konten dapat mempertimbangkannya.

Selain itu, HP ini adalah merupakan salah satu opsi HP gaming dengan desain apik. Entah varian Alpha atau Legend, semuanya bisa mencuri perhatian publik. Faktor lain seperti layar yang cerah dan responsif, daya tahan baterai bagus, dan paket penjualan lengkap menambah daya tarik iQOO 12.

Fitur tambahan IP64 menjadi garansi kepada pengguna untuk tak waswas saat menggunakan HP ini di kondisi outdoor. Di sisi lain, kualitas rekaman video kamera depan iQOO 12 masih di bawah harapan. Hal ini perlu jadi catatan serius bagi Anda yang mempertimbangkan HP ini sebagai alat pembuat konten.

Absennya fitur bypass charging dan USB display out juga disayangkan mengingat iQOO 12 adalah HP flagship. Namun, absennya kedua fitur mungkin bisa dimaklumi jika melihat banderol harganya yang relatif terjangkau. Tertarik dengan iQOO 12?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram