carisinyal web banner retina

Yuk, Cari Tahu 9 Kelebihan dan Kekurangan iTel A26!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 25 Juni 2021

Sudah pada kenalan belum sama produk terbarunya dari iTel? Jadi, tepat pada Juni 2021 iTel kembali mengenalkan ke publik perangkat bernama iTel A26. Mengusung jargon "Lotto Love #EnjoyBetterLife" hadir dengan tiga pilihan warna antara lain Gradient Green, Gradient Purple, dan Deep Blue.

Ponsel berteknologi 4G ini terlahir dengan dimensi 148x72.3x9.9mm. Tubuh bagian kirinya menghadirkan slot untuk Dual-SIM (nano). Untuk meminang iTel A26 kamu cukup mengeluarkan mahar sekitar Rp 859 ribuan per unitnya. Supaya kamu lebih mengenal seluk-beluk iTel A26 sebaiknya kamu baca dulu spesifikasi singkatnya berikut ini:

Spesifikasi iTel A26

Itel A26 Spesifikasi
  • Rilis: Juni, 2021
  • Layar: IPS 5,7 inci HD+
  • Chipset: Unisoc SC9832E
  • GPU: MaliT820 MP1
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 64 GB
  • Kamera Belakang: 5 MP + Dual AI Camera
  • Kamera Depan: 2 MP
  • Baterai: Li-ion 3.020 mAh, dapat dilepas

Kelebihan iTel A26

Sebagai produk keluaran terbaru, iTel A26 pastinya akan menyuguhkan banyak kelebihan yang ditawarkan kepada calon penggunanya. Penasaran apa saja kelebihan dari iTel A26? Yuk! Langsung saja simak pembahasannya bersama Carisinyal berikut ini:

1. Teknologi Layar dari IPS

Itel Mobile A26 display

Kendati berada di tingkat kelas pemula namun soal teknologi layar iTel A26 jangan dianggap sebelah mata. Perangkat ini diusung oleh teknologi panel IPS yang diklaim mempunyai sudut pandang baik dan hemat daya. Layarnya sendiri berukuran 5,7 inci dengan resolusi HD+ atau 720 x 1520 piksel.

Menerapkan konsep desain layar Water Drop atau adanya tetesan air di tengah atas layar sebagai tempat bersemedinya kamera depan, layar dari perangkat ini punya kerapatan piksel terbilang tinggi untuk sebuah ponsel entry-level yaitu 276 ppi. Tingginya kerapatan piksel mendorong terbentuknya kualitas tampilan yang tajam.

2. Dapur Pacu Dapat Diandalkan

unisoc

Ponsel ini bergerak dengan mulus tidak lepas karena sokongan dari chipset Unisoc SC9832E. Selanjutnya, untuk perihal CPU memakai Quad Core yang berkecepatan 1.4GHz diklaim mampu menghasilkan paralelisme lebih baik sehingga lebih banyak tugas yang dapat diproses secara paralel tanpa memperlambat sistem antarmuka.

Sementara, guna menyuguhkan tampilan visual yang optimal dapur pacu dari iTel A26 berkolaborasi dengan MaliT820 MP1. Lanjut, ruang penyimpanan ponsel pintar kelas pemula ini terbilang luas dengan RAM berkapasitas 2 GB dan memori internal 32 GB. Tidak hanya itu, pengguna masih dapat memasang microSD hingga 64 GB sebagai memori eksternal.

3. Punya Sensor Face Unlock

Face Unlock Carisinyal

Keunggulan lain dari ponsel garapan iTel terbaru ini adalah kehadiran sensor Face Unlock. Fitur ini dapat dikatakan solusi bagi kamu yang malas menggeserkan layar atau menekan tombol power untuk membuka halaman ponsel. Maka cukup dengan setor muka pada sensor di depan layar, secara otomatis kamu akan menuju pada halaman pertama ponsel.

4. Dibangunnya Audio Jack 3.5mm

 Carisinyal 3.5mm jack

Bisa dibilang kehadiran audio jack menjadi sebuah kelebihan pada ponsel pintar. Hal ini mengingat tak jarang kita melihat sebuah ponsel pintar kini sudah tidak dibekali dengan audio jack 3.5mm. Namun, tidak bagi iTel A26 yang rupanya masih dibangun oleh audio jack 3.5 mm pada tubuhnya.

Mempunyai audio jack 3.5mm, memungkinkan pengguna iTel A26 dapat terkokensi atau terhubung dengan sejumlah perangkat seperti speaker, earphones atau headphones yang biasanya digunakan untuk mendengarkan audio atau berbagai lantunan lagu-lagu.

5. Tawaran Baterai Besar di Kelasnya

Battery Carisinyal

Perangkat terbaru dari iTel ini menggembar-gemborkan pada iklannya kalau A26 telah dipasok oleh sumber daya yang melimpah. Memakai baterai Li-ion tanam, iTel A26 membawa daya sebanyak 3.020 mAh. Dengan begitu perangkat ini dapat menamanimu lebih lama dalam menjalankan aktivitas mobile harian mulai dari buka media sosial hingga menelepon.

Kekurangan iTel A26

Meski dicap sebagai perangkat baru, bukan berarti iTel A26 mulus tanpa ada kekurangannya. Ponsel pintar dari iTel membawa kekurangan dalam beberapa aspek. Supaya kamu lebih kenal lebih jauh tentang iTel A26, Carisinyal sudah menyiapkan poin-poin kekurangan dari ponsel tersebut di bawah ini:

1. Modul Kamera Kecil

itel A26 Camera

Buat kamu yang berencana membeli ponsel pintar dari iTel satu ini sebaiknya jangan menaruh harapan menjulang soal konfigurasi kameranya. Untuk sebuah ponsel pintar masa kini, kamera depan maupun kamera belakang dari iTel A26 hanya mempunyai modul yang tergolong kecil.

Untuk kamera utamanya yang berjumlah satu sensor berukuran 5 MP telah dibenamkan di sebuah kotak panjang hitam pada sisi kiri atas cangkang. Kamera belakangnya juga ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau AI. Selain itu, hanya ada satu fitur pendukung pada kamera utama dari iTel A26 yaitu flash, lokasinya berada di wadah yang sama seperti sensor.

Beralih ke kamera depannya yang hanya menyediakan resolusi 2 MP tanpa ditemani fitur tambahan. Sementara, untuk keahlian merekam baik di kamera depan maupun kamera belakang harus puas dengan penawaran resolusi sebesar 720p, tentunya jangan berharap kehadiran teknologi OIS atau EIS pada ponsel kelas pemula ini.

2. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Sidik jari

Sudah terbiasa dengan penggunaan sidik jari untuk membuka ponsel pintar? Sepertinya kamu harus membiasakan diri untuk tidak tergantung dengan sidik jari pada perangkat A26. Pasalnya tidak seperti ponsel pintar kelas pemula di merek ternama, iTel A26 tidak menyematkan sensor fingerprint.

Padahal kehadiran sensor pemindai sidik jari sudah marak ditempelkan di ponsel pintar dengan penempatan yang berbeda mulai dari belakang, samping, hingga di bawah layar. Adapun fungsi lain selain untuk membuka ponsel pintar seperti membantu dan mempermudah akses membuka aplikasi m-banking dan melakukan proses autentikasi di Google Play.

3. Belum Mendukung Android 11

Android-10

Hal yang sangat disayangkan dari iTel A26 sebagai produk keluaran teranyar adalah tidak mendapatkan pembaruan pada sistem operasinya. Perangkat dari iTel ini mentok dengan penggunaan sistem operasi Android 10. Sementara, beberapa ponsel pintar yang lahir saat ini rerata telah memakai sistem operasi Android 11.

Memang fitur dan mode yang disuguhkan oleh sistem operasi Android 10 sudah ciamik, tetapi bagi perangkat yang bersistem operasi Android 11 besar kemungkinan akan bertemu dengan fitur dan mode lebih segar. Beberapa di antaranya seperti fitur senyap sementara ketika mengabadikan video, notifikasi yang semakin responsif, hingga mode gelap yang lebih adaptif dan bisa diatur.

4. Teknologi Bluetooth Kurang Update

Bluetooth

Selain pastinya tidak memiliki teknologi NFC (Near-field Communication) untuk mempermudah transaksi. Perangkat dari iTel ini masih menggunakan teknologi Bluetooth yang belum mendapatkan update ke jenjang lebih tinggi. Pihak iTel memustukan untuk menggunakan Bluetooth edisi 4.2, alih-alih memakai versi 5.0 atau 5.1.

Kecepatan transfer 4.2 mampu melaju sampai 1 Mbps, dua kali lebih lambat dibandingkan edisi 5.0 yang sudah ngebut pada kecepatan 2 Mbps. Selain itu, Bluetooth 4.2 lebih menguras tenaga pada perangkat dan kapasitas pesannya yang hanya sekitar 32 bit. Tidak hanya itu, teknologi Bluetooth yang diguanakan iTel A26 belum mendukung IoT (Internet of Things).

Simpulan

Setelah diketahui bersama kalau iTel A26 mempunyai keunggulan dalam beberapa aspek mulai dari penggunaan teknologi yang menunjang pada layarnya, System-on-Chips dapat diandalkan, masih memiliki audio jack 3.5mm, punya akses sensor Face Unlock, hingga kepemilikan baterai besar versi iTel.

Adapun kekurangan dari iTel A26 antara lain teknologi Bluetooth yang kurang update, sistem operasi belum mendapatkan pembaruan, modul kamera yang kecil, hingga tidak adanya sensor sidik jari.

Itulah tadi pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan iTel A26. Ikuti terus Carisinyal untuk mendapatkan informasi seputar teknologi dan gawai, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram