carisinyal web banner retina

Ketahui 6 Kelebihan dan Kekurangan itel A49 Play, HP Murah Meriah

Ditulis oleh Aris Wibowo

Permintaan pasar akan ponsel Android murah untuk harian kian hari semakin tinggi, Hal ini yang mendasari produsen itel terus menghadirkan produk HP murah berkualitas. 

Kali ini, itel Mobile yang merupakan saudara dari Infinix Mobile , memperkenalkan itel A49 Play. HP ini dibuat sebagai ponsel entry-level  yang memiliki desain modis.

Dipasarkan dengan harga Rp1 jutaan, ada beberapa sektor yang coba diunggulkan pada itel A49 Play selain desainnya yang modis. Apalagi Produsen sudah mengklaim semua spesifikasi dalam HP ini sangat cocok untuk kebutuhan dasar komunikasi saat ini.

Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Simak langsung catatan soal HP ini pada tabel kelebihan dan kekurangan itel A49 berikut ini. Pembahasan detail tiap poinnya, bisa disimak selanjutnya setelah info tabel dan spesifikasi.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain Tidak Murahan
Minim Sensor
Layar IPS HD+ yang Cukup Pas
Kamera Pas-Pasan
Sensor Keamanan yang Lengkap
Performa Kurang Maksimal
Konfigurasi Memori Penyimpanan Besar untuk Kelas Harganya
Tanpa Fast Charging
Android 11 Go Edition yang Ramah Spesifikasi
Dual 4G VoLTE 

Spesifikasi itel A49 Play

itel A49 Play
Layar IPS LCD 6.3 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 5 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan itel A49 Play

Terdapat enam poin kelebihan yang kami temukan pada itel A49 Play. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel entry-level ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Tidak Murahan

itel a49 playSumber: TBH Labs

Menengok bagian depan ponsel itel ini,  Anda pasti akan langsung mengenali desain khas HP ini yang masih mirip HP Infinix ataupun HP Tecno. Hal ini tampak lumrah sebab ketiga produsen ini memang memiliki hubungan.

Membahas area depan, HP ini memakai layar yang mengusung desain kamera ala waterdrop. Layar ini hadir dengan bezel yang sedikit tebal di sisi bawah, yang mempertegas bahwa HP ini memang HP harga terjangkau.

Walaupun demikian, Penampilan HP ini cukup baik dan tidak mengecewakan meski dilepas pada pasar ponsel entry-level. Bahkan, bagian bodi belakang ini tidak terkesan murahan. 

Bodi belakangnya menyuguhkan tekstur plastik polikarbonat yang kokoh dengan tepian melengkung. Dibagian tengah bodi terdapat tempat sensor sidik jari. Bodi belakang ini dipoles dengan finishing matte yang membuat bekas sidik jari tidak mudah menempel.

Modul kamera si ponsel berbentuk oval panjang vertikal. Dalam modul ini terdapat kamera utama di bagian atas, sedangkan di bagian bawah ada kamera bokeh dan LED Flash yang bersebelahan.

Sedikit kekurangan dari desain bodi ini ialah penempatan speakernya. Speaker yang ada di bodi belakang ini membuat suara tidak maksimal ketika HP ditaruh di permukaan yang datar. Selain itu, untuk memasukkan kartu sim, Anda harus melepas terlebih dahulu bodi belakang HP.

Untuk sebuah ponsel Android murah, itel A49 Play ini memiliki build quality yang masih bagus dengan tombol-tombol yang clicky di bagian samping bodi. Lebih lanjut lagi, dalam website resminya, itel mengklaim HP ini tahan terhadap benturan dan tahan terhadap debu serta kelembaban. 

Selain itu, produsen juga mengklaim HP ini mampu digunakan meski dalam suhu ekstrim. Sayangnya, tidak ada keterangan resmi mengenai sertifikasi ketahanan yang digunakan.

2. Layar IPS HD+ yang Cukup Pas

itel a49 playSumber: TBH Labs

Smartphone layar lebar memang masih menjadi incaran banyak pengguna karena dianggap lebih leluasa dan lebih mudah dioperasikan. Menariknya, produsen itel menghadirkan layar berukuran 6,3 inci yang dianggap tidak terlalu lebar dan tidak kekecilan, ukuran paling ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Dipasarkan di pasar ponsel kelas pemula, teknologi yang dihadirkan dalam itel A49 Play tidak mengecewakan. Pasalnya layar ini sudah menggunakan panel IPS yang diklaim memiliki kontras yang baik dan lebih hemat daya.

Tentu layar ini memberikan pengalaman visual yang sama sekali tidak terlihat burik untuk nonton video, browsing, hingga bermain game. Apalagi, layar ini sudah memakai resolusi HD+.

Pemilihan resolusi rendah ini diharapkan mampu meringankan beban dapur pacu, sehingga konsumsi daya bisa ditekan dan baterai lebih hemat kala HP digunakan dalam waktu lama.

Untuk perlindungan layar, semenjak dari boks penjualan, HP ini sudah dilapisi pelindung anti gores di layar. Sayangnya, tidak ada informasi resmi mengenai jenis anti gores yang digunakan.

Menurut akun YouTube Gaany Vai, layar HP ini mempunyai kecerahan yang cukup baik, layarnya masih terbaca dengan baik meski dibawah sinar mentari sekalipun. 

3. Sensor Keamanan yang Lengkap

itel a49 playSumber: GaanyVai

Menyadari pentingnya keamanan untuk menjaga data krusial pengguna, produsen itel menambahkan fitur keamanan yang lengkap di seri A49 Play. Yang menarik, Ponsel ini telah dibekali fitur Face Unlock. Tentu ini menjadi daya tarik HP ini dibanding HP dibawah 1 jutaan lainnya yang tanpa fitur keamanan.

Untuk menggunakan fitur keamanan ini, Anda cukup menyetor muka di depan layar, tepatnya di depan kamera selfie. Maka secara otomatis, ponsel akan terbuka dan bisa digunakan.

Bila Anda merasa fitur face unlock kurang aman, Anda bisa memakai sensor sidik jari yang terletak di bagian bodi belakang. Sensor ini diklaim lebih akurat dan bisa digunakan dalam kondisi cepat.

Yang menjadi kelebihan, sensor ini juga bisa dipergunakan buat menjawab telepon, mengontrol kamera, mematikan alarm dan masih banyak fungsi lain.

Selain kedua fitur diatas, Anda juga akan menemukan fitur Anti Theft Alarm yang akan menjadi alarm peringatan bila terdapat seseorang yang hendak mencuri ponsel ketika ponsel tengah di isi daya. Jadi, alarm akan berbunyi ketika charger pengisian terlepas.

4. Konfigurasi Memori Penyimpanan Besar untuk Kelas Harganya

itel a49 play

Nah, kelebihan dapur pacu HP ini ialah adanya memori internal 32 GB dan slot microSD. Dipasarkan dengan harga di bawah 1 jutaan, HP ini memiliki memori penyimpanan yang cukup besar. Pasalnya, di harga yang sama, Anda hanya menemukan HP dengan memori 16 GB.

Selain itu, adanya slot microSD terpisah yang tidak menyatu dengan slot SIM card juga menjadi hal yang menarik. Pasalnya, Anda masih bisa menggunakan dua kartu SIM tanpa harus mengorbankan salah satunya untuk kartu memori.

5. Android 11 Go Edition yang Ramah Spesifikasi

itel a49 playSumber: GaanyVai

itel menghadirkan cukup banyak fitur menarik dalam ponsel murah ini. Meski dipasarkan di harga bawah 1 jutaan, performanya cukup baik dalam menjalankan berbagai aplikasi dan game. Hal ini disebabkan HP itel ini menggunakan sistem operasi Android 11 Go Edition yang kabarnya bisa di upgrade ke Android 12 Go Edition.

Seperti yang diketahui, Google menghadirkan sistem Go Edition agar HP dengan spesifikasi biasa masih bisa dan masih mampu mengakses sistem Android 11. Tentunya versi Go ini lebih ringan dan cepat dibanding Android 11 biasa. 

Pasalnya, Google sendiri mengkhususkan sistem operasi ini untuk ponsel Android yang memakai RAM 2 GB atau 3 GB. Dengan penyempurnaan sistem, Android Go diklaim dapat membuka aplikasi maupun game lebih cepat 25% dibandingan Android Go seri sebelumnya.

6. Dual 4G VoLTE 

itel a49 playSumber: TBH Labs

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, HP ini memang digunakan lebih banyak untuk komunikasi harian. Maka dari itu, produsen itel menghadirkan fitur Dual 4G VoLTE. 

Fitur ini diklaim mampu membuat komunikasi lebih lancar dan stabil. Anda pun mampu menggunakan fitur ini di dua slot simCard yang tersedia.

Memang HP ini belum 5G, tetapi untuk kelas harganya, rasanya fitur Dual 4G VoLTE ini masih cukup mumpuni. 

Kekurangan itel A49 Play

Di samping enam kelebihan yang sudah disebutkan sebelumnya, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap HP itel ini. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Minim Sensor

itel a49 play

Sudah menjadi kodratnya, HP Android murah ternyata memiliki banyak kekurangan. Seperti dalam HP itel A49 Play yang tidak dibekali sensor Kompas.

Kedua sensor ini pada dasarnya cukup berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sensor kompas atau sensor magnetis misalnya dapat digunakan untuk menunjukkan arah. Tentu dengan tidak adanya sensor ini, Aplikasi peta yang dibuka di HP ini akan kurang maksimal karena tidak mengetahui arah mata angin secara pasti.

Untungnya, untuk sensor-sensor lain yang umum ada di ponsel saat ini seperti sensor akselerometer untuk mendeteksi orientasi HP dan sensor proksimitas untuk mematikan layar saat menelpon, semuanya bekerja dengan baik dan optimal.

2. Kamera Pas-Pasan

itel a49 play Sumber: TBH Labs

Untuk sektor kamera seri itel A49 Play ini memang sangat sederhana. Sesuai kelasnya, produsen hanya mengandalkan kamera belakang dan kamera depan saja. Bedanya, kali ini, itel menghadirkan dua kamera belakang.

Untuk kamera belakang hadir dengan resolusi 5 MP di kamera utama dan resolusi 0,3 MP di kamera bokeh. Sedangkan kamera depan hanya memakai resolusi 5 MP. Kamera belakang ini hadir dengan modul kamera yang kekinian sehingga tidak berkesan HP murahan.

Anda akan menemukan sejumlah mode seperti mode HDR, mode AI hingga mode beauty. Sayangnya, meski kamera belakang ini sudah dilengkapi teknologi AI, hasil kamera HP ini terbilang biasa saja.

Sementara itu, untuk perekaman kamera belakang, HP ini hanya bisa merekam video 720p saja.

3. Performa Kurang Maksimal

itel a49 playSumber: TBH Labs

Sebagai ponsel Android murah, fungsi HP ini akan lebih banyak digunakan untuk komunikasi dasar. Maka dari itu produsen itel hanya menggunakan chipset kelas entry-level dalam sektor dapur pacu ini.

Untuk sektor chipset, HP ini dibekali dengan chipset Unisoc SC9832E. ini merupakan chipset kelas bawah yang memiliki empat inti yang terdiri dari empat core Cortex A53 berkecepatan 1,4 Ghz.

Sementara, guna menghadirkan tampilan visual yang optimal, dapur pacu itel A49 Play sudah dilengkapi dengan GPU Mali T820 dan dukungan RAM 2 GB. Dukungan ini membuat kinerja HP masih cukup lancar kala membuka banyak aplikasi atau digunakan bermain game ringan. 

Menariknya, chipset buatan Unisoc ini ternyata mampu menyeimbangankan performa dan daya baterai dengan baik. Tidak heran, chipset ini diklaim lebih irit 30% dibanding chipset dengan prosesor quad-core lainnya. 

Sayangnya, meski mengusung embel-embel nama “Play”, performa prosesor quad-core ini tentu kurang maksimal untuk multitasking berat atau main game dalam waktu lama. Apalagi, RAM yang ditawarkan juga hanya 2 GB. 

Menurut Gaany Vai, Youtuber asal India, HP ini masih nyaman digunakan untuk bermain game ringan macam Subway Surfer. Dalam game ini, HP bisa menampilkan grafis cukup baik. Kala digunakan bermain lama juga tidak ditemukan lag.

Kala dipaksa bermain game PUBG mobile, HP ini juga masih mampu, tentu dengan pengaturan grafis paling rendah. Sayangnya, ketika digunakan bermain lama, HP mulai terasa panas dan grafis sedikit patah-patah. 

3. Tanpa Fast Charging

itel a49 play

itel sudah membekali HP murah ini dengan baterai 4000 mAh yang diklaim awet digunakan untuk pemakaian normal. Hal ini disebabkan resolusi layar yang tidak terlalu tinggi dan chipset yang memang tidak terlalu boros daya. 

Namun, di balik baterai yang tahan lama, itel hanya menghadirkan sistem pengisian daya standar. Hal ini membuat baterai terisi penuh dalam waktu yang cukup lama lebih dari 3 jam.

Untuk Anda yang tidak bisa meninggalkan HP terlalu lama ketika mengisi daya, hal ini akan sangat menjengkelkan. Maka dari itu, tidak adanya fitur fast charging menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan di HP ini. 

Simpulan

itel kembali membuktikan dirinya sebagai produsen ponsel Android murah yang berkualitas dengan merilis itel A49 Play. Hadir dengan sejumlah ubahan dibanding itel A49 versi reguler, ponsel versi Play ini menawarkan desain yang modis untuk kenyamanan penggunanya.

Selain itu, itel juga menghadirkan layar dengan ukuran yang pas sehingga browsing dan bermain game bisa lebih maksimal. Dengan dukungan sejumlah fitur seperti fitur anti maling dan baterai yang awet, Ponsel ini sangat cocok untuk anak-anak, orang tua hingga pengguna yang baru beralih memakai ponsel Android.

Terlepas performa yang ala kadarnya dan sensor yang minim, ponsel itel A49 play ini sudah memenuhi kebutuhan dasar smartphone saat ini. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram