carisinyal web banner retina

8 Kelebihan dan Kekurangan itel P40, Apakah Layak Dibeli?

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Maret 2023, Itel Mobile meluncurkan HP entry-level atau kelas bawah terbarunya yaitu itel P40 di India. Sebagai salah satu anak perusahaan dari Transsion Holdings, selain Tecno dan Infinix, kali ini Itel Mobile membekali HP terbarunya dengan kemampuan yang menarik. HP ini pun masuk resmi ke Indonesia pada April 2023.

Salah satunya adalah ketahanan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 15 hari dengan kondisi ultra-long standby. Kemampuan ini tentu cukup menarik mengingat harganya yang sangat murah yaitu sekitar Rp1 jutaan saja. Tidak hanya itu, HP murah ini memiliki fitur-fitur lainnya yang jarang hadir di HP Rp1 jutaan.

Meski begitu, HP murah tetaplah HP murah. Banyak aktivitas yang sulit dilakukan karena memiliki spesifikasi yang terbatas. Nah, kira-kira, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh itel P40 ini? Apakah HP ini cocok untuk dibeli? Untuk mengetahui jawabannya, silakan simak daftar kelebihan dan kekurangan P40 di tabel berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain yang stylish untuk kelas harganya
Tanpa Wi-Fi Dual Band dan Bluetooth lama
Layar IPS LCD luas
Performa chipset kurang maksimal untuk main game
Baterai 6000 mAh mampu bertahan hingga 15 hari
Fitur keamanan lengkap
Garansi satu kali untuk layar
Konfigurasi dua kamera yang cukup
Menggunakan Android 12 Go Edition
RAM dan internal lumayan

Jika dilihat dari tabel, tampak itel P40 ini memiliki kemampuan yang cukup menarik di beberapa sektor. Namun, sebagai HP Rp1 jutaan, tentu HP ini juga memiliki kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Nah, jika Anda ingin mengenal lebih jauh tentang HP ini, silakan simak kelebihan dan kekurangan P40 secara lengkap berikut ini.

Spesifikasi itel P40

itel P40 black
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI) MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan itel P40

itel agaknya menjadi salah satu merek yang kurang menggema namanya di pasar Indonesia. Padahal, itel ini bisa disebut sebagai saudara dari Infinix dan Tecno karena berada di bawah naungan yang sama yaitu Transsion Holdings. Nah, apakah itel berhasil menggemakan namanya melalui HP ini? Simak daftar kelebihan dari itel P40 berikut ini.

1. Desain yang Stylish untuk Kelas Harganya

itel P40

Secara desain, itel P40 ini hadir dengan tampilan yang terlihat cukup berani. Di bagian belakangnya, terdapat sebuah modul kamera berukuran cukup besar. Bahkan, modul kameranya ini membentang hampir menyentuh kedua sisi samping dan bagian atas. Jika diperhatikan, desain modul ini mengingatkan pada HP POCO yang punya desain modul kamera khas.

Meski memiliki modul yang cukup besar, posisi kamera di dalamnya disusun dengan lebih rapi. Kedua kamera belakangnya disimpan di bagian samping dengan posisi vertikal. Kemudian lampu LED Flash disimpan di dekat kamera atas atau kamera utamanya.

Hal yang perlu diapresiasi dari desain ini adalah upayanya dalam menyembunyikan sensor pemindai sidik jari. Sensor tersebut disimpan di dalam modul bagian bawah dengan warna yang sama. Sehingga, desain bodi bagian belakang ini tidak terlihat jadul-jadul amat.

Karena ukuran modul kameranya yang cukup lebar, itel menambahkan beberapa tulisan spesifikasi di dalamnya. Apa lagi kalau bukan ukuran kapasitas baterai 6000 mAh yang menjadi keunggulannya. Agaknya, itel P40 ini merasa sangat percaya diri dengan kemampuan baterainya ini.

Untuk desain bodinya, itel menambahkan tekstur yang khas di bagian belakang. Hal ini tentu saja membuatnya lebih mudah untuk digenggam. Untuk dimensinya sendiri, itel P40 memiliki ukuran 164,4 x 75,8 x 9,2 mm dengan bobot 209 gram. Selain itu, HP ini juga tidak akan mudah terkena noda sidik jari atau tergelincir.

Hal lain yang patut diacungi jempol adalah pemilihan warna yang ditawarkan. itel P40 ini menawarkan warna yang cantik dengan tema warna pastel. Terdapat tiga varian warna yang bisa Anda pilih yaitu Force Black, Luxurious Gold, dan Dreamy Blue.

2. Layar IPS LCD Luas

itel P40

Kenyamanan dalam menggunakan HP tentu tidak akan lepas dari kemampuan layar yang ditampilkan. Tidak hanya soal spesifikasi, melainkan bentuk dan ukuran juga menjadi salah satu yang memengaruhinya. Untuk HP dengan harga Rp1 jutaan, itel P40 ini memiliki layar yang cukup bikin nyaman.

Mengingat harga yang ditawarkan, tentu itel P40 ini belum dibekali layar dengan panel AMOLED. HP ini masih dibekali panel IPS LCD. Namun, panel ini juga memiliki kelebihannya tersendiri. Misalnya memiliki ketahanan yang lebih baik sehingga cocok untuk di kelas harganya.

Untuk ukurannya, itel P40 menawarkan layar yang cukup luas yaitu 6,6 inci. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk aktivitas seperti menonton. Resolusi yang berhasil dicapainya juga wajar yaitu HD Plus atau 720 x 1612 piksel dengan kerapatan 267 ppi. Anda bisa menonton film atau streaming dengan lebih asyik.

Agar meningkatkan kenyamanan dalam penggunaannya, layar HP ini sudah dibekali refresh rate 60 Hz. Angka yang tidak terlalu baik memang, tapi cukup wajar di kelasnya. Selain itu juga ada touch sampling rate hingga 120 Hz yang membuatnya lebih responsif terhadap sentuhan.

Bagian depan itel P40 ini juga dihiasi modul atau tempat kamera depan bersemayam yang disebut notch. Desain untuk notch-nya ini menggunakan desain waterdrop atau tetesan air. Sementara untuk ukuran bezel-nya memang tidak bisa dibilang tipis, tapi juga tidak terlalu tebal.

Sebagai HP yang dijual dengan harga Rp1 jutaan ini, kemampuan layar yang ditawarkannya sudah cukup menarik. Anda bisa menggunakan HP ini sebagai teman aktivitas harian Anda, seperti browsing, menonton, dan sebagainya.

3. Baterai 6000 mAh Mampu Bertahan hingga 15 Hari

itel P40

Salah satu sektor yang menjadi keunggulan dari itel P40 ini adalah baterainya. Bahkan, saking bangganya dengan sektor satu ini, HP ini sampai menuliskan informasi kapasitas baterainya di modul kamera bagian belakang.

Bagaimana tidak, meski harganya yang terbilang sangat murah ini, justru kapasitas baterai yang disematkannya cukup besar. Bukan 4000 atau 5000 mAh, tetapi 6000 mAh. Lalu, bagaimana dengan kemampuannya? Jangan-jangan hanya menang di ukuran saja.

Wajar jika sebagian dari kalian memiliki pikiran seperti itu, mengingat harganya yang memang murah. Namun, jangan salah, kemampuannya ini bahkan bisa dibilang sangat menarik. Menurut klaim itel sendiri, itel P40 ini mampu bertahan hingga 15 hari. Dengan catatan HP tersebut dalam kondisi ultra-long standby.

Tidak hanya itu, klaimnya juga menyebutkan bahwa HP ini mampu melakukan panggilan selama 32 jam tanpa henti. Kemampuannya ini tentu cukup menarik, terutama untuk Anda yang sering membawa HP ini bepergian. Pasalnya tidak perlu bingung mencari colokan untuk mengecas.

Tidak hanya ketahanannya saja, itel P40 juga menyediakan fitur pendukung dalam pengisian dayanya. Bahkan, pengisian dayanya ini cukup cepat hingga 18 W. Anda bisa mengecas dengan waktu yang lebih cepat dari HP murah lain di kelasnya.

4. Fitur Keamanan Lengkap

itel P40

Berada di kelas harga murah, keamanan ketika membuka kunci layar yang cepat dan praktis ini cukup sulit ditemukan. Jika ada yang memiliki sensor pemindai sidik jari, sensor pemindai wajah mungkin tidak dibawa, atau sebaliknya.

Hal inilah yang membuat itel P40 ini bisa dibilang lengkap soal keamanan. Pasalnya, HP ini sudah dibekali sensor pemindai sidik jari di bagian belakang. Sensor ini juga disimpan di dalam modul kamera belakang dengan warna yang samar. Jadi, tidak akan merusak penampilan bodi belakang HP ini.

Tidak hanya itu, itel P40 juga sudah menyediakan sensor pemindai wajah untuk membuka kunci layarnya. Hal ini tentu menarik untuk kelas harganya. Namun, sensor pemindai wajah ini memiliki tingkat keamanan yang tidak jauh lebih baik dari sensor pemindai sidik jari.

Misalnya saja ketika Anda sedang mengenakan masker atau kondisi cahaya gelap. Sensor pemindai wajah mungkin saja tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Maka dari itu, penggunaan sensor sidik jari tetap lebih disarankan agar lebih mudah dan praktis. itel P40 juga menempatkan sensornya pada posisi yang cukup mudah terjangkau oleh jari.

5. Garansi Satu Kali untuk Layar

itel P40

Tidak ada informasi jelas mengenai lapisan pelindung untuk layar itel P40 ini. Namun, mengingat harganya yang sangat murah, kemungkinan lapisan pelindung ini tidak ada. Hal ini tentu membuat layarnya memiliki risiko yang cukup besar terhadap goresan, bahkan retakan.

Meski begitu, itel tampaknya tidak tinggal diam soal ini. Untuk memberikan rasa aman kepada calon pembelinya, perusahaan menjanjikan satu kali garansi untuk kerusakan layar. Dengan catatan, masa pakai HP tidak lebih dari 100 hari sejak pembeliannya.

6. Konfigurasi Dua Kamera yang Cukup

itel P40

Di bagian belakang, terdapat dua kamera yang disimpan di dalam modul yang cukup besar. Konfigurasinya yaitu terdiri dari kamera utama dengan resolusi 13 MP (f/1.85) dan kamera sensor depth VGA. Untuk kelas harganya, kemampuannya ini sebenarnya cukup menarik, apalagi dibekali fitur autofocus, LED Flash, hingga HDR.

Untuk perekaman videonya juga cukup di kualitas 10080p dengan 30 fps. Bahkan, ketika DHIARCOM mencobanya secara langsung, hasil rekaman videonya cukup menarik. Detail-detail pada awan terlihat cukup baik, bahkan ketika diarahkan ke mataharinya langsung.

Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera selfie beresolusi 5 MP (f/2.4). Gambar yang dihasilkan lagi-lagi cukup untuk kelas harganya. Bahkan untuk perekaman video menggunakan kamera depannya dianggap lumayan oleh DHIARCOM. Kualitas video kamera depannya mencapai 1080p dengan 30 fps.

Meski begitu, kamera depan atau belakang ini akan mengalami penurunan kualitas ketika memotret dalam keadaan minim cahaya. Berikut beberapa sampel foto dari itel P40 oleh DHIARCOM.

Untuk hasilnya sendiri, lagi-lagi mesti diwajarkan mengingat harganya yang murah. Apalagi untuk foto dengan minim cahayanya. Namun, untuk kamera belakang serta selfie-nya sudah cukup baik. Bahkan untuk kamera selfie dengan portrait pun terlihat lumayan.

7. Menggunakan Android 12 Go Edition

android 12 go_

Salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh itel P40 ini adalah penggunaan sistemnya. HP ini beroperasi dengan basis pada sistem Android 12 Go Edition. Pemilihan sistem operasi ini tentu menarik, sebab Android 12 Go Edition ini memang dirancang khusus untuk HP murah.

Bukan soal harga sebenarnya, tetapi lebih ke spesifikasi yang dimilikinya. Dengan spesifikasi yang terbilang rendah atau pas-pasan, Android 12 Go Edition ini mampu memaksimalkan kinerjanya. Dengan kata lain, Anda akan mendapatkan kinerja HP lebih baik meski spesifikasi terbatas.

Contoh umumnya, dengan menggunakan sistem operasi Android 12 Go Edition, durasi ketika membuka aplikasi akan jadi lebih cepat. Selain itu, sistem ini juga mampu meningkatkan tingkat ketahanan daya yang dimiliki.

8. RAM dan Internal Lumayan

itel P40

Dengan berbagai aplikasi yang bisa diunduh, kapasitas memori menjadi hal yang cukup penting untuk sebuah HP. Hal ini jugalah yang disadari oleh itel. Meski harganya berada di angka Rp1 jutaan saja, itel P40 ini memiliki kapasitas memori yang sudah lumayan besar.

Untuk RAM-nya sendiri, HP ini dibekali RAM berkapasitas 4 GB. Namun, itel juga menyediakan fitur Memory Fusion yang bisa memperluas kapasitasnya. Anda bisa memperluas kapasitas RAM menjadi 6 GB atau 7 GB. Kapasitas yang cukup baik untuk mengoptimalkan performa HP.

Sementara itu, untuk memori internal yang ditawarkan HP ini adalah 32 GB dan 64 GB. Memiliki varian 64 GB di memori internal sudah langkah yang cukup baik. Bahkan, Anda juga bisa memperluasnya menggunakan microSD hingga 512 GB.

Dengan itel P40 ini, Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi berukuran besar. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan berbagai berkas seperti foto atau video. Menggunakan microSD lebih disarankan agar kapasitas bisa lebih besar.

Kekurangan itel P40

Cukup menarik memang melihat beberapa kelebihan yang coba ditawarkan oleh itel P40 ini. Apalagi harganya yang terbilang sangat murah, sedikit unggul dari model lain di kelasnya saja sudah bisa dihargai. Meski begitu, HP ini tentu memiliki beberapa kekurangan yang mesti dipertimbangkan. Berikut adalah yang bisa menjadi kekurangan dari itel P40.

1. Tanpa Wi-Fi Dual Band dan Bluetooth Lama

Bluetooth 4.2

itel P40 menggunakan jaringan LTE 4G sebagai koneksi utama untuk browsing atau bermain game. Namun, ketika tidak ada kuota atau sinyal pada jaringan, Anda tentu harus segera menggantinya dengan jaringan Wi-Fi.

Sayangnya, itel P40 ini hanya menggunakan protokol Wi-Fi 4 saja. Dengan kata lain, HP ini hanya mampu terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan pita 2,4 GHz saja. Padahal, HP lain dengan harga yang mirip sudah ada yang menggunakan protokol Wi-Fi 5 yaitu Infinix Smart 7.

Hal ini tentu cukup disayangkan, sebab Wi-Fi 4 ini bisa dibilang sudah jadul. Perbedaannya cukup terlihat jelas bahkan dengan Wi-Fi 5 terutama soal kecepatan. Selain itu, pita jaringan 2,4 GHz juga mungkin tidak akan bisa mendeteksi Wi-Fi di tempat umum. Sebab Wi-Fi di tempat umum biasanya menggunakan router Wi-Fi 5.

Tidak hanya itu, versi Bluetooth yang digunakan juga masih terkesan jadul. Versi Bluetooth yang digunakan itel P40 ini masih versis Bluetooth 4.2. Soal kecepatan transfer data, jelas lebih lambat dibandingkan Bluetooth 5. Pendeteksian jaraknya juga lebih sempit. Bahkan, Anda harus menunggu beberapa saat untuk bisa menghubungkannya dengan perangkat lain.

2. Performa Chipset Kurang Maksimal untuk Main Gim

itel P40

Meski kombinasi RAM dan memori internal yang dihadirkan sudah cukup baik. itel P40 ini masih harus berpikir ulang soal pemilihan chipset yang akan digunakan. Sebab, chipset yang dipilih untuk HP ini adalah UNISOC SC9863A.

Chipset ini memang tidak secepat chipset lain di kelasnya. Namun, UNISOC SC9863A ini sudah ditenagai oleh prosesor octa-core. Terdiri dari empat core Cortex A55 dengan frekuensi 1,6 GHz dan empat core Cortex A55 dengan frekuensi 1,2 GHz.

Sementara itu, untuk kartu pengolah grafis yang digunakannya adalah PowerVR IMG8322. Dengan berbagai dukungan dari sektor lainnya seperti kapasitas RAM, penggunaan sistem Android Go Edition, akhirnya sedikit membantu mengoptimalkan performanya.

Merujuk pada pengujian yang dilakukan oleh DHIARCOM di Youtube miliknya, itel P40 ini mendapatkan skor AnTuTu v9 yang baik sebenarnya. Skor yang didapatkan mencapai 105.725, padahal HP di kelasnya ini biasanya hanya mencapai 80 atau 90 ribuan saja.

Sedangkan untuk pengujian GeekBench 5, itel P40 mampu mendapatkan skor 127 untuk single-core dan 477 untuk multi-core. Meski angka yang dihasilkan sudah cukup lebih baik, tapi penggunaan chipset UNISOC SC9863A ini masih terasa kurang.

Ia juga mengujinya secara langsung dengan memainkan game seperti Mobile Legend, Free Fire, hingga PUBG Mobile. Untuk hasilnya, Free Fire masih bisa dimainkan dengan lancar dan stabil. Sedangkan Mobile Legend sedikit kesulitan dengan mengalami frame drop beberapa kali.

Kemudian untuk PUBG Mobile, sebenarnya ini terlihat sedikit memaksa. Hasilnya pun tidak jauh dari perkiraan. Grafik serta fps yang dihasilkan benar-benar tidak nyaman untuk dimainkan. Apalagi tidak adanya gyroscope hardware. Sangat tidak disarankan untuk dipaksakan bermain PUBG Mobile.

Simpulan

Agaknya, itel mencoba lebih serius dengan membekali HP terbarunya kemampuan dan fitur yang menarik. Salah satu yang paling menarik dari itel P40 ini adalah ketahanan baterainya. Dengan hanya kapasitas 6000 mAh saja, HP ini diklaim mampu bertahan hingga 15 hari lamanya. Dengan catatan dalam kondisi ultra-long standby.

Tidak hanya itu, layar yang disematkan juga sudah cukup baik, apalagi ada garansi satu kali untuk layar yang pecah. Hal ini tentu membuat pembeli merasa aman untuk membeli HP ini. Konfigurasi kamera yang dihadirkan juga cukup untuk kelasnya. Bahkan, dengan mengeluarkan budget Rp1 juta saja, RAM dan internal yang ditawarkan sudah lumayan besar.

itel P40 juga hadir dengan berbagai fitur menarik, bahkan untuk kelasnya. Salah satunya adalah adanya pemindai sidik jari dan wajah sebagai keamanannya. Hal ini jarang ditemukan di kelas harganya. Namun, HP ini tentu masih memiliki beberapa kekurangan di dalamnya. Nah, menurut Anda, apakah itel P40 ini cocok untuk dibeli?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram