carisinyal web banner retina

Yuk, Kenali Lebih Jauh Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.4!

Selepas keberhasilan produk bertipe 5.3, pihak Nokia akhirnya meluncurkan ponsel pintar penerusnya bernama Nokia 5.4 pada awal Januari 2021. Ponsel asal Finlandia tersebut menawarkan pembaruan salah satu yang paling jelas adalah dalam segi warna. Terdiri dari warna Dusk dan Polar Night, cangkang dari perangkat ini bisa bertransformasi sesuai pantulan cahaya.

Kemudian, Nokia 5.4 juga mendapatkan sokongan dari OZO Spatial Audio yang berguna untuk mengheningkan suara angin dan merekam video secara stereo. Berdasarkan GSM Arena, perangkat ini hadir dalam beberapa model meliputi TA-1333, TA-1340, TA-1337, TA-1328, dan TA-1325. Untuk satu unit dari ponsel pintar ini dibanderol pada kisaran Rp 3 jutaan.

Bagi kamu yang masih penasaran tentang apa saja fitur dan menu dari Nokia 5.4 dapat menyimak spesifikasinya. Tidak perlu bingung atau bahkan berkunjung ke portal lain, dengan senang hati Carisinyal sudah membuat spesifikasi ponsel tersebut secara lengkap di bawah ini:

Spesifikasi Nokia 5.4

Nokia 5.4 2
  • Rilis: Januari 2021
  • Layar: IPS LCD 6,39 inci
  • Chipset: Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 4.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Nokia 5.4

Sudah baca spesifikasi Nokia 5.4 di atas? Pastinya kamu sudah menemukan kelebihan dari ponsel Nokia ini salah satunya punya konfigurasi kamera yang ciamik. Sebenarnya masih ada yang lain, supaya kamu tidak penasaran Carisinyal akan mengurutkan kelebihan apa saja yang ada pada Nokia 5.4 berikut ini:

1. Layar dengan Tingkat Kecerahan Apik

1. Layar Nokia 5.4Sumber: www.androidauthority.com

Mengusung konsel Punch Hole di sebelah kiri atas layar, Nokia 5.4 menunjuk IPS LCD sebagai panelnya. Penyematan teknologi panel tersebut diharapkan dapat menghemat daya dan memberikan tampilan layar yang jernih. Kemudian, mampu memberikan sudut pandang yang baik pada penggunanya dengan dukungan tingkat kecerahan yang tinggi.

Menyoal tingkat kecerahan, layar dari Nokia 5.4 terbilang bagus dengan ukuran mencapai 400 nits. Dengan angka tersebut mata pengguna akan dibuat nyaman terlebih jika menggunakan perangkat di luar ruangan dengan situasi layar terkena pantulan sinar Mentari sehingga pengguna tidak perlu mengerutkan dahi saat menatap layar karena silau.

Berukuran 6.39 inci, layar ponsel pintar ini memiliki rasio bodi-ke-layar sebesar 81.9% lumayan luas di tingkatnya. Berbicara kerapatan gambarnya berada pada jumlah 269 ppi, memungkinkan kualitas visual yang ditunjukkan layar Nokia 5.4 dapat dikatakan tajam alias tidak buram.

2. Ditunjang oleh System on Chips Mumpuni

Qualcomm Snapdragon

Berpacu pada sistem operasi Android 10, Nokia 5.4 dimeriahkan oleh berbagai fitur menarik seperti Sound Amplifier, Smart Reply, Family Link, Live Caption, hingga mode Gelap. Namun, melansir dari situs resminya bahwa sistem operasi dari ponsel ini bisa mendapatkan pembaruan dan siap dipasangkan untuk Android 11.

Performa perangkat ini tatkala dapat diandalkan berkat prosesor Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 bermanufaktur 11 nanometer dengan mengimplementasikan teknologi AI teranyar, sehingga pengguna didorong untuk tetap produktif dalam mengerjakan aktivitas mobile harian.

Nokia 5.4 disokong oleh CPU Octa-core yang memiliki konfigurasi empat buah Kryo 260 Gold berkecepatan 2.0 GHz dan clock speed berjumlah 1.8 GHz yang berada pada empat inti Kryo 260 Silver. Dipadukan dengan Adreno 610 menciptakan tampilan grafis dari perangkat ini semakin keren dan optimal.

Ruang penyimpanan juga mendukung pergerakan yang cepat saat pengguna menyimpan banyak data dan memasang aplikasi berat.

Hal tersebut karena Nokia 5.4 hadir dalam beberapa kombinasi yaitu 4/64 GB, 64/6 GB, dan 128/4 GB, juga bisa ditambah oleh microSDXC pada slot khusus. Dengan jeroan tersebut perangkat ini berhasil mengumpulkan poin AnTuTu v8 sebanyak 184.000.

3. Sajian Modul Kamera yang Tinggi

4. Kamera Nokia 5.4Sumber: www.newsbytesapp.com

Konfigurasi kamera yang tinggi bisa dikatakan menjadi kelebihan lain dari Nokia 5.4 untuk para penggunanya. Pihak Nokia menjanjikan bahwa modul kamera dari perangkatnya ini akan memberikan hasil gambar layaknya profesional. Hal ini merujuk pada sejumlah sensor yang diundang pada kamera belakang maupun depannya.

Pada kamera belakangnya telah hadir empat sensor yang terdiri dari sensor utama berukuran 48 MP dengan bukaan f/1.8 berteknologi PDAF dan Zero Shutter Lag, sensor ultrawide berkapasitas 5 MP, dan sensor kedalaman serta makro yang kompakan punya ukuran 2 MP.

Fitur dari kamera utama ini diwarnai oleh LED flash, HDR, dan panorama, siap memproduksi gambar lebih berkelas. Sementara, pada kamera depannya mempunyai resolusi sebesar 16 MP berdiafragma f/2.0 sangat mumpuni untuk kebutuhan menghasilkan gambar portrait yang jernih.

Selain itu, pengguna bisa mengabadikan momen dengan perekaman video sinematik lewat resolusi [email protected] baik lewat kamera depan maupun belakang.

Namun, ada tambahan resolusi 4K dengan jumlah frame setiap detiknya sebesar 30fps untuk konfigurasi video pada kamera belakangnya. Pengguna juga akan disodorkan alat color grading untuk membuat hasil rekaman menjadi lebih ciamik dan kreatif.

4. Mendapatkan Anugerah Fitur NFC

NFC Buka Aplikasi

Keunggulan lain memilih ponsel pintar kelas menengah seperti Nokia 5.4 adalah kehadiran fitur NFC atau Near-field Communication. Teknologi ini memberikan banyak kemudahan bagi pengguna dalam menuntaskan pekerjaan atau aktivitas harian di era digital seperti sekarang.

Misalnya pengguna dapat melakukan transfer data dengan cepat ke sebuah perangkat yang juga memiliki fitur NFC. Selain itu, bagi pengguna yang sering jajan tanpa uang tunai akan dimanjakan dengan teknologi ini sebab bisa melakukan transaksi secara digital.

Pun saat kamu ingin mengecek sisa saldo pada Smart Card, fitur ini bisa memberikan akses informasi tersebut, canggih kan?

Kekurangan Nokia 5.4

Rupa-rupanya ponsel keluaran terbaru dari Nokia ini membawa kekurangan dalam beberapa aspek. Supaya kamu tidak menyesal setelah membeli Nokia 5.4, sebaiknya kamu baca juga deretan kekurangan yang pada perangkat tersebut di bawah ini:

1. Bahan Bodi dan Resolusi Layar di Luar Harapan

Nokia 5.4 Bodi

Setelah diulik lebih lanjut ternyata layar dari Nokia 5.4 ini hanya memiliki resolusi sebesar 720 x 1560 piksel yang tampaknya kurang besar untuk sebuah ponsel di kelas menengah.

Lalu, mengulik pada kategori bodinya mempunyai bobot 181 gram termasuk ideal, tidak terlalu berisi maupun ringan. Dengan panjang dan lebar berukuran 161 x 76 mm, ketebalan perangkat ini yakni 8.7 mm.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ponsel ini mengusung konsel Punch Hole, terdapat bulatan kecil di kiri atas layar sebagai tempat bersembunyinya kamera depan.

Pindah ke bagian cangkang yang tampaknya masih menerapkan desain bulatan untuk wadah kamera utamanya dan di bawahnya ada sidik jari. Kamu bisa menilai sendiri apakah ini sebuah identitas atau old fashion, yah!

Baik bagian depan maupun belakang, begitupun samping dari bodi ponsel Nokia ini tidak diracik oleh lapisan pelindung seperti Gorilla Glass.

Untuk sebuah ponsel pintar di kelas menengah tanpa sebuah selimut pelindung pada layar atau cangkang rasanya kurang afdal. Oleh karena itu, pengguna harus membeli anti-gores dan softcase agar perangkat tidak tergores dari benda tajam.

2. Tidak Mendukung Pengisian Nirkabel

Wireless-Charging

Rasanya dengan predikat perangkat menengah, sistem baterai yang disajikan Nokia 5.4 masih kurang membahana. Sebab sumber daya baterai yang ditanamnya mentok pada takaran Li-Po 4.000 mAh. Selain itu, sistem pengisiannya juga kurang kencang hanya bermodalkan 10W saja.

Sangat disayangkan pula kalau sistem baterai milik Nokia 5.4 tidak mendukung teknologi pengisian balik, memungkinkan ponsel mengisi daya baterai dari perangkat lain seperti Smartwatch, Smartphone, dan sejenisnya. Juga, sistem baterainya tidak dirancang untuk menyokong proses pengisian tanpa kabel atau wireless.

Bagaimanapun, sistem baterai Nokia 5.4 ini diklaim dapat bertahan 2 hari terlebih menghadirkan teknologi AI-assisted Adaptive Battery.

Jadi, setidaknya pengguna bisa agak tenang saat bermain gim, menelepon, membuka media sosial, hingga menonton streaming video. Bagi kamu yang merasa kapasitas daya dari Nokia 5.4 kurang, maka sebaiknya pertimbangkan membeli ponsel ini.

3. Teknologi Bluetooth Masih Rendah

bluetooth 4.2

Alih-alih mengaplikasikan Bluetooth terupdate, ponsel garapan Nokia ini justru masih betah menggunakan Bluetooth bertipe 4.2. Sebenarnya apa saja yang akan disuguhkan dari Bluetooth versi 4.2? Fitur edisi ini menjanjikan keamanan yang tinggi dengan kecepatan mengunduh lebih cepat hingga 2.6 kali lipat.

Padahal bila Nokia 5.4 mengimplementasikan Bluetooth versi 5.1 atau 5.2 memungkinkan kecepatan transfernya bisa jauh lebih cepat. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat melakukan transfer data berkapasitas jumbo dan mengkonsumsi daya yang lebih hemat. Hebatnya lagi, Bluetooth terbaru sudah terintegrasi dengan Internet of Things (IoT).

Simpulan

Nah, jadi setelah Carisinyal ulik tentang Nokia 5.4 ternyata perangkat ini memiliki beberapa kelebihan maupun kekurangan. Untuk kelebihannya ponsel ini hadir dengan kamera Quad dengan konfigurasi tinggi, sistem operasi yang bisa ditingkatkan, kecerahan layar yang apik, dan sudah melampirkan oleh teknologi NFC.

Sementara, kekurangan pada Nokia 5.4 ada pada aspek bodi yang belum dilindungi oleh proteksi seperti Gorilla Glass, sistem pengisiannya hanya berkecepatan 10W dan tidak mendukung pengisian nirkabel maupun pengisian balik.

Kemudian, pada teknologi Bluetoothnya masih mengandalkan versi 4.2 yang kecepatan unduhnya kalah dengan versi terbaru dan tidak terintegrasi dengan IoT.

Demikianlah pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Nokia 5.4. Diharapkan setelah membaca artikel ini kamu bisa memperoleh pencerahan tentang seluk beluk Nokia 5.4 sebelum memutuskan untuk memboyongnya pulang. Terus ikuti Carisinyal, agar kamu menjadi orang ter-update dalam perkembangan teknologi dan ponsel pintar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram