carisinyal web banner retina

7 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone OPPO A79 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

OPPO A series kembali menghadirkan produk terbarunya di awal tahun 2024, yakni OPPO A79 5G. Layar pada smartphone ini mengalami peningkatan dari sebelumnya, kini lebih luas dan tajam serta menampilkan work area lebih luas.

Pun pada tampilan bodi belakangnya, ponsel ini suguhkan corak yang estetik untuk memberikan kesan mewah di harga rilisnya yang cuman Rp3 jutaan. Ditambah dengan sertifikasi IPX4 membuat ponsel enak digunakan pada curah hujan Indonesia yang tinggi.

Itu tadi hanya sekilas kelebihan yang dipunya OPPO A79 5G. Untuk melihat informasi bird eye view pada seluk-beluk ponsel, bisa dilihat pada tabel di bawah.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain mewah, ada ketahanan debu dan percikan air
Tanpa kamera ultrawide
Kinerja dahsyat dan hemat daya dengan Dimensity 6020
Slot SIM dan microSD bersifat hybrid
Kualitas layar naik kelas, lebih luas dan tajam
Tanpa perekaman 60 FPS dan 4K
Kamera 50 MP dengan hasil foto memukau
Daya tahan baterai tergolong lama, bisa melebihi satu hari pemakaian
Sensor bertambah, kini ada giroskop
Fitur audio unik dengan stereo speaker bersuara lantang

Hal menarik lainnya yang juga menjadi daya jual utama OPPO A79 5G, adalah kualitas kamera yang unggul dari segi hardware, algoritma, serta fitur software.

Penggiat fotografi akan merasa senang menggunakan OPPO A79 5G untuk mengabadikan momen di segala kondisi. Mau tahu kelebihan dan kekurangan OPPO A79 5G secara detail? Jangan lewatkan penjabaran berikut ini.

Spesifikasi OPPO A79 5G

OPPO A79
Layar IPS LCD 6.72 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6020
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO A79 5G

Tidak hanya cocok dipakai memotret, OPPO A79 5G juga punya kinerja yang cukup unggul untuk aktivitas berat. Masih banyak segudang kelebihan lain dari OPPO A79 5G yang bisa Anda simak sebagai berikut.

1. Desain Mewah, Ada Ketahanan Debu dan Percikan Air

oppo a79 5g

OPPO A79 5G menyajikan bentuk rancang bangun yang ramping dan juga stylish. Bodi belakang menawarkan aksen visual berpola dengan tekstur yang reflektif, membuatnya tampak berkilau bagaikan berlian.

Ponsel ini hanya memiliki ketebalan 8 mm serta berada dalam dimensi panjang 165,6 mm dan lebar 76 mm. Adapun bobot yang dimilikinya adalah 193 gram. Kalau dari sisi susunan modul kamera, sebenarnya condong tampak standar dengan bilah persegi panjang berisikan dua bulatan kamera. Namun, tampilan dari permukaan modul tersebut justru tampak istimewa karena tak hanya merefleksikan cahaya melainkan juga memberikan efek 3D yang menakjubkan.

OPPO menyebut konsep desain kali ini mengambil inspirasi dari jam tangan mekanikal, tersedia dalam dua varian warna yaitu Dazzling Purple dan Dazzling Black.

Khusus pada varian Dazzling Purple yang berwarna ungu, OPPO menghadirkan konsep Glowing Feather Design yang membuat teksturnya tampak seperti bulu burung merak. Tekstur ini juga tampak mirip seperti kertas aluminium yang lecek.

Laman Ohsem.me mengatakan, ketebalan bodinya yang tidak begitu besar membuat ponsel lebih praktis saat digunakan. Desain HP OPPO ini menggabungkan sisi kepraktisan penggunaan dan gaya, sehingga memungkinkan pengalaman genggam yang lebih nyaman dan mudah.

Adapun pada sisi ketahanannya, smartphone dibekali sertifikasi IPX4 yang membuatnya tidak mudah rusak saat terkena debu dan percikan air dari segala sisi. Melansir dari GSMChina, disebutkan juga bahwa layar ponsel tidak mudah retak berkat adanya lapisan pelindung Panda Glass.

Secara garis besarnya, desain OPPO A79 5G terasa menawan saat diperhatikan unsur visualnya. Di saat bersamaan, OPPO tidak lupa menyematkan kenyamanan genggam yang baik dengan bodi yang tipis. Ketahanan terhadap percikan air juga membuatnya cocok digunakan untuk hang out sepanjang hari tanpa worry.

2. Kinerja Dahsyat dan Hemat Daya dengan Dimensity 6020

Dimensity 6020

OPPO A79 5G dikemas dengan performa cukup menawan di kelas menengah. Bukan yang terbaik, tapi performanya cukup ampuh menunjang aktivitas berat seperti gim, atau sekadar berselancar di dunia maya.

Chipset yang mengotaki OPPO A79 5G merupakan MediaTek Dimensity 6020 5G yang berjalan pada fabrikasi 7 nanometer. Performa HP ini didukung dengan RAM jumbo 8 GB LPDDR4x serta penyimpanan 256 GB pada standar UFS 2.2.

Dimensity 6020 memiliki sederet konfigurasi CPU yang andal, seperti dua inti Cortex A76 (2.2 GHz) dan enam unit Cortex A55 (2.0 GHz). Tak lupa, dikerahkan pula kartu pengolah grafis (GPU) berupa Mali G57 MC2.

Sumber bernama Saltynewsnetwork.com mengungkapkan, OPPO A79 5G dapat mencapai skor AnTuTu v10 senilai 401.410 poin. Memainkan gim setara PUBG Mobile akan terasa begitu nyaman pada pengaturan Low, namun akan terasa frame drop ketika meningkatkan kualitas grafis.

Menilik dari skor benchmark, kinerja HP ini kurang lebih tidak berbeda jauh dengan sejumlah ponsel lain yang diotaki Dimensity 700 dan Helio G99.

Fakta menariknya, Dimensity 700 adalah chipset yang mengotaki generasi sebelumnya (OPPO A78 5G). Kemiripan skor AnTuTu v10 antara Dimensity 700 dengan 6020 menandakan tidak adanya peningkatan performa pada OPPO A79 5G dibanding pendahulunya. Atau jika pun ada peningkatan, perbedaan tersebut tidak akan begitu terasa.

Menurut 91mobiles.com, OPPO A79 5G mendapatkan skor Geekbench 6 sebanyak 1862 poin pada multi-core dan 708 poin pada single core. Adapun ketika diujikan CPU Throttling Test, ponsel dapat pertahankan 92 persen dari total performa maksimalnya (pengujian berlangsung selama 30 menit).

Lalu, apakah OPPO A79 5G dapat menunjang gim berat sekelas Genshin Impact dengan nyaman? Kalau Anda tidak permasalahkan sesekali frame drop sedikit di bawah 30 FPS, maka ponsel OPPO ini terbilang layak. Mayoritas frame rate yang diberikan cukup konstan di antara 30-40 FPS pada pengaturan grafis Lowest 60 FPS, dilansir dari lctfix.net.

3. Kualitas Layar Naik Kelas, Lebih Luas dan Tajam

oppo a79 5g

Beda dengan pendahulunya, layar OPPO A79 5G semakin "naik kelas" dengan ukuran dan juga resolusi yang ditingkatkan. Layar smartphone mengusung dimensi 6,72 inci pada panel IPS LCD, berada dalam resolusi 1080 x 2400 piksel (Full HD+).

OPPO menyebut layar dapat mencapai tingkat kecerahan puncak (peak brightness) hingga 680 nit. Layar berada dalam aspek rasio 20:9 serta memiliki kerapatan 392 ppi (pixel per inch).

Adapun pada kemulusannya, OPPO bekali ponsel dengan refresh rate 90 Hz. Hal ini dapat membuat pergeseran di layar terasa smooth saat digulir atau ketika bermain gim-gim tertentu yang mendukung.

Tentu saja, kamera selfie turut menghiasi layar dalam bentuk desain punch hole, tidak lagi waterdrop notch seperti pada pendahulunya. Alhasil, rasio bodi ke- layar (screen-to -body ratio) juga meningkat menjadi 86,6 persen. Anda dapat merasakan aktivitas yang lebih imersif berkat layarnya yang lega.

Sejumlah orang mungkin akan menyayangkan absennya panel AMOLED pada OPPO A79 5G. Di harga Rp3 jutaan, panel IPS terasa kurang nyaman lantaran tidak menawarkan warna hitam yang pekat dan warna yang cerah seperti pada AMOLED.

Walau masih pakai IPS LCD, sumber 91mobiles.com menyebutkan layar ponsel terlihat begitu cerah dan terang. Bahkan ketika di bawah terik matahari pun, kecerahannya pun dapat berikan visibility yang baik saat membaca tulisan atau menonton video.

Selain itu, OPPO juga telah mengambil langkah tepat saat membekali layar HP ini dengan gamut warna DCI-P3 100 persen. Hal ini membuat tampilan warnanya lebih mencrang dan memukau. Tampilan gradasi warna di layar juga tampak lebih mulus.

4. Kamera 50 MP dengan Hasil Foto Memukau

oppo a79 5g

Menggabungkan 50 MP AI Main Camera dengan 2 MP Portrait Camera, OPPO A79 5G akan memastikan setiap momen yang ditangkap selalu berada dalam kondisi terbaiknya.

Kamera ponsel turut mengandalkan fitur AI Portrait Retouching untuk membuat foto subjek manusia tampak berkilau, lantaran dapat mengenali wajah dengan cepat dan instan serta mengaplikasikan detail dan warna yang natural.

Pun pada fitur Selfie HDR Mode, kamera depan 8 MP ini dapat menghasilkan foto selfie yang detail dan indah meski membelakangi latar cahaya. Tidak terdapat perekaman video 60 FPS di HP ini, juga tidak memiliki fitur perekaman 4K.

Secara teknis, kamera utama 50 MP di HP ini memiliki bukaan f/1.8 serta mendukung bidang pandang 77 derajat. Kamera ini sudah mendukung autofokus. Dengan menggunakan teknologi quad bayer, ponsel akan menyatukan empat piksel berdekatan menjadi satu piksel besar. Maka, jangan heran jika hasil output-nya hanya memiliki resolusi 12,5 MP.

Kamera depan ponsel sayangnya hanya menawarkan fixed focus, hal yang lumrah di kelas harganya. Tampaknya jika ingin rasakan kamera depan dengan autofokus mesti menilik opsi di kelas harga Rp5 jutaan ke atas.

oppo a79 5g sampel kamersSumber: 91mobiles.com
Default 12,5 MP
oppo a79 5g sampel kamersSumber: 91mobiles.com
Night Mode
oppo a79 5g sampel kamersSumber: Saltynewsnetwork.com
Portrait mode
oppo a79 5g sampel kamers hdrSumber: Saltynewsnetwork.com
Selfie HDR

Melihat dari beberapa sampel di atas, OPPO A79 5G bisa jadi merupakan salah satu HP Rp3 jutaan terbaik dalam hal pemotretan malam hari. Exposure cahaya terlihat terang dengan noise yang cukup minim di area gelap. Proses pemotretan HDR juga memperlihatkan adanya peningkatan dari segi pencahayaan.

5. Daya Tahan Baterai Tergolong Lama, Bisa Melebihi Satu Hari Pemakaian

baterai oppo a79 5g

Baterai 5.000 mAh pada OPPO A79 5G memang bukan hal unik dan baru di dunia smartphone. Namun, tentu tetap perlu kita apresiasi lantaran sejumlah HP slim lainnya biasanya memangkas kapasitas menjadi 4.500 mAh saja. Untungnya, hal ini tidak terjadi pada OPPO A79 5G.

Pada pemakaian sehari-hari, baterai ponsel perlu dicas pada malam hari saat digunakan seharian penuh secara intens. Namun jika ponsel tidak dipakai untuk bermain gim, baterai OPPO A79 5G dapat bertahan melebihi satu hari pemakaian, menurut pengujian 91mobiles.com.

OPPO A79 5G diklaim dapat bertahan hingga 448 jam pada mode siaga, 26 jam pada penggunaan panggilan telepon, 14 jam pemutaran YouTube, atau 6 jam memainkan PUBG Mobile pada satu siklus pengisian.

Adapun pada fitur pengisian dayanya, OPPO A79 5G dibekali SuperVOOC 33 W yang dapat mengisi daya baterai dengan cepat. Di sini tidak ditemukan fitur-fitur flagship seperti wireless charging atau reverse wireless charging. Walau begitu, daya 33 watt di HP ini dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 74 menit saja.

Yang perlu dijadikan catatan, daya 33 watt di harga Rp3 jutaan sebenarnya tidak termasuk yang terbaik. Sejumlah HP di harga Rp3 jutaan sudah menggunakan fast charging 67 watt, salah satunya adalah Redmi Note 11 Pro.

6. Sensor Bertambah, Kini Ada Giroskop

oppo a79 5g 6_

Sensor pada OPPO A79 5G mengalami peningkatan. Sama seperti pendahulunya, smartphone menggunakan sensor sidik jari di samping yang menyatu dengan tombol daya.

Sensor baru yang ditambahkan pada HP ini adalah giroskop, memungkinkan pengguna untuk membidik lawan dalam gim dengan cara yang tak biasa. Misalnya ketika memainkan PUBG Mobile, perangkat dapat digerak-gerakkan untuk memindahkan crosshair.

Selain giroskop dan sensor sidik jari di samping, OPPO A79 5G juga dibekali dengan kompas, akselerometer, dan proksimitas. Adapun pada tipe pengisian dayanya berada dalam bentuk USB-C 2.0.

OPPO A79 5G menyediakan fitur Bluetooth 5.3 yang mendukung antarmuka A2DP, LE, dan aptX HD. Pada fitur konektivitas jaringannya, ponsel ini mendukung jaringan seluler 5G, Wi-Fi 5 dual band, dan tidak ketinggalan NFC.

7. Fitur Audio Unik dengan Stereo Speaker Bersuara Lantang

oppo a79 5g speaker

OPPO A79 5G disertai dengan dual stereo speaker, fitur yang tidak semua dimiliki oleh HP kelas menengah. Dengan stereo speaker, ponsel dapat mengeluarkan suara dari dua arah yang berbeda.

Dengan stereo speaker, ponsel juga dapat memberikan imersi lebih mendalam saat melakukan aktivitas hiburan, seperti menonton film, mendengarkan lagu, atau bermain gim. Dua speaker dapat memberikan suara spasial yang lebih jelas, sehingga pengguna dapat menerka lokasi lawan berdasarkan suara langkah kaki yang didengar.

OPPO juga bekali HP ini dengan Mode Ultra Volume yang dapat tingkatkan suara melebihi batas maksimal, yakni hingga 300 persen. Ini artinya, ponsel dapat menaikkan volume suara hingga 200 persen lebih dari normal.

OPPO A79 5G dapat memberikan suara volume yang 86 persen lebih tinggi dari yang ditawarkan OPPO A78 5G. Adapun ketika menggunakan earphone, ponsel dapat meninggikan volume hingga 200 persen untuk tingkatkan kejernihan suara vokal saat menelepon, tanpa mengurangi kualitas suara.

Kekurangan OPPO A79 5G

Mesti diakui bahwa OPPO A79 5G bukanlah smartphone yang sempurna. Di kelas harga mid-range, persaingan yang terjadi cukup ketat sehingga OPPO A79 5G pun harus rela di-outshine oleh sejumlah pesaingnya. Berikut adalah sejumlah kekurangannya.

1. Tanpa Kamera Ultrawide

oppo a79 5g_

Buat Anda yang suka memotret pemandangan, tentu akan memerlukan pembesaran 0,5x atau 0,6x agar bisa memuat banyak dalam satu frame. Fitur pembesaran tersebut hanya bisa ditempuh melalui kamera ultrawide, yang sayangnya, tidak dimiliki oleh OPPO A79 5G.

Ini tentu tidak mencerminkan harganya yang Rp3 jutaan. Rata-rata, smartphone di rentang harga tersebut sudah memiliki kamera ultrawide. Tanpa ultrawide, Anda harus meminta para subjek foto untuk lebih berdempetan lagi saat sesi foto di acara undangan.

2. Slot SIM dan microSD Bersifat Hybrid

oppo a79 5g

Memori internal bawaan OPPO A79 5G sudah besar, yakni 256 GB. Pengguna pun masih bisa memperluas ruang simpan si ponsel dengan microSD. Hanya saja, slot microSD yang disertakan bersifat hybrid.

Artinya, slot tersebut hanya bisa dipasangi kartu microSD jika Anda hanya menggunakan satu kartu SIM. Hal ini mungkin jadi masalah bagi Anda yang menggunakan dua nomor ponsel.

Tidak ada solusi untuk menyelesaikan hal ini. Anda harus memilih, menggunakan dua kartu SIM tanpa microSD, atau pakai satu kartu SIM dengan microSD.

3. Tanpa Perekaman 60 FPS dan 4K

oppo a79 5g

Satu hal tentang kekurangan HP OPPO A79 5G adalah absennya fitur perekaman video 60 FPS dan 4K. Ya, kamera belakang ponsel hanya dapat merekam pada frame rate 30 FPS di resolusi Full HD+.

Oleh karena itu, kemungkinan video untuk patah-patah atau burik saat diunggah ke medsos cukup tinggi. Ini disebabkan algoritma Instagram yang sering mengompresi unggahan video.

Tanpa perekaman 4K, Anda pun tidak akan leluasa dalam melakukan zoom atau cropping pada proses pengeditan. Jika di-zoom terlalu jauh, video 1080p akan terlihat buram dibandingkan video 4K.

Simpulan

OPPO A79 5G adalah opsi smartphone kelas menengah yang menarik untuk dilirik. Hasil foto pada kamera ponsel termasuk salah satu yang terbaik di kelasnya, menyajikan detail dan kecerahan tinggi pada setiap kondisi.

Baik itu pemotretan selfie, melakukan mode portrait di kamera belakang, serta sesi memotret di malam hari, OPPO A79 5G akan memberikan hasil memukau dengan warna yang punchy dan layak diunggah ke medsos.

Kinerja dapur pacunya pun berjalan dengan cukup baik kendati dikalahkan dengan sejumlah pesaingnya. Walau begitu, aktivitas bermain gim serta navigasi sehari-hari akan tetap terasa mulus.

Desain bodinya yang cantik dan tahan percikan air juga menjadi alasan lain untuk meminang HP yang rilis seharga Rp3.799.000 ini. Dengan build quality yang baik serta tampilan stylish dan ergonomis, siapa pun akan berasa naik kelas menggunakan OPPO A79 5G ini. Tertarik? Yuk segera beli di marketplace sebelum kehabisan stok!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram