Carisinyal / Oppo 2019 / 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno2 yang Perlu Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno2 yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

OPPO Reno series berlanjut di generasi keduanya. Setelah sukses dengan OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom, OPPO menghadirkan generasi berikutnya yang dinamakan OPPO Reno2, dan OPPO Reno2 F.

OPPO Reno2 dihadirkan sebagai HP dengan spesifikasi yang lebih baik jika dibandingkan OPPO Reno2 F. Lantas, seperti apa OPPO Reno2 ini? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan OPPO Reno2 berikut ini.

Spesifikasi OPPO Reno2

Oppo Reno2

Umum

  • Diumumkan
    Agustus, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    160 x 74.3 x 9.5 mm
  • Berat
    189 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif AMOLED
  • Ukuran
    6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6
  • Resolusi
    1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (~ kepadatan 401 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver)
  • GPU
    Adreno 618

Memori

  • RAM
    8 GB
  • Memori Internal
    256 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (menggunakan slot SIM bersama)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4
  • Resolusi
    48 MP + 13 MP + 8 MP + 2 MP
  • Fitur
    48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF, OIS
    13MP, f/2.4, (telefoto), 1/3.4", 1.0µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/3.2", 1.4µm
    2 MP Black/White, f/2.4, 1/5", 1.75µm
    Fitur: Dual-LED flash, HDR, panorama
  • Video
    [email protected], [email protected]/60fps (gyro-EIS); video rec. only with main camera

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    Pop-up bermotor 16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.1", 1.0µm
  • Fitur
    LED flash, HDR
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
    Konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 20W (VOOC Flash Charge 3.0)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Luminous Black, Ocean Blue, Sunset Pink

Kelebihan OPPO Reno2

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh OPPO Reno2? Simak poin-poin kelebihan yang ditawarkan oleh OPPO Reno2 berikut ini!

1. Desain dan Build Quality yang Baik

Oppo Reno2

OPPO Reno2 hadir dengan desain dan build quality yang baik. Berkat dukungan proteksi Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang, jelas membuat HP ini tergolong kokoh. Sementara untuk desainnya, HP dengan dimensi 160 x 74.3 x 9.5 mm ini memiliki desain yang terasa premium, ramping, dan terasa seperti HP flagship di tangan.

2. Layar AMOLED

Layar Oppo Reno2

* sumber: www.moneycontrol.com

OPPO Reno2 hadir dengan panel AMOLED dengan dimensi layar 6,5 inci. Layar HP ini menawarkan rasio 20:9 dengan kerapatan layar 401 ppi. Layarnya sendiri sudah dilindungi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 6 yang menjadikan layar HP ini kokoh.

Menurut Techradar, Oppo Reno2 memiliki layar yang cantik. Kecerahan layar HP ini tergolong tinggi serta warna yang dimiliki tergolong kuat. Layarnya tergolong menyenangkan dengan tampilan kualitas tinggi. Pernyataan ini jelas menegaskan kalau layar HP ini tergolong bagus. 

3. Daya Tahan Baterai

Oppo RENO2

* sumber: www.techradar.com

OPPO Reno2 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Daya tahan baterai HP ini tergolong bagus. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil pengujian dari GSMArena yang menunjukan kalau HP ini memiliki endurance rating 102h.

daya tahan baterai OPPO Reno2

* sumber: www.gsmarena.com

Tampak seperti gambar di atas, kalau HP ini memiliki waktu bicara mencapai 31 jam 51 menit, waktu internetan 12 jam 12 menit, dan pemutaran video mencapai 20 jam 31 menit. Hasil ini tergolong cukup bagus meskipun sebenarnya bukan yang istimewa.

4. VOOC Flash Charging 20W

VOOC Oppo RENO 2

Keunggulan lain dari OPPO Reno2 adalah dukungan teknologi pengisian cepat. HP ini sudah mendukung teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charging 20W. Dengan teknologi ini, HP ini dapat terisi dayanya dengan cepat.

Seperti pengujian yang dilakukan GSMArena. Situs teknologi terkemuka tersebut menguji pengisian daya HP ini dari 0% sampai 40% yang hanya memakan waktu 3o menit saja. Sementara untuk pengisian penuh, bisa mencapai 85 menit.

5. Hasil Foto dan Video Berkualitas

Oppo RENO2

* sumber: www.techradar.com

OPPO Reno2 dibekali dengan empat kamera belakang. Keempat kamera belakang tersebut terdiri dari kamera Sony IMX586 48 MP dengan bukaan f/1.7. Kamera kedua adalah telefoto 13 MP dengan bukaan f/2.4. Kamera ketiga adalah kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera keempat adalah kamera 2 MP khusus kamera hitam putih alias monokrom.

Keempat kamera ini berada di tengah atas dengan bentuk vertikal. Lantas, seperti apa kemampuan kamera belakang HP ini? Simak beberapa contoh hasil tangkapan kamera belakang HP ini.

hasil tangkapan kamera Oppo Reno2

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera Oppo Reno2

* sumber: www.gsmarena.com

hasil tangkapan kamera Oppo Reno2

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat dari hasil contoh tangkapan kamera belakang tersebut, tampak kalau kamera belakang HP ini memiliki kualitas foto yang baik. Hal tersebut diungkapkan oleh GSMArena. Menurut mereka, mode kamera 12 MP (kamera 48 MP) mampu menangkap foto dengan detail yang baik, dynamic range yang tinggi, warna yang akurat, dan kontras warna yang bagus.

Untuk mode menggunakan 48 MP, hasil gambar menunjukan detail ekstra yang lebih baik. Untuk kamera telefoto, HP ini mampu menangkap foto yang baik dengan 2x dan 5x zoom. Sementara kamera ultra-wide HP ini, menurut GSMArena kurang begitu mengesankan.

Techradar juga memuji kualitas tangkapan kamera HP ini. Menurut mereka, kamera utama HP ini dapat menangkap gambar yang bagus, warna yang tebal, dan detail yang cukup. Yugatech juga memuji kamera utama HP ini yang menurut mereka mampu menghasilkan gambar yang tajam dan mode malam mampu menghasilkan gambar yang rapi.

Untuk kamera depan, HP ini dibekali dengan kamera depan 16 MP dengan sistem pop-up. Untuk hasil foto kamera depannya tergolong bagus. Seperti kata Yugatech, selfie dengan HP ini mampu menghadirkan gambar yang baik untuk kondisi cahaya cukup.

Selain kualitas foto, hasil rekaman video HP ini juga tergolong bagus. Seperti kata GSMArena, hasil rekaman video dari kamera belakang HP ini memiliki detail yang baik dan sedikit noise. Terutama untuk resolusi 4K. Hal ini jelas menegaskan kalau hasil rekaman video dari HP ini tergolong bagus.

6. Performa Kategori Oke

Performa Oppo RENO2

* sumber: www.moneycontrol.com

OPPO Reno2 dibekali dengan chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G. Chipset ini dibuat dengan proses fabrikasi 8 nm. Chipset ini sendiri terdiri dari prosesor octa core dan GPU Adreno 618.

Prosesor octa core di chipset ini sendiri terdiri dari dua core Kryo 470 Gold 2.2 GHz untuk performa dan enam core Kryo 470 Silver 1.8 GHz untuk hemat daya. Lantas, bagaimana performa dari HP ini? Simak benchmark OPPO Reno2 berikut ini.

benchmark oppo reno 2

* sumber: www.yugatech.com

Terlihat di gambar kalau OPPO Reno2 memiliki nilai benchmark Antutu 214.579. Sementara benchmark Geekbench menunjukan angka 546 single-core dan 1.729 untuk multi-core. Sementara untuk tes Sling Shot Extreme OpenGL, skor yang didapatkan adalah 2.397. Untuk Sling Shot Extreme Vulkan, skor yang didapatkan adalah 2.272.

Hasil benchmark tersebut menunjukan kalau performa HP ini tergolong cukup oke. Bukan yang terkencang di kelas harganya tetapi sudah cukup oke. Kalau menurut Yugatech, chipset di OPPO Reno2 ini mampu menjalankan tugas sehari-hari dengan baik. Menjalankan gim seperti COD Mobile dan PUBG Mobile juga, HP ini berjalan dengan lancar dengan frame drop yang minimal.

7. NFC

Oppo RENO2

* sumber: www.techradar.com

Dengan kelas harga Rp7 jutaan, jelas bakalan tidak menarik jika OPPO Reno2 tidak mendukung fitur NFC. Karena itu, kehadiran fitur NFC di OPPO Reno2 patut diapresiasi mengingat biasanya OPPO jarang sekali fitur ini.

Kekurangan OPPO Reno2

Adakah kekurangan dari OPPO Reno2? Tentu saja ada karena tidak ada HP yang sempurna. Lantas, apa sajakah kekurangan dari OPPO Reno2? Simak poin-poin kekurangannya berikut ini.

1. Respon Face Unlock yang Lambat

Oppo RENO2

* sumber: www.techradar.com

OPPO Reno2 memiliki sensor face unlock atau sensor pengenalan wajah. Sensor yang sudah umum ada di HP zaman sekarang. Masalahnya, seperti apa performa dari sensor sidik jari HP ini? Kalau menurut Yugatech, performa sensor pengenalan wajah HP ini tergolong lambat. Hal ini karena HP ini menawarkan kamera pop-up yang membuat proses membaca wajah jadi lebih lama.

Daripada menggunakan face unlock, lebih baik menggunakan sensor sidik jari di layar. Penggunaan sensor ini lebih cepat jika dibandingkan dengan face unlock.

2. Soal Tombol Power dan Volume

Oppo RENO2

* sumber: www.techradar.com

OPPO Reno2 memiliki posisi tombol power dan volume yang sedikit berbeda. Tidak seperti HP lain yang menghadirkan dua tombol tersebut pada satu sisi bersamaan, Tombol volume di HP ini ada di bagian kiri sementara tombol power ada di sebelah kanan. Hal ini jelas akan membuat kurang terbiasa dalam menggunakan kedua tombol ini.

3. Masalah Harga

Oppo Reno 2

OPPO Reno2 dijual dengan harga resmi Rp7.999.000, biasanya harga di toko online akan lebih murah. Anggap saja harga di online ada di Rp7,5 jutaan. Dengan harga tersebut, HP ini masih termasuk kategori mahal.

Mengapa mahal? Hal ini karena HP ini dibekali chipset yang sebenarnya ada di kelas menengah. Sehingga HP ini tidak masuk kategori price to performance yang baik. Terlebih banyak HP lain di bawah harga HP ini, yang memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih baik.

Simpulan

OPPO Reno2 memiliki banyak kelebihan yang menarik. Layar, baterai, dan kameranya jadi nilai jual utama HP ini. Jangan lupakan juga daya tahan baterai HP ini yang tergolong bagus. Sayangnya, performa HP ini bukan yang terbaik di kelas meski bukan yang terburuk.

Terlepas dari itu, OPPO Reno2 tergolong bisa jadi pilihan yang menarik. Anda yang membutuhkan HP OPPO dengan fitur NFC, kamera yang lebih baik, dan daya tahan yang oke layak pilih HP ini. Tertarik? Silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar