Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno4 F Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

5. Cocok Dipakai Bermain Game

oppo reno4 f mediatek helio p95

Zaman sekarang bahkan ponsel yang dikhususkan untuk fotografi juga harus bisa menjalankan game berat. Karena yang namanya HP, pasti tidak jauh-jauh dari kegiatan mobile gaming terutama bagi anak muda yang gemar mejeng di tongkrongan. Untuk itulah OPPO Reno4 F dilengkapi dengan chipset dari MediaTek yang sudah lama teruji kualitasnya.

SoC yang mengotaki OPPO Reno4 F adalah Helio P95 yang dibuat dengan manufaktur 12 nm dan kartu GPU berjenis PowerVr GM9446. Di bagian CPU-nya, ada konfigurasi octa core yang mencakup dua buah ARM Cortex A75 (2,2 GHz), dan enam inti ARM Cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz.

Sementara itu di bagian RAM-nya, sudah tersedia kapasitas 8 GB LPDDR4x yang diiiringi dengan memori internal 128 GB pada standar UFS 2.1. Berdasarkan video pengujian yang diunggah CANCELLSIGLI di YouTube, OPPO Reno4 F memang terbukti cocok buat Anda yang hobi bermain PUBG Mobile baik itu secara kasual maupun profesional.

Terlihat bahwa pemain bisa memilih pengaturan hingga HD - High, dan tampak bahwa permainan berjalan dengan cukup mulus walau masih terlihat agak tersendat-sendat di beberapa bagian. Sensor gyro pun terlihat cukup lancar untuk memindahkan kamera pada game.

6. Menghadirkan Slot MicroSD Khusus dan 3,5mm Jack

oppo reno4 f microsdxc dan 35mm

OPPO Reno4 F juga dirancang untuk dapat membantu penggunanya dalam menginstal banyak aplikasi, tercermin dari kapasitas internal sebesar 128 GB. Rupanya, OPPO juga cukup dermawan untuk menghadirkan slot microSDXC (SDXC UHS-3 Kelas-10 A1 V31) yang terpisah dari slot SIM kartu kedua. Ini artinya Anda bisa menggunakan tambahan memori eksternal untuk menampung video ataupun folder OBB untuk game kesukaan.

Sementara itu, walau OPPO Reno4 F lahir di tahun saat era headset nirkabel sedang berkembang, perangkat ini untungnya masih menyuguhkan lubang 3,5mm jack audio untuk headset ataupun speaker berkabel. Tidak lupa, port pengecasan pada OPPO Reno4 F tentu sudah menggunakan USB tipe-C dan juga mendukung OTG.

Kekurangan OPPO Reno4 F

Tidak dipungkiri, HP yang merupakan versi murah ini pasti memiliki pengurangan dari segi fitur. Berikut adalah kekurangan dari OPPO Reno4 F.

1. Tidak Tersedia Fitur AI Monochrome

oppo reno4 f ai monochrome

Kalau di bagian pemotretan foto, ada fitur yang dinamakan AI Color Portrait. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, AI Color Portrait ini mampu membuat subjek foto berwarna dengan menghitam-putihkan latar belakang supaya subjek bisa terlihat lebih menonjol pada foto. Nah, sebenarnya, pada OPPO Reno4 fitur ini juga bisa diaplikasikan pada perekaman video dengan nama AI Monochrome.

Kalau begitu, OPPO Reno4 F juga punya fitur itu, dong? Sayangnya tidak. Perangkat ini hanya punya fitur AI Color Portrait yang hanya bisa diaplikasikan pada pemotretan foto dan tidak menyediakan fitur serupa untuk perekaman video.

Ini tergantung preferensi Anda, apakah Anda kebelet ingin mencoba fitur video ini? Pasalnya, jika Anda tidak begitu peduli dengan hilangnya AI Monochrome, OPPO Reno4 F tetap menjadi salah satu HP terunggul di bidang kamera.

2. Tanpa Lensa Telefoto

oppo reno4 f telefoto

Untuk pengguna yang menginginkan suatu hal yang lebih dari sekadar pemotretan foto biasa, beberapa ponsel terkini sudah dilengkapi dengan lensa telefoto untuk menangkap objek jarak jauh. Tidak tanggung-tanggung, bahkan di kelas harga flagship, Anda bisa melakukan zoom hingga ratusan kali.

Kalau untuk sekelas mid-range umumnya sih lensa telefotonya tidak sebagus itu, tapi masih cocok untuk melakukan zoom lossless alias tanpa mengurangi kualitas foto. Ini juga jadi salah satu yang membuat OPPO Reno4 F tidak terlihat menarik, karena tidak ada lensa telefoto di antara keempat kamera belakangnya.

Cukup disayangkan, padahal ada banyak situasi yang membuat lensa telefoto begitu digemari, contohnya saat memotret idola pada konser dari barisan belakang ataupun mengabadikan kelakuan satwa liar dari kejauhan.

3. Tidak Memiliki NFC

oppo reno4 f nfc

Hidup di tengah perkotaan super sibuk tidak akan afdol tanpa menggunakan fitur NFC (Near Field Communication). Pasalnya, adanya NFC ini akan sangat membuat pengguna lebih produktif karena bisa melakukan transaksi secara digital sesimpel menempelkan kartu pada HP. Di beberapa kasus tertentu, NFC bahkan bisa menduplikasi kartu apartemen supaya pengguna bisa membuka kunci pintu dengan HP saja.

Tapi sayang, fitur NFC hanya hadir pada ponsel di kelas menengah saja. Di sisi lain, OPPO Reno4 F yang juga tergolong ponsel segmen mid-range tidak menghadirkan fitur NFC yang berguna ini. Sehingga, pengguna yang memang mencari fitur NFC sebaiknya pikir dua kali sebelum memilih OPPO Reno4 F.

4. Fast Charging Kurang Berdaya Saing

oppo reno4 f fast charging

Sebagai ponsel yang dihadirkan pada rentang harga Rp4 jutaan, OPPO Reno4 F sungguh menghadirkan kemampuan fast charging yang terbilang lambat. Bagaimana tidak? Ia hanya mengandalkan daya 18 W saja, sama seperti ponsel-ponsel murah yang berada di segmen entry level.

Padahal, varian reguler OPPO Reno4 sudah mengandalkan fast charging 30 W yang bisa mengisi baterai hingga 50% dalam waktu 20 menit pengecasan. Bisa dijamin waktu pengisian daya untuk OPPO Reno4 F ini hampir dua kali lipat lebih lamban.

Simpulan

Nah, itu tadi merupakan beberapa poin kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4 F yang bisa dijadikan pertimbangan. Dengan harga yang lebih murah, ternyata OPPO Reno4 F ini masih mampu dijadikan alat penunjang fotografi yang unggul, meskipun ada pengurangan di bagian kemampuan Fast Charging.

«1 2 3»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram