Carisinyal / Realme 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20 Pro

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20 Pro

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Punya ponsel gahar di harga Rp3 jutaan kini sudah bisa menjadi kenyataan berkat kehadiran realme Narzo 20 Pro. Sebagai produk yang berada di bawah naungan nama Narzo, sudah pasti perangkat ini memiliki value for price yang tinggi dengan menghadirkan spesifikasi-spesifikasi unggulan kesukaan anak muda.

Merupakan varian Pro, di sini Anda juga akan mendapatkan peningkatan yang signifikan ketimbang realme Narzo 20 biasa. Penasaran apa kelebihan dan kekurangan realme Narzo 20 Pro yang menanti Anda? Yuk simak yang berikut ini!

Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro

  • Layar: IPS LCD, 6.5 inches, Corning Gorilla Glass
  • Chipset: Mediatek Helio G95
  • CPU: Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal:64/6 GB, 128/8 GB | UFS 2.1
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan:16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Cek Harga dan Spesifikasi Selengkapnya

Kelebihan Realme Narzo 20 Pro

Selain cocok untuk bermain game. kira-kira kelebihan apa lagi ya yang ditawarkan Realme Narzo 20 Pro ini? Yuk simak sebagai berikut!

1. Chipset Bertenaga

realme narzo 20 pro performa

Ada banyak hal yang ditonjolkan pada realme Narzo 20 Pro ini, salah satunya adalah penggunaan chipset powerful untuk mendukung permainan game yang mulus tanpa kendala. Seberapa powerful kah ponsel ini?

Pertama-tama, kita bahas dulu dari jenis chipsetnya. Di balik cangkang HP seharga Rp3 jutaan ini, tersemat SoC (system on chip) dari MediaTek Helio G95 dengan manufaktur 12 nm. Ini adalah chipset yang hadir juga pada Realme 7, dan uniknya, dari segi desain bodi pun realme Narzo 20 Pro ini memang “mengikuti” Realme 7.

Helio G95 ini didukung dengan konfigurasi dual core ARM Cortex A77 berkecepatan 2.05 GHz, bersama dengan CPU hexa core ARM Cortex A55 2.0 GHz. Jadi, totalnya ya ada 8 inti prosesor yang kuat dipakai game berat.

Penggunaan chipset Helio G95 juga merupakan loncatan cukup jauh dari realme Narzo 20 yang menawarkan Helio G85. Juga, peningkatan ini akan terasa lebih jomplang saat dibandingkan dengan Realme Narzo 10 yang menggunakan Helio G80.

antutu v8 comparison realme narzo 20 pro

AnTuTu v8 perbandingan. * sumber: www.gsmarena.com

Seperti yang bisa dilihat pada grafis di atas yang kami ambil dari GSM Arena, realme Narzo 20 Pro punya angka AnTuTu v8 yang begitu besar. Memang sih perbandingan AnTuTu ini bukanlah patokan yang sepenuhnya akurat saat penggunaan di dunia nyata, tapi setidaknya bisa memberikan cukup gambaran mengenai kehebatan performa HP ini.

Dengan skor 291.307 poin, realme Narzo 20 sedikit di bawah Realme 7 yang menggunakan chipset sama. Tapi, angka ini sangat mengungguli realme Narzo 20 reguler yang hanya meraih skor 193.912 poin. Artinya, memang ada peningkatan signifikan di antara versi reguler dan Pro-nya.

2. SuperDart Charge 65 W

realme narzo 20 pro fast charging

Nah, ini dia fitur unggulan lainnya yang ditunggu-tunggu, yakni kecepatan pengisian dayanya yang super kencang. Tinggal bayangkan saja, HP Rp3 jutaan ini sudah mengantongi SuperDart Charge 65 W yang dijamin bisa mengisi daya hingga penuh dalam hitungan tidak lebih dari 2 jam.

Dan, pastinya perangkat ini juga sudah menggunakan port USB tipe-C yang memang umum digunakan di kelas harga low menuju middle. Nah, sekarang kita bahas durasi pengecasan rilnya ya. Kalau dari pihak realme sendiri, Narzo 20 Pro ini digadangkan bisa terisi dari nol hingga penuh hanya dalam waktu 38 menit saja. Apa benar demikian?

Berdasarkan salah satu video pengujian yang diunggah oleh YouTuber Akshay Aggarwal, realme Narzo 20 Pro ini bisa dicas sampai penuh dalam waktu 44 menit 22 detik. Hasil yang sama juga didapatkan oleh YouTuber TechTag yang membandingkan kecepatan pengisian daya antara realme Narzo 20 Pro, realme 7 Pro, dan juga realme X2 Pro. Ketiganya sama-sama menghadirkan fast charging 65 W.

Narzo 20 Pro bisa dicas sampai penuh dalam durasi 44 menit, sementara realme 7 Pro punya durasi 49 menit. Cukup menarik, padahal keduanya punya kapasitas baterai yang sama. Durasi 44 menit ini memang tidak secepat yang diklaim realme yang mengatakan bisa dicas dalam waktu 38 menit. Kendati demikian, durasi pengecasan ini juga masih sangat layak diapresiasi, kok!

3. Layar Lega Full HD Plus

realme narzo 20 pro layar

Siapa sih anak muda zaman sekarang yang tidak hobi menonton film? Pastinya butuh ponsel dengan layar berkualitas bagus, bukan? Nah, realme Narzo 20 Pro sudah cocok untuk menunjang kebutuhan nonton harian Anda. Pasalnya, bentang layar 6,5 inci miliknya sudah mengusung resolusi Full HD Plus yang sebesar 1080 x 2400 piksel. Layarnya ini tidak hanya punya resolusi besar tapi juga kerapatan piksel yang tinggi di angka 405 ppi.

Menghadirkan desain kamera depan punch hole, realme Narzo 20 Pro juga terlihat memanfaatkan segala ruang di bodi depannya untuk layar, menghasilkan perbandingan bodi ke layar sekitar 83,4%. Intinya sih Anda tidak akan dikecewakan saat memakai perangkat untuk menikmati berbagai konten visual.

4. Sudah Mendukung Netflix HD

netflix hd

Sebagai perangkat yang ditujukan untuk anak muda, ponsel ini juga punya sertifikasi Netflix HD yang bisa meningkatkan pengalaman streaming di platform yang sedang hits ini. Jika umumnya ponsel murah hanya menawarkan Widevine L3, realme Narzo 20 Pro sudah mengantongi Widevine L1, setidaknya itulah yang diungkapkan oleh GSM Arena.

Untuk Anda yang memang memiliki akun membership yang HD, akhirnya sekarang bisa memanfaatkan kualitas film Netflix dengan resolusi yang lebih tinggi.

5. Refresh Rate 90 Hz

realme narzo 20 pro 90 hz

Secara konvensional, layar pada HP hanya akan melakukan refresh sebanyak 60 frame setiap detiknya. Satuan ini dinamakan refresh rate 60 Hz. Refresh rate berpengaruh pada berapa banyak frame yang dimuat ulang per detik, dan jika semakin tinggi akan membuat geseran pada layar terlihat lebih mulus. Lalu, bagaimana dengan tingkatan refresh rate pada realme Narzo 20 Pro?


Perangkat yang satu ini lagi-lagi tidak mengecewakan, karena menawarkan laju penyegaran 90 Hz yang notabene 50% lebih tinggi dibandingkan 60 Hz biasa. Baik itu saat scrolling di Instagram maupun browsing, mata Anda dijamin akan dimanjakan dengan animasi pergeseran yang lebih licin dan mulus. Sebuah peningkatan dari realme Narzo 20 reguler yang hanya mentok di 60 Hz saja.

6. Bobot Lebih Ringan

realme narzo 20 pro bobot ringan

Apakah Anda merasa turned off dengan realme Narzo 20 reguler yang bodinya lumayan tebal? Tenang, varian Pro ini akan mengobati perasaan Anda! Berbeda dengan Narzo 20 yang bobotnya mencapai 208 gram, varian Pro ini hanya memiliki berat sebesar 191 gram sehingga lebih nyaman saat digunakan.

Dari tingkat ketebalannya pun perangkat ini hanya berdimensi 9,4 mm ketimbang versi regulernya yang lebih tebal di angka 9,8 mm. Dari spesifikasi on paper mungkin terasa sedikit perbedaannya. Tapi, akan terasa berbeda saat ponsel dipegang dalam waktu yang lama. realme narzo 20 Pro bisa jadi lebih nyaman dipakai, apalagi kalau tangan penggunanya terbilang kecil.

7. Tampilan Bodi Ciamik dengan Punch Hole

realme narzo 20 pro desain

Realme Narzo 20 Pro tidak hanya menawarkan bodi yang lebih ringan melainkan juga terlihat lebih premium. Pasalnya, desain kamera punch hole di layar membuatnya tampak lebih berkesan kalau ini memang bukanlah ponsel murah.

Di sisi lain, di bagian belakangnya pun Anda akan melihat permainan cahaya yang memantul, membentuk huruf V yang menandakan arti kemenangan. Mengusung balutan Corning Gorilla Glass 3 di layar, ponsel pun terbilang cukup aman dari goresan. Oh iya, realme Narzo 20 Pro juga tersedia pada dua varian warna yang sungguh menawan, yakni White Knight (putih) dan juga Black Ninja (hitam).

Kekurangan Realme Narzo 20 Pro

Terpaku oleh kelebihan ponsel ini ya sah-sah saja, tapi bukan berarti Anda boleh melupakan sisi kekurangannya juga supaya tahu apa yang bisa diekspektasikan dari HP ini. Inilah beberapa kekurangan realme Narzo 20 Pro.

1. Tidak Ada NFC

realme narzo 20 pro nfc

* sumber: www.gizbot.com

Ini adalah kekurangan yang bisa dibilang sangat disayangkan bagi pengguna yang hidup di ibukota. Pasalnya, tinggal di Jakarta atau kota-kota besar lainnya seolah mengharuskan pengguna untuk menggunakan mesin transaksi digital. Sehingga, terasa tidak afdol kalau ponsel yang digunakan ternyata tidak mendukung fitur NFC.

Ya, realme Narzo 20 Pro sayangnya tidak menghadirkan NFC ini. Padahal, realme 7 yang berada di rentang harga sama sudah dibekali NFC, lho!

2. Kapasitas Baterai Terbilang Kecil

realme narzo 20 pro baterai

Ponsel untuk bermain game rasanya tidak lengkap kalau tidak ditunjang dengan baterai yang besar pula. Namun sayangnya, alih-alih menawarkan kapasitas baterai lebih besar dibandingkan versi reguler, Narzo 20 Pro ini justru mengalami penyusutan.

Ya, berbeda dengan Narzo 20 dengan baterai 6.000 mAh, versi Pro ini malah menawarkan kapasitas sebesar 4.500 mAh saja. Alhasil durasi ketahanan baterai pun ya mengecil. Belum lagi kalau mode 90 Hz-nya diaktifkan. Walau berada pada mode adaptif, tetap saja penggunaan 90 Hz akan lebih boros ketimbang 60 Hz.

Berdasarkan salah satu video pengujian di YouTube, realme Narzo 20 Pro lumayan boros saat dipakai untuk beragam aktivitas yang mencakup gaming, merekam video, menonton YouTube, dan berselancar di medsos. Perangkat ini bisa habis baterai setelah penggunaan selama 5 jam. Jadi kalau mencari ketahanan baterai yang lebih awet, pilih realme Narzo 20 saja.

3. Kemampuan Fotografi Kurang Oke di Kelasnya

realme narzo 20 pro kamera

Dibandingkan dengan realme Narzo 20 biasa, versi Pro ini ketambahan satu kamera lagi sehingga mengusung Quad Camera alih-alih hanya tiga. Perangkat ini membawakan lensa utama 48 MP berukuran sensor 1/2.0 inci.

Sementara untuk kamera ultra lebarnya, terdapat lensa berkekuatan 8 MP dengan FOV 119 derajat. Adapun dua lensa lainnya mengusung fungsi makro dan sensor kedalaman, masing-masing memiliki resolusi 2 MP.

Sekilas mirip dengan Realme 7, tapi lensa utama perangkat ini memang lebih kecil resolusinya. Dan rupanya, kualitas gambar foto yang dihasilkannya juga seharusnya bisa lebih bagus lagi di rentang harga segini.

Pasalnya, meski perangkat masih sanggup menjaga detil dan ketajaman dengan baik, rupanya Narzo 20 agak kesulitan pada kondisi pencahayaan yang minim. Secara keseluruhan terasa kurang bagus untuk HP di kelas harga Rp3 jutaan. Untungnya dari segi perekaman, ia sudah mendukung resolusi 4K di frame rate 30 FPS. Berikut beberapa sampel fotonya.

hasil foto realme narzo 20 pro

Realme Narzo 7 pro outdoor. * sumber: www.smartprix.com

hasil foto realme narzo 20 pro night mode

Realme Narzo 20 Pro Night Mode. * sumber: www.smartprix.com

hasil foto realme narzo 20 pro regular

Realme Narzo 20 Pro reguler. * sumber: www.gsmarena.com

Simpulan

Dengan begitu banyaknya kelebihan yang dipunya, realme Narzo 20 Pro mampu menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang mencari ponsel di harga Rp3 jutaan. Di sini Anda akan menikmati berbagai keuntungan dari segi performa game yang dahsyat, pengisian daya 65 W yang cepat, serta refresh rate tinggi yang kekinian.

Ponsel ini berada pada satu varian saja di Indonesia, yakni RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB dan dibanderol dengan harga normal Rp3.399.000,-. Walau demikian, realme juga mempersembahkan harga khusus bagi Anda yang membelinya pada festival 11.11 (11 November 2020), seharga Rp3.199.000,-.

Apakah Anda ingin mencari tahu dulu soal realme Narzo 20 reguler? Bisa langsung saja simak artikel kelebihan dan kekurangan realme Narzo 20. Dan, Anda pun bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai ponsel lain di harga yang sama dengan mengunjungi artikel HP Rp3 jutaan terbaik. Selamat memilih ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *