carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan ZTE Blade V40s

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Oktober 2022, ZTE secara resmi merilis smartphone terbarunya di Malaysia yaitu ZTE Blade V40s. ZTE Blade V40s ini hadir untuk melengkapi lini ZTE BLade V40 Series yang telah dirilis lebih dulu pada September 2022 di Indonesia. Meskipun dirilis terakhir, posisi yang dimiliki HP ini bukan paling atas, tetapi hanya berada di kelas HP mid-range saja.

Meskipun begitu, HP ini membawa spesifikasi dan kemampuan yang cukup menarik sebab memiliki khusus tugas sebagai perbaikan dari ZTE Blade V40 Vita yang sempat dirilis sebelumnya pada September 2022 di Indonesia.

Beberapa sektor yang menjadi keunggulan atau sorotan utama dari ZTE Blade V40s ini adalah desainnya yang terlihat premium, layar AMOLED yang memukau, spesifikasi kamera yang sudah cukup mumpuni, dan sebagainya.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah tabel yang berisi beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak membeli HP ZTE Blade V40s ini.

KelebihanKekurangan
Desain Premium
Tampilan Layar Luas AMOLED
Kamera utama 50 MP
Memori luas dengan Fusion RAM
Kehadiran NFC
Aksesori Lengkap
Refresh Rate kecil
Chipset Standar
Kapasitas Baterai 4500 mAh
Tanpa port jack 3,5 mm

ZTE Blade V40s ini mungkin akan menarik perhatian Anda yang sempat maju mundur ketika memilih ZTE Blade V40 Vita. Sebagai alternatifnya, ZTE Blade V40s ini menawarkan spesifikasi yang lebih baik dengan harga yang tidak jauh berbeda. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak artikel di bawah ini sampai habis.

Spesifikasi ZTE Blade V40s

ZTE Blade V40s
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan ZTE Blade V40s

Terdapat enam poin kelebihan yang dimiliki oleh ZTE Blade V40s sebagai daya tarik utama untuk memikat kembali para penggemar ZTE Blade V40 Series di harga terjangkau. Berikut adalah penjelasan poin-poin tersebut.

1. Desain Premium

zte blade v40s

ZTE Blade V40s ini membawa desain yang sederhana tetapi tetap terlihat elegan. Sesuai dengan jargon yang dimilikinya yaitu “Elegant Inside and Out” atau elegan dari sisi dalam dan luarnya.

Bodi bagian belakangnya memiliki dua sisi desain yang berbeda, di bagian sisi yang sejajar dengan kameranya, bodi HP ini terlihat mulus tanpa adanya tekstur. Sedangkan sisi lainnya memiliki tekstur yang khas dengan akhiran matte sehingga membuatnya sulit meninggalkan bekas sidik jari.

Bentuk bodinya yang datar juga terkesan premium seperti HP mahal lainnya, tetapi desain yang rata tersebut nyatanya tidak lebih nyaman untuk digenggam dalam waktu yang lama. Namun, Anda bisa mengesampingkan hal tersebut, sebab bobot yang dimilikinya sudah cukup pas bagi sebuah HP yaitu 184 g dengan dimensi 163,5 x 75,8 x 7,6 mm.

Selain itu, Anda juga akan melihat dua buah modul kamera di bagian belakang yang berbentuk lingkaran. Modul pertama yang berada di bagian atas menyimpan satu buah kamera utama, serta dilengkapi oleh lampu LED yang bisa menyala ketika ada notifikasi masuk atau dalam proses pengisian daya yang disebut Dreamy Breathing Light.

Sedangkan modul lainnya yang berada di bawah menyimpan dua kamera lainnya dan satu LED Flash. Desain tersebut bisa dibilang cukup menarik karena berbeda dari HP pada umumnya yang menggunakan modul kamera berbentuk persegi panjang standar.

Bagian depan HP ini juga tidak kalah menarik, dibekali layar lebar dengan ukuran bezel tipis membuatnya terlihat lebih mahal, serta notch yang memiliki desain punch hole sebagai tempat untuk kamera bagian depan. ZTE Blade V40s ini menawarkan dua varian warna yaitu Blue sebagai varian warna utama dan Black untuk versi netral.

2. Layar AMOLED dengan Bentang Layar yang Luas

zte blade v40s

Memiliki ukuran layar 6,67 inci, HP ini memiliki tampilan yang cukup luas karena dibantu oleh ukuran bezelnya yang tipis. Rasio yang dimiliki HP ini yaitu dari layar ke bodi mencapai angka 93,8 persen, cukup lebar untuk melakukan aktivitas multimedia seperti menonton dan bermain media sosial.

Selain itu, untuk lebih memanjakan penggunanya, ZTE Blade V40s ini memiliki peningkatan dari pemilihan panel yang digunakan. Panel yang digunakannya sudah cukup memukau untuk kelas harganya karena telah menggunakan panel AMOLED, bukan hanya IPS LCD.

Akan terasa kurang jika menggunakan panel AMOLED tetapi resolusi layarnya tidak maksimal. Maka dari itu, ZTE Blade V40s memastikan bahwa resolusi yang berhasil dicapai oleh layarnya adalah Full HD+ atau 180 x 2400 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 395 ppi.

ZTE juga mengeklaim bahwa layarnya mampu memberikan pengalaman menonton yang imersif dengan layar yang memiliki kedalaman 8 bit dan akurasi warna yang lebih presisi dengan 100 persen DCI-P3. Dengan begitu, visual yang disajikan menjadi lebih jelas, detail, halus, dan kaya akan warna.

3. Kamera Utama 50 MP

zte blade v40s

Beralih ke bagian kameranya. ZTE Blade V40s ini tidak hanya memiliki desain modul yang menarik di bagian belakang, tetapi spesifikasi yang dimilikinya juga cukup baik. Bagaimana tidak, HP ini dibekali tiga kamera di bagian belakang dengan kamera utama mencapai 50 MP (f/1.8) dan mendukung fitur autofocus PDAF.

Sebagai pelengkap, terdapat dua kamera lainnya yaitu kamera makro 5 MP (f/2.4) dan kamera depth untuk sensor kedalaman 2 MP (f/2.4). Untuk fitur yang mendukung kameranya juga cukup lengkap mulai dari LED Flash, HDR, sampai panorama.

Hasil gambar yang bagus memang tidak hanya dipengaruhi oleh besarnya resolusi lensa dari HP, tetapi dengan adanya kamera utama 50 MP, Anda bisa dengan mudah mengambil gambar dalam situasi apa pun.

Di bagian depannya, ZTE Blade V40s ini menyimpan kamera selfie-nya pada sebuah punch hole di tengah atas. Kamera tersebut memiliki resolusi 8 MP sebagai kamera wide dengan bukaan f/2.0. Meskipun memiliki resolusi yang berbeda, baik kamera depan atau belakang HP ini mampu menghasilkan rekaman video mencapai resolusi 1080p dengan 30 fps.

4. Memori Luas dengan Fusion RAM

zte blade v40s

Jika Anda termasuk orang yang sering kali menyimpan berkas-berkas dalam waktu lama baik itu foto, video, atau berkas lainnya, atau bahkan menyimpan aplikasi yang banyak, Anda membutuhkan HP dengan kapasitas memori yang cukup mumpuni. Terlebih lagi aplikasi di zaman sekarang memiliki ukuran yang semakin besar.

Untuk itu, ZTE Blade V40s telah menyediakan kapasitas memori luas bagi orang seperti Anda. Untuk penyimpanan RAM-nya, HP ini memiliki memori RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Tidak sampai situ, jika Anda masih merasa kurang dengan kapasitasnya, Anda bisa menambahnya menggunakan slot microSD yang telah disediakan.

Selain itu, ZTE Blade V40s ini juga tidak jauh berbeda dengan HP merek lainnya yang mampu menambah kapasitas RAM menggunakan fitur bawaan. Sebab, ZTE Blade V40s ini juga dibekali fitur Fusion RAM yang mampu menambah kapasitas RAM dengan cara meminjam ruang memori internal mencapai 5 GB.

Dengan kata lain, Anda akan memiliki RAM Dinamis sebesar 11 GB yang mampu memberikan pengalaman pengoperasian sistem yang lebih lancar dan stabil.

5. Kehadiran NFC

NFC

Seiring berkembangnya zaman dengan semakin meningkatnya penggunaan sistem pembayaran online, fitur NFC menjadi salah satu fitur yang sering kali dicari. Memiliki fitur NFC di harga rendah juga menjadi suatu keunggulan dari HP tersebut, salah satunya adalah ZTE BLade V40s.

NFC atau Near-Field Communication merupakan fitur yang sangat berguna untuk berbagai aktivitas, mulai dari mengirim file secara praktis, mengakses informasi Smart Card, menghubungkan dengan HP sesama pemilik NFC, hingga melakukan transaksi secara digital.

Untuk kebutuhan-kebutuhan seperti itu, ZTE Blade V40s tidak hanya unggul dalam sektor layar atau memori saja, tetapi juga sudah mendukung fitur kecil seperti NFC yang ternyata sangat berguna untuk saat ini.

6. Aksesori yang Lengkap

zte blade v40sSumber: Hardresetinfo

Selain memiliki spesifikasi yang menarik, ZTE Blade ini juga ternyata memiliki kelengkapan aksesori di dalam box pembeliannya. Ketika Anda membuka kotaknya, Anda akan menemukan berbagai aksesori mulai dari SIM ejector, casing HP, charger, kabel type C, hingga headphone.

Bahkan, ZTE Blade V40s ini menyediakan adapter type C untuk menyambungkan headphone ke HP, karena ZTE Blade V40s ini tidak memiliki port jack berukuran 3,5 mm yang digunakan untuk lubang headphone atau earphone.

Kekurangan ZTE Blade V40s

Di balik kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, ZTE BLade V40s ini masih memiliki kekurangan yang mesti Anda perhatikan. Kekurangan yang akan disebutkan di bawah memiliki sifat yang subjektif, sebab sebagian dari kalian mungkin menganggap kekurangan ini tidak terlalu menjadi masalah dan mewajarkannya.

1. Refresh Rate kecil

zte blade v40s

ZTE Blade V40s ini sudah memiliki layar yang cukup menarik dengan menggunakan panel AMOLED berukuran 6,67 inci. Namun, sayang sekali layar HP ini tidak dibarengi dengan refresh rate yang cukup tinggi atau standar di kelasnya.

Alih-alih menggunakan refresh rate 90 Hz seperti ZTE Blade V40 Vita, ZTE Blade V40s ini justru hanya dibekali refresh rate 60 Hz saja. Hal ini cukup disayangkan, sebab bukan hanya kurang, tetapi juga mengalami penurunan dibandingkan model yang berusaha diperbaikinya.

2. Chipset Standar

UNISOC T618

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh ZTE Blade V40s ini terletak di sektor dapur pacunya. Meskipun telah mengalami peningkatan dan merupakan chipset yang lebih tinggi, UNISOC Tiger T618 masih kurang maksimal jika digunakan untuk aktivitas berat seperti bermain game.

UNISOC Tiger T618 ini memiliki manufaktur berfabrikasi 12 nm dengan prosesor octa core sebagai tenaga utamanya. Prosesor tersebut terdiri dari dua core Cortex A75 dengan frekuensi 2,0 GHz untuk performa dan enam core Cortex A55 dengan frekuensi 2,0 GHz untuk efisiensi dayanya.

Selain itu, agar performa yang dihasilkan lebih stabil, chipset ini didukung oleh kartu pengolah grafis yaitu GPU Mali G52 MP2 dengan frekuensi 850 MHz.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh Nanoreview, UNISOC Tiger T618 ini mampu meraih skor 250.944 untuk skor AnTuTu 9. Skor tersebut masih berada di bawah Snapdragon 678 milik Redmi Note 10 yang mampu meraih skor AnTuTu 9 282.255. Padahal, harga yang dibanderol oleh kedua HP ini tidak jauh berbeda dan berada di angka Rp2 jutaan.

3. Kapasitas Baterai 4500 mAh

zte blade v40s

Selain hanya menggunakan chipset standar, ZTE Blade V40s juga memiliki baterai yang cukup disayangkan. Bukan karena kapasitasnya yang terlalu kecil, tetapi sama seperti kasus refresh rate yang justru mengalami penurunan dibandingkan model yang berusaha diperbaikinya.

ZTE Blade V40 Vita telah cukup baik memiliki kapasitas baterai besar yaitu hingga 6000 mAh. Namun, cukup disayangkan ketika mengetahui bahwa ZTE Blade V40s ini hanya dibekali baterai dengan kapasitas 4500 mAh saja.

Meskipun memiliki kapasitas yang lebih kecil, fitur pendukung fast charging yang dihadirkan tidak mengalami perubahan yaitu memiliki frekuensi 22,5 W. Sehingga, proses pengisian daya pada ZTE Blade V40s mungkin akan terasa lebih cepat karena kapasitas dayanya yang lebih kecil.

4. Tanpa port jack 3,5 mm

zte blade v40s

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ZTE Blade V40s ini tidak memiliki port jack berukuran 3,5 mm. Fitur ini memang bersifat penting atau tidak penting, tetapi bagi sebagian orang yang lebih suka menggunakan headphone atau earphone dengan kabel, mungkin akan merasa sedikit kecewa karena tidak adanya lubang ini.

Meskipun masih bisa menggunakan adapter sebagai penyambungnya, hal itu jelas akan sedikit merepotkan. Untuk meluluhkan hati penggunanya, ZTE melakukan langkah dengan memberikan aksesori yang cukup lengkap di dalam kotak pembelian. Saking lengkapnya, ia bahkan memberikan adapter type C sebagai penghubung antara headphone dan HP.

Simpulan

ZTE Blade V40s yang hadir sebagai perbaikan dari model sebelumnya yaitu ZTE Blade V40 Vita, secara keseluruhan sudah cukup sukses dalam setiap peningkatan yang dibawanya, mulai dari kemampuan layar, chipset, kapasitas memori, hingga spesifikasi kamera.

Namun, di samping peningkatan yang dimilikinya, ZTE Blade V40s ini masih memiliki kekurangan yang mesti diperhatikan oleh penggunanya. Hal itu seperti refresh rate yang menurun hingga kapasitas baterainya yang menyempit.

Bagi sebagian orang mungkin bisa mewajarkan beberapa kekurangan yang dimilikinya, terlebih lagi harga yang dibanderol juga tidak terlalu mahal. Ketika dirilis di Malaysia, ZTE Blade V40s ini dibanderol dengan harga 799 ringgit, atau jika dikonversikan ke Rupiah menjadi sekitar Rp2.637.695 untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Nah, setelah mengenal lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda masih merasa tertarik untuk memiliki HP ZTE Blade V40s ini? Agar tidak terlalu bingung, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda saat ini. Semoga membantu, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram