Carisinyal / Storage / 10 Rekomendasi Merk Hardisk Eksternal Terbaik Tahun 2020

10 Rekomendasi Merk Hardisk Eksternal Terbaik Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Januari 2020

Keberadaan hardisk eksternal memang sangat memudahkan aktivitas kita saat hendak menyimpan banyak file dengan ukuran besar. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar hingga ukuran TB, kamu bisa menyimpan file jenis apapun di dalam sebuah hardisk, seperti film, game, video, foto, dan masih banyak lagi.

Kini sudah banyak merk hardisk yang beredar di pasaran. Harganya pun semakin terjangkau karena teknologi-teknologi penyimpanan terbaru semakin banyak yang bermunculan. Untuk memudahkanmu memilih hardisk terbaik, berikut Carisinyal akan memberikan rekomendasinya untukmu.

1. WD My Passport Ultra

WD My Passport Ultra

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu fitur utama dari hardisk WD My Passport Ultra ini fitur backup otomatis. Dengan bantuan software yang bernama WD Backup™, kamu dapat dengan mudah melindungi file-file penting yang kamu simpan di hardisk dan kamu bisa menyetel pencadangan tersebut secara harian atau bulanan.

Dari sisi tampilan, hardisk WD My Passport Ultra didesain cukup stylish dengan cover metal. Produk yang kompatibel dengan USB-C dan USB 3.0 ini tersedia dalam tiga kapasitas, yaitu 1 TB, 2 TB, dan 4 TB. WD My Passport Ultra dijual dengan harga Rp 800 ribu hingga Rp 1,6 jutaan.

2. Seagate Backup Plus Ultra Touch

Seagate Backup Plus Ultra Touch

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hardisk dari Seagate yang dilengkapi dengan perlindungan sandi berenkripsi AES-256 Seagate Secure™ ini kompatibel dengan semua USB-C dan USB 3.0 untuk laptop Windows dan Mac. Dan sesuai dengan namanya, produk ini dibuat agar penggunanya bisa melakukan pencadangan file-file penting mereka.

Kapasitas hardisk Seagate Backup Plus Ultra Touch tersedia dalam dua pilihan, yakni 1 TB dan 2 TB. Tidak hanya itu, tampilan media penyimpanan eksternal ini juga cukup cantik dengan enklosur kain tenun dalam warna hitam dan putih.

3. Toshiba Canvio Premium

Toshiba Canvio Premium

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini adalah salah satu hardisk eksternal terbaik dengan paket lengkap. Body hardisk ini didesain menggunakan aluminium dengan motif berlian yang membuat terlihat lebih mewah. Produk ini datang dengan adaptor USB Type-C yang membuatnya bisa digunakan di berbagai komputer keluaran terbaru. Selain itu, interface USB 3.0-nya juga kompatibel dengan USB 2.0 (di Windows dan Mac).

Toshiba Canvio Premium sudah lengkapi dengan software keamanan dan pencadangan untuk melindungi data-data penting milikmu. Ada tiga pilihan kapasitas hardisk yang bisa kamu pilih, yaitu 1 TB, 2 TB, dan 3 TB. Dan kecepatan transfer data hardisk ini jika menggunakan port USB 3.0 bisa mencapai 5 GB/detik. Hardisk keren ini dibanderol dengan harga mulai Rp 1,4 juta hingga Rp 2,4 juta.

4. Transcend StoreJet 25C3S

Transcend StoreJet 25C3S

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hardisk StoreJet 25C3S ini memiliki fitur antarmuka USB 3.1 Gen 1 dan port USB Type-C untuk kecepatan transfer data yang super cepat hingga 5Gbps. Dalam paket penjualannya, kamu akan menemukan dua kabel USB Type-C dan USB Type-C ke Type-A untuk mengakomodir desktop dan laptop yang memiliki antarmuka USB Type-C atau USB 3.1 (support di Windows, Mac, Linux).

Dari segi tampilan, hardisk eksternal terlihat begitu ramping (9,95 mm) dan elegan. Hal itu karena body perangkat ini dibalut dengan aluminium yang sudah dipoles secantik mungkin.

Tersedia dengan kapasitas hingga 2 TB, StoreJet 25C3S juga sudah dilengkapi dengan perangkat lunak untuk keamanan dan pemulihan file-file pentingmu. Dapatkan segera produk ini di toko online dengan range harga antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

5. Adata HD710 Pro

Adata HD710 Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Adata membuat hardisk mereka ini dengan daya tahan yang bagus. Mereka bahkan telah menguji produk HD710 Pro di atas standar IP68 anti debu dan air (hanya berlaku ketika penutup port USB tertutup rapat).

Pengujian kelas militer MIL-STD-810G 516.6 juga dilakukan untuk memastikan bahwa produk ini mampu menjaga data-data penting penggunanya ketika tidak sengaja jatuh dari ketinggian 1,5 meter (body dilapisi plastik/silikon anti guncangan).

Tersedia dengan berbagai pilihan warna dan kapasitas hingga 5 TB, Adata HD710 Pro juga datang dengan interface USB 3.1 yang kompatibel dengan USB 2.0 (Windows, Mac, Linux). Untuk mendapatkan produk hardisk eksternal keren ini, kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp 800 ribu (untuk versi 1 TB) hingga Rp 3 jutaan (untuk versi 5 TB).

6. WD My Passport

WD My Passport

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Butuh hardisk WD dengan kapasitas yang sangat besar? Mungkin WD My Passport adalah salah satu jawabannya. Itu karena produk ini menyediakan beberapa pilihan kapasitas mulai dari 1 TB, 2 TB, 3 TB, dan 4 TB. Namun, hardisk ini hanya kompatibel pada perangkat komputer dengan port USB 3.0 dan 2.0 saja (Windows dan Mac).

Hardisk ini juga sudah dilengkapi dengan proteksi password dan enskripsi hardware. Bahkan, ada juga backup otomatis untuk menyimpan salinan data-data yang ada di dalam hardisk. Ada 6 pilihan warna yang tersedia untuk WD My Passport dengan banderol harga sekitar Rp 700 ribu hingga 1,7 jutaan.

7. Seagate Backup Plus Slim

Seagate Backup Plus Slim

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu hardisk eksternal terbaik yang cukup tipis dan ringan dari Seagate adalah Backup Plus Slim. Ini merupakan hardisk yang simple dan cocok untuk dibawa ke mana saja. Dengan lapisan pelindung yang terbuat dari material logam, produk ini hadir dengan pilihan warna hitam, perah, merah, dan biru.

Tidak hanya unggul dalam segi desain dan tampilan saja, Seagate Backup Plus Slim hadir dengan kapasitas yang mumpuni, yakni sampai 2 TB. Performa hardisk ini juga cukup baik karena kecepatan transfer datanya mencapai 120 MB/detik.

8. WD Elements

WD Elements

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dengan ukuran yang kecil dan ringan, hardisk ini menawarkan kapasitas hingga 4 TB. WD Elements kompatible ini hanya kompatibel dengan perangkat yang memiliki port USB 3.0 dan USB 2.0 (NTFS yang diformat untuk Windows 10, Windows 8.1, Windows 7 dan format ulang mungkin dibutuhkan bagi OS lain seperti Mac). Produk ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 300 ribu untuk versi kapasitas terendah dan Rp 2 jutaan untuk yang tertinggi.

9. Seagate Backup Plus Portable

Seagate Backup Plus Portable

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Backup Plus Portabel adalah hardisk dari Seagate yang tersedia dengan kapasitas hingga 5 TB. Produk ini kompatibel dengan komputer Mac dan Windows dengan port USB 3.0 dan USB 2.0. Berbeda dengan Backup Plus Ultra Touch, Backup Plus Portable tidak dilengkapin fitur enkripsi hardware, tapi tetap membawa fitur pencadangan yang dapat disesuaikan serta sinkronisasi otomatis.

Tersedia tiga pilihan warna untuk Seagate Backup Plus Portable, yaitu hitam, silver, dan biru muda. Produk hardisk eksternal ini dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp 900 ribu hingga Rp 2 jutaan saja.

10. Toshiba Canvio Advance

Toshiba Canvio Advance

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika kamu mencari hardisk dengan tampilan cerah, maka Toshiba Canvio Advance adalah salah satu jawabannya. Hardisk yang bekerja dengan USB 3.0 dan USB 2.0 ini (Windows dan Mac) memiliki empat pilihan warna yang cantik, seperti hitam, putih, merah, dan biru. Selain itu kapasitas yang ditawarkannya juga mencapai angka 4 TB.

Agar data-data pentingmu aman, Toshiba Canvio Advance juga sudah dilengkapi dengan fitur pencadangan otomatis dan perlindungan data (dengan software yang perlu diunduh). Hardisk Toshiba Canvio Advance bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 800 ribu hingga 1,5 jutaan.

Itulah daftar hardisk eksternal rekomendasi dari Bukalapak. Merk-merk di atas dikeluarkan oleh brand-brand ternama dan berpengalaman. Jadi, memiliki salah satunya sudah pasti terjamin karena mereka semua produk berkualitas.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

11 Responses

  1. kalo seagate 1 tera nya berapa ? dan apa ada garanssinya ??

    1. Halo Kania, Anda bisa langsung cek di toko online ya 🙂

  2. Thanks banget ya kak info nya, gak nyesel beli toshiba

    1. Halo Tri, ya sama-sama. Senang bisa membantu 🙂

  3. bukan masalah mahal nya .
    tapi merk paling awet yg mana ?
    temen ku byk yg beli merk sigit 1-2 bulan byk yg udah jebol , padahal mayan mahal.

  4. External maupun internal saya pilih Seagate, awet banget, dan bandel.

    • Saya mau berbagi pengalaman, pertama-tama hardisk internal:

    Saya menggunakan SSD Samsung 850 Pro 1TB untuk OS dan kerjaan. Sisanya saya pakai HDD untuk data kerjaan lama yang jarang dibuka.

    Hardisk Seagate saya setelah pemakaian hampir 10th masih terasa seperti baru, tidak ada penurunan performa, dan saya test juga kondisinya “healthy”, tidak ada bad sector, speed masih sama seperti baru.

    Saya pernah termakan bahasa marketing, dan benchmark di beberapa situs yang mengatakan WD Caviar Black yang terbaik dan saya membelinya, barang baru pas dirumah ternyata bad sector (95% merah), ok saya mungkin dapat barang defect, yang jadi permasalahan, hal serupa terjadi ke beberapa teman saya (membeli di toko berbeda).

    Hal ini tidak pernah terjadi dengan yang membeli barang Seagate, yang saya lihat dengan mata kepala sendiri.

    Saya menukarnya ke toko, saat di cek di rumah, kondisi sehat, tidak ada bad sector, hasil benchmark juga normal, tapi di kenyatannya saat dipakai terasa lambat.

    Contoh saat buka folder terkadang dia freeze/loading kira-kira 5 detik, kalau Seagate langsung terbuka detik itu juga.

    • Sekarang ngomongin HDD external:

    Semua teman saya yang pakai HDD external merek WD, rusak, bahkan ada yang rusak setelah dibawa di tas hanya satu kali saja, tidak terbanting.
    Yang lainnya saat baru beberapa bulan, drive tidak terbaca di PC, harus goyang-goyangkan kabelnya sampai nemu posisi yang pas.

    Ironisnya: Saya pakai HDD external Seagate hampir 5 th masih jalan dengan lancar, drive langsung terbaca, tidak ada masalah port. Beberapa teman saya yang pakai Seagate juga masih bekerja dengan baik, bahkan ada yang sudah pindah tangan 3x (dijual ke teman dan teman lain).

    Maaf kepanjangan, bukannya fan boy, bukan promosi karena ngga dapet uang juga… tapi agak kesal dengan WD yang over ratted, dan kesal jadi buang duit. hehehe

  5. Saya setuju dengan sdr. Rian
    HDD Seagate mmg top markotop…
    Saya beli laptop Acer tahun 2006 silam, dan HDD dlm laptop Acer milikku itu ternyata bermerk Seagate. Sampai detik ini, masih awet dan lancar jaya…

    Emang benar-benar top dech, Seagate.

    Berdasar pengalaman saya, yg paling bagus dan awet yah SEAGATE. Sementara yg paling buruk dan mengecewakan itu sih t*sh*b*, cepat rusak.

  6. Serau saya hdd 2,5inci kan max 2TB. Nah kalo yg >3TB itu isinya 1 hdd atau 2 hdd dirangkai jadi RAID? Soalnya kelihatan lebih tebal dari yang 2TB

    1. Muhamad Rizky Fandiari berkata:

      Setuju Thosiba paling sering bermasalah. sedikit tips jika ingin memilih hardisk dengan merek Western Digital, dipasaran sana banyak sekali hardisk Defect dari merek ini. saya pernah beli 4 kali yang 3 terakhir defect, bukan masalah bisa diklaim atau engga, tpi data sudah masuk kedalam hardisk semua. jadi tidak bisa dipakai lagi, karena ketika diklaim garansipun mereka tidak bisa menjamin data masih ada, bahkan menyarkan tukar baru. so percuma kan? tpi anda bisa langsung membeli resmi dari western digital nya, karena hardisk pertama saya waktu itu saya beli ketika ada pameran WD, dan smpai sekarang masih berfungsi, sedangkan 3 lainnya saya beli di toko retail biasa. saya beli karena hardisk pertama saya normal, ternyata saya terjebak, 3 selanjutnya mati seblum melewati 4 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *