carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi Merk Hardisk Eksternal Terbaik di 2024

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

SSD memang jadi pilihan storage utama saat ini. Namun, hard disk atau HDD atau bisa sebut juga hardisk masih dibutuhkan. Kebutuhannya terutama sebagai hard disk eksternal alias perangkat storage eksternal. Keberadaan hard disk eksternal ini memudahkan aktivitas kita saat hendak menyimpan banyak file dengan ukuran besar.

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar hingga ukuran TB, kamu bisa menyimpan file jenis apa pun di dalam sebuah hardisk, HDD, atau hard disk, seperti film, game, video, foto, dan masih banyak lagi. Pertanyaannya adalah, hard disk eksternal seperti apa yang cocok untuk kebutuhanmu?

Secara umum, ada delapan hal yang patut kamu perhatikan sebelum membeli hard disk eksternal. Delapan hal itu yakni: kapasitas, jenis drive, kecepatan transfer, keringkasan, ketahanan, keamanan, kompatibilitas, dan fitur tambahan lainnya. Berikut penjelasan ringkasnya.

  • Kapasitas, Jenis Drive, dan Kecepatan Transfer

Soal kapasitas, bukan berarti ukuran yang lebih besar pasti yang lebih bagus. Jelasnya, ukuran yang lebih besar pasti lebih mahal. Jika hard disk eksternal hanya kamu gunakan untuk memindah data, ukuran kurang dari 1 TB akan sangat cocok dan tentu saja menghemat dana.

Sebaliknya, bila kamu gemar menyimpan data untuk jangka waktu lama, membeli hard disk eksternal dengan ukuran 1 TB ke atas akan menjadi investasi yang bagus. Masalah kapasitas ini juga berkaitan dengan pemilihan jenis drive dan. Sebagai informasi, HDD lebih murah ketimbang SSD, kapasitasnya pun lebih besar dengan harga serupa. Sayangnya, HDD lamban dan rentan rusak saat terkena guncangan.

Sekarang sesuaikan saja dengan kebiasaanmu. Jika mobilitasmu tinggi, tak ada alasan lain untuk tidak memilih SSD. Lagipula SSD juga punya kecepatan transfer yang berkali-kali lipat lebih kencang ketimbang HDD.

SSD yang mendukung USB 2.0 saja kecepatan transfernya bisa sampai 408 Mb/detik. Yang terbaru, SSD dengan dukungan USB 3.2 bisa tembus 10-20 Gb/detik.

Baca: Inilah 6 Perbedaan SSD dan HDD yang Perlu Diketahui!

  • Keringkasan, Ketahanan, dan Keamanan

Seluruh hard disk eksternal sudah pasti punya ukuran yang relatif kecil dengan ukuran tidak berat. Hal ini karena format tipe drive yang dipakai adalah 2,5 inci, entah itu SSD atau HDD. Hanya, setiap produsen punya case bervariasi yang membuat dimensi suatu model berbeda dengan lainnya.

Akan tetapi, jika kamu jeli, SSD punya bobot yang lebih ringan karena tidak menampung cakram magnet seperti HDD. Hal ini pula yang membuat SSD memiliki ketahanan lebih baik andai terkena guncangan, bahkan jatuh sekalipun.

Terkait keamanan, mungkin saja data yang kamu simpan adalah data penting nan rahasia. Untungnya sekarang sudah banyak hard disk eksternal yang mendukung software enkripsi.

  • Kompatibilitas dan Fitur Tambahan

Pengguna komputer Windows mungkin tak akan mengalami masalah ketika membeli hard disk eksternal merek apa pun. hard disk eksternal bakal langsung bisa dipakai (plug n play). Namun, hard disk eksternal yang bisa dipakai di komputer Windows mungkin tak kompatibel dengan sistem operasi MacOs atau Linux. Begitu pun sebaliknya.

Hal ini terjadi karena setiap sistem operasi punya format yang berbeda-beda. Untuk menghindari hard disk eksternal gagal dibaca komputer, pastikan ia kompatibel dengan berbagai sistem operasi.

Selain masalah kompatibilitas, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih hard disk eksternal adalah adanya fitur tambahan. Misalnya, opsi perpanjangan garansi, adanya port USB C, port Thunderbolt, hingga kemampuan terhubung ke jaringan WiFi.

Kini sudah banyak merk hard disk eksternal yang beredar di pasaran. Harganya pun semakin terjangkau karena teknologi-teknologi penyimpanan terbaru semakin banyak yang bermunculan. Untuk memudahkanmu memilih hard disk terbaik, berikut Carisinyal akan memberikan rekomendasinya untukmu.

1. WD

hardisk terbaik

Sesuai dengan namnya, WD atau Western Digital merupakan sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi asal Amerika Serikat, tepatnya di California. Perusahaan ini telah berdiri cukup lama yaitu sejak tahun 1970.

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, WD memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing dengan perusahaan lainnya, terutama untuk di wilayah Indonesia. Hard disk merek WD ini memiliki beberapa keunggulan seperti tidak cepat panas meskipun memiliki RPM yang tinggi, tidak menghasilkan bunyi yang berisik saat digunakan, dan sebagainya.

Salah satu produk terbaik yang dimiliki WD adalah WD My Book. WD My Book hadir dengan kapasitas yang lebih besar yaitu mencapai 8 TB. Selain itu, hard disk ini juga memiliki fitur backup sehingga kamu dapat dengan mudah melindungi file-file penting yang tersimpan di hard disk, serta bisa menyetel pencadangan tersebut secara harian atau bulanan.

Dari sisi tampilan, hard disk WD My Book didesain cukup stylish, produk yang kompatibel dengan USB 3.0 ini menawarkan garansi dalam pembeliannya selama tiga tahun. WD My Book ini dijual dengan harga sekitar Rp2,7 jutaan.

2. Seagate

Seagate Backup Plus Ultra Touch

Seagate menjadi salah satu merek hard disk yang terkenal dan populer terutama untuk pasar Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena keunggulan yang dimilikinya jika dibandingkan dengan merek lain. Salah satu fitur unggulan yang dimilikinya adalah performa yang dihasilkannya tetap stabil meskipun dipakai selama seharian penuh.

Seagate memiliki kecepatan transfer data yang tinggi yaitu mencapai 7200 RPM. Selain itu, kapasitas yang ditawarkan juga besar dan beragam dengan garansi pembelian dua tahun yang sangat mudah diklaim. Dengan keunggulan yang dimilikinya, maka tidak heran jika Seagate memiliki harga yang cukup tinggi dibanding merek lainnya.

Salah satu produk terbaik miliki Seagate adalah Seagate Backup Plus Ultra Touch. Hard disk ini dilengkapi dengan perlindungan sandi berenkripsi AES-256 Seagate Secure™ ini kompatibel dengan semua USB-C dan USB 3.0 untuk laptop Windows dan Mac. Dan sesuai dengan namanya, produk ini dibuat agar penggunanya bisa melakukan pencadangan file-file penting mereka.

Kapasitas hard disk Seagate Backup Plus Ultra Touch tersedia dalam dua pilihan, yakni 1 TB dan 2 TB. Tidak hanya itu, tampilan media penyimpanan eksternal ini juga cukup cantik dengan enklosur kain tenun dalam warna hitam dan putih.

3. Transcend

Transcend External HDD StoreJet 25C3S

Transcend atau Transcend Information Inc pertama kali didirikan pada tahun 1988 yang berpusat di Taipei, Taiwan. Trancend mengembangkan dan memproduksi 100% in house. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, tidak heran jika Transcend menjadi salah satu merek terkenal sebagai pemimpin kelas dunia dalam bidang memori dan teknologi.

Tidak hanya memiliki pengalaman, produk buatan Transcend juga memiliki kualitas yang tinggi. Transcend ini memiliki keunggulan dalam hal kinerja yang stabil, daya tahan, kompabilitas yang sangat baik, dan sebagainya.

Salah satu produk Transcend terbaik adalah Transcend External HDD StoreJet 25C3S. Hard disk tersebut terlihat mewah dilapisi oleh alumunium ramping yang telah dipoles, sandblasted, dan anodized. StoreJet 25C3S ini memiliki ukuran yang ramping yaitu hanya 9,95 mm.

StoreJet 25C3S ini dilengkapi dengan kabel USB Tipe C dengan antarmuka USB 3.1 Gen 1 yang mampu memberikan kecepatan transfer tinggi yaitu mencapai 5Gbps. Transcend juga menyediakan fitur keamanan yang eksklusif menggunakan Transcend Elite Software yang mampu melindungi seluruh drive dan file di dalamnya. Transcend StoreJet 23C3S ini dibanderol dengan harga 1 jutaan untuk varian 1 TB.

4. Toshiba

Toshiba Canvio Premium

Toshiba merupakan salah satu produsen sebagai pemimpin dan inovator dunia yang memelopori kemajuan teknologi tinggi, mulai dari sistem informasi & komunikasi, perangkat dan komponen elektronik, produk konsumen digital, dan sebagainya. Selama lebih dari 50 tahun, Toshiba telah mengembangkan teknologi penyimpanan sebagai bahan elektronik konsumen utama utama.

Salah satu produk terbaik milik Toshiba adalah Toshiba Canvio Premium. Bodi hard disk ini didesain menggunakan aluminium dengan motif berlian yang membuat terlihat lebih mewah. Produk ini datang dengan adaptor USB Type-C yang membuatnya bisa digunakan di berbagai komputer keluaran terbaru. Selain itu, interface USB 3.0-nya juga kompatibel dengan USB 2.0 (di Windows dan Mac).

Toshiba Canvio Premium sudah lengkapi dengan software keamanan dan pencadangan untuk melindungi data-data penting milikmu. Ada tiga pilihan kapasitas hard disk yang bisa kamu pilih, yaitu 1 TB, 2 TB, dan 3 TB. Dan kecepatan transfer data hard disk ini jika menggunakan port USB 3.0 bisa mencapai 5 GB/detik. Hard disk keren ini dibanderol dengan harga mulai Rp 1,4 juta hingga Rp 2,4 juta.

5. Adata

Adata HV300

Adata merupakan salah satu produsen penyimpanan dan memori asal Taiwan yang berdiri pada tahun 2001. Adata juga menjadi salah satu produsen terbaik dengan menawarkan produk berkualitas tinggi. Fitur unggulan yang selalu dimiliki oleh produk-produk Adata ini adalah daya tahannya yang bagus serta kinerjanya yang cepat terutama dalam hal hard disk.

Nah, salah satu produk hard disk eksternal terbaik yang dimiliki Adata ini adalah Adata HV300. Produk Adata kali ini memiliki tampilan yang ramping hanya 10,3 mm dengan desain di bagian depan mengkilap dan dikelilingi oleh bingkai yang memiliki tekstur khas.

Meskipun memiliki bodi yang ramping dan ringan, hard disk ini mampu menangani kondisi terberat dan tetap mampu mengirimkan data dengan sangat cepat. Untuk masalah keamanan kamu tidak perlu khawatir, karena ada Backup ToGo dengan enkripsi AES-256 bit yang akan menjaga file penting kamu.

6. LaCie

 LaCie Rugged

LaCie menjadi salah satu perusahaan asal Amerika-Prancis sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perangkat keras. LaCie mengkhususkan diri dalam memproduksi hard drive eksternal, susunan RAID, drive optik, dan monitor komputer. Dalam produknya, LaCie selalu berusaha memasarkan produk terbaiknya khususnya hard disk dengan kapasitas luas dan pilihan antarmuka.

Salah satu produk terbaik milik LaCie adalah LaCie Rugged 2 TB sebagai hard disk eksternal yang cukup menonjol. Tapi, keunggulannya tentu tidak hanya di tampilan saja. Ia memiliki ketahanan yang baik terhadap guncangan, debu, benturan, dan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Mengusung konektivitas USB 3.0 dan USB tipe-C, kamu bisa dengan mudah memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya meski jenis port berbeda. Hard disk eksternal ini mendukung antarmuka Thunderbolt jadi tidak perlu ragu dengan kecepatannya (130 MB/detik).

Selain unggul di sektor ketahanan bodi dan performa, produk ini juga unggul di bidang keamanannya. Seagate Secure™ Technology yang diusungnya mampu mengenkripsi data menggunakan kelas enkripsi AES-256. Meski terbilang mahal (sekitar Rp 2 jutaan), fitur serta performanya sangat sepadan.

7. SanDisk

SanDisk G-Drive Professional

SanDisk merupakan salah satu produsen terbesar di dunia sehingga keberadaannya cukup populer terutama di pasar Indonesia. SanDisk sendiri merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berasal dari Milpitas, California. Telah berdiri sejak 1988, SanDisk menghasilkan banyak produk terkemuka salah satunya adalah hard disk dengan kemampuannya yang tinggi.

Nah, salah satu produk hard disk terbaik milik SanDisk adalah SanDisk G-Drive Professional. SanDisk G-Drive Professional ini telah menggunakan HDD Ultrastar kelas 7200 RPM yang sangat cepat yaitu mencapai 195 MB/detik. Hard disk ini memiliki sepasang port Thunderbolt yang dapat menghubungkan enam unit satu sama lain dengan satu kabel.

SanDisk G-Drive ini memiliki ukuran kecil yang bisa dibawa di dalam ransel tanpa adaptop AC dan kabel yang kusut. Selain itu, hard disk ini juga memiliki garansi cukup lama yaitu hingga 5 taun.

8. Silicon Power

Silicon Power Rugged Armor A30

Silicon Power pertama kali didirikan pada tahun 2003 dan memiliki kantor pusat di Taipei. Silicon Power ini menjadi salah satu perusahaan internasional yang memiliki fokus untuk menggabungkan teknologi inovatif dengan desain yang menarik. Selain itu, perusahaan ini juga selalu memberikan kualitas terbaik untuk setiap produknya, salah satunya adalah hard disk.

Nah, salah satu produk hard disk terbaik milik Silicon Power adalah Silicon Power Rugged Armor A30. Armor 30 menggabungkan desain gel silika yang tahan terhadap guncangan sebagai pelindung ketika terjadi benturan akibat terjatuh. Bahkan, hard disk tersebut telah lulus pengujian standar militer AS MIL-STD-810G yang ketat.

Selain unggul dalam ketahanannya, Armor 30 telah hadir dengan antarmuka USB 3.0 Superspeed dan kompatibel dengan USB 2.0. Hard disk ini memiliki waktu garansi cukup lama yaitu tiga tahun dari mulai pembelian. Untuk varian 2 TB, Armor 30 dibanderol dengan harga sekitar 1,5 jutaan.

9. Samsung

Samsung X5 Thunderbolt 3 Portable

Siapa yang tidak mengenal Samsung? Merek Samsung telah menjadi salah satu merek yang sangat terkenal dan populer di pasar Indonesia. Ternyata, Samsung tidak hanya membuat produk HP atau laptop saja, Samsung juga menyediakan produk lain yaitu hard disk dengan kualitas yang tinggi.

Salah satu produk hard disk terbaik milik Samsung adalah Samsung X5 Thunderbolt 3 Portable. Hard disk ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda jika merasa tidak masalah dengan harga. Samsung X5 Thunderbolt 3 Portable ini memiliki kecepatan statosfer (baca 2800 MBps dan tulis 2300 MBps).

Dari segi tampilan, hard disk ini terlihat cukup menarik dengan eksterior mengkilap dilengkapi dengan undercarriage merah menyala dan terlihat seperti mobil sport. Untuk mendapatkan hard disk ini, kamu harus menyiapkan dana mulai dari 3 jutaan untuk varian terendah.

10. Maxtor

maxtor m3

Nama Maxtor mungkin tidak setenar 9 merek lainnya yang ada di artikel ini di bidang HDD eksternal . Namun, mereka sebenarnya perusahaan yang berpengalaman di industri komputer. Terlebih mereka pernah jadi produsen cakram keras terbesar ketiga di dunia.

Didirikan pada 1982, Maxtor hadirkan produk storage yang menarik pada masanya, yakni Maxtor XT-1140. Setelah itu, mereka hadirkan perangkat lain seperti cakram keras dan produk HDD yang banyak memenuhi pasaran.

Pada 2006, Maxtor diambil alih oleh Seagate Technology. Mereknya tidak dihilangkan, produk mereka tetap ada. Bisa dibilang, Maxtor jadi sub-brand di bawah Seagate Technology. Produk mereka tergolong baik, terlebih karena harganya bisa dibilang lebih terjangkau dibanding pesaing. Contohnya seperti Maxtor M3 yang hadir dengan berbagai ukuran storage.

Itulah daftar merek hard disk eksternal yang bisa dipilih Merk-merk di atas dikeluarkan oleh brand-brand ternama dan berpengalaman. Jadi, memiliki salah satunya sudah pasti terjamin karena mereka semua produk berkualitas.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram