Carisinyal / Aksesoris / Aksesoris Laptop / 10 Rekomendasi Merk Hardisk Eksternal Terbaik Tahun 2018

10 Rekomendasi Merk Hardisk Eksternal Terbaik Tahun 2018

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Oktober 2018

Keberadaan hardisk eksternal memang sangat memudahkan aktivitas kita saat hendak menyimpan file dengan ukuran yang besar. Misalnya, file berupa film atau game biasanya memiliki ukuran yang cukup besar. Anda tidak bisa menyimpan file dengan ukuran besar di dalam flashdisk. Jika seperti ini, Anda tentu membutuhkan sebuah hardisk eksternal terbaik.

Berbicara mengenai hardisk eksternal yang terbaik, ada beberapa merk hardisk yang akan direkomendasikan Carisinyal untuk Anda. Apa saja hardisk yang akan kami sarankan di sini? Simak review selengkapnya berikut ini.

10 Merk Hardisk Eksternal Terbaik

1. WD My Passport SSD

WD My Passport SSD Merk Hardisk Eksternal Terbaik

Dengan desain yang modern dan keren, WD My Passport SSD bukan hanya unggul dalam segi desain saja, tetapi juga pada kecepatannya. Hardisk yang satu ini mampu mentransfer data dengan kecepatan 515MB/detik. Terdapat proteksi dengan password dan enskripsi hardware untuk mengamankan data yang ada di dalam hardisk ini.

Di samping itu, WD My Passport SSD juga dapat melakukan backup otomatis untuk membuat salinan data untuk berjaga-jaga jika data hilang. Hardisk yang mudah digunakan ini kompatibel terhadap USB Type-C dan USB 3.1 Gen 2, tapi bisa juga dipakai pada perangkat yang haya menyediakan USB Type-A dan USB 2.0 dan 3.0. Produk ini bisa Anda beli melalui Bukalapak di link ini.

2. WD My Passport Ultra

WD My Passport Ultra

Keunggulan WD My Passport Ultra dari kedua hardisk yang sudah kita bahas sebelumnya tentu sudah sangat jelas. WD My Passport Ultra memiliki fitur backup otomatis. Jadi, seluruh file Anda akan otomatis ter-backup sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi ketika file tersebut tidak sengaja terhapus, karena Anda sudah memiliki salinannya.

Kapasitas hardisk ini adalah 500 GB – 300 TB. Uniknya, hardisk WD My Passport Ultra ini telah mendapat Dropbox untuk upload ke Cloud secara otomatis. Enskripsi AES pada hardisk ini juga memudahkan Anda saat harus menyimpan dan mengamankan data pribadi. Anda bisa membeli hardisk ini melalui Bukalapak di link ini.

3. WD My Passport

WD My Passport

Butuh hardisk dengan kapasitas yang sangat besar? WD menghadirkan salah satu produknya yang menyediakan kapasitas 1TB, 2TB, 3TB, dan 4TB. Namun, hardisk ini hanya kompatibel pada port USB 3.0 dan 2.0 saja.

Meskipun demikian, hardisk ini juga sudah dilengkapi dengan proteksi password dan enskripsi hardware. Bahkan, ada juga backup otomatis untuk menyimpan salinan data-data yang ada di dalam hardisk. Ada 6 pilihan warna yang tersedia untuk WD My Passport ini. Selain itu, dengan membeli hardisk ini Anda pun bisa memperoleh garansi 3 tahun. Hardisk ini bisa Anda beli lewat Bukalapak di link ini.

4. Seagate Backup Plus Fast

Seagate Backup Plus Fast

Kecepatan transfer data terkadang menjadi pertimbangan utama bila kita ingin membeli sebuah hardisk. Seagate Backup Plus Fast hadir untuk memberikan Anda pengalaman mentransfer data lebih cepat dibanding saat memakai hardisk lain. Laju transfer yang ditawarkan produk ini adalah 220MB/detik.

Produk ini hanya kompatibel terhadap port USB 3.0 dan 2.0 saja. Namun, Anda bisa menghubungkan hardisk eksternal terbaik ini dengan Playstation 4. Kekurangan Seagate Backup Plus Fast yang lain adalah teksturnya yang lebih tebal bila dibandingkan dengan produk hardisk eksternal modern lainnya. Anda bisa membeli hardisk ini melalui Bukalapak di link ini.

5. Seagate Backup Plus Slim

Seagate Backup Plus Slim

Salah satu hardisk eksternal terbaik yang cukup tipis dan ringan dari Seagate adalah Backup Plus Slim. Ini merupakan hardisk yang simple dan cocok untuk dibawa ke mana saja. Dengan lapisan pelindung yang terbuat dari material logam, produk ini hadir dengan pilihan warna hitam, perah, merah, dan biru.

Tidak hanya unggul dalam segi desain dan tampilan saja, Seagate Backup Plus Slim hadir dengan kapasitas yang mumpuni, yakni sampai 2TB. Performa hardisk ini juga cukup baik karena kecepatan transfer datanya hingga 120MB/detik. Hardisk ini bisa Anda beli melalui Bukalapak di link ini.

6. Hitachi Touro S

Hitachi Touro S

Desain keren dan performa bagus. Itulah kata-kata yang dapat mendeskripsikan Hitachi Touro S. Ini adalah sebuah hardisk 7200RPM yang dapat memindahkan data 23% persen lebih cepat dibanding hardisk starandar yang hanya 5400RPM.

Hardisk ini juga menawarkan backup untuk menyimpan data-data Anda untuk berjaga-jaga agar jika sewaktu-waktu data hilang karena terhapus. Hitachi Touro S dibalut dengan material aluminium yang membuatnya terlihat lebih elegan. Hardisk yang harganya cukup terjangkau ini juga disertai dengan garansi 3 tahun. Anda bisa membelinya lewat Bukalapak di link ini.

7. Hitachi Touro Mobile Pro

Hitachi Touro Mobile Pro

Bila Anda tidak membutuhkan hardisk dengan kapasitas yang terlalu besar, tetapi memiliki kecapatan yang mumpuni, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli Hitachi Touro Mobile Pro. Hardisk ini memiliki kemampuan putar 7200RPM yang performanya cenderung lebih cepat dibanding hardisk biasa.

Hitachi turut memberikan free cloud storage sampai dengan 3GB. Kemampuan membaca data hardisk ini adalah 103.5MB/detik dan kecepatan menulis 86.2MB/detik. Akan tetapi, hardisk ini hanya kompatibel pada port USB 3.0 dan 2.0 saja, belum dapat digunakan pada port USB 3.1 Gen1 maupun Gen2.

8. Toshiba Canvio Premium

Toshiba Canvio Premium

Toshiba Canvio Premium adalah hardisk eksternal terbaik dengan paket lengkap. Hardisk ini mengusung desain motif berlian yang membuat tampilannya jadi terlihat lebih mewah. Lantas, bagaimana dengan kapasitas yang disediakan produk ini? Toshiba Canvio Premium menghadirkan kapasitas penyimpanan hingga 3TB. Ini adalah kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan berbagai macam file pribadi Anda.

Toshiba melengkapi produk ini dengan kompatibilitas pada port USB Type-C dan USB 3.0, tapi Anda juga bisa menggunakan hardisk eksternal ini pada port USB 2.0. Hardisk eksternal ini hadir dengan fitur password untuk mencegah orang lain membuka data-data yang ada di hardisk Anda. Kecepatan transfer data hardisk ini jika menggunakan port USB 3.0 bisa mencapai 5GB/detik.

Jika Anda berminat untuk memilikinya, silakan kunjungi Bukalapak di link ini untuk membelinya.

9. Toshiba Canvio Connect II

Toshiba Canvio Connect II

Satu lagi hardisk eksternal terbaik keluaran Toshiba. Canvio Connect II hadir dengan kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari 500GB sampai dengan 4TB. Meskipun kecepatan hardisk ini hanya 5.400RPM, tetapi laju transfer data dengan menggunakan Toshiba Canvio Connect II bisa mencapai 5GB/detik.

Perlu Anda ketahui bahwa produk ini juga hanya kompatibel terhadap USB 3.0 dan 2.0 saja. Melalui hardisk ini, Toshiba membuktikan bahwa tidak perlu teknologi mutakhir seperti USB 3.1 atau tipe hardisk 7.200RPM untuk dapat memberikan kecepatan transfer data. Hardisk ini bisa Anda dapatkan melalui Bukalapak di link ini.

10. Transcend StoreJet 25C3

Transcend StoreJet 25C3

Ramping, ringan, dan cantik. Itulah kesimpulan dari Transcend StoreJet 25C3, sebuah hardisk multifungsi yang dapat memberikan kapasitas penyimpanan ekstra untuk Anda. Dengan berbalut material aluminium, StoreJet 25C3 ini lebih tahan banting dan terlihat elegan. Menariknya, hardisk ini sudah kompatibel terhadap USB 3.1, tetapi bisa juga digunakan pada port USB 3.0.

Tak hanya itu saja, kecepatan yang ditawarkan Transcend StoreJet 25C3 ini tidak main-main karena dapat mentransfer data dalam kecepatan 5GB/detik. Untuk produk yang satu ini, Transcend menyediakan 2 pilihan kapasitas penyimpanan, yakni 1TB dan 2TB. Tertarik? Bisa beli hardisk ini di Bukalapak lewat link ini.

Nah, usai sudah pembahasan kita mengenai hardisk eksternal terbaik hasil rekomendasi dari Carisinyal. Seperti yang kita ketahui, keberadaan hardisk di zaman serba modern ini sangat memudahkan kita dalam menyimpan atau memindahkan data dengan ukuran yang ekstra besar.

Hardisk juga amat diperlukan bagi orang-orang yang membutuhkan sebuah media penyimpanan untuk berbagai perangkat yang berbeda-beda. Semua hardisk di atas dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Pastikan hardisk yang Anda beli sudah sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Bacaterus.com.

9 Comments

  1. kania Oktober 30, 2017 at 10:44 am - Reply

    kalo seagate 1 tera nya berapa ? dan apa ada garanssinya ??

    • Listiorini Februari 15, 2018 at 6:21 pm - Reply

      Halo Kania, Anda bisa langsung cek di toko online ya 🙂

  2. Tri Februari 13, 2018 at 2:53 pm - Reply

    Thanks banget ya kak info nya, gak nyesel beli toshiba

    • Listiorini Februari 15, 2018 at 6:21 pm - Reply

      Halo Tri, ya sama-sama. Senang bisa membantu 🙂

  3. mamad Juni 14, 2018 at 6:39 pm - Reply

    bukan masalah mahal nya .
    tapi merk paling awet yg mana ?
    temen ku byk yg beli merk sigit 1-2 bulan byk yg udah jebol , padahal mayan mahal.

  4. Rian Agustus 19, 2018 at 5:01 pm - Reply

    External maupun internal saya pilih Seagate, awet banget, dan bandel.

    • Saya mau berbagi pengalaman, pertama-tama hardisk internal:

    Saya menggunakan SSD Samsung 850 Pro 1TB untuk OS dan kerjaan. Sisanya saya pakai HDD untuk data kerjaan lama yang jarang dibuka.

    Hardisk Seagate saya setelah pemakaian hampir 10th masih terasa seperti baru, tidak ada penurunan performa, dan saya test juga kondisinya “healthy”, tidak ada bad sector, speed masih sama seperti baru.

    Saya pernah termakan bahasa marketing, dan benchmark di beberapa situs yang mengatakan WD Caviar Black yang terbaik dan saya membelinya, barang baru pas dirumah ternyata bad sector (95% merah), ok saya mungkin dapat barang defect, yang jadi permasalahan, hal serupa terjadi ke beberapa teman saya (membeli di toko berbeda).

    Hal ini tidak pernah terjadi dengan yang membeli barang Seagate, yang saya lihat dengan mata kepala sendiri.

    Saya menukarnya ke toko, saat di cek di rumah, kondisi sehat, tidak ada bad sector, hasil benchmark juga normal, tapi di kenyatannya saat dipakai terasa lambat.

    Contoh saat buka folder terkadang dia freeze/loading kira-kira 5 detik, kalau Seagate langsung terbuka detik itu juga.

    • Sekarang ngomongin HDD external:

    Semua teman saya yang pakai HDD external merek WD, rusak, bahkan ada yang rusak setelah dibawa di tas hanya satu kali saja, tidak terbanting.
    Yang lainnya saat baru beberapa bulan, drive tidak terbaca di PC, harus goyang-goyangkan kabelnya sampai nemu posisi yang pas.

    Ironisnya: Saya pakai HDD external Seagate hampir 5 th masih jalan dengan lancar, drive langsung terbaca, tidak ada masalah port. Beberapa teman saya yang pakai Seagate juga masih bekerja dengan baik, bahkan ada yang sudah pindah tangan 3x (dijual ke teman dan teman lain).

    Maaf kepanjangan, bukannya fan boy, bukan promosi karena ngga dapet uang juga… tapi agak kesal dengan WD yang over ratted, dan kesal jadi buang duit. hehehe

  5. Khalid September 14, 2018 at 8:34 am - Reply

    Saya setuju dengan sdr. Rian
    HDD Seagate mmg top markotop…
    Saya beli laptop Acer tahun 2006 silam, dan HDD dlm laptop Acer milikku itu ternyata bermerk Seagate. Sampai detik ini, masih awet dan lancar jaya…

    Emang benar-benar top dech, Seagate.

    Berdasar pengalaman saya, yg paling bagus dan awet yah SEAGATE. Sementara yg paling buruk dan mengecewakan itu sih t*sh*b*, cepat rusak.

  6. Doni Oktober 29, 2018 at 3:30 am - Reply

    Serau saya hdd 2,5inci kan max 2TB. Nah kalo yg >3TB itu isinya 1 hdd atau 2 hdd dirangkai jadi RAID? Soalnya kelihatan lebih tebal dari yang 2TB

  7. nur November 13, 2018 at 12:40 pm - Reply

    bermanfaat sekali

Leave A Comment