carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aksesoris / 15 Merk Keyboard yang Bagus untuk Kerja dan Gaming 2021

15 Merk Keyboard yang Bagus untuk Kerja dan Gaming 2021

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 16 Juli 2021

Keyboard atau papan ketik merupakan salah satu aksesoris komputer yang paling penting. Tanpa alat ini kita akan sulit mengoperasikan komputer karena banyak fungsi-fungsi komputer yang hanya bisa dilakukan melalui keyboard. Selain berbentuk fisik, keyboard memiliki bentuk virtual untuk menunjang perangkat komputer dan mobile dengan layar sentuh.

Di dunia ini ada banyak perusahaan yang membuat keyboard. Ada yang diperuntukan untuk kebutuhan kerja atau produktivitas, ada juga perusahaan yang membuat keyboard khusus gaming. Keyboard gaming biasanya dibuat dengan berbagai fitur tambahan untuk menunjang pengalaman bermain game di komputer lebih baik.

Lantas, apa sajakah perusahaan atau merek apa saja yang memproduksi keyboard? Berikut adalah daftar 15 merk keyboard yang bagus untuk bekerja dan bermain game di dunia.

1. Logitech

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Logitech adalah salah satu brand aksesoris komputer terkemuka di dunia. Produk-produk Logitech, termasuk di dalamnya keyboard, sering menjadi pilihan terbaik bagi banyak orang karena inovatif dan berkualitas. Harga yang ditawarkan untuk setiap produk Logitech cukup variatif, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal.

Keyboard Logitech dapat dengan mudah dibeli di banyak toko aksesoris komputer di berbagai kota di Indonesia, dengan harga mulai Rp 100 ribuan. Beberapa keyboard gaming-nya mungkin dijual lebih mahal karena membawa banyak fitur keren untuk aktivitas gaming yang lebih menyenangkan.

2. Rexus

Tahukah Anda bahwa Rexus semula adalah perusahaan yang menyediakan alat tulis perkantoran. Namun, lambat laun Rexus merambah ke berbagai macam produk periferal komputer. Salah satunya adalah keyboard yang kini jadi andalan.

Mayoritas lini produk keyboard Rexus memang ditujukan buat segmen gaming melalui seri Legionaire dan Battlefire. Meski demikian, Rexus juga punya keyboard untuk pengguna rumahan maupun profesional kantoran lewat seri KM.

Seluruh produk keyboard Rexus punya layout TKL. Anda dapat mendapatkan keyboard Rexus di berbagai toko komputer dengan harga mulai Rp100 ribuan.

3. Razer

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sedang mencari keyboard gaming yang bagus? Coba saja Razer. Brand ini sudah cukup populer di kalangan para gamer di seluruh dunia. Karena itu, Razer kini telah menjelma menjadi brand produk-produk gaming terkemuka di dunia.

Razer telah membuat berbagai model keyboard khusus gaming dengan fitur-fitur yang sangat keren. Produk-produk keyboardnya dirancang untuk memberikan pengalaman bermain game terbaik. Kecepatan, presisi, dan kenyaman mengetik adalah ciri khas dari keyboard-keyboard Razer.

Sebagai produk berkualitas tinggi, keyboard Razer dibanderol cukup tinggi di pasaran. Harganya ada di angka ratusan ribu rupiah dan jutaan rupiah. Meskipun mahal, kualitas yang diberikannya juga bukan kaleng-kaleng.

4. Redragon

Dari namanya saja Anda pasti sudah mencium aura garang yang membuat adrenalin membuncah. Ya, Redragon memang tercipta buat kalangan gamers. Maka tak heran jika seluruh keyboard racikan Redragon berjenis mekanikal.

Karena berjenis mekanikal, Keyboard Redragon punya performa sip. Pengguna dijamin tak akan mengalami ghosting atau menemui konflik ketika tombol yang ditekan dalam satu waktu ada banyak. Beberapa keyboard Redragon juga dirancang punya durabilitas tinggi berkat material aluminium dan sertifikasi tahan air dan debu IP68.

Keyboard Redragon biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp100 ribuan. Namun, tidak sedikit pula yang dijual pada kisaran harga satu jutaan.

5. Corsair

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Corsair merupakan brand perlengkapan gaming lain yang terkemuka di dunia. Mereka memproduksi serangkaian produk gaming, seperti mouse, headset nirkabel, hingga keyboard mekanik berkualitas tinggi. Sudah sejak lama keyboard merk Corsair dikenal sebagai produk profesional berkinerja tinggi dan tahan lama.


Dengan komitmen mereka terhadap kualitas, desain inovatif, fitur-fitur canggih dan kinerja tinggi, produk Corsair telah memenangkan ribuan penghargaan media dan industri, hingga tentu saja memenangkan jutaan hati dari para konsumen mereka di seluruh dunia. Untuk yang suka keyboard berkualitas dan premium, silakan lirik keyboard dari Corsair.

6. Ducky

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Brand internasional asal Taiwan ini juga merupakan salah satu pemain besar di industri papan ketik. Perusahaan ini telah berkomitmen untuk menghadirkan keyboard mekanik profesional yang berstandar tinggi dan menawarkan barang dengan kualitas terbaik.

Hingga saat ini Ducky telah mengeluarkan banyak model keyboard dan aksesoris komputer lainnya. Ducky Freedom Keyboard adalah salah satu produk keyboard terbaru mereka yang dirilis pada Mei 2019. Keyboard ini membawa banyak fitur, seperti dapat tersambung dengan kabel maupun nirkabel.

7. HP

Pekerja kantoran biasanya tidak asing dengan HP. Maklum, produk-produk HP biasanya menghiasi kantor, seperti printer, scanner, komputer desktop built-up, hingga laptop. Perusahaan asal California, Amerika Serikat ini melengkapi katalog produknya dengan periferal komputer lain seperti keyboard.

Awalnya, keyboard-keyboard HP ditujukan buat segmen kantoran atau pebisnis, seperti citranya yang serius. Akan tetapi, sejak punya lini produk Omen, HP akhirnya membikin keyboard khusus buat gamers. Harga keyboard HP non-gaming yang paling murah bisa sampai di bawah Rp100 ribu. Sedangkan keyboard HP Omen punya banderol ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

8. Armaggeddon

Kalau Anda pernah dengar speaker bermerek Sonic Gear, ini adalah saudaranya. Ya, Armaggeddon mempunyai induk perusahaan yang sama dengan Sonic Gear, yaitu Leapfrog. Bedanya, Armaggeddon fokus memproduksi periferal untuk segmen gaming. Antara lain, PC desktop. laptop, meja, headphone, mouse, dan keyboard.

Khusus buat keyboard, Armaggeddon punya tiga jenis produk. Pertama, keyboard mekanikal dengan seri SMK dan MKA. Kedua, keyboard optikal-mekanikal lewat seri MKO. Ketiga alias terakhir, ada seri AK yang merupakan jajaran keyboard membran. Armaggeddon menjual keyboard pada kisaran harga 100 ribuan hingga satu jutaan rupiah.

9. Philips

Anda mungkin lebih familier dengan perabotan rumah seperti lampu, rice cooker, mixer, dan blender, jika mendengar merek Philips. Walau begitu, perusahaan elektronik asal Belanda ini ternyata juga jualan berbagai macam aksesori komputer, lho. Misalnya, monitor, speaker, mouse, dan keyboard.

Untuk keyboard, banyak sekali seri yang bisa Anda temukan di pasaran. Contohnya, seri C, K, G, dan SPK. Seri C dan K biasanya merupakan keyboard buat pemakaian rumahan atau kantoran. Sedangkan keyboard-keyboard Philips yang masuk dalam seri G dan SPK umumnya untuk gaming.

Bicara soal harga, Philips punya keyboard membran ala kantoran yang dijual mulai dari Rp100 ribu. Sedangkan keyboard gaming mekanikal, baik berkabel ataupun nirkabel, bisa diperoleh dengan harga mulai 300 ribuan.

10. Fantech

Indonesia perlu bangga karena punya satu merek yang produknya bisa tembus ke pasar internasional. Adalah Fantech produknya dijual hingga ke 80 negara. Fantech awalnya hanya membikin periferal komputer buat konsumen kantoran.

Akan tetapi, sejak esport jadi ragam pekerjaan baru di Indonesia, Fantech ingin mendukung tren itu sekaligus bersaing dengan jenama asing. Fantech pun menyediakan berbagai macam jenis keyboard gaming. Mulai dari membran, mekanikal, sampai optikal.

Fantech menawarkan kualitas yang tidak kalah bagus dengan harga bersaing. Untuk keyboard non-gaming, ada yang dijual mulai dari Rp50 ribuan. Sedangkan keyboard gaming dihargai mulai Rp100 ribuan.

11. Alcatroz

Perusahaan teknologi asal Singapura, Leapfrog, punya merek periferal komputer selain Armaggeddon. Merek yang dimaksud itu adalah Alcatroz. Hal yang membedakan antara Alcatroz dan Armaggeddon adalah segmentasinya.

Jika Armaggeddon berfokus pada pasar aksesori gaming, Alcatroz berupaya menjaring pasar pemakai rumahan dan pekerja kantoran. Ia juga memiliki produk untuk gamers walau serinya tak begitu banyak. Untuk periferal keyboard, Alcatroz punya seri Trilium, Explorer, Jellybean, dan Airpad.

Trilium dan Explorer biasanya merupakan seri keyboard berkabel dan keyboard bluetooth. Sedangkan keyboard seri Jellybean ada yang berkabel ada yang WiFi. Sementara itu, seri Airpad dihuni keyboard-keyboard dengan koneksi WiFi. Keyboard Alcatroz paling murah dijual dengan harga Rp50 ribuan.

12. SteelSeries

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

SteelSeries adalah salah satu merk keyboard yang bagus lainnya dalam daftar ini. Perusahaan yang berasal dari sebuah negara Nordik ini merupakan produsen produk periferal dan aksesoris gaming, termasuk headset, mouse, dan keyboard. Di kalangan para gamer merk ini sudah tidak asing lagi karena produk-produknya terkenal berkualitas.

SteelSeries mengatakan kalau setiap keyboard yang mereka keluaran dibuat untuk bertahan lama. Keyboard gaming terbaik mereka memiliki saklar mekanis yang paling maju di kelasnya, iluminasi RGB per-key, dan semuanya kompatibel dengan PC dan Mac. Harga produk keyboard SteelSeries umumnya ada di angka ratusan ribu rupiah.

13. Digital Alliance

Digital Alliance (DA) adalah merek lokal yang cukup lama berkecimpung di dunia komputer. Dulu DA akrab dengan hardware seperti kartu grafis dan puwer suply dengan harga miring. Kini mereka menjual berbagai macam komponen, termasuk di antaranya keyboard.

Seluruh produk keyboard DA diperuntukkan buat segmen gaming. Sebab, keyboard mereka masuk dalam submerek DA Gaming. DA menjual keyboardnya mulai harga Rp200 ribuan. Dengan kisaran harga tersebut, Anda bisa memperoleh keyboard mekanikal dengan tiga pilihan switch: merah, biru, dan hijau. Keyboard DA juga awet karena minimal bisa tahan sampai 50 juta kali pencetan.

14. Imperion

Imperion meramaikan pasar aksesori komputer di Indonesia bukan tanpa alasan kuat. Mereka hadir guna mendukung atlet-atlet esport Indonesia dan mereka yang punya hobi main gim. Untuk itulah mereka menyediakan aksesori komputer seperti headset, mouse, dan keyboard.

Imperion bilang bahwa produk gaming mereka punya kualitas unggul dengan harga terjangkau. Maka tak heran bila Anda menemukan keyboard gaming RGB membran mereka seharga kurang dari Rp100 ribu. Sedangkan keyboard gaming mekanikal bisa didapatkan dari harga 200 ribuan.

15. Keychron

Apa yang Anda sadari dengan melihat salah foto salah satu keyboard Keychron di atas? Ya, desainnya minimalis, estetik, tanpa aksen neko-neko. Buat sebagian orang, desain yang seperti itu menarik. Nah, produk dengan karakter seperti itulah yang jadi ciri khas keyboard Keychron.

Seluruh keyboard Keychron berjenis mekanikal, baik berkabel maupun nirkabel. Umumnya, calon pembeli diberikan opsi memilih warna backlight (putih atau warna-warni RGB), jenis switch (biru, merah, atau coklat), dan hot-swappable (switch bisa diganti sendiri) atau tidak.

Opsi-opsi itu membuat konsumen lebih leluasa dalam menentukan keyboard sesuai kebutuhan. Itulah kelebihan dari keyboard Keychron. Keyboard bikinan perusahaan asal Hong Kong ini dijual pada kisaran harga Rp1 jutaan.

Nah, itulah beberapa merk keyboard yang bagus pilihan banyak orang di dunia. Perusahaan-perusahaan di atas ada yang fokus membuat keyboard untuk bekerja dan ada juga yang fokus membuat keyboard gaming. Karena keyboard sendiri memiliki berbagai jenisnya yang berbeda-beda.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram