10 Merk Set Top Box TV Digital yang Bagus di Tahun 2022

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Menonton TV merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghilangkan jenuh setelah seharian beraktivitas. Ditemani dengan cemilan, sambil duduk santai di sofa, bersama anggota keluarga tercinta, kegiatan ini bisa menjadi sarana quality time yang baik.

Sayangnya, tayangan TV di Indonesia seringkali kurang bagus atau bersemut di wilayah-wilayah tertentu. Hal tersebut tentu menjengkelkan terutama apabila kita ingin menonton acara favorit. Untungnya, saat ini Pemerintah Indonesia sedang melakukan migrasi ke sistem digital.

Dengan jaringan televisi digital, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tayangan yang bersemut. Jaringan digital akan menghasilkan tayangan yang jernih dan beresolusi tinggi. Dijamin, Anda akan betah berlama-lama di depan televisi untuk menonton berbagai acaranya.

Sayangnya, tidak semua TV sudah mendukung jaringan digital. Nah, jika TV yang Anda gunakan belum mendukungnya, Anda bisa menggunakan perangkat set top box – sebuah dekoder yang mampu menangkap sinyal digital dan mengubahnya menjadi data analog untuk ditampilkan pada layar TV Anda.

Simpelnya, Anda bisa menonton tayangan TV digital menggunakan set top box tanpa perlu membeli TV baru. Kualitasnya pun jauh lebih jernih dibandingkan siaran analog biasa. Jika tertarik, tidak ada salahnya simak daftar rekomendasi merk set top box berikut ini.

1. Matrix

Matrix adalah salah satu merek set top box paling populer di pasaran. Produk-produk set top box Matrix bisa Anda dapatkan dengan mudah secara online. Salah satu modelnya yang paling populer adalah Matrix Apple DVB T2.

Dengan harga 200 ribuan, Matrix Apple DVB T2 menawarkan beberapa keunggulan. Di antaranya adalah mendukung YouTube dengan menggunakan dongle WiFi, mendukung berbagi tampilan ponsel ke TV juga dengan dongle WiFi, dan dukungan gambar Full HD yang tajam.

Kelebihan lain dari set top box Matrix Apple DVB T2 adalah sudah sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) serta memiliki sertifikat EWS peringatan dini. Selain itu, paket penjualannya sudah dilengkapi dengan remote dan kabel RCA.

2. Polytron

Siapa yang tidak kenal dengan merek ini? Polytron adalah merek peralatan elektronik dalam negeri yang produk-produknya mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Salah satu produk yang dibuat oleh Polytron adalah set top box.

Polytron PDV 610T2 menjadi salah satu model set top box-nya yang populer. Produk ini dijual dengan harga 200 ribuan dan pastinya menawarkan beberapa keunggulan dibanding set top box dengan harga yang serupa.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh set top box ini di antaranya adalah pencarian saluran TV otomatis, perekam acara favorit, dan pengeser waktu siaran. Di sisi lain, produk yang sangat ramping ini juga mendukung pemutaran video dari flashdisk atau harddisk eksternal dengan format yang beragam.

3. Luby

Luby juga termasuk merek set top box yang cukup populer. Salah satu produknya adalah Luby DVBT2-01. Set Top Box ini sangat murah, hanya seharga 150 ribuan saja. Namun produk ini memiliki sensitivitas yang baik terhadap sinyal yang dikirim dari antena.

Tidak hanya menonton televisi saja, Anda juga bisa menjadikan perangkat ini sebagai smart TV. caranya, cukup hubungkan dongle WiFi lalu Anda bisa menonton berbagai video dari YouTube.

Nikmati berbagai fitur yang sebelumnya tidak dapat Anda rasakan pada TV biasa, seperti EWS, melakukan pause pada siaran TV manapun, merekam dan menyimpan siaran pada flash disk atau hard drive, serta masih banyak lagi. Siapa bilang menikmati fitur canggih harus mahal?

4. EviniX

Dari merek EviniX, ada set top box murah lainnya yang bisa didapatkan dengan dana di bawah 200 ribu. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa merasakan beberapa fitur canggih dari set top box tersebut. EviniX H1 DVB T2 Cast adalah namanya.

EviniX H1 DVB T2 Cast adalah set top box yang telah mendukung fungsi MeeCast. Melalui fitur ini, Anda bisa berbagi konten dalam ponsel Anda untuk bisa ditampilkan di layar televisi, seperti video, musik, gambar, dan lain-lain.

Produk ini juga dilengkapi dengan dual UI serta adaptor yang berfungsi menerima siaran digital DVB T2 melalui antena UHF biasa maupun antena UHF digital. Produk ini memiliki beberapa varian, salah satunya bahkan bisa digunakan untuk menonton YouTube.

5. Akari

Selain Polytron, merek produk eletronik Indonesia yang juga memiliki produk set top box adalah Akari. Sebagai merek yang sudah berpangalaman selama puluhan tahun, kualitas produk Akari pastinya sudah dipercaya banyak masyarakat Indonesia.

Salah satu set top box populer dari Akari adalah Akari Set Top Box ADS-525. Produk seharga 200 ribuan ini juga telah dilengkapi dengan fitur peringatan dini bencana alam serta mendukung fungsi EPG (Electronic Program Guide) selama 7 hari.

Keunggulan lainnya termasuk OSD bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, indikator level sinyal dan tingkat kualitas, memiliki kapasitas penyimpanan program tinggi hingga 999 program, serta dapat merekam dan memutar kembali acara TV maupun radio.

6. Tanaka

Siapa yang mengira kalau ini merek dari Jepang? Bukan, Tanaka merupakan merek produk elektronik asal Indonesia. DVB T2 Tanaka T-2 Digital, sebuah set top box, adalah salah satu di antara produk elektronik yang ditawarkan oleh Tanaka.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram